25 Oktober 2015

Senam Hamil di RS. Siloam Makassar

Me. Kadrina
Assalamu Alaikum :D

Doa semasa hamil,
 Ya Allah, peliharalah anakku ini selama ia berada di dalam perutku, dan sehatkanlah dia, Engkau yang menyembuhkan, tidak ada penyembuhan selain penyembuhanMu, Penyembuhan yang tidak meninggalkan penyakit. Ya Allah, rupakanlah atau bentukkanlah dia yang ada diperutku dengan rupa yang baik dan tetapkanlah di dalam hatinya iman kepada Engkau dan kepada RasulMu. Ya Allah, keluarkanlah dia dari perutku dengan mudah dan selamat. Ya Allah jadikanlah dia sehat yang sempurna berakal dan pandai, alim dan beramal.
 Ya Allah, panjangkanlah umurnya, sehatkanlah badannya, baikkanlah akhlaknya, fasihkanlah lisannya, baguskanlah suaranya untuk membaca Al-Quran dan hadis dengan berkat Nabi Muhammad S.A.W, dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.
Alhamdulillah, kesampaian juga untuk senam hamil di makassar, sebelunya memang sebelum ke makassar udah nyari-nyari info tempat senam hamil di makassar, dan lihat postingan salah satu teman path pernah upload senam hamil dia di Rumah Sakit siloam ini.

Waktu hamil zaf aku cuman senam hamil di batam, tepatnya Awal Bros batam. untungnya juga pernah di Batam, soalnya waktu saya pulang ke makassar untuk lahiran, aku gak nemu, RS. Siloam juga belum ada waktu itu.

pernah waktu di blog saya unnaiko.blogspot.com aku cerita panjang lebar kenapa saya pengen banget untuk senam hamil langsung. padahal bisa nyari videonya di youtube atau sosmed yang lain. tetapi memang beda sih rasanya kalau senam hamil langsung dengan dipandu oleh intstrukturnya langsung, biarpun sebenarnya gak terlalu membantu jika tidak sering latihan tapi setidaknya saya punya pengalaman untuk saya bagi dengan yang baca blog saya. Tapi sayangnya blog saya dulu udah gak aktif dan mengulang menulis rasanya malas :( Dan kali hanya pengen review dan membandingkan senam hamil yang saya lakukan di tempat yang berbeda.

Senam Hamil Di RS. Siloam Makassar harganya Rp.60,000/orang/kunjungan ada juga paket Rp.300,000/5 kali kunjungan + 1 kali gratis kunjungan. Lebih murah memang jika ambil paket, tapi khusus saya cuman mengambil per kali kunjungan, karena kondisi rumah sakit yang jauh dari rumah + zaf yang ditinggal terlalu sering membuat saya rugi jikalau ngambil paket dan cuman datang 3 kali atau tidak sampai 6 kali kunjungan *emak-emak anti rugi :p 

Masalah harga agak terlalu mahal sih menurutku, karena fasilitas yang saya dapat hanya sepasang baju itupun dikembalikan jika sudah selesai senam + ilmu + segelas air mineral itupun jika mau+ matras. Dari ilmu yang kita dapat termasuk gerakan-gerakannya memang sangat bervariasi, itu kelebihannya tetapi instruktur jika tidak ditanyakan fungsi dari setiap gerakan  dia enggan untuk menjelaskan, padahal itu penting menurutku. Waktunya juga berkisar antara 30-45 menit.

Lain dengan senam hamil saya di Batam yang  diadakan oleh RS. Awal Bros, Harga yang relatif murah pada saat saya hamil zaf tahun 2013 Rp.25.000/orang/kunjungan. memang sih gerakan yang diajarkan gak sebanyak dan tidak terlalu bervariasi yang diajarkan di RS. Siloam Makassar tapi fasilitas dengan harga segitu saya pikir sangat murah. Pertama kali setiap kita datang selalu pemeriksaan denyut jantung janin kita, setelah itu kita diberikan baju senam hamil dan dikembalikan selesai pemakain, masuk ke sesi senam hamil kita tidak langsung melakukan aktifitas senam, perkenalan dulu sambil ditanya satu per satu tentang keluhan atau apapun yang ditanyakan seputar kehamilan, jadi instruktur dan ibu-ibu hamil pada saat itu ada kedekatan secara emosional, sesi tanya jawab saja kadang bisa 30 menit sampai 1 jam, setelah itu masuk setiap gerakan, instrukturnya pasti menjelaskan funsi dari gerakan itu. setelah senam hamil pun, kita masih ada diberikan waktu untuk sesi tanya jawab sambil kita dibagikan snack yang isinya 2 kue + 1 gelas air mineral + 1 kotak susu uht. jadi bisa makan waktu hampir 2 jam-an lah 1 sesi senam hamil.

tapi kembali lagi semua ada positif dan negatif, saya merasa beruntung ada yang laksanakan senam hamil di Makassar, kalau gak ada RS. Siloam Makassar yang adakan pasti kehamilan ini gak ada acara senam-senam hamil segala :D Inti dari senam hamil kan sebenarnya membentuk kebiasaan yang telah diajarkan pada saat proses kehamilan. jadi percuma juga jikalau senam hamil lantas tidak berlatih di rumah secara rutin :))

Cukup Review senam hamil kali ini, 
semoga sehat-sehat selalu saya dan dedek bayi di dalam perut. Amin. 

Lubnah Lukman.
 

2 komentar:

  1. Senam hamilnya bisa dilakukan pada kehamilan bulan brp bunda?

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum, Bun senam hamil Disana harus apoinment dulu, ada waktu2 tertentu atau bisa datang kapan aja g Bun?? Soalx sy rencana mau ikut senam hamil tp tunggu waktu kerjax suami kalo pagi tuh susah,,, makasih sebelumx bun

    BalasHapus