26 Oktober 2015

Cek & Ricek Rumah Sakit Bersalin di Makassar

Assalamualaikum :D


Salah satu persiapan terpenting menuju lahiran salah satunya pasti rumah sakit bersalin. Pada waktu zaf menunggu lahiran di makassar hampir aku datangin semua RSB yang ada di makassar sekaligus kamarnya, tapi sayangnya lagi review itu ada di blog saya yang terhack sama orang. dan akhirnya kehamilan kedua ini saya gak terlalu ambil pusing untuk dokter dan rumah sakit bersalin, kenapa??

Begini, yang namanya kehamilan pertama pastinya kita persiapan yang paling sempurna menurut kita, cari dokter yang paling bagus, hunting makanan sehat untuk janin, googling untuk cari informasi sebanyak-banyaknya tentang proses kehamilan dan persalinan, masuk ke komunitas ibu-ibu hamil baik di dunia maya ataupun sekitar, persiapan barang-barang yang mau dibawa ke rumah sakit, dan masih banyak lagi persiapan-persiapan yang menuntut kesempurnaan, karena memang yang saya rasakan eforia menjadi ibu hamil dan mempunyai anak, adalah salah satu kesyukuran yang tak ternilai bagi saya khusunya.

Nah, masuk di kehamilan kedua yang alhamdulillah sekarang sudah 35 minggu, doain yah lancar-lancar, bukan karena sudah ada pengalaman kehamilan sebelumnya tetapi lebih ke pemantapan mental, pengalaman waktu lahirin zaf rencana dan persiapan sudah mantap tetapi harapan semua gak tercapai salah satunya yang mau lahirin normal jadinya SC :(( makanya sempat baby blues selama sebulan. Dan kali ini saya serahin sama yang memberi Keputusan dan Kesehatan dan tentunya memang dengan pertimbangan saya dan pak suami, mau normal ataupun SC pun saya tetap pada dokter dan RSB saya waktu zaf, pertama karena letak kenyamanan saya ada pada keduanya, jadi Insha Allah sudah mantap untuk kesitu aja. 

Saat ini saya cuman review harga dan sekedar testimoni dari saya untuk 7 Rumah sakit yah :( beda yang blog kemarin 15 RS yang di Makassar aku datangin semua :p ditambah nulis plus minusnya pulak heheheh

1. Rumah Sakit Bersalin Sentosa


Review pertama bukan karena bagus tapi karena saya pernah mengalami melahirkan disini. Sentosa yang sekarang dengan yang dulu menggunakan gedung yang berbeda, bukan karena sudah pindah tapi tahun ini bangunan baru dari sentosa sudah difungsikan. Lokasi rumah sakitpun yang sangat strategis pas depan rumah jabatan Gubernur sulsel dan memang sangat dekat dengan rumah orangtua saya. pada waktu zaf saya masih menggunakan gedung yang lama dan tentunya harga juga berbeda. Pada waktu zaf saya sudah menempati kamar vvip yang sangat murah ketimbang rumah sakit yang lain, dari segi tenaga medis yang berpengalaman seperti bidan khususnya, tempat operasi dan melahirkanpun sangat nyaman. cuman yah memang kamar masih gedung lama, tapi tidak membuat rasa nyaman itu hilang. Makanan sepanjang jangan salah, enak banget dan banyak hehehe. Dan sekarang pada waktu cek harga di gedung baru harganya juga gak naik-naik amat, fasilitas kamar yang hampir menyamai hotel bintang 5 (tergantung kelas yang diambil) dan tetap suasana rumahan yang tidak hilang. semoga yah :)

2. Rumah Sakit Umum Awal Bros Makassar
Rumah sakit ini sebenarnya juga bagus, karena menerima pasien BPJS tapi sayangnya dokter yang menangani saya tidak terdaftar di RS ini, ditambah anak kecil dilarang masuk kecuali hari minggu pada waktu berkunjung. Dan untuk yang terakhir saya gak bisa terima, soalnya saya untuk waktu sekarang ngebayangin pisah sama zaf aja membuat saya nyesak apalagi pas harinya saya tidak melihat zaf dalam waktu beberapa hari :(( . Jika ada yang berkeinginan partus secara normal saya sarankan disini, karena kamar bersalinnya setiap kamar hanya ditempati satu orang, tidak seperti RSB yang lain yang bisa sampai 3 bahkan lebih didalamnya. Jadi tidak ada gangguan baik 'mental' dan gangguan lain jika ingin melahirkan, bidan dan dokterpun pasti fokus melayani.

3. Rumah Sakit Bersalin Ananda
 

Rumah sakit ini sebenarnya udah lama dan dulu saya kira masih menggunakan bangunan lama. Hanya karena tujuan saya kesini ingin periksa kehamilan kedua ini dengan USG 4D makanya saya sengaja kesini dan ternyata sudah bagus gedungnya berlantai 8. Rumah sakit ini sama statusnya dengan RS sentosa hanya menerima pasien umum. Pelayanan didepan sangat ramah dan sangat memberikan informasi bagi pasiennya padahal saya hanya bertujuan ketemu dengan dokter kandungan saja. Fasilitas diruangan tunggu baik dibagian informasi atau bagian tunggu dokter sangat nyaman, ditambah ada mainan luncuran buat anak-anak + ruang baca. jadi zaf sangat senang tinggal lama-lama di rumah sakit ini. itu bisa jadi karena masih gedung baru jadi semua baik gedung dan pelayanan dibikin maksimal mungkin memberikan kenyamanan bagi pasien. Masalah kamar saya gak sempat lihat sih karena tujuan utama kesini bukan itu, tapi saya masih sempat mengambil daftar harga Partusnya. Jika dokter saya terdaftar disini bisa jadi rumah sakit ini bisa jadi bahan pertimbangan.

4. Rumah Sakit Bersalin Bunda

Rumah sakit bersalin ini sangat familiar khususnya di telinga saya setelah sentosa. Kakak, keluarga dan banyak teman, rata-rata melahirkan di tempat ini. Menawarkan konsep rumahan maka masuk ke dalamnya memang sangat nyaman, di dukung kondisi bangunan berlantai 1 yang terlihat seperti rumah, kamarnyapun terbatas kata kakak saya harus pesan sebelum partus. Dan sayangnya Parkiran yang terbatas, akses lalu lintas yang ramai membuat bising, tapi lokasi ini sebenarnya sangat strategis, baik kuliner sekitar yang lengkap dan dekat ataupun pembelanjaan seperti mol dan lainnya mudah dijangkau. Tidak heran jika pemilihan rumah sakit ini disebabkan salah satunya lokasi strategis dari rumah sakit ini. Ohh ia, harga yang dicantumkan diatas belum termasuk dengan harga obat-obatan dan pelayanan lainnya. sayapun waktu datang ke sini stafnya memberikan penjelasan dengan jelas tapi hanya 1 kamar yaitu vvip karena kamar ini saja yang saya minta jelasin, yg lainnya tidak. Nah yang kamar VVIP jika ditotalin dengan semuanya yang tertera sekitar 15 juta bisa naik menjadi 18 jutaan tergantung pemilihan jenis obat katanya.

5. Rumah Sakit Ibu dan Anak Catherine Booth

Dokter yang menangani saya waktu zaf dan rencana yang kedua ini, sebenarnya bisa melayani di sini juga hanya dilihat dari harga sangat mahal ketimbang sentosa, memang sih saya gak sempat melihat dan membandingkan kamarnya. Tapi dilihat dari lokasinya juga agak jauh dikit dari sentosa, kasihan jika mertua saya yang bertempat tinggal di daerah daya, jauh kali :) Tapi klo dilihat lokasi secara umum memang pinggir kota tapi sangat dekat dengan kuliner dan tempat pembelanjaan juga apalagi daerah wisata seperti pantai losari, deket banget. RSIA ini juga sudah banyak mengalami perubahan seperti sentosa, bangunan lama sudah tidak terlihat diganti dengan bangunan baru berlantaikan 5 atau 6 lantai. Pasti layananpun pasti lebih dimaksimalkan. Tapi jika saya googling rumah sakit ini menjadi salah satu rumah sakit terbagus yang ada di makassar.

6. Klinik Bersalin Kartini Medical Center

Andaikan saya tahu bahwa ada melahirkan secara ILA disini pada waktu zaf bisa jadi bahan pertimabangan ini klinik :) dari beberapa teman yang disini biarpun harga yang relatif murah tapi dari segi fasilitas kamar dan lainnya sangat bagus dan bersaing, menawarkan konsep rumahan jadi kita nyaman jika berkunjung disini. Hanya lokasi juga dipinggir kota tapi jangan salah dengan sekitarnya deket juga dengan beberapa jajanan kuliner atau pembelanjaan. Jika dibikin zona lokasi, sentosa, catherine booth, Kartini Medical center dan siloam (pembahasan no.7) masuk 1 zona, semua ada dipinggir kota dengan akses yg mudah dan dekat kemana-mana. Sama dengan RSB Bunda, akses yang dekat dengan lalu lintas ditambah parkiran yang sedikit. 

7. Rumah Sakit Umum Siloam

Ini daftar harga saya foto pas di lift menuju ruangan senam hamil :D Sempat ada kemauan untuk mencoba melahirkan disini, tapi pas kroscek dokternya ternyata dokter saya gak melayani di rumah sakit ini, didukung lokasi sangat pinggir kota makassar dekat dengan pantai losari tapi jika keluar dari rumah sakit ini hanya pantai yang terlihat kita harus menggunakan kendaraan jika ingin hanya sekedar cari makan malam, biarpun rumah sakit ini menyediakan kantin dan beberapa fasilitas kuliner sih. Rumah sakit ini sama statusnya dengan RS.Awal bros, Rumah sakit umum yang besar dan menerima Pasien BPJS. Parkiran yang sangat luas. Saya gak sempat bertanya sih masalah kamar dan fasilitas lain, karena tujuan pertama memang hanya senam hamil, untungnya harga secara umum ditampilkan di lift dengan menggunakan poster jadi akses gambaran secara umum mengenai harga bisa dapat diketahui, akunya tinggal foto :D

Itu saja yah beberapa rumah sakit yang bisa saya sempat cek, semoga bisa membantu dengan niat memang begitu dari awal. Untuk lebih lengkapnya bisa langsung ke rumah sakitnya langsung, karena bagaimanapun kebutuhan orang berbeda-beda. Selanjutnya pengen cerita USG  saya yang 4 D sekaligus review. Amiinn... 

Lubnah Lukman

25 Oktober 2015

Senam Hamil di RS. Siloam Makassar

Me. Kadrina
Assalamu Alaikum :D

Doa semasa hamil,
 Ya Allah, peliharalah anakku ini selama ia berada di dalam perutku, dan sehatkanlah dia, Engkau yang menyembuhkan, tidak ada penyembuhan selain penyembuhanMu, Penyembuhan yang tidak meninggalkan penyakit. Ya Allah, rupakanlah atau bentukkanlah dia yang ada diperutku dengan rupa yang baik dan tetapkanlah di dalam hatinya iman kepada Engkau dan kepada RasulMu. Ya Allah, keluarkanlah dia dari perutku dengan mudah dan selamat. Ya Allah jadikanlah dia sehat yang sempurna berakal dan pandai, alim dan beramal.
 Ya Allah, panjangkanlah umurnya, sehatkanlah badannya, baikkanlah akhlaknya, fasihkanlah lisannya, baguskanlah suaranya untuk membaca Al-Quran dan hadis dengan berkat Nabi Muhammad S.A.W, dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.
Alhamdulillah, kesampaian juga untuk senam hamil di makassar, sebelunya memang sebelum ke makassar udah nyari-nyari info tempat senam hamil di makassar, dan lihat postingan salah satu teman path pernah upload senam hamil dia di Rumah Sakit siloam ini.

Waktu hamil zaf aku cuman senam hamil di batam, tepatnya Awal Bros batam. untungnya juga pernah di Batam, soalnya waktu saya pulang ke makassar untuk lahiran, aku gak nemu, RS. Siloam juga belum ada waktu itu.

pernah waktu di blog saya unnaiko.blogspot.com aku cerita panjang lebar kenapa saya pengen banget untuk senam hamil langsung. padahal bisa nyari videonya di youtube atau sosmed yang lain. tetapi memang beda sih rasanya kalau senam hamil langsung dengan dipandu oleh intstrukturnya langsung, biarpun sebenarnya gak terlalu membantu jika tidak sering latihan tapi setidaknya saya punya pengalaman untuk saya bagi dengan yang baca blog saya. Tapi sayangnya blog saya dulu udah gak aktif dan mengulang menulis rasanya malas :( Dan kali hanya pengen review dan membandingkan senam hamil yang saya lakukan di tempat yang berbeda.

Senam Hamil Di RS. Siloam Makassar harganya Rp.60,000/orang/kunjungan ada juga paket Rp.300,000/5 kali kunjungan + 1 kali gratis kunjungan. Lebih murah memang jika ambil paket, tapi khusus saya cuman mengambil per kali kunjungan, karena kondisi rumah sakit yang jauh dari rumah + zaf yang ditinggal terlalu sering membuat saya rugi jikalau ngambil paket dan cuman datang 3 kali atau tidak sampai 6 kali kunjungan *emak-emak anti rugi :p 

Masalah harga agak terlalu mahal sih menurutku, karena fasilitas yang saya dapat hanya sepasang baju itupun dikembalikan jika sudah selesai senam + ilmu + segelas air mineral itupun jika mau+ matras. Dari ilmu yang kita dapat termasuk gerakan-gerakannya memang sangat bervariasi, itu kelebihannya tetapi instruktur jika tidak ditanyakan fungsi dari setiap gerakan  dia enggan untuk menjelaskan, padahal itu penting menurutku. Waktunya juga berkisar antara 30-45 menit.

Lain dengan senam hamil saya di Batam yang  diadakan oleh RS. Awal Bros, Harga yang relatif murah pada saat saya hamil zaf tahun 2013 Rp.25.000/orang/kunjungan. memang sih gerakan yang diajarkan gak sebanyak dan tidak terlalu bervariasi yang diajarkan di RS. Siloam Makassar tapi fasilitas dengan harga segitu saya pikir sangat murah. Pertama kali setiap kita datang selalu pemeriksaan denyut jantung janin kita, setelah itu kita diberikan baju senam hamil dan dikembalikan selesai pemakain, masuk ke sesi senam hamil kita tidak langsung melakukan aktifitas senam, perkenalan dulu sambil ditanya satu per satu tentang keluhan atau apapun yang ditanyakan seputar kehamilan, jadi instruktur dan ibu-ibu hamil pada saat itu ada kedekatan secara emosional, sesi tanya jawab saja kadang bisa 30 menit sampai 1 jam, setelah itu masuk setiap gerakan, instrukturnya pasti menjelaskan funsi dari gerakan itu. setelah senam hamil pun, kita masih ada diberikan waktu untuk sesi tanya jawab sambil kita dibagikan snack yang isinya 2 kue + 1 gelas air mineral + 1 kotak susu uht. jadi bisa makan waktu hampir 2 jam-an lah 1 sesi senam hamil.

tapi kembali lagi semua ada positif dan negatif, saya merasa beruntung ada yang laksanakan senam hamil di Makassar, kalau gak ada RS. Siloam Makassar yang adakan pasti kehamilan ini gak ada acara senam-senam hamil segala :D Inti dari senam hamil kan sebenarnya membentuk kebiasaan yang telah diajarkan pada saat proses kehamilan. jadi percuma juga jikalau senam hamil lantas tidak berlatih di rumah secara rutin :))

Cukup Review senam hamil kali ini, 
semoga sehat-sehat selalu saya dan dedek bayi di dalam perut. Amin. 

Lubnah Lukman.
 

21 Oktober 2015

Ranch Adventure by Dancow Excelnutrisi+

Assalamu Alaikum :D



Sebenarnya dari pas selesai acara pengen langsung review di blog tapi ada kendala wifi yang entah tercecer kemana dan zaf lagi gak enak badan selama seminggu, dan alhamdulillah baru malam ini disempatin review kegiatan yang menurut saya sebagai seorang Ibu yang mempunyai anak lelaki yang masa aktif-aktifnya itu KEREN BANGET!

Kenapa? Yuk Disimak.

Kegiatan ini sudah saya tau jauh-jauh hari bahkan sebelum diadakan di makassar, dan memang ada niat akan membawa zafran. ehh ternyata ada info dari mamaZAM kalau ada infitasi dari Anging Mammiri buat emak-emak blogger yang mempunyai anak diatas setahun. tanpa pikir panjang saya email ke yang bersangkutan dan ternyata masih ada tempat. OK. Besok kita langsung kesana nak. :))

Sabtu, 10 Oktober 2015 jam 10.00 aku sudah siap-siap malah ke event ini lokasinya ada di Trans Studio mall Makassar, yang katanya Ini merupakan wahana peternakan yang pertama kali, sekaligus yang terbesar di Makassar, makanya saya persiapkan betul, pertama takut telat dan kedua tentunya takut ketinggalan informasi terutama keseruan yang dihadirkan oleh Dancow Excelnutri+Dancow Excelnutrisi+ ini. Secara zaf, selama di batam belum ada kegiatan seperti ini + zaf tipikal anak lelaki yang memang sangat aktif, kadang saya membiarkan dia untuk bermain ditaman belakang tanpa menggunakan sendal, yah tujuannya supaya dia lebih mengeksplor kondisi lingkungan sekitarnya, bahwa ada pasir, tanah, rumput, air dan tekstur alam lainnya. 

Tiba di Trans Studio mall, ternyata khusus para media dan blogger diarahkan ke X.O Suki dulu untuk acara press conference sekalian seminar parenting ekslusif bersama 3 pakar tumbuh kembang anak + Senior Brand Manager DANCOW Excelnutri+, kenapa saya bilang ekslusif yah karena sebelum mereka diarahkan ke tempat peternakan, mereka 3 pakar yang diantaranya Dokter Spesialis Kandungan, Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG(K) ; Dokter Spesialis tumbuh kembang anak  Dr.dr.Soedjatmiko,Sp.A (K) ; Pakar Praktisi Gizi Ibu  Sari Sunda Bulan,AMG, mereka semua memberikan seminar parenting yang sangat bermanfaat khususnya bagi saya yang sementara hamil 8 bulan dan mempunyai anak yang usianya menjelang 2 tahun .

Dimana secara garis besarnya mereka memaparkan tentang masa seribu hari pertama atau periode emas dalam kehidupan anak kita yaitu dimulai dari masa kehamilan hingga usia dua tahun adalah periode terpenting, karena hal tersebut kritis dan sensitif dan tidak dapat diulang kembali. Pada periode ini apa yang telah ditanamkan pada si kecil secara fisik dan psikologis akan mempengaruhi proses pertumbuhannya sampai ia dewasa nanti. Makanya peran orangtua ini bukan hanya sebagai fasilitator tapi juga sebagai instruktur salah satunya bagaimana mereka menjalankan perannya dalam memenuhi asupan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang si kecil.

Nah selain nutrisi yang diperhatikan, ada juga tahapan yang harus diperhatikan yaitu stimulasi dan kasih sayang, seperti mengajak anak bermain dan menunjukkan kasih sayang. dengan mengajak anak bermain sambil menunjukkan kasih sayang dari orang tua dapat membantu dan membentuk anak yang sehat, cerdas, kreatif, inovatif dan mandiri.

Sebagai pembicara yang terakhir, Senior Brand Manager DANCOW Exelnutri+,  Riza Nopalas. Memaparkan bahwa Dancow terus berinovasi untuk menyediakan kebutuhan nutrisi sesuai dengan tahapan tumbuh kembang Si Kecil. "Nestle Dancow percaya bahwa proses tumbuh kembang khususnya 1000 hari pertama si Kecil harus dilakukan secara holistik dan pemahaman akan aspek penting inilah yang melatarbelakangi peluncuran nestle Dancow Excelnutri+" ujarnya Senior Brand Manager Dancow Excelnutri+ itu, dan menjadi kesimpulan bahwa pentingnya pemenuhan nutrisi buat tumbuh kembang buah hati kita khususnya 1000 hari pertama, Tim dari DANCOW mengadakan kegiatan Ranch adventure di beberapa kota termasuk salah satunya di Makassar, sekalian peluncuran Nestle Dancow Excelnutri+ sebagai penyempurnaan nutrisi.