26 Oktober 2015

Cek & Ricek Rumah Sakit Bersalin di Makassar

Assalamualaikum :D


Salah satu persiapan terpenting menuju lahiran salah satunya pasti rumah sakit bersalin. Pada waktu zaf menunggu lahiran di makassar hampir aku datangin semua RSB yang ada di makassar sekaligus kamarnya, tapi sayangnya lagi review itu ada di blog saya yang terhack sama orang. dan akhirnya kehamilan kedua ini saya gak terlalu ambil pusing untuk dokter dan rumah sakit bersalin, kenapa??

Begini, yang namanya kehamilan pertama pastinya kita persiapan yang paling sempurna menurut kita, cari dokter yang paling bagus, hunting makanan sehat untuk janin, googling untuk cari informasi sebanyak-banyaknya tentang proses kehamilan dan persalinan, masuk ke komunitas ibu-ibu hamil baik di dunia maya ataupun sekitar, persiapan barang-barang yang mau dibawa ke rumah sakit, dan masih banyak lagi persiapan-persiapan yang menuntut kesempurnaan, karena memang yang saya rasakan eforia menjadi ibu hamil dan mempunyai anak, adalah salah satu kesyukuran yang tak ternilai bagi saya khusunya.

Nah, masuk di kehamilan kedua yang alhamdulillah sekarang sudah 35 minggu, doain yah lancar-lancar, bukan karena sudah ada pengalaman kehamilan sebelumnya tetapi lebih ke pemantapan mental, pengalaman waktu lahirin zaf rencana dan persiapan sudah mantap tetapi harapan semua gak tercapai salah satunya yang mau lahirin normal jadinya SC :(( makanya sempat baby blues selama sebulan. Dan kali ini saya serahin sama yang memberi Keputusan dan Kesehatan dan tentunya memang dengan pertimbangan saya dan pak suami, mau normal ataupun SC pun saya tetap pada dokter dan RSB saya waktu zaf, pertama karena letak kenyamanan saya ada pada keduanya, jadi Insha Allah sudah mantap untuk kesitu aja. 

Saat ini saya cuman review harga dan sekedar testimoni dari saya untuk 7 Rumah sakit yah :( beda yang blog kemarin 15 RS yang di Makassar aku datangin semua :p ditambah nulis plus minusnya pulak heheheh

1. Rumah Sakit Bersalin Sentosa


Review pertama bukan karena bagus tapi karena saya pernah mengalami melahirkan disini. Sentosa yang sekarang dengan yang dulu menggunakan gedung yang berbeda, bukan karena sudah pindah tapi tahun ini bangunan baru dari sentosa sudah difungsikan. Lokasi rumah sakitpun yang sangat strategis pas depan rumah jabatan Gubernur sulsel dan memang sangat dekat dengan rumah orangtua saya. pada waktu zaf saya masih menggunakan gedung yang lama dan tentunya harga juga berbeda. Pada waktu zaf saya sudah menempati kamar vvip yang sangat murah ketimbang rumah sakit yang lain, dari segi tenaga medis yang berpengalaman seperti bidan khususnya, tempat operasi dan melahirkanpun sangat nyaman. cuman yah memang kamar masih gedung lama, tapi tidak membuat rasa nyaman itu hilang. Makanan sepanjang jangan salah, enak banget dan banyak hehehe. Dan sekarang pada waktu cek harga di gedung baru harganya juga gak naik-naik amat, fasilitas kamar yang hampir menyamai hotel bintang 5 (tergantung kelas yang diambil) dan tetap suasana rumahan yang tidak hilang. semoga yah :)

2. Rumah Sakit Umum Awal Bros Makassar
Rumah sakit ini sebenarnya juga bagus, karena menerima pasien BPJS tapi sayangnya dokter yang menangani saya tidak terdaftar di RS ini, ditambah anak kecil dilarang masuk kecuali hari minggu pada waktu berkunjung. Dan untuk yang terakhir saya gak bisa terima, soalnya saya untuk waktu sekarang ngebayangin pisah sama zaf aja membuat saya nyesak apalagi pas harinya saya tidak melihat zaf dalam waktu beberapa hari :(( . Jika ada yang berkeinginan partus secara normal saya sarankan disini, karena kamar bersalinnya setiap kamar hanya ditempati satu orang, tidak seperti RSB yang lain yang bisa sampai 3 bahkan lebih didalamnya. Jadi tidak ada gangguan baik 'mental' dan gangguan lain jika ingin melahirkan, bidan dan dokterpun pasti fokus melayani.

3. Rumah Sakit Bersalin Ananda
 

Rumah sakit ini sebenarnya udah lama dan dulu saya kira masih menggunakan bangunan lama. Hanya karena tujuan saya kesini ingin periksa kehamilan kedua ini dengan USG 4D makanya saya sengaja kesini dan ternyata sudah bagus gedungnya berlantai 8. Rumah sakit ini sama statusnya dengan RS sentosa hanya menerima pasien umum. Pelayanan didepan sangat ramah dan sangat memberikan informasi bagi pasiennya padahal saya hanya bertujuan ketemu dengan dokter kandungan saja. Fasilitas diruangan tunggu baik dibagian informasi atau bagian tunggu dokter sangat nyaman, ditambah ada mainan luncuran buat anak-anak + ruang baca. jadi zaf sangat senang tinggal lama-lama di rumah sakit ini. itu bisa jadi karena masih gedung baru jadi semua baik gedung dan pelayanan dibikin maksimal mungkin memberikan kenyamanan bagi pasien. Masalah kamar saya gak sempat lihat sih karena tujuan utama kesini bukan itu, tapi saya masih sempat mengambil daftar harga Partusnya. Jika dokter saya terdaftar disini bisa jadi rumah sakit ini bisa jadi bahan pertimbangan.

4. Rumah Sakit Bersalin Bunda

Rumah sakit bersalin ini sangat familiar khususnya di telinga saya setelah sentosa. Kakak, keluarga dan banyak teman, rata-rata melahirkan di tempat ini. Menawarkan konsep rumahan maka masuk ke dalamnya memang sangat nyaman, di dukung kondisi bangunan berlantai 1 yang terlihat seperti rumah, kamarnyapun terbatas kata kakak saya harus pesan sebelum partus. Dan sayangnya Parkiran yang terbatas, akses lalu lintas yang ramai membuat bising, tapi lokasi ini sebenarnya sangat strategis, baik kuliner sekitar yang lengkap dan dekat ataupun pembelanjaan seperti mol dan lainnya mudah dijangkau. Tidak heran jika pemilihan rumah sakit ini disebabkan salah satunya lokasi strategis dari rumah sakit ini. Ohh ia, harga yang dicantumkan diatas belum termasuk dengan harga obat-obatan dan pelayanan lainnya. sayapun waktu datang ke sini stafnya memberikan penjelasan dengan jelas tapi hanya 1 kamar yaitu vvip karena kamar ini saja yang saya minta jelasin, yg lainnya tidak. Nah yang kamar VVIP jika ditotalin dengan semuanya yang tertera sekitar 15 juta bisa naik menjadi 18 jutaan tergantung pemilihan jenis obat katanya.

5. Rumah Sakit Ibu dan Anak Catherine Booth

Dokter yang menangani saya waktu zaf dan rencana yang kedua ini, sebenarnya bisa melayani di sini juga hanya dilihat dari harga sangat mahal ketimbang sentosa, memang sih saya gak sempat melihat dan membandingkan kamarnya. Tapi dilihat dari lokasinya juga agak jauh dikit dari sentosa, kasihan jika mertua saya yang bertempat tinggal di daerah daya, jauh kali :) Tapi klo dilihat lokasi secara umum memang pinggir kota tapi sangat dekat dengan kuliner dan tempat pembelanjaan juga apalagi daerah wisata seperti pantai losari, deket banget. RSIA ini juga sudah banyak mengalami perubahan seperti sentosa, bangunan lama sudah tidak terlihat diganti dengan bangunan baru berlantaikan 5 atau 6 lantai. Pasti layananpun pasti lebih dimaksimalkan. Tapi jika saya googling rumah sakit ini menjadi salah satu rumah sakit terbagus yang ada di makassar.

6. Klinik Bersalin Kartini Medical Center

Andaikan saya tahu bahwa ada melahirkan secara ILA disini pada waktu zaf bisa jadi bahan pertimabangan ini klinik :) dari beberapa teman yang disini biarpun harga yang relatif murah tapi dari segi fasilitas kamar dan lainnya sangat bagus dan bersaing, menawarkan konsep rumahan jadi kita nyaman jika berkunjung disini. Hanya lokasi juga dipinggir kota tapi jangan salah dengan sekitarnya deket juga dengan beberapa jajanan kuliner atau pembelanjaan. Jika dibikin zona lokasi, sentosa, catherine booth, Kartini Medical center dan siloam (pembahasan no.7) masuk 1 zona, semua ada dipinggir kota dengan akses yg mudah dan dekat kemana-mana. Sama dengan RSB Bunda, akses yang dekat dengan lalu lintas ditambah parkiran yang sedikit. 

7. Rumah Sakit Umum Siloam

Ini daftar harga saya foto pas di lift menuju ruangan senam hamil :D Sempat ada kemauan untuk mencoba melahirkan disini, tapi pas kroscek dokternya ternyata dokter saya gak melayani di rumah sakit ini, didukung lokasi sangat pinggir kota makassar dekat dengan pantai losari tapi jika keluar dari rumah sakit ini hanya pantai yang terlihat kita harus menggunakan kendaraan jika ingin hanya sekedar cari makan malam, biarpun rumah sakit ini menyediakan kantin dan beberapa fasilitas kuliner sih. Rumah sakit ini sama statusnya dengan RS.Awal bros, Rumah sakit umum yang besar dan menerima Pasien BPJS. Parkiran yang sangat luas. Saya gak sempat bertanya sih masalah kamar dan fasilitas lain, karena tujuan pertama memang hanya senam hamil, untungnya harga secara umum ditampilkan di lift dengan menggunakan poster jadi akses gambaran secara umum mengenai harga bisa dapat diketahui, akunya tinggal foto :D

Itu saja yah beberapa rumah sakit yang bisa saya sempat cek, semoga bisa membantu dengan niat memang begitu dari awal. Untuk lebih lengkapnya bisa langsung ke rumah sakitnya langsung, karena bagaimanapun kebutuhan orang berbeda-beda. Selanjutnya pengen cerita USG  saya yang 4 D sekaligus review. Amiinn... 

Lubnah Lukman

40 komentar:

  1. Paling ribet mmg itu awal bross
    Nda boleh masuk anak kecil
    Na jadi bagaimana abang hahah
    Dlu jg sempat mau pilih awalbross tp karena teleeat ketat bgitu jd malas ah.. Hihihi

    BalasHapus
  2. Wow... sangat brmanfaat, mkasih bunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mnta maaf yah, baru bals.. sama2 yah bund :)

      Hapus
  3. Makasih infonya mba. Mau tanya untuk peserta bpjs apakah bisa langsung ke awal bros atau siloam? Tanpa rujukan dr puskesmas? Tks

    BalasHapus
  4. Selamat Pagi, perkenalkan saya danang sefdyanto perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Book dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami ( sehingga lebih murah )
    3. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 - Indonesia.
    WA : +6281 331777697
    Line : +6281 4026 2166
    Phone : +6283 8300 28050
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  5. Mbak kl sentosa ibu ma bayi dipisah atw tdk???

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman karena saya sc, dipisah mba, kalau normal ang aku lihat sih, gabung...

      Hapus
  6. Mbak kl sentosa ibu ma bayi dipisah atw tdk???

    BalasHapus
  7. Di sentosa bayi di berikan tempat tidur khusus dekat ibu.ruangan kamar luas.pelayanan ok.menu yang di sajikan maknyusssss

    BalasHapus
  8. Di sentosa bayi di berikan tempat tidur khusus dekat ibu.ruangan kamar luas.pelayanan ok.menu yang di sajikan maknyusssss

    BalasHapus
  9. Di sentosa bayi di berikan tempat tidur khusus dekat ibu.ruangan kamar luas.pelayanan ok.menu yang di sajikan maknyusssss

    BalasHapus
  10. mbak,boleh tolong tanya,tarif bersalin utk sentosa yg mba posting,sepengalaman mbak bersalin disana,itu sudah all in biaya bersalin + kamar + dll (selama 3-4 hari perawaran) atau hanya indikasi biaya bersalin saja??mohon penjelasannya..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang lebih all in one bang, saya hanya tambah sedikit karena kebetulan saya sc dan ada tindakan lebihnya, tapi saya hanya tambah sedikit kok,,,

      Hapus
  11. Terima kasih untuk informasinya, sangat membantu mbak. Oh iya kalau boleh tahu di sekitar Tamalanrea ada gk yg direkomendasikan? Soalnya rumah mertuaku di perdos Unhas Tamalanrea. Nnti rencana mw balik dr Manado. Kalau boleh ada drkandungan yg perempuan,m uslim gk yg mbak rekom..
    Terima kasih banyak yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mba baru lihat commentnya..
      kalau ditamalanrea saya kurang tau mbak, palingan rumah sakit unhas..
      klo dokter muslim saya paling rekom di dr.rina prakteknya di kartini medical centre..

      Hapus
  12. mbak tau nda dr kandungan di awal bros yang menerima bpjs kis itu siapa yyah ? rencana sihh maunya ngelahirin disana, krn suami yg nyaranin.. tp msh bingung, krn gak tw bgmn prosedurnya.. mohon infonya yyah.. makasihh😃

    BalasHapus
  13. mbak tau nda dr kandungan di awal bros yang menerima bpjs kis itu siapa yyah ? rencana sihh maunya ngelahirin disana, krn suami yg nyaranin.. tp msh bingung, krn gak tw bgmn prosedurnya.. mohon infonya yyah.. makasihh😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mba yah telat jawabnya, dari pengalaman teman-teman di awal bros terima kok pasien bpjs, bisa langsung kesana aja mba untuk infonya, soalnya saya gak punya pengalaman melahirkan disana.

      Hapus
  14. klo boleh tau, mba konsulnya di dokter siapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mba yah, baru lihat commentnya, aku konsul di dr.rudy

      Hapus
  15. Bantu jwb ya Mba Riskha, hampir smua dr kandungan di awal bross trima kok bpjs. Klo sy dulu disaecar sm dr natalia. Dokternya baik kok dan bagus jg cara operasinya. Bekas operasiku gk kentara..

    BalasHapus
  16. Mau nanyak donk diantara rs bersalin yg ditulis mana2 yg bisa menerima bpjs krna saya bru dimakassar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awal bros bund sudah menerima bpjs

      Hapus
  17. Mba maaf RS sentosa lahiran bisa ditemani suami g y mba? Lg nyari RS yg lahiran bisa didampingi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau normal bisa ditemani bund, sc yang gak bisa, rata-rata jika ngelahirin normal suami boleh ikut bund..

      Hapus
  18. Mba maaf RS sentosa lahiran bisa ditemani suami g y mba? Lg nyari RS yg lahiran bisa didampingi

    BalasHapus
  19. Mba maaf RS sentosa lahiran bisa ditemani suami g y mba? Lg nyari RS yg lahiran bisa didampingi

    BalasHapus
  20. assalamu'alaikum wr wb : numpang nanya, saudari saya baru2 ini mengalami sakit perut bagian kiri setiap kali slesai makan, trus salah satu tmn menyarankan tuk periksa ataupun pling bgusnya USG, tapi saudari saya ngk mau klw di USG sama dokter laki, tolong saran rumah sakit yang di USG oleh Dokter perempuan . . mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di setiap rumah sakit ada pak dokternya yang perempuan, coba ke rumah sakit awal bros ada banyak pilihan dokter perempuan

      Hapus
  21. assalamualaikum mbak. bisa bantu jawab. dokter/RS di makassar yg ada usg 4D beserta biayanya ? makasih :)

    BalasHapus
  22. Mbak, kl boleh tau brp biaya senan hamil di siloam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek postingan saya tentang senam hamil di siloam mbak, disitu ada biayanya.

      Hapus
  23. Mba kalau boleh tau rsb sentosa udah bisa terimah bpjs gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum sih sepertinya, tapi coba kesana dulu mbak siapa tau sudah menerima

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. Saya lgi hamil anak ke 3 bgusx mw periksa di Dr specialis mna yah..duanya sc dan.ini akan sc lagi..thx

    BalasHapus
  26. Kalau pakai bpjs d rs yg terima bpjs ada biaya tambahan lagi tdk..??tolong infonya

    BalasHapus
  27. Kalau sekarang siloam masih terima bpjs gak?

    BalasHapus