30 November 2015

Harinya Zafran #2yoZafran

Assalamualaikum
Assalamualaikum terkhusus buat anakku Aufar Zafran Paingngi.


Ada yang bilang,
Anak yang pertama itu yang paling Istimewa,
dialah tempat kisah pertama tercurah,
dialah yang menemani saat sunyi dan lara,
dialah yang mengibur dan tak ada yang menggantikannya,
dan memang betul semua adanya!
Terkhusus zaf, zaf bukan penghuni pertama rahim saya,
ada kakaknya yang duluan, dan hanya menghuni selama 3 bulan,
Dan Inshaa Allah dengan ijin Allah SWT 
penghuni ke tiga sebentar lagi bertemu dengan kita di dunia ini. Aminn Yaa Rabb.
#2yoZafran #37weekspregnant
My Everything

Hari Ini Selasa, 1 Desember 2015
Harinya Aufar Zafran Paingngi yang biasa saya, ayahnya dan yang lain memanggil dengan sebutan Zafran :*

Salah satu kesyukuran saya bagi seorang ibu yaitu mendampingi zaf sepanjang waktu melewati 1000 hari pertama zafran yang saya tahu ternyata itu menjadi golden age bagi seorang anak, dan tentunya mendampingi sebagai ibu yang mandiri, mulai dari kata pertama yang ia dengar saat bangun tidur  "Assalamualaikum sampai saat lagu shalawat saat dia sudah mulai tertidur, saya atau bubun dan Ayahnyalah yang setia ada didekatnya. 

Bertiga bersama Ayah, di kota yang sama sekali jauh dari keluarga, saat zaf sudah bisa ngapa-ngapain yang menikmati kebahagian yah kami orangtuanya, saat zaf sakit yang pusing yah kita berdua orangtuanya, saling menjaga, saling bagi tugas, saling cari info kesana -kemari, baik telfon orangtua di makassar, tanya teman yang berpengalaman, atau googling lewat internet, dan jika kami sudah buntu, salahsatunya saat zaf mengalami diare yang berkepanjangan selama 3 minggu baru kita menggunakan jasa Dokter Spesialis Anak. melewati itu semua, biarpun kondisi emosi yang kadang naik turun, Tapi itu sangat terkenang di hati kami.dan satu fase terlewati. Masih panjang perjuangan bagi kami keluarga kecil ini.

Teringat saat saya hamil, melahirkan, memberikan ASI, 6 bulan pertama, setahun dan sekarang tepat Alhamdulillah sudah menginjak 2 tahun. Sangat Istimewa biarpun tidak ada perayaan yang istimewa, selain berkumpul bersama keluarga tapi sedihnya ayahnya tidak bisa hadir ke makassar :( 

Mendoakan kelak anakku zafran menjadi anak yang sholeh, anak yang faham agama, dijauhkan dari api neraka, diberikan kesehatan oleh Allah SWT, santun terhadap dirinya dan lingkungan sekitarnya, dan doa-doa lainnya. Aamin

Perkembangan diusia anak menjelang dan melewati 2 tahun adalah tumbuh kembang yang memang sangat penting. Aktif kesana kemari, coret-coret dimana-mana, celoteh ini-itu, dan tentunya menjadi peniru ulung. Beda anak beda pintar, makanya yang selalu saya tekankan untuk diri saya sebagai orangtua untuk tidak membandingkan anak kita dengan anak orang lain. Menjaga emosi agar tidak labil karena itu menjadi PR besar buat saya. 

Ngomong-ngomong soal makan, Zaf tipikal anak yang gampang makan, Alhamdulillah. berangkali turunan dari ayahnya yang suka makan :D apalagi makanan berat seperti nasi+ikan+sayur. zaf lemah dicemilan kue. maunya makan berat saja. itulah biasanya sehari dia bisa makan 4-5 sehari kadang bisa 6 kali, tapi jangan salah dengan kondisi badan yang tidak gempal berangkali ditunjang dengan aktivitas fisik yang bagi saya menguras energi. Apalagi sebentar lagi zaf yang udah mau jadi kakak, mendampingi zaf ditambah perut yang semakin membesar, kadang membuat saya kualahan, kalau sampai begitu kadang saya biarkan, atau kadang sekedar duduk/rebahan. Zaf pernah mengalami gak mau makan saat dia panas dalam, bibir yang pecah-pecah bahkan hingga berdarah, itu pada saat dia dari batam pulang kampung ke makassar, bukan main paniknya saya, tapi 2-3 hari saya biarkan, toh akan kembali jika dia sudah pulih, pada saat itu perasaan saya khawatir juga karena saya biarkan masalah nutrisi, mau makan atau tidak terserah dia. Dan Akhirnya pada saat dia melewati penyakit panas dalam, nafsu makan dia kembali seperti biasa. disitu saya belajar, anak-anak memang tidak ingin dipaksa, terkadang bukan hanya anak yang stres kitapun orangtua jadi ikutan stres berakibat kita marah ke anak, padahal disitulah peran kita sebagai orangtua mengenalkan dia dengan adanya rasa lapar dan kenyang.

Ahh, begitu banyak kenangan bersama zaf selama 2 tahun ini. Bubun, Ayah selalu mendoakan yang terbaik buat kamu nak, jalan masih panjang, kelak kamu akan menjadi kakak, dan semua memang akan berjalan sedemikian waktunya, tapi kami tahu ada perubahan psikis yang zaf akan terima baik dari kami orangtuamu dan zaf untuk adikmu begitupun sebaliknya. Sama-sama saling belajar anakku. Ingat selalu pillow talk yang bubun sering nyanyikan : "Zafran bisa, zafran pasti bisa, zafran selalu berusaha. Zafran bisa, zafran pasti bisa, zafran tak mau putus asa!"

Semangat anakku,
Bubun Ayah ucapkan : selamat ulang tahun sekali lagi kakak Zafran, doain kita semua dalam keadaan yang sehat wal afiat dan kita bisa bertemu sebentar lagi dengan calon adikmu. Aamiin Yaa Rabb

Karena masa kecilmu anakku takkan bisa terulang, tak cukup hanya memastikan moment-moment ceriamu terabadikan sempurna, tapi juga memastikan dirimu merasakan ada diri kita orangtuamu terabadikan di dalam memori masa kecilmu.

Bubun, Ayah sayangki' nak :*

Lubnah Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar