27 September 2015

Info Baru dari DARUR UPHIE


Assalamu Alaikum :D

Sebulan lalu setelah launching, alhamdulillah respon pembeli sangat positif sampai-sampai kita kewalahan, ada yang terlambat pengantarannya, malah ada yang sampai kami tolak karena memang kita belum bisa mengantisipasi jika pemesanan melebihi 
kemampuan kita yang baru memulai bisnis ini.

Dan, pada hari jumat kemarin sebenarnya mulai open order lagi yah.

Kami Menerima pemesanan kue kering untuk segala waktu dan momen, yuk order kue kering dikami, Inshaa Allah tidak menyesal dan rasa ingin pesan lagi :D Ada Jenis Kue Nastar, Lidah kucing, Keju, Putri Salju, Coklat, Oreo dan spesialnya bisa pesan sesuai jenis kue kering yang diinginkan, 
Harga Rp.60.000/Toples 
(bisa delivery order sesuai waktu pengiriman)

 Sedangkan, Pie susu dan Pie Schotel
Harga Pie susu/Pie Schotel Rp.30.000/paket/6pcs 
(Harga termasuk delivery order sesuai waktu pengiriman)

Pemesanan kami melayani setiap hari 
tapi pengantaran(shipping) 
hanya dihari selasa dan kamis yah ;) 

jadi berapapun kalian pesan asal pengiriman di hari tersebut.

Terima Kasih,
ditunggu orderannya yah :*
SMS/WA(no call) 085 299 2888 73
id Line : unnalukman

Dapur Uphie

23 September 2015

Selamat Hari Raya Idul Adha 1436 H



Assalamu alaikum :D

Allahu Akbar... Allahu Akbar
Allahu Akbar... Allahu Akbar...

Alhamdulillah, hampir saya tidak merayakan lebaran Idul Adha tahun ini bersama suami, karena rencana September yang say pulang ke makassar harus ketunda awal oktober untuk balik ke makassar. Suami sudah habis cuti untuk tahun ini membuat susah ngantar kita yang ke Makassar yang sayang kalau hanya 2 hari, perjalanan aja pulang-pergi yang makan waktu hampir 2 harian, hanya capek yang didapat :( untungnya nanti Insya Allah saya balik kemakassar ditemani oleh seorang sahabat yang kebetulan memang mau liburan ke Batam... Makasihhhhhhh Ncessssss :*

Lanjut cerita lebaran,
Ohh ia tahun ini untuk kedua kalinya hari perayaan Idhul Adha, Muhammadiyah dan Pemerintah bahkan arab saudi berbeda, Masih saya Ingat karena udah 2 kali kami memang lebaran Idul adha tahun ini dan tahun kemarin di tanah rantau, yang sama-sama sunyi tidak ada keluarga hanya beberapa tetangga. Sama-sama meyakini perbedaan itu, tapi itu gak masalah.

Ngomong-ngomong tentang perbedaan, saya bisa panjang lebar menulis kalau jika itu yang saya angkat ditema tulisan saya ini, tapi jika kalian mau tau apa alasan kami untuk tetap berpegang teguh pada apa yang yang menjadi komitmen kami dari awal bisa baca link disini , disini dan disini
 
Yang saya pahami, Muhammadiyah dalam penentuan awal bulan memakai sistem hisab berdasarkan wujud hilal. Andaikata ketentuan hisab tersebut berbeda dengan pengumuman pemerintah apakah melanggar ketentuan pemerintah? atau dengan melanggar Al-qur'an surah Annisa ayat 59 "Athiullah wa athi'u ar rasul wa ulil amri minkum". Muhammadiyah tidak melanggar ketentuan pemerintah dalam soal ketaatan beragama sebab pemerintah membuat pengumuman bahwa hari raya tanggal sekian dan bagi umat Islam yang merayakan hari raya berbeda berdasarkan keyakinannya, makadipersilahkan dengan sama-sama menghormatinya. Jadi pemerintah sendiri sudah menyadari dan mengakomodir perbedaan tersebut. Demikian agar semua menjadi maklum.

Apapun itu, tetap kita saling menghargai, keputusan diambil tiap-tiap individu dan yang penting tidak saling menyalahkan, bagaimanapun, keyakinan ada pada hati dan pikiran. :)

 Berbicara tentang menu lebaran sebagai keluarga rantau yang jauh dari sanak keluarga, kadang pusing mau masak apa, karena gak ada yang bisa saya andalkan selain kedua tangan saya sendiri. tidak ada mama ataupun kakak yang masak dan saya tinggal jadi tim pencoba, heheheeh
Pengen sih sebenarnya mencoba masak burasa dan ketupat, tapi berhari-hari saya kumpulkan kePDan saya, ternyata semakin hari semakin menciut hahaha ditambah memang perlengkapan saya yang terbatas, membuat keputusan saya positif untuk tidak mencoba nekat masak buras dan ketupat :p
takut salah dan dosa, jikalau gagal sayangkan berasnya jadi terbuang percuma dan apa nanti yang kita makan pas pulang sholat, masa' hanya nasi + kari ayam, atau makan diluar, atau lagi nyari buras + ketupat yang dijual di penjual coto yang ada di batam.lamaaaaa dan kita pasti sudah kelaparan :p

Untuk alternatifnya saya bikin roti canai atau biasa disebut roti maryam oleh mama saya. Kalau ini saya pernah turun langsung ketika mama dan kakak saya bikin, dan pernah memang saya bikin sendiri tanpa bantuan mereka, jadi kali ini saya positif untuk menu lebaran tahun ini kari ayam + roti canai. sayangnya kurang acar ini, aku kelupaan beli mentimun waktu ke pasar, emang gak kepikiran acar makanya gak ke beli. terasa ada yang aneh sih rasanya, karena emang yang bikin seger kari kalau ada acara timunaya.

Untuk resep roti maryam bisa lihat resepnya disini

RESEP KARI AYAM :

Bahan :
2 ekor ayam
3 buah kentang
2 lmbar daun salam dan daun jeruk
2 buah tomat, potong 4
2 buah kelapa, untuk santan pisahkan encer dan kental
gula merah secukupnya
Air asam secukupnya
merica dan garam secukupnya

Bumbu dihaluskan :
15 biji bawang merah
10 biji bawang putih
10 buah cabe merah besar
6 buah sereh
10 cm laja
1 sdt ketumbar
1/2 sdt jintan
5 biji kemiri
5cm kunyit

Cara membuatnya :
1. Haluskan semua bumbu, panaskan minyak goreng secukupnya, lalu tumis bumbu. setelah harum, masukan daun salam dan daun jeruk.
2. Masukkan ayam, aduk lalu tuangkan garam dan merica secukupnya.setalah keluar airnya masukkan santan encer, gula merah dan kentang.
3. Setelah mendidih, masukka tomat dan Air asama.
4. Masukkan santal kental
5. Hidangkan selagi panas dan taburi bawang goreng.

untuk penutup, kami ucapkan,
Selamat Hari Raya Idul Adha 1436 H
Mohon maaf lahir dan bathin

Allah SWT berfirman (yang artinya): Katakanlah, ‘Jika bapak-bapak kalian, anak-anak kalian, saudara-saudara kalian, istri-istri kalian, kaum keluarga kalian, harta kekayaan yang kalian usahakan, perniagaan yang kalian khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kalian sukai, adalah lebih kalian cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya. Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.” (QS at-Taubah [9]: 24).

Lubnah Lukman

20 September 2015

Resep : Bubur Ayam


Assalamu Alaikum :)

Bubur Ayam
Modifikasi sendiri 

Bahan:
1 ekor  ayam
3,5 lt   air
150 gr beras
1 sdt    garam

2 lbr    daun jeruk
2 btg    serai


Bumbu halus :
2 sdt    ketumbar
1 btr    kemiri
3bh     bawang putih

1 sdt    garam

Pelengkap:
Kecap manis, cakwe iris tipis, kerupuk , daun bawang, kacang goreng bawang goreng dan sambal

Untuk sambal:
2 bh    cabe merah, rebus
5 bh    cabe rawit, rebus
2 bh    bawang putih
 
Cara membuat:
  1. Rebus ayam dengan 3,5 liter air hingga mendidih dan ayam matang. Angkat, saring kaldunya. Angkat ayam, lalu suwir-suwir.
  2. Masak beras dengan kaldu, serai, daun jeruk dan bumbu halus hingga menjadi bubur, angkat sisihkan.
  3. Buat sambal:
    Rebus cabe merah, cabe rawit dan bawang putih, haluskan. Dan ambil 3 sdm air rebusan lalu campur dengan cabe yang sudah dihaluskan.
  4. Sajikan bubur panas-panas, beri taburan ayam suwir, kerupuk , daun bawang, kacang goreng bawang goreng dan sambal.

19 September 2015

Antara Bapak, Mama, Kami, dan Alzheimer

Assalamu Alaikum :)



Entah saya mulai dari mana untuk nulis ini, sepertinya begitu banyak yang saya mau curahkan tapi apa daya tangan yang tidak tau mulai dari huruf mana saya menulis :'(

Cerita dimulai dengan Ibu tercinta saya yang biasa saya panggil dengan sebutan mama.
Mama tipikal orang yang sangat keras, anaknya telat sedikit pulang kerumah ditelpon kesana-kemari, sampai dirumah diomelin lagi. Intinya mama sosok yang keras, tegas dan detail. Saya gak bisa apapun menyembunyikan apapun itu, pasti ketahuan. Itu makanya kalau mau curhat tentang hal pribadi atau cerita ngalur ngidul aku lebih memilih ke bapak sih ketimbang mama. Termasuk salah satunya kewajiban berjilbab seorang wanita. kalau bukan mama yang memaksakan saya mulai 6 SD sudah membiasakan pakai pakaian panjang dan memakai jilbab, saya gak tau sekarang. Oh ia mama saya dari dulu gemar menjahit, alhasil rata-rata baju saya dan kakak saya adalah hasil jahitan dari wanita hebat ini. Mama adalah orang pertama yang selalu saya andalkan dalam hal apapun.

Bapak, Sosok pria pertama yang saya andalkan, yang begitu saya banggakan, kesederhanaannya, sikap mengayominya, sikap yang senang bercanda dengan anaknya, yang membuat saya rileks jika bercerita apapun kepada beliau. Beliau sepertinya tau gimana caranya menyingkirkan batas kapan beliau bersikap seorang bapak, suami terhadap mama, dan teman atau sahabat bagi anaknya. Dan yang paling saya ingat, Mama dan Bapak gak pernah sekalipun saya lihat bertengkar didepan kami. Tapi setelah muncul gejala-gejala alzheimer itu, mamak yang setiap hari mengalami emosi yang tidak stabil membuat kadang pertengkaran kecil saya lihat. Malah kadang besar, tapi selalu bapak yang mengalah :'(

Yang paling saya ingat ketika Kakak ketiga saya, Kak Iwan menikah kalau tidak salah saya masih duduk di bangku SMA, disitu saya merasakan mama yang sangat aneh, selalu bertanya dengan pertanyaan yang sama berulang kali dengan jeda waktu yang tidak lama, mama yang begitu emosional, mama yang begitu teledor, mama yang begitu mulai menjengkelkan. Seakan-akan saya mulai malas untuk bicara dengan mama karena menurutku itu sia-sia, pikirku 'toh nanti mama lupa, toh nanti mama tanya lagi- tanya- dan tanya padahal tadi kita sudah bilang ke beliau" :'( Astagfirullah

Pada saat itu saya gak menerima kalau mama sudah mulai pikun, tapi pikun yang tidak masuk akal menurutku. pikirku masih banyak kok orang yang lebih tua dari mama tidak mengalami kepikunan yang amat berlebih sekali. Kadang kakak saya menghibur berangkali ini ujian yang diberikan sama kita termasuk sama mama, orang diberikan penyakit fisik tapi mama bukan itu yang diberikan oleh Allah malah diberikan penyakit kepikunan. Tapi betul sih, Diusia mama yang menjelang 72 tahun, tak ada orang sangka kalau beliau sudah 72 tahun. Jikaulau saya mengajaknya jalan dan ketemu teman-teman saya pasti mereka tidak sangka dengan usia mama saya. berangkali juga mama memang masalah makeup ataupun yang dia pakai dimuka dan badannya gak ada yang aneh-aneh atau berlebih, mama yang sederhana membuat beliau terlihat masih awet muda. Dan Alzheimer yang membuat dia terlihat mulai keriput dan tak terurus. :(

Dan sayapun memakluminya akhirnya, toh kadang saya bertemu sama mama jarang, kalau ketemu palingan bicara seadanya, pagi kuliah kadang gak nginep dirumah, datang dirumah hanya ganti baju, makan, tidur sebentar, lanjut kuliah lagi. kerja juga, ngambil side job + lanjut kuliah membuat saya selalu pulang kadang jam 12 malam atau kalau belum selesai kejaan kadang pulang jam 1an, pagi saya pergi lagi, sabtu -minggu pun sangat jarang di rumah. Cerita tentang mama hanya saya dapat dari bapak, bapak yang selalu mengantar saya kemana-mana membuat waktu lebih lama dijalan membuat kita berasa 'me time' dengan bapak dengan cerita kondisi mama, kondisi kerjaan saya atau cerita-cerita yang lainnya, dan kakak-kakak saya.

Kadang jika mama bersikap seperti demikian, saya lebih baik menghindar, lebih banyak dikamar nyelesain tugas kuliah atau kerjaan kantor yang biasa aku bawa kerumah atau hanya sekedar nonton dvd. dari pada dongkol dan akhirnya saya bersikap ketus/membentak sama mama mending demikian masuk kamar. karena gak keitung sikap ketus saya ke mama akibat mama yang mulai menjengkelkan pada saat itu. Astagfirullah maafkan ma' :'(

Klimaks yang saya rasa kehilangan dengan sosok seorang ibu itu saat saya menikah, disaat saya membutuhkan ketenangan, membutuhkan wejangan, membutuhkan masukan, atau perhatian lain yang biasanya pengantin perempuan dapatkan dari ibunya, itu saya tidak ada. Mama sibuk dengan dunianya sendiri, sibuk dengan kesibukannya sendiri tapi kita juga gak tau mama sibuk apa, dan kadang menyendiri. Untungnya ada bapak dan kakak perempuan saya satu-satunya yang tau kegundahan bathinku saat itu. 

Entah malam itu pengen sekali mendekati mama bercerita tentang panjang lebar atau pesan-pesan beliau sebelum saya menjadi istri orang, tapi mama selalu datar bersikap kepada saya. Entah perasaan saya yang berlebihan atau mama sebenarnya merasakan hal yang sama tapi tidak tau gimana caranya menyampaikan apapun kepada saya. yah ketika saya masuk didunia perkantoran memang hubungan saya dengan mama mulai ada semacam jarak, karena yah itu saya menjaga emosi dan bicara saya kepada mama takut kalau saya emosi perkatan yang keras yang terlontar sama beliau. dan bapak tau itu, untungnya ada bapak tempat meluapkan emosi jika capek diurusan kantor + kuliah, selesai cerita itu aduhhh perasaan itu kembali tenang dengan sendirinya, dan itu sudah menjadi kebiasaan memang saat dulu mama sudah tidak asik diajak bercengkrama :(

Saat saya mulai resign dari kantor dan ikut suami dinas ke batam, mulailah cerita yang detail tentang mama saya dapat dari bapak atau kakak, berangkali waktu saya sudah banyak buat mereka. biarpun lewat telepon kami bercerita tapi itu sangat terasa dekat dengan mereka. dekat dengan perkembangan mama selama beberapa tahun terakhir ini, membuat saya hanya bisa menangis :( Tiba saat saya pulang ke makassar menunggu lahiran dan suami masih tugas di batam, akhirnya saya tinggal dirumah 24 jam tanpa aktivitas selain mengurus kehamilan dan kedua orangtua saya. Saya hanya tinggal seminggu dirumah selebihnya sampai saya melahirkan dan kembali ke batam, saya tinggal di rumah kakak saya. Kenapa? Dirumah bertiga sama mama dengan saya yang masih baru melahirkan sangat membutuhkan bantuan orang-orang sekitar, terutama mama. bapak yang kala itu memang belum bisa diandalkan beliau hanya memberikan semangat dan masukan. tapi mama tidak bersikap saya ada dirumah dengan anak kecil, dia selalu lupa ada saya dan zaf. dia ingat jika dia melihat saya. dan jika zaf menangis, mama malah marahi saya dan kadang kembali sibuk dengan kesibukan yang entah kesibukan apa yang dia buat. Tidak lama itu bapak selalu menyarankan untuk tinggal kembali dirumah kakak saya. 

15 September 2015

Resep : Bubur Manado


Assalamualaikum :))

Dari kemarin-kemarin saya kepengen akut untuk makan bubur manado, tapi kalau cari diluar pasti gak nemu seenak buatan rumah, atau tentunya banyak penyedap rasanya, dan gak tau batam nemunya di mana. Dan alhamdulillah kemarin pada saat belanja mingguan di pasar memang sudah direncanakan besoknya sarapan mau bikin bubur manado.

Dan alhamdulillah, semalam supaya paginya saya tidak terburu-buru, malamnya saya sudah buat sambal terasi, labu kuning yang sudah dipotong, jagung yang sudah disisir, sayur bayam dan kangkung yang sudah dipetik-petik, jadi besok tinggal masak.

Aku mau share sambal terasi dulu yah, sambal yang baru pertama kali saya buat, penasaran dan Alhamdulillah sambalnya enak plus Ayahnya zaf ketagihan :D

Resep Sambal Terasi :
- 5 butir cabai merah keriting,
- 5 butir cabai rawit merah, haluskan
- 1 1/2 sendok teh terasi, dibakar hingga permukaannya sedikit gosong
- 1/4 sendok teh garam
- 1/2 sendok makan gula merah sisir
- 1 sendok makan air asam Jawa
- 50 - 100 ml air
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuatnya :
Haluskan Terasi, Cabai Merah keriting dan Cabe rawit, Lalu tumis bersama, tuangkan garam, gula merah, asam jawa dan air, masak sampai air mendidih dan mengering.

Resep Bubur Manado :
Resep Modifikasi sendiri

Bahan:
- 500 gram nasi
- 2 liter air
- 200 gram labu kuning potong dadu, ukuran 2 x 2 cm
- 3 batang kacang panjang, potong ukuran 1 cm
- 2 genggam daun kangkung, rajang kasar
- 2 genggam daun bayam, rajang kasar
- 1 ikat kemangi, ambil pucuknya
- 1 buah jagung manis, iris untuk memisahkan dari tongkolnya

Bumbu:
1 sendok makan garam
1/2 sendok makan merica
5 bawang merah, iris tipis
3 bawang putih, geprek dan cincang kasar
3 batang sereh
2 lembar daun salam

Pelengkap (pilih salah satu):
- Sambal Terasi
- ikan asin
- Jeruk Nipis

Cara membuat:
Masukkan nasi putih, sereh, daun salam ke dalam panci beri air dan rebus hingga mendidih dan nasi berubah menjadi bubur. Masukkan jagung dan labu kuning masak hingga empuk. setelah empuk, masukkan garam, merica, bawang merah, bawang putih beserta kangkung, bayam, dan kacang panjang. Setelah masak, masukkan daun kemangi, aduk rata dan selesai.

Alhamdulillah, start masak jam 5 selesai jam 6 pagi, sejam selesai dengan masak bubur manado yang menurutku sehat dan nikmat buat sarapan keluarga kami. ditambah dengan minuman teh manis. melengkapi hari rabu yang siap di nanti.

Waalaikumsalam :)
Lubnah Lukman :*

14 September 2015

Kami Tidak diam #melawanasap

 Kami Ada untuk Peduli
Kami Ada untuk peduli
Kami Ada karena kami Saudara
 #melawanasap


Assalamu Alaikum :)
Hari ini setiap malam jika zaf udah nyenyak tidur di kamar, saya keluar membuka laptop sekaligus tv mencari berita-berita yang lagi hits hari ini. Sambil membuka laptop sayapun membuka jendela selebar-lebarnya karena beberapa hari terakhir ini memang udara entah lagi tidak stabil, saya setiap malam mengalami kegerahan bukan karena belum mandi :p atau rumah saya memang yang panas.. tapi ternyata setiap membuka jendela ada kabut yang menyerupai asap dan bisa jadi membuat udara yang juga panas.

Yah, memang beberapa hari terakhir memang Batam lagi mendung bukan karena cuaca tapi asap kiriman dari riau sudah masuk ke batam, dan malam ini semakin tebal saja. Suami jika pulang dari kantor selalu cerita tentang asap di batam sekarang makin merusak pandangan :( ditambah yang bikin saya kaget melihat berita malam ini bahwa : "Hari ini Provinsi Riau dinyatakan Darurat Asap".

Dan yang membuat saya lebih kaget ditambah berita yang saya baca bahwa ada satu anak yang meninggal gara-gara asap ini, beritanya bisa dilihat di sini . Innalillah, entah perasaan orangtua yang mana yang tidak sedih bahkan kecewa melihat bencana yang setiap tahun menjadi ancaman di wilayahnya yang tidak kunjung usai. 17 tahun lamanya Seakan-akan pemerintah tidak serius menindaklanjuti kasus yang sebenarnya dilihat korbannya sudah harus menjadi bencana nasional :(

Musibah kebakaran hutan dan lahan selama ini terjadi lebih banyak disebabkan oleh kecerobohan manusia, salah satunya pihak yang selama ini di tuding adalah perusahaan yang sengaja melakukan pembakaran untuk membuka lahan and clearing untuk kepentingan ekonomi dan industri. 

Egois, dia tidak pikir kali yah atau sudah tidak punya hati, kalau dampak dari tindakan mereka sangat merugikan banyak orang, terutama anak kecil, anak-anak yang masih bersekolah dan sekarang ditutup sekolahnya karena sudah dilarang melakukan aktifitas di luar rumah. Bahkan sekarang banyak orangtua yang membawa anaknya keluar dari Riau karena tidak ada lagi tempat aman untuknya berlindung, yang sebelumnya ada rumah yang mereka andalkan sekarang rumah mereka juga sudah tercemar dimasuki asap. Saya memiliki anak dan lagi hamil, entah jika saya ada diposisi mereka tindakan apa juga yang saya lakukan udara yang jadi hak kita untuk bernafas direnggut oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab :( setiap hari menggunakan masker, mata perih bernafaspun jadi susah :( jikalau Asap yang sampai sekarang masih belum bisa teratasi bisajadi batam juga akan semakin parah tercemarnya :(

Hanya bisa membantu doa dan kepedualian saya sekeluarga terhadap mereka dengan cara saya menulis #melawan asap ini bisa setidaknya menyuarakan hak kami, hak kalian, hak anak-anak disana yang ingin bebas bermain diluar, bersekolah tanpa ada yang terganggu. Saya juga berfikir gimana nasib hewan-hewan yah disana. :(

Semoga dan semoga pemerintah kita dapat melakukan sesuatu yang tegas supaya kebakaran hutan tidak selalu menjadi bencana tahunan yang datang disetiap musim kemarau.
Karena sesungguhnya kedelai saja tidak mau jatuh pada lubang yang sama.

Dari video diatas, yang dimulai oleh instrument 'Indonesia Raya' Sedih dan merinding, Miris melihat kondisi disana :( Jika biasanya kabut itu disertai dengan udara yang bersih dan segar, ini malah kabut asap yang berbahaya :( hanya bertahan dalam memakai masker + mengurangi aktifitas diluar dan melawan dalam bentuk seperti ini yang bisa mereka buat untuk mendesak pemerintah yang lebih sepantasnya untuk menndaki para penguasa yang tidak bertanggung jawab itu.

Salam peduli #melawanasap
Lubnahlukman :*

12 September 2015

Sirkus Lumba-Lumba

"Menunjukkan sirkus lumba-lumba pada anak, sama dengan mengajarkan bahwa peran lumba-lumba adalah menghibur manusia. #SaveDolphin." - @NGIndonesia

Assalamualaikum :))

Sewaktu kecil ketika saya masih duduk dibangku SD, ketika itu saya bersama teman-teman sekolah lagi ikut rombongan yang diadakan sekolah untuk menyaksikan pertunjukan sirkus lumba-lumba. yang pas memang lokasinya ada didepan sekolah saya yaitu Lapangan Karebosi.
Saat itu perasaan saya sangat senang sekali, bersama teman-teman dan guru berlomba-lomba duduk dibarisan paling depan tujuannya hanya melihat lebih dekat lumba-lumba yang katanya hewan paling pintar sedunia.

Awal dari situ sebenarnya saya pribadi ingin mengajak anak saya untuk melihat ada loh jenis hewan yang hidup di dua alam, yang sangat pintar, pikiran saya pasti rasa senang saya waktu itu akan sama dengan senangnya zaf biarpun dia masih belum mengerti penjelasan saya, tapi jika dia melihat langsung hewan tersebut bisa dipastikan dia sangat senang.
Karena rasa kesenangan itu saya tidak kepikiran bahwa adakah sisi edukasi yang saya ajarkan ke zaf jika saya mengajak dia nonton sirkus lumba-lumba ini. saya hanya kepikiran zaf bisa menambah pengetahuan akan jenis satwa yang biasanya dia lihat hanya digambar. bisa dia lihat langsung. sama pada waktu dia mengunjungi SEA Aquarium di Singapur bulan kemarin. 

Karena baru pertama kali lihat bahwa ada pertunjukan sirkus lumba-lumba di batam, makanya sayapun langsung menghubungi teman-teman di batam untuk sama-sama mengajak anak kita untuk melihat pertunjukan ini. Kamis hari yang kita sepakati untuk kesana pada jam 5 sore, kenapa memilih kamis? karena takut jika weekend pengunjung yang banyak, kita kehabisan tiket dan tempat duduk, disamping itu juga harga tiket yang agak mahal ketimbang kita pergi saat weekday.

Saya bersama Ibu fretty (Mom Evra) Kita Janjian di Kepri Mol tapi ujung-ujungnya dia menjemput saya, hehehe Makasih Mom :* sambil menunggu Ibu yuni, keasyikan ngobrol dan ternyata Ibu yuninya gak jadi pergi dengan satu alasan, makanya langsung panik, dan kejar-kejaran dengan waktu supaya kita tidak telat.Tapi akhirnya kita telat 30 menit :( Dimana tempat acaranya di Taras Mall, memang kita belum pernah kesana, kiranya dekat ternyata agak lumayan jauhlah untungnya kita menggunakan alat bantu GPS, jadi keterlambatan gak terlalu lama, tapi tetap aja telat. Petugas tidak mau membiarkan kami masuk, karena disayangkan tiketnya, pertunjukan tinggal beberapa menit lagi. Ia sih, Harga yang kita rencana ambil VVIP yang pas didepan kolam Rp.75,000 hanya melihat akhir acara yang memang durasinya hanya 45 menit. Rugi jadinya :( Memilih VVIP dibanding regular yang hanya Rp. 55.000, perhitungannya jika reguler kita harus ngantri di pintu masuk, berlomba mencari tempat yang bagus, dilain sisi saya sedang hamil + membawa zaf yang pasti pada saat kami masuk dan mencari tempat kita berlomba-lomba, dibayangkan letihnya saya :( dan persoalan harga jika memilih reguler kita harus membeli tiket 2 (ibu dan anak) tapi jika VVIP sudah masuk gak ngantri + tempat duduk yang sudah disediakan, ditambah kita cukup membeli 1 tiket karena anak-anak kami kan tidak butuh kursi tapi hanya tetap dipangkuan kami. :) Hemat kan :)
Makanya besok niat pagi-pagi kita ambil jadwal jam 10 pagi, pada saat ayahnya zaf mau kekantor saya ikut nebeng kerumah mom evra yang kebetulan dekat dari kantor, tinggal sebentar lalu pergi menjemput bu Yuni (Bunda Fathir) perjalanan kesana memakan waktu lumayan lama, dan akhirnya kita telat lagi :( akhirnya kita cuman membeli tiket untuk pertunjukan jam 4 sore yang dengan niat yang sungguh-sungguh TIDAK akan telat lagi, pengen ketawa sih hahahahahah betul-betul perjuangan ini kita menonton lumba-lumba. setelah membeli tiket kita berkumpul dirumah saya aja, menidurkan anak-anak dulu karena emang pada jam tidurnya + agar mereka gak rewel sih saat menonton sebentar sore. Jam 2 tepat kita keluar dari rumah, makan siang dulu dan akhirnya kita juga diburu-buru oleh waktu padahal udah prepare pergi diawal agar gak telat, akhirnya telat lagi tapi cuman 5 menit kok :p 
Ternyata benar, ramai sekali, padahal itu weekday loh, gimana yang weekend, dan setiap harinya ada 4-5 kali pertunjukan dengan tingkat keramaian yang selalu ada. Pribadi saya kurang puas sih dengan pertunjukannya, hanya sebentar, dan kepotong gara-gara ada sesi foto (berfoto dengan lumba-lumba) yang disimpan ditengah waktu.
Tapi Alhamdulillah, setidaknya perjuangan 2 hari ini, terlaksana juga. Zafran yang begitu senangnya, emaknya yang kelelahan. Nonton hanya sebentar tapi persiapan dari kemarin :D
Pas pulang dan ingin nulis diblog tentang kegiatan ini, Saya begitu terkenang akan kedua lumba-lumba ini. Betapa pintar dan mengertinya mereka. Berenang mendekat, berputar, berdiri dan bermanuver dengan menggelepar-geleparkan badannya menyamping. Tapi entah ada rasa ingin tahu manfaat yang diperoleh anak itu apa.

Saat itu langsung googling dan.... Hwaaaa.....sungguh saya merasa tidak enak. Seperti tertampar rasanya. #Plak #Plak #Plak. Kemana saja sih saya selama ini? saya fikir kampanye selama ini hanya #savesharks tapi ternyata ada #SaveDolphin juga yang digagas oleh Richard O’ Barry.


Data yang dikumpulkan JAAN (Jakarta Animal Aid Network), membenarkan informasi penyiksaan tersebut. Lumba-lumba ternyata dipaksa patuh dengan menerapkan diet ketat. Untuk mendapatkan makanan, satwa ini harus bersedia mengikuti perintah pelatih seperti melompat, menyambar bola, hingga melewati cincin api. Daging ikan, itulah pamrih yang diterima lumba-lumba patuh dari pelatih. Setelah dilatih, lumba-lumba dipindahkan ke kota-kota pertunjukan. Lagi-lagi mendapati perlakuan yang tidak wajar terhadap spesies dengan nama latin Tursiops aduncus ini. Lumba-lumba ditempatkan di dalam kotak sempit.

Kulit lumba-lumba yang cepat mengering karena terpapar udara hanya dilumuri pelembab. Jika pelembab tidak ditemukan, penyelenggara sirkus mengoleskan mentega di kulit lumba-lumba. Kotak berisi lumba-lumba kemudian dimuat ke dalam truk pengap dan gelap yang mengangkut satwa sirkus ke kota pertunjukan berikutnya.
Kolam pementasan lumba-lumba juga menjadi neraka tersendiri. Kolam melingkar dengan diameter 6 meter berkedalaman 3 meter ini diisi oleh air laut buatan. Penyelenggara membuat air asin ini dengan mencampurkan air ledeng dengan berton-ton garam. Senyawa pembunuh kuman bernama klorin dicampurkan ke dalam air kolam. Klorin yang bersifat korosif dipastikan merusak organ mata yang sensitif. Lumba-lumba pun menjadi rabun. :( 
Ada lagi penyiksaan lumba-lumba ... Pada suatu acara sirkus, animo dan “crowd” penonton pasti sangat meriah. Suara ini ternyata dapat mengganggu dan tanpa kita sadari menyakiti mamalia tersebut. Habitat Ideal Lumba-lumba adalah lautan lepas, bukan kolam dan dijadikan tontonan banyak orang, Atraksi tersebut menjadikan lumba-lumba stres hingga akhirnya cepat mati. Menurut beberapa ahli, lumba-lumba yang berada di pertunjukan menyusut umurnya mencapai 5 tahun padahal jika dialam bebas bisa sampai 45-50 tahun :(
Data yang dikumpulkan JAAN membenarkan informasi penyiksaan tersebut. Lumba-lumba ternyata dipaksa patuh dengan menerapkan diet ketat. Untuk mendapatkan makanan, satwa ini harus bersedia mengikuti perintah pelatih seperti melompat, menyambar bola, hingga melewati cincin api. Daging ikan, itulah pamrih yang diterima lumba-lumba patuh dari pelatih.
Setelah dilatih, lumba-lumba dipindahkan ke kota-kota pertunjukan. Coki lagi-lagi mendapati perlakuan yang tidak wajar terhadap spesies dengan nama latin Tursiops aduncus ini. Lumba-lumba ditempatkan di dalam kotak sempit.
3468723_20120727045525
Lumba-lumba Dilumuri dengan Metega
Kulit lumba-lumba yang cepat mengering karena terpapar udara hanya dilumuri pelembab. Jika pelembab tidak ditemukan, penyelenggara sirkus mengoleskan mentega di kulit lumba-lumba. Kotak berisi lumba-lumba kemudian dimuat ke dalam truk pengap dan gelap yang mengangkut satwa sirkus ke kota pertunjukan berikutnya. "Lumba-lumba dipastikan kepanasan dan tertekan selama dipindahkan," kata Coki.
270665_139180032828833_619873_n
Kolam pementasan lumba-lumba juga menjadi neraka tersendiri. Kolam melingkar dengan diameter 6 meter berkedalaman 3 meter ini diisi oleh air laut buatan. Penyelenggara membuat air asin ini dengan mencampurkan air ledeng dengan berton-ton garam. Senyawa pembunuh kuman bernama klorin dicampurkan ke dalam air kolam. Klorin yang bersifat korosif dipastikan merusak organ mata yang sensitif. Lumba-lumba pun menjadi rabun.
- See more at: http://www.inikabarku.com/2012/09/hentikan-sirkus-keliling-lumba-lumba.html#sthash.NWElX31t.dpuf
karena itu, mulai banyak aksi protes dibelahan dunia terhadap eksploitasi si lumba-lumba. Dan, satu-satunya Negara yang masih memperbolehkan aksi ini ternyata Indonesia. Itu negara saya :( dan ternyata hanya ada 3 tempat di Indonesia yang mendapat izin resmi boleh melakukan pertunjukan lumba-lumba yaitu Ancol di Jakarta, Taman Safari di Cisarua, dan wersut Seguni Indonesia di semarang. Jadi yang kemarin kami nonton itu ILEGAL yah?? :(
Data yang dikumpulkan JAAN membenarkan informasi penyiksaan tersebut. Lumba-lumba ternyata dipaksa patuh dengan menerapkan diet ketat. Untuk mendapatkan makanan, satwa ini harus bersedia mengikuti perintah pelatih seperti melompat, menyambar bola, hingga melewati cincin api. Daging ikan, itulah pamrih yang diterima lumba-lumba patuh dari pelatih.
Setelah dilatih, lumba-lumba dipindahkan ke kota-kota pertunjukan. Coki lagi-lagi mendapati perlakuan yang tidak wajar terhadap spesies dengan nama latin Tursiops aduncus ini. Lumba-lumba ditempatkan di dalam kotak sempit.

- See more at: http://www.inikabarku.com/2012/09/hentikan-sirkus-keliling-lumba-lumba.html#sthash.NWElX31t.dpuf
Data yang dikumpulkan JAAN membenarkan informasi penyiksaan tersebut. Lumba-lumba ternyata dipaksa patuh dengan menerapkan diet ketat. Untuk mendapatkan makanan, satwa ini harus bersedia mengikuti perintah pelatih seperti melompat, menyambar bola, hingga melewati cincin api. Daging ikan, itulah pamrih yang diterima lumba-lumba patuh dari pelatih.
Setelah dilatih, lumba-lumba dipindahkan ke kota-kota pertunjukan. Coki lagi-lagi mendapati perlakuan yang tidak wajar terhadap spesies dengan nama latin Tursiops aduncus ini. Lumba-lumba ditempatkan di dalam kotak sempit.

- See more at: http://www.inikabarku.com/2012/09/hentikan-sirkus-keliling-lumba-lumba.html#sthash.NWElX31t.dpuf
Data yang dikumpulkan JAAN membenarkan informasi penyiksaan tersebut. Lumba-lumba ternyata dipaksa patuh dengan menerapkan diet ketat. Untuk mendapatkan makanan, satwa ini harus bersedia mengikuti perintah pelatih seperti melompat, menyambar bola, hingga melewati cincin api. Daging ikan, itulah pamrih yang diterima lumba-lumba patuh dari pelatih.
Setelah dilatih, lumba-lumba dipindahkan ke kota-kota pertunjukan. Coki lagi-lagi mendapati perlakuan yang tidak wajar terhadap spesies dengan nama latin Tursiops aduncus ini. Lumba-lumba ditempatkan di dalam kotak sempit.
3468723_20120727045525
Lumba-lumba Dilumuri dengan Metega
Kulit lumba-lumba yang cepat mengering karena terpapar udara hanya dilumuri pelembab. Jika pelembab tidak ditemukan, penyelenggara sirkus mengoleskan mentega di kulit lumba-lumba. Kotak berisi lumba-lumba kemudian dimuat ke dalam truk pengap dan gelap yang mengangkut satwa sirkus ke kota pertunjukan berikutnya. "Lumba-lumba dipastikan kepanasan dan tertekan selama dipindahkan," kata Coki.
270665_139180032828833_619873_n
Kolam pementasan lumba-lumba juga menjadi neraka tersendiri. Kolam melingkar dengan diameter 6 meter berkedalaman 3 meter ini diisi oleh air laut buatan. Penyelenggara membuat air asin ini dengan mencampurkan air ledeng dengan berton-ton garam. Senyawa pembunuh kuman bernama klorin dicampurkan ke dalam air kolam. Klorin yang bersifat korosif dipastikan merusak organ mata yang sensitif. Lumba-lumba pun menjadi rabun.
- See more at: http://www.inikabarku.com/2012/09/hentikan-sirkus-keliling-lumba-lumba.html#sthash.NWElX31t.dpuf
Saat ini ada perasaan bersalah karena menonton sama halnya saya merusak habitat sesungguhnya lumba-lumba. Mengajarkan ke anak saya secara tidak langsung lumba-lumba itu hewan penghibur. Astagfirullah. Maafkan. Saya hanya seorang Ibu yang senang jika anak saya tersenyum lebar dan gembira, tapi sekarang harus tahu dari senyum gembira itu saya harus tau alasannya, jika salah sepatutnya saya menjelaskan :(

#SaveDolphin #StopSirkusLumbaLumbaKeliling

Lubnah Lukman.

8 September 2015

Buku dan Roda


Assalamu Alaikum :D

Hari ini temanya lagi mau nantangin diri sendiri, bisa gak saya ngurus diri saya + suami + zaf, ngurus jualan, ngurus kejaan rumah termasuk mencuci + nyetrika + masak+ membersihkan rumah, dan ngeblog. Dan jawabannya Alhamdulillah bisa yahhh :)).. biarpun agak ngos-ngosan karena dedek dalam perut semakin kencang juga goyangannya, tapi itu gak membuat saya nyerah, palingan duduk sebentar dan lanjut lagi. Betul kali yah kekuatan seorang perempuan itu gak bisa ditebak dari mana datangnya. Aku aja nulis postingan ini sambil review hari ini yang alhamdulillah sibuk banget :D sering sih suami bilang gak usah dipaksaiin, atau klo saya agak moody, sering dia usul untuk nyari pembantu aja. Dan selalu kalau gitu aku bantah. GAK MAU!! aku masih bisa Inshaa Allah tangani sendiri. Lain cerita kalau nanti udah 2 anak kali yah, berangkali disitu aku baru nyerah :(

Bukan apanya, saya sudah full time di rumah, apalah saya kalau gitu aja nyerah. Saya hanya mau menikmati waktu betul jadi seorang Ibu Rumah Tangga, mengurus semua dari kedua tangan saya. Jika Pak suami kekantor saya hanya berdua dengan zaf, dan itu tinggal beberapa waktu lagi, Inshaa Allah kalau lancar nanti desember sudah ada teman mainnya zaf. Dan perhatian otomatis terbagi lagi. Dan kali ini saya hanya mau menikmati waktu saya hanya dengan zaf dan suami. Nanti jika ada yang membantu, saya udah punya pengalaman dan mengingat bahwa dulu aku pernah laluin semuanya. Menjadi Wanita Karier, Wanita yang full dirumah, dan Jika diizinkan wanita yang sudah memperkerjakan orang. Selalu aku berdoa, Yaa Rabbi berikan aku selalu kesabar dan keikhlasan yang tiada batasnya :)

Malam ini zaf yang biasanya tidur jam 8 malam, malah kecepatan jadi jam 7, tadi siang cuman gak 2 jam dia tidur siang, makanya dia cepat tidur :D dan yang menjadi kebiasaannya sebelum tidur baik siang dan malam selalu aku bacain buku cerita :))

Entah sekarang udah bisa ketebak gak sih kegemaran seorang anak atau belum??!! Zaf karena dari umur 4 bulan aku sering bacain buku cerita, alhamdulillah sampai sekarang dia doyan buku dan sesuatu permainan yang berputar, apapun permainan yang diberikan palingan cuman dimainin 1 kali, entah itu susunan balok, puzzle, mainan lilin, atau apapun yang aku bikinin atau beliin palingan bertahan 1-2 kali dia mainin pasti kembali ke buku. makanya dari pada saya rugi beliin dia mainan, mending aku beliin buku.hehehe *emak-emak gak mau rugi. Jadi emang Bukunya dia lebih banyak ketimbang mainan dia, karena kadang sayang aja dibeli toh juga kalau aku ke toko mainan ekspresi dia beda jika aku ajakin ke toko buku.

Atau seperti susunan balok harus diasah yah supaya dia tertarik dan suka mainin, tapi yah itu, dia bisa selesein apapun yang ku kasih, gak sempurna sih tapi setidaknya dia bisa nyusunin balok sampai ke atas biarpun gak sama besarnya, tapi jika saya jelesin ke dia berulang-ulang dia kembali ke buku bacaan tanpa memperdulikan penjelasan saya hahaha. Kadang aku simpulin kalau dia gak suka yang mainan seperti itu. atau aku sebagai orang tua terlalu cepat kali yah menyimpulkan. :(

Kalau coret-coret  jangan tanya, setiap disajikan spidol tunggu deh itu dinding, badan eike, badan zaf, termasuk ubin semua dia coret, aku sih sebenarnya gak masalah kalau ini, karena yang aku pernah baca, salah satu untuk ngembangin motorik kasar dan tingat kefokusannya adalah menggambar biarpun yang digambar juga masih abstrack. tapi yang aku risihnya karena ini rumah orang bukan rumah kita hahahahha

dan satu lagi mainan yang dia suka banget, semua hal yang ada rodanya, dia gak naikin, hanya memperhatikan, memutar rodanya. Entah itu mainan mobil-mobilan, mobil nyata atau hanya gambar dibuku atau majalah. Bukan cuman mobil sih, sepeda atau apapun yang berputar. Klo yang ini aku  kadang takut beliin dia mobil-mobilan yang banyak, karena memang usia dia sebenarnya belum waktunya dia mainin ini. kenapa? karena dia gak mainin (naikin barangnya) jadi emosional + tenaga gak tersalurkan, hanya memperhatikan rodanya berputar sampai seserius gak lihat kalau ada apapun yang mengganggu dia. Gak salah kalau aku simpulin kalo zaf ini tipikal yang visual kali :)

Ahh entahlah yah :) aku cuman pengen sebenarnya zaf enjoy dengan apa yang dia lakukan, tetap aku arahin mainan yang sesuai umurnya tapi jika ada yang terlambat atau terlalu cepat kadang aku gak terlalu paksain untuk dia lakuin.

Cukup celoteh aku aja yah malam ini, suami sepertinya udah mau datang dari kantor dan eike belum ngeberesin mainannya zaf hehehe

Salam hangat,
Lubnah Lukman :*

7 September 2015

Launching 'Dapur Uphie'


Assalamu Alaikum :D
Akhirnyaaaaa… Launching juga ini 'Dapur Uphie' :D  

Sebenarnya janji pas 1 september harus bisa launching tapi karena chef yang di makassar alias kakak saya bereksperimen dalam banyak resep pie susu akhirnya nemu juga yang enak dan pas diharga :D sekalian emang satu minggu ini ada yang langsung order pie susu dalam jumlah banyak, makanya yang pake delivery order per pack (6 biji) kita pending dulu :D dan baru memulai hari ini.

Bismillah,

Kami Menerima Mulai hari ini pemesanan kue kering untuk segala waktu dan momen karena Momen yang dekat ini adalah Idul Adha yuk order kue kering dikami, Inshaa Allah tidak menyesal dan rasa ingin pesan lagi :D Ada Jenis Kue Nastar, Lidah kucing, Keju, Putri Salju, Coklat, dan spesialnya bisa pesan sesuai jenis kue kering yang diinginkan, 
Harga Rp.60.000/Toples (bisa delivery order min. pemesanan 3 toples)


Nah Karena Launching ini kita spesial ada menu baru dari Dapur Uphie yaitu Pie susu yang Insha Allah jadi salah satu menu Andalan dan bisa memakai jasa delivery order khusus area Makassar,
Jika pemesanan min. 2 paket (12 pcs)
plus bisa dikombinasikan dengan Pie Schotel
Harga Pie susu/Pie Schotel Rp.30.000/paket/6pcs (Harga termasuk delivery order min. 3 paket)
Pemesanan bisa setiap hari tapi pengantaran hanya dihari selasa dan kamis yah ;) 


Pie Susu, Ingat Dapur Uphie!!!
Ditunggu Orderannya yah :))

Salam hangat,
Dapur Uphie,
Lubnah Lukman :*