17 April 2015

Resep : Batagor Sederhana

Assalamualaikum :)

Semenjak kami pindah ke rumah kontrakan baru, kami sekeluarga lebih sering menikmati sarapan di halaman belakang, Halaman yang cukup luas, bersih dan akses dindingnya yang tinggi jadi memang private bagi kami. 

Nah, pagi ini saya memulai untuk mencoba menulis di blog sebisa saya, setiap apa yang saya masak akan saya posting bersama cerita dan resepnya, semoga tetap istiqomah yah. Aamiin.

Nah pagi ini, tepatnya pas sudah sholat shubuh, saya sudah ngacir ke dapur untuk membuat batagor, emang udah janjian dalam hati sih, kalau besok menu sarapan buat kami bertiga adalah batagor tapi khusus buat zaf aku gak pakein bumbu kacang soalnya aku terlanjur campur dengan cabe huaaaa
Tapi gak apa-apa ada kecap sebagai penggantinya hehe maafkan bubunmu zaf :p

Nah ini saya coba tulis resepnya yah, sebenarnya saya nyontek resep dari om google tapi saya modifikasi sendiri menurut ketersediaan bahan :D

BATAGOR SEDERHANA

ahan : 250 gr ikan tenggiri, haluskan 250 ml air es 250 gr tepung kanji 2 batang daun bawang, iris tipis 2 batang seledri, iris tipis 3 siung bawang putih, cincang halus ½ - 1 sdt garam ½ sdt merica bubuk 6 buah tahu putih, ukuran 4 x 4 x 2 cm 8 lembar kulit pangsit minyak untuk menggoreng Pelengkap : kecap manis saus cabai jeruk limau saus kacang Cara membuat: 1.Campur ikan dan air es, uleni sampai adonan tercampur rata. Tambahkan tepung kanji, daun bawang, seledri, bawang putih, merica dan garam, aduk rata. Bagi adonan menjadi 3 bagian masing-masing utk isi tahu, isi pangsit dan satu bagian untuk bakso. 2.Potong diagonal masing-masing tahu menjadi 2 bagian (bentuk segitiga). Lubangi potongan tahu ditengahnya, sisihkan remah-remahnya. Campurkan adonan untuk isi tahu dengan remah-remah tahu, lalu isikan adonan tersebut ke dalam tahu. Lakukan hingga semua tahu terisi, sisihkan. Ambil selembar kulit pangsit isi dengan adonan ikan, satukan ujung-ujungnya ke atas, hingga sisi-sisinya saling merekat. Lakukan hingga kulit pangsit habis, sisihkan. 3.Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, goreng tahu isi dan pangsit hingga kuning kecoklatan, angkat, tiriskan, sisihkan. 4.Ambilkan sisa adonan ikan, bentuk dengan bantuan 2 sendok, langsung masukkan ke dalam minyak panas. Goreng hingga kuning kecoklatan, angkat, tiriskan, sisihkan. 5.Taruh tahu isi, pangsit dan bakso goreng di atas piring saji, biarkan utuh atau potong-potong, tuang saus kacang di atasnya. Hidangkan dengan saus cabai dan kecap manis, lalu beri perasan air jeruk limau. Saus Kacang I: 2 buah cabai merah (sesuai selera) 2 butir cabai rawit (sesuai selera) 1 sdt garam 1 siung bawang putih 5 butir kemiri sangrai 100 gr kacang tanah goreng, haluskan 1 - 1½ sdm gula merah, sisir halus 150 ml air matang 2 sdt cuka Cara Membuat : Haluskan cabai, cabai rawit, dan garam. Tambahkan bawang putih dan kemiri sambil terus haluskan hingga halus. Masukkan kacang tanah halus dan gula merah. Haluskan hingga halus. Larutkan dengan air dan cuka hingga menjadi saus yang cukup kental. Saus Kacang II: 150 gr kacang tanah goreng, haluskan ½ sdm cuka 1 sdt garam 3 sdm gula pasir 300 ml air Cara Membuat : Campurkan semua bahan, lalu rebus hingga mendidih. Saus Kacang III : 100 gr kacang tanah, goreng, haluskan ½ sdt garam 1 sdm gula pasir 125 ml air hangat 3 buah cabai merah, goreng, haluskan 1 sdm cuka ½ sdt kecap manis Cara Membuat : Campurkan semua bahan, aduk hingga licin dan rata.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
Bahan : 250 gr ikan tenggiri, haluskan 250 ml air es 250 gr tepung kanji 2 batang daun bawang, iris tipis 2 batang seledri, iris tipis 3 siung bawang putih, cincang halus ½ - 1 sdt garam ½ sdt merica bubuk 6 buah tahu putih, ukuran 4 x 4 x 2 cm 8 lembar kulit pangsit minyak untuk menggoreng Pelengkap : kecap manis saus cabai jeruk limau saus kacang Cara membuat: 1.Campur ikan dan air es, uleni sampai adonan tercampur rata. Tambahkan tepung kanji, daun bawang, seledri, bawang putih, merica dan garam, aduk rata. Bagi adonan menjadi 3 bagian masing-masing utk isi tahu, isi pangsit dan satu bagian untuk bakso. 2.Potong diagonal masing-masing tahu menjadi 2 bagian (bentuk segitiga). Lubangi potongan tahu ditengahnya, sisihkan remah-remahnya. Campurkan adonan untuk isi tahu dengan remah-remah tahu, lalu isikan adonan tersebut ke dalam tahu. Lakukan hingga semua tahu terisi, sisihkan. Ambil selembar kulit pangsit isi dengan adonan ikan, satukan ujung-ujungnya ke atas, hingga sisi-sisinya saling merekat. Lakukan hingga kulit pangsit habis, sisihkan. 3.Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, goreng tahu isi dan pangsit hingga kuning kecoklatan, angkat, tiriskan, sisihkan. 4.Ambilkan sisa adonan ikan, bentuk dengan bantuan 2 sendok, langsung masukkan ke dalam minyak panas. Goreng hingga kuning kecoklatan, angkat, tiriskan, sisihkan. 5.Taruh tahu isi, pangsit dan bakso goreng di atas piring saji, biarkan utuh atau potong-potong, tuang saus kacang di atasnya. Hidangkan dengan saus cabai dan kecap manis, lalu beri perasan air jeruk limau.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
  Bahan :
200 gr Ikan tenggiri
150 ml Air es
150 gr Tepung Kanji
1 Biji Telur
75 gr Tepung Maizena
2 batang daun bawang, iris tipis
5 siung bawang putih, haluskan
garam, merica bubuk
8 buah tahu putih, kira-kira 4x4x2 cm
Jeruk nipis
minyak untuk menggorang

Cara Membuat :
- Campur ikan dan air es, uleni sampai adonan tercampur rata, tambahkan tepung kanji, maizena, telur, daun bawang, bawang putih, garam, merica, aduk rata semuanya
- Potong menjadi 2 bagian tahu (bentuk segitiga) lubangi potongan tahu ditengahnya, sisihkan remah-remahnya, lalu campurkan remah-remah tahu ke adonan, sisihkan. 
- Ambil tahu, isi tengahnya dengan adonan ikan, lakukan sampai tahu dan adonannya habis.
- Panaskan minyak goreng, goreng tahu yang sudah dicampur adonan ikan hingga kuning kecoklatan, angat dan tiriskan
- Setalah digoreng, potong-potong menjadi kecil atau sesuai selera, sajikan di piring tuang saus kacang dan lengkapi dengan irisan jeruk nipis.

Bahan saus kacang *ini aku kira-kira saja lupa takar :(

Cabe Merah Besar, Cabe rawit, garam, cuka, jeruk nipis, Kacang goreng-haluskan, bawang putih, kemiri-haluskan, gula merah, Air Hangat
(dan bahan diatas semua dicampur dan diaduk rata)

Sekian.
LubnahLukman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar