31 Desember 2016

Water Park Top 100 Batu Aji - Batam

Assalamualaikum

Ada waktunya saya bisa nulis sebanyak yang saya inginkan, dan ada waktunya seminggu bahkan sebulan gak berbekas jejak tulisan yang ada di blog saya. Sama dengan malam ini, dimana libur panjang, seharian kita keluar anak-anak yang tidur siang, nyampe dirumah akhir sore, bersiap makan dan mandi sore, dan mereka berdua tepat dijam 6 sore sudah terlelap dalam mimpinya. Selamat tidur anakku :* Dan kalau begini saya bisa menulis semau saya, kecuali jika suami datang menganggu :p

Water Park Top 100 Batu Aji, kita kesini udah 2 mingguan yang lalu tapi baru bisa sempat nulis cerita tentang salah satu wisata air yang ada di batam yang sudah ada sejak tahun 2010. Lokasi yang sangat mudah diakses, yang kebetulan berdekatan dengan lokasi rumah memudahkan kami untuk cepat datang ke Waterpark ini, untuk masuk ke wahana ini cukup membayar Rp.55.000/orang jika weekend atau hari libur jika hari biasa cukup Rp.35.000/orang, dan jika kita membawa anak-anak yang mempunyai ukuran badan dibawah 80 cm biayanya gratis.

Karena kita cukup pagi masuk ke wahana ini, jadi belum banyak orang yang beraktifitas, kitanya bisa kelililing dulu sambil memilih wahana yang mana kita maksimalkan, maklum sudah 4 tahun di batam baru kali pertama kesini haha, sekilas wahana ini cukup luas, paling lengkap se-batam malah wahana permainannya, salah satunya ada kolam air dan berbagai area seluncuran untuk anak-anak dan dewasa. Uniknya, Waterpark Top 100 Batam ini juga memiliki kolam arus untuk orang dewasa sepanjang 150 meter dengan kedalaman 120cm. Jadi kita bisa duduk diatas pelampung dan pelampung tersebut akan bergerak mengikuti arus di dalam kolam. Selain kolam arus dewasa, Waterpark juga menyediakan kolam arus untuk Balita. Ya, tentunya harus dengan pengawasan orang tua.

Karena semakin siang, semakin banyak yang datang, gak aman jika kita meninggalkan barang begitu saja diatas meja padahal deket banget sih dengan kolam tapi agak khawatir juga, tapi tenang di Waterpark ini menyediakan sewa loker Rp. 10.000/buka kunci. Jadi kamu yang tidak membawa keluarga yang banyak contohnya kita, yang hanya 4 orang sekaligus turun kolam gak ada yang liatin barang kita, loker menjadi alternatif untuk menyimpan barang-barang penting.

11 Desember 2016

Ruby is turning 1




Assalamualaikum :)

Tahun lalu, yang berawal dari kenekatan mau melahirkan normal, tapi berakhir sc kembali, karena pendarahan yang membuat jadwal sc saya maju seminggu. merasakan perbedaan pada saat sc yang tidak direncanakan dengan sc yang direncanakan, ke rumah sakit sampai saya suntik dibagian belakang saya, perasaan lebih campur aduk. Tapi setelah mendengar tangisan anak saya langsung lega, alhamdulillah. Adibah Ruby Paingngi, 11 Desember 2015, jam 05.45 wita, RSB. Sentosa Makassar.

Berbicara tentang anak perempuan saya ini, sama seperti saya melahirkan anak pertama lagi. Kenapa? karena, pertama  jenis kelamin yang berbeda dengan kakaknya yang lelaki, berarti beda persiapan barang perlengkapannya dan penanganannya, kedua, sejauh setahun ini ruby dan zaf sangat berbeda dalam hal karakter, yah saya tahu, beda anak beda pintar padahal berada pada rahim yang sama. Makanya setiap tindakan saya yang saya lakukan untuk ruby sangat berbeda dengan kakaknya. Banyak belajar lagi, betul jika menjadi orangtua, adalah menjadi pembelajar sepanjang hidupnya.

Si bayi kangguru yang sering kami sebutkan kepada ruby, kemana-mana selalu ngikut kesaya, jika saya menghilang dari penglihatannya, entah langsung menangis, atau mencari saya kemanapun berada. Jadi untuk amannya setiap aktifitas rumah tangga mending libatkan dia, hahaha, saya menjemur, usahakan dia juga duduk dekat saya, memasak, diapun ada sekitar saya entah sambil digendong atau duduk sambil bermain, mandi-bak-bab, ruby selalu ada didepan pintu kamar mandi, tidurpun, gak nyenyak jika tak ada saya disampingnya hahahaha dan masih banyak akifitas yang saya lakukan, pasti selalu lengket dengan saya :)

Tapi yang paling saya syukuri, kakaknya zafran, sangat respek dengan kehadiran adeknya. jadi jikalau saya lagi ada kegiatan dan zafran lagi bermain atau baca buku, saya kadang berani meninggalkan mereka berdua di kamar, karena ruby jikalau gak ada saya dilihat yang penting ada kakaknya, ruby juga senang :D

10 Desember 2016

Rumah Makan Seafood Jawa Melayu - Tanjung Piayu, Batam



Assalamu Alaikum :)

Karena ulang tahun pak suami dan kedua anak kami saling berdekatan, (sekalian perayaan ultah saya lah yah pada bulan mei yang lalu :p *maksa :p), diniatkan untuk keluar makan di tempat paling Istimewa, sambil memanggil teman-teman kantor suami untuk ketemuan di rumah makan yang menurut saya sangat Istimewa. Rumah Makan Seafood Jawa melayu, yang terletak di kampung tua-tanjung piayu. Kenapa sangat istimewa? Yah, karena udah lama gak kesini hehe, hampir setahun sepertinya (mikir juga kesini kalau hanya berempat), kesini butuh waktu kira-kira 30-40 menit dari rumah kami, 30 menit di batam beda dengan 30 menit di kampung saya di makassar :p, batam yang belum macet, jalan yang masih lancar, dan pemandangan yang masih hijau, pemandangan laut, menjadi daya tarik kita ke rumah makan ini, apalagi sekarang akses kesana udah lumayan rapi, terakhir kesana, separuh jalannya masih rusak, belum diaspal, jadi butuh perjuangan mobilnya :D makanannya jangan tanya, juaraaaaaakkkkkk :D

Kami yang orang makassar, sangat suka dengan hidangan laut, beda makassar, beda di batam, tapi keduanya punya ke-khasan masing-masing dan selalu di rindukan pastinya, Rumah Makan yang di atas air, rumah kayu yang sagat sederhana tapi cukup luas, tetapi itupun jika telat datang kita bisa mengantri untuk mendapat tempat duduk, pemandangan yang langsung menatap laut, pepohonan hijau, angin yang sangat menghanyutkan membuat suasana semakin hangat, sambil menunggu makanan bisa menikmati buah kelapa muda langsung disajikan dengan buahnya.

Jikalau ada teman atau keluarga yang datang ke batam, pasti kami ngajaknya kesini, ada beberapa restoran seafood di kota batam dan lumayan enak juga, tetapi beda jika kita ke sini langsung, selain pemandangan yang saya sebutkan diatas, ikan yang masih fresh dari laut membuat ikan diolah apapun selalu nikmat dan enak. selain ikan dengan berbagai jenis dan pengolahannya, ada juga gonggong sejenis kerang yang menjadi khas kepulauan riau, kepiting, cumi (ini saya favorit banget :D), udang, kerang kipas, dan berbagai jenis olahan sayuran. 

7 Desember 2016

Bola-bola Tahu


Assalamu' Alaikum

Bahan :
250 gr tahu putih 
50 gr udang kupas (saya menggunakan ayam), rebus
1 tangkai daun seledri, cincang
50 gr brokoli, rebus, cincang
1 sdm unsalbutter
1/16 sdt merica bubuk
2 siung bawang putih, iris tipis, goreng, lumatkan
3 siung bawang merah, iris tipis, goreng lumatkan
25 gr tepung terigu
2 butir telur, kocok rata, ambil separuh untuk adonan, separuhnya untuk pelapis
10 butir telur puyuh
100 gr tepung panir
minyak goreng secukupnya

Cara membuat :
1. Bungkus tahu dengan serbet bersih, peras sambil diremas-remas hingga tiris, haluskan tahu dan ayam.
2. Campur rata, tahu, ayam, brokoli, bawang merah, bawang putih, tepung terigu, unsaltbutter, merica, telur, seledri. bagi 10.
3. Bulatkan adonan, isi dengan telur puyuh, gulingkan pada tepung panir, celupkan ke telur kocok, lalu gulingkan lagi dalam tepung panir.
4. simpan di kulkas, besok paginya baru digoreng terendam dengan minya di atas api sedang hingga kecoklatan, Angkat.

Lubnah Lukman

Perkadel Komplit



Assalamualaikum :)

Menuju setahun ruby saya sudah mencoba memasak dengan cemilan berupa gorengan, tapi tetap saya masih menggunakan minya zaitun khusus untuk baby saya. Ruby menjelang setahun sangat susah memakan berupa nasi kalau saya tidak sendok, itupun sendok ogah-ogahan, lebih suka dengan menggunakan tangannya sendiri, mencoba mengenalkan sendok dan garpu tapi belum maksimal, makanya kadang karbo berupa kentang dan nasi saya olah menjadi makanan yang finger food, tapi kalau mentok saya hanya masak nasi yang pulen supaya bisa dibentuk dan doi bisa mengambil dengan mengunakan tangannya sendiri.

Saya menemukan buku resep yang jadi pegangan dulu waktu mpasi zafran yaitu 'Buku Pintar, Menu Balita 30 hari : by, Wied Harry Apriadji), banyak terdapat resep yang finger food, mudah dalam bahan dan penyajian dilengkapi dengan jadwal menu dan info nutrisinya.
 
Saya mau share resep andalan untuk membuat perkadel dengan bahan dasar kali ini kentang dengan merubah sedikit sesuai persiapan bahan dikulkas :p :

Perkadel Komplit

Bahan :
125 g Ikan tenggiri (saya ganti dengan ayam), rebus, haluskan bersama kentang.
4 buah kentang, potong-potong, goreng, haluskan
50 g brokoli, potong menurut kuntum terkecil, rebus, cincang
50 g tepung terigu untuk adonan
50 gr tepung terigu untuk celupan
1 butir telur, kocok rata, ambil separuhnya, sisihkan sisanya untuk celupan
1/2 buah bawang bombai, cincang
50 g tepung panir
1 sdm unsaltbutter
minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya :
1. Tumis bawang bombai menggunakan minyak secukupnya, angkat.
2. Campur rata, ayam, kentang, brokoli, tepung terigu, telur, bawang bombai tumis dan unsaltbutter. bentuk sesuai selera (kalau saya bulat, lebih praktis)
3. Celupkan ke tepung terigu, lalu ke telur kocok, terakhir lapisi tepung panir, goreng hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Lubnah Lukman

3 Desember 2016

3 Tahun Zafran


Assalamualaikum :)

Memulai menulis tentang anak pertama saya ini sangat maju mundur haha terlalu banyak yang ingin ditulis, sampai kata pertamapun sulit saya tuliskan, terlalu banyak momen kebersamaan yang kita lakukan bersama. Teman tertawa, Teman Cerita, Teman main, bahkan, kita sering menangis bersama-sama. hampir 10 bulan dalam kandungan, dan Alhamdulillah sekarang sudah 3 tahun kebersamaan kita.

3 Tahun Zafran.

3 Tahun menjalani kehidupan dengan anak lelaki yang sangat aktif, membuat emosi naik turun, semakin hari semakin banyak tantangan dan kemauan yang selalu ia sampaikan, betul adanya jika anak adalah guru buat kita orangtua, bagaimana kita mengolah rasa kreatif dan kritis dalam cara pandang dan berfikir kita, karena anak masih berfikir tanpa batas. 1 tindakan yang dia lakukan berulang-ulang, bukan berarti kita mengantisipasi dengan 1 tindakan juga yang sama, *tarik nafas panjang-panjang :)) 1 yang harus saya jaga setiap hari, yaitu masak dan mandi diawal pagi, Insyaa Allah mood terjaga sepanjang hari (itu menjadi motto saya hehe)

Aufar Zafran Paingngi
Udah beberapa minggu ini susah sekali untuk diajak mandi pagi maupun sore, atau sekedar pipis sebelum tidur, kadang saya sama ayahnya butuh waktu 30 menit bahkan 1 jam untuk membujuk rayu anak ini untuk mau ikut mandi, sekali lagi kalau mood saya baik, kadang saya suka mengajak dia atau membujuk dengan sekedar bermain air atau membawa mobil-mobilannya untuk dicuci karena doi bilang mobilnya sudah kotor dan harus setiap hari di cuci, tapi kadang seharian kan ada beberapa kali doi harus ganti baju sampai mandi karena aktifitas dia yang membuat badan atau bajunya kotor. Dengan alasan mencuci mobil atau sekedar main air, anaknya ogah jikalau ajakan saya itu-itu lagi, aduuuuhhhhh, butuh banyak ide sepertinya saya, dan ide itu saya harus kumpulkan sehari sebelum besok, pikir lagi 'besok bikin alasan apalagi yakkk, atau dibikinkan mainan air apalagi yak!!' hahahaha kalau mentok gak ada ide saya cuman pasrah dan berkata : 'Gimana caranya supaya anak sholeh bubun bisa cepat kalau diajak ke kamar mandi??' *sambil pasang muka memelas. kalau gitu biasanya dia akan luluh. atau, 'Rasulullah tuh kalau disuruh mandi sama ibunya langsung dilaksanakan nak, karena rasul anak sholeh, kan idola kamu rasulullah!' tapi kalau itu juga gak mempan. saya tinggalin. dan langsung masuk kamar sambil baca buku kesukaannya, dengan volume keras-keras biasanya langsung masuk dan bilang mau ke kamar mandi. Tapi biasa juga nolak. dan kembali cari ide lagi. hahahhaha Ada yang ngalamin gak?? *kalau ada minta ide ceritanya doung supaya saya punya banyak alasan untuk ngajakin doinya cepet masuk kamar mandi. :))

26 November 2016

Cerita dan Tips Lulus Toilet Training Zafran






Assalamu Alaikum :)

Dua kali melahirkan di Makassar, dan kadang mama saya membantu untuk membersihkan popok kedua anak saya, zafran dan ruby, 3 bulan pertama memang saya tidak pakaikan popok sekali pakai, sayang dengan kulitnya yang masih halus. setelah 3 bulan saya pakaikan diapers atau popok sekali pakai (pospak) alasan pertama karena masalah malas mencuci baju bayi karena harus menggunakan tangan, bukan mesin cuci, ditambah lagi pas 3 bulan anak-anak kita selalu di boyong sama ayahnya untuk kembali merantau, gak ada yang bantu untuk banyaknya urusan rumah tangga yang awalnya saya kerja sendiri, untuk menghemat waktu dan tenaga saya putuskan untuk memakai pospak. Pospak memang sudah barang yang tidak asing buat Ibu-ibu yang memiliki batita, bahkan bisa jadi kebutuhan primer untuk kebanyakan masyarakat Indonesia. Jadi tidak asing jika pospak masuk ke anggaran wajib yang dibeli tiap bulan. 

Nah kembali kecerita mama saya, karena orangtua dulu tidak mengenal dengan pospak makanya saya selalu ditanyakan kenapa memakaikan pospak, padahal sudah berkali-kali menjelaskan alasan saya baik yang ilmiah maupun jawaban yang mengangguk sambil berkata : "Iee mamak, nanti saya lepas sampai pada waktunya" makanya bertekad dari pada saya pulang kampung itu terus ditanyakan saya akan cepat laksanakan.

Toilet training adalah istilah untuk membuang kotoran pada tempatnya, kenapa harus diajar sama anak-anak diusia sedini mungkin? kalau saya sih mengajarkan kemandirian aja untuk zafran, kemandirian buat anak-anak sangat penting salah satunya bisa menimbulkan rasa percaya diri anak, setidaknya setelah dia lulus toilet raining, kerjaan berkurang satu heheh dan bisa ngerjain yang lain. Dan Anggaran bulanan untuk beli popok bisa diganti dengan beli buku untuk dia kan?!! :))
 
Awalnya saya mulai mengenalkan zaf toilet training pada usia 14 bulan, melihat dari tanda-tanda fisik salah satuya diusia itu, zaf sudah mantap jalan dan berlari. Tapi keadaan tidak sesuai keinginan, pas bulan itu saya hamil kembali, Alhamdulillah, dimana fisik dan emosi juga ikutan labil, yang membuat zaf setiap mau pipis keluar aja tanpa bilang-bilang padahal saya udah bilangin, berkali-kali, otomatis setiap doi pipis kerjaan malah semakin bertambah dengan mengganti dan mencuci celananya, tidak lupa lantaipun dipel dan langsung dilap kering takut jika masih basah dan zaf tetiba lewat terjatuh *dan itu pernah kejadian :( makanya saya maju mundur alias tidak konsisten.



21 November 2016

22 November 2016

Assalamualaikum :)

Dia...

Iaa Dia..

Yang saya jatuh cinta kepadanya beberapa tahun yang lalu,
Yang saya pilih menemani sisa hidupku,
Yang saya jadikan ayah dari anak-anakku,
Yang tak henti-hentinya saya coba merubahnya, sejak hari pertama dia menjadi suamiku.

Dia,

Yang saya seret ke parenting event bersamaku,
Yang saya harapkan memiliki lebih banyak waktu,
 untuk sekedar bercengkrama denganku dan anak-anakku,
Yang sangat teramat sering saya limpahkan beban pengasuhan,
 di detik ketika sepatunya menapak depan rumahku.

Dia,

Yang saya harapkan agak lebih sedikit mirip dengan bapakku,
Yang saya ajukan metode-metode baru mendidik anak terkini,
Yang terkadang bikin aku keki dan kesal,
Yang kadang jika aku letih, piringpun dia cucikan.

 Pernahkah?

Saya menata hati biarpun hanya sedikit?
melihat dari sisi si dia yang begitu saya cintai?
walaupun dia tidak di rumah sepanjang hari,
kerjanya cukup menguras akal dan energi,
pantaskah saya meminta untuk menukar semua rutinitas ini dengan dia?
karena menurutku,
saya sudah letih sepanjang hari, anak yang coret sana-sini, 
celoteh sepanjang hari, rumah yang kotor setiap anak melakukan eksperimen, 
menaburkan makanan, mengganti baju sampai 5 kali,
Dan banyak lagi?

Dan saya mau dia paham untuk sekedar bertoleransi.

Tapi saya lupa, Ia juga manusi, ia letih,
Tahukah saya bahwa, mamanya tidak pernah membayangkan bahwa anak laki-laki sulungnya 
akan menjadi semandiri itu?

Tapi,
Zaman sudah berganti, laki-laki sudah bukan zamannya dilayani sepanjang hari.

Zaman ini adalah zaman dimana ayah di elu-elukan perannya dirumah untuk sang buah hati.
Zaman dimana ayah adalah faktor penentu yang penting dalam pengasuhan masa kini.

Tapi, Sekali saja
Pernahkah saya rasakan letihnya harinya?
Transportasi dari ke kantor untuk kerumah begitupun sebaliknya,
Pekerjaan yang tak kunjung habisnya?
Bos yang terkadang menjengkelkan,
Dengan pulang disambut dirumah dengan celoteh saya dan anak-anak,
Cerita bahwa saya tegang dileher dan pegal di kaki.

Tapi dengan setia menjadi pendengar yang baik,
membacakan buku cerita buat anak-anak,
bermain pesawat-pesawat dengan anak-anak,
rasa letih dia lagsung hilang sekejap.

20 November 2016

Speak Good or Remain Silent


Assalamu Alaikum :)

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaklah dia berkata yang baik atau hendaklah diam.” (HR. al-Bukhari dan Muslim dari sahabat Abu Hurairah).

“Barangsiapa yang tidak peduli dengan urusan kaum muslimin maka bukanlah golongan kaum muslimin.” (HR. Muslim)

Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal kasih sayang bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan maka sekujur badan akan merasakan panas dan demam.” (HR. Muslim)
 
Terkadang saya sangat geram dengan seluruh pemberitaan, saya pribadi sudah tidak tau yang mana benar dan mana yang hanya 'sampah', dan kita semua yakin semua punya kepentigan, begitupun saya. Sekarang saya mau menulis bukan pada tanggapan saya tentang 4 November atau Bom Samarinda, bukan kapasitas saya untuk menulis ini, yang jelas aksi 4 November tidak ada kaitan sama sekali dengan Bom yang terjadi di samarinda. Sangat Sedih jika kami - kita saling mengeluarkan argumentasi tentang kaitan peristiwa besar tersebut, malah ada sebahagian saling nyinyir.  

Memang sih apa yang terkandung dalam Al-Quran kami tidak bermakna bagi kalian, seperti ayat-ayat kitab suci kalian bagi kami, tapi bukan berarti kita bebas saling mengolok. Landasan hidup kalian biar jadi milik kalian, silahkan jalankan. Apa yang kami yakini benar, biarkanlah kami jalankan. Apa salahnya ulama menyampaikan ayat Al-Qur'an, mengingatkan masyarakat muslim akan larangan Allah memilih pemimpin kafir. Itu memang tugas mereka. Bagian mananya yang bohong dan membohongi/membodohi. Yang jelas, kami semua sudah menyampaikan apa yang menurut kami yakini, tapi jikalau kalian tidak sepakat itu memang wajar, karena imam dan iman kita berbeda. Dan  untuk Bom yang di Samarinda, saya sangat berbela sungkawa dan teramat sedih, saya punya anak lelaki berumur hampir sama dengan korban, saya sangat merasakan jika itu terjadi pada keluarga saya. Bagaimana sedih dan emosionalnya saya pada saat itu. Pelaku pemboman yang mengatasnamakan jihad, sudah mengotori makna jihad sesungguhnya, dalam Islam sangat tidak membenarkan kejadian ini, karena Nabi Muhammad SAW menegaskan dalam perang saja, salah satunya dilarang keras adalah merusak rumah ibadah. Jadi itu bukan Jihad. (padahal tidak mau dibahas, jadi dibahas)

Dan saya berharap pemberitaan yang beredar dimana-mana tolong dibaca terlebih dahulu, jangan cepat terfrovokasi dengan isu-isu yang negatif, ingat kawan, Indonesia lagi diadu domba, sekarang Indonesia mengalami ancaman, Negara kita menjadi rebutan bagi orang-orang yang mempunyai kepentingan besar dan kelak akan merugikan kita sendiri yang berada di dalamnya. Termasuk merugikan anak-anak kita kelak yang akan menjadi masa depan negara Indonesia. 


15 November 2016

Selamat Ulang Tahun Bapak

Assalamu Alaikum :)

15 November 2016

Selamat Ulang Tahun Bapakku,
Semoga sehat selalu, diberikan sisa umur yang berkah,
Dimudahkan selalu aktifitasnya yang semakin hari semakin sibuk kayanya hehehe

Saya sayang ki'

Semenjak saya sudah lulus kuliah, saya sudah banyak punya waktu dirumah, biarpun banyak kerjaan selalu ingat dengan bapak dan mama dirumah, intinya setiap hari pasti pulang kerumah beda pada masa kuliah yang kadang pulang kadang tidak :p dan semenjak mama sudah harus banyak perhatian. Apalagi ke 4 kakak saya yang sudah menikah semua dan tinggal di tempat berbeda-beda, menjadikan saya seperti anak tunggal dengan waktu yang cukup lama, karena memang kakak saya ke 4 beda jauh umur sekali dengan saya. Disitu saya semakin dekat sama bapak. Setiap bangun tidur, setiap saya kesal dengan mama, setiap saya ke kantor, setiap pulang kerumah, ada bapak yang selalu setia antar jemput dan menyediakan telinganya untuk mendengarkan keluh kesah saya, kadang kalau belum kemalaman kita singgah nongki berdua, entah berbicara tentang isu yang lagi hot di televisi atau sekedar cerita tentang cinta saya (sekarang menjadi suami) yang lagi pisah jarak antara jakarta dan makassar.

Pernah saya lupa detailnya ngobrol tentang apa tapi tentang mama, terus bapak bilangnya begini : 'Sekarang saya sama mamakmu bukanmi tentang perasaan cinta, tapi saya sayangki, kebiasaan yang selalu bersama, jadi kalau tidak adami' lain tongmmi'  Ketika lelaki yang berumur 70 tahun bilang 'Saya sayangki Istriku' saya mendengar pertama geli sendiri hehehe jikalau mama dengar ini betapa bahagianya beliau pasti, tapi tidak perlu beliau dengar, karena dengan perilakunya bapak sampai sekarang melebihi perkataan dia, sampai sekarang mama sudah kadang melupakan bapak yang sering mama memanggilnya dengan sebutan papa (bapaknya bapak atau datokakek saya) padahal mama melihat fisik bapak, tapi ingatan sudah tidak terhubung. Tapi Bapak tetap menemani dan menjaga mama. Dan saya sangat berterima kasih dan sujud syukur ada bapak yang bisa menemani mama, disaat saya khususnya meninggalkan mereka berdua dengan jarak yang jauh.

Berkata-kata akan sangat panjang jika saya berbicara tentang beliau, tak ada habisnya, yang jelas saya begitu sayang bapak-mama saya.

Selamat Ulang Tahun Bapakku, Saya sayangki' juga :*

Lubnah Lukman
Seorang anak yang selalu setia mendokan beliau

10 November 2016

Kerja keras itu memang nyata!

Assalamu Alaikum :)

Setiap malam setelah kita berdua nidurin anak-anak, saya dan suami keluar di taman belakang, entah berbincang, makan cemilan maupun makan berat, tapi yang pasti saya jadi teman dan pendengar setia melihat suami bermain dan belajar dengan stick golfnya entah disuruh rekam pakai handphone cara mainnya pakai mode slomotion setelah itu di bahas, entah hanya mendengar curhatan doi tentang teknik baru yang doi dapat entah dari youtube, majalah atau dari pelatih dia. Lama-lama saya bisa jadi tau sedikit tentang istilah-istilah golf . 

Pernah saya menulis tentang Dunia baru suami juga disini, tapi tulisan saya pada saat itu suami masih jatuh bangun di dunia olahraga golf ini. Olahraga yang tidak saya bayangkan dia jatuh cinta sekali. kenapa saya bilang jatuh cinta?? 

Sudah hampir 4 tahun dengan satu rutinitas yang pasti, Golf!, saya istrinya paling tahu perjuangan dia, perjuangan untuk menaklukkan olahraga ini. Saya sampai gak habis fikir kalau ada maunya aja, ngotot dan tidak labil, memang sih dari awal doi menyukai olahraga ini memang butuh waktu lama, untuk selengkapnya saya sempat menulis juga di sini. Awal-awalnya kita selalu saling mengadu argumentasi tentang hobi baru dia. Saya selalu melihat dari sisi luar tentang ini, googling sampai kemana-mana, saya bisa hentikan hobby ini jika saya mau, tapi sebelum itu saya mencoba untuk melihat dari sisi saya terjun kedalamnya melihat dari sudut pandang suami, melihat mata suami yang jika dia bercerita dan berlatih matanya berbinar-binar, semangatnya, sayang kalau saya patahkan. Saya mencoba menurunkan ego kali ini. Motivasi saya cuman satu : Saya tidak mau mencintai dia apa adanya! Suami harus butuh olahraga, menunjang kesehatannya, Perutnya harus masih rata sama seperti kami masih pengantin baru :p, dan timbangan suami yang saya tetap jaga diangka 65 Kg, Jikalau itu semua tidak sesuai, seakan saya gagal jadi Istri heheheheh. Nah Golf ini sangat menunjang itu semua, itupun saya dan suami punya target 'Sebelum pindah ke kota lain, manfaatkan waktu selama disini bermain golf dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya, Sekaligus harus naik panggung untuk menegaskan kamu memang handal di olahraga ini! Jadi Oke saya Insyaa Allah Ijinkan, Saya yakin jika saya ridho, Suamipun juga nyaman menjalaninya.

Selama saya di makassar yang hampir sebulan, diapun menemukan pelatih baru, dan tiap hari latihan intens. Pikirnya, Menggunakan waktu yang sebaik-baiknya, karena gak ada katanya yang nungguin selalu di depan pintu kalau pulang rumah hahhaha Doi sudah mulai menemukan sedikit-demi-sedikit teknik permainan yang katanya membuat permainan dia stabil. Memang sih kemarin-kemarin, mainnya kadang bagus kadang juga tidak, kadang bolanya terlempar lurus kadang juga terlempar miring sana-sini, kadang sudah main dia letih banget kadang juga gak kerasa capeknya. Intinya pada saat BGC (BKI Golf Club) Exclusive Golf Tournament yang berlangsung 2 hari pada minggu kemarin doi bisa bermain stabil.

5 November 2016

Dancow Explore The World di Makassar


Assalamualaikum :)

Sebenarnya tau info bahwa akan diadakan acara Dancow seperti tahun lalu pada waktu saya masih di batam, dan kebetulan saya akan liburan dalam waktu yang cukup lama di Makassar makanya saya langsung menghubungi panitia untuk kehadiran saya. Alhamdulillah dapat undangan untuk tahun ini lagi.

Sangat antusias saya mengikut kegiatan Dancow ini, karena ada pengalaman tahun lalu, pada waktu saya hamil 7 bulan dan zafran anak pertama saya berusia 23 bulan. Dan kali ini anak kedua saya, Ruby lahir yang berusia 11 bulan dan zafran yang alhamdulillah sudah 35 bulan. 

Awalnya saya berniat ke Acara Dancow ini hanya membawa Ruby, karena kepikiran membawa 2 anak tanpa suami yang berada di batam, itu pasti sangat kerepotan karena saya datang ke acara ini bukan hanya menemani anak saya belajar dan bereksplorasi di area bermain dan belajar yang seluas 462m² tetapi datang sebagai undangan untuk menikmati seminar DANCOW Parenting Center yang narasumbernya sangat ahli dibidangnya masing-masing yaitu, Psikolog Ratih Ibrahim, Pakar Gizi Ibu Sari Sunda Bulan, Pemain Film Carissa Putri, dan Brand Ambasador Dancow Shahnaz Haque yang pada hari itu menjadi MC. 

Tetapi karena di arena bermain yang sangat luas itu terdapat banyak aktifitas yang sangat terinspirasi dari 4 negara yaitu Belanda, Jepang, Brazil, Indonesia diantara aktifitasnya kita bisa bermain di taman bunga di belanda, bisa belajar berkebun, mengenal satwa di hutan amazon brazil, belajar budaya dan merasakan musim semi bunga sakura di jepang, sampai bermain pantai ala bali di indonesia. Dengan banyaknya aktifitas itu, maka amat disayangkan jika anak saya zafran tidak mengikutinya. Dimana zafran masuk pada fase yang sangat senang bereksplorasi kesana-kemari, melihat ini dan itu, merasakan lingkungan baru bukan hanya di lingkungan rumahnya. Saya dan suami selalu memberikan dukungan dan dampingan untuk setiap cara dia mengenal diri dan lingkungannnya, karena kami yakin dengan memberikan dukungan dan dampingan, akan menimbulkan sikap percaya diri yang terus anak saya kembangkan.

4 November 2016

Liburan di Tengah Kota Jakarta

Saat musim liburan lebaran tiba,umumnya sebagian besar masyarakat Jakarta pergi berlibur ke luar kota. Pada saat musim liburan ini suasana kota Jakarta menjadi relatif lebih sepi dan lengang. Hal ini tentu sering dimanfaatkan oleh masyarakat dari luar maupun dalam Jakarta, untuk menikmati suasana pusat kota dengan menginap di hotel yang terdapat di Jakarta.

Jakarta memiliki cukup banyak hotel berbintang yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Pullman Jakarta.Pullman Jakarta berada di  Jalan M.H. Thamrin nomor59, dimana letaknya yang sangat strategis dan tepat di jantung kota membuat hotel ini patut menjadi pilihan Anda. Pemandangan dari hotel ini pun sangat menakjubkan, Anda dapat melihat lampu – lampu cantik dari gedung pencakar langit beserta kesibukannya yang ada di Bundaran HI.

Sumber : pullmanjakartaindonesia.com

Memesan hotel ini pun cukup mudah, hanya dengan mengklik link disini dan Anda dapat langsung memesannya. Tidak hanya memesan, Anda juga dapat melihat komentar dari pengunjung lain di kolom review.


Sumber : pullmanjakartaindonesia.com

Pullman Jakarta menyediakan 427 kamar dengan berbagai tipe yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan, seperti Superior, Premium Superior, Deluxe, Grand Deluxe, Grand Deluxe Executive, Deluxe Apartement, Grand Deluxe Executive Suite, dan Accent Suite.

Grand Deluxe
Sumber : pullmanjakartaindonesia.com


Accent Suite
Sumber : pullmanjakartaindonesia.com

Secara keseluruhan, kamar – kamar yang ada di Pullman Jakarta memiliki desain kontemporer yang elegan disertai pemandangan Bundaran HI yang cukup indah. Soal kenyamanan yang akan dirasakan ketika menginap di hotel ini pun tidak perlu diragukan lagi. Sebagai hotel bertaraf internasional, Pullman Jakarta pastinya telah menyediakan berbagai fasilitas yang dapat di nikmati pengunjungnya.

3 November 2016

Cerita dan Tips Membawa 2 Batita Naik Pesawat

Assalamualaikum :)

Assalamualaikum November..

Assalamualaikum Batam..

Yah hampir sebulan saya kemarin di Makassar, ketemu Mamak, bapak, teman-teman dan tentunya kulineran, waktu yang cukup panjang itu juga belum semuanya saya tuntaskan untuk rencana-rencana yang saya akan lakukan selama di Makassar, itu artinya saya masih disuruh pulang lagi entah kapan, doakan ada rejeki lagi yah. Sebanarnya masih mau semingguan sih di Makassar tetapi suami sudah ‘agak’ memaksa untuk segera pulang ke batam, doi kangen katanya :p

Rencana kemarin saya ke Makassar bertiga dengan anak-anak, tapi sepertinya suami masih meragu dengan ‘kenekatan’ saya untuk bertiga ke makassar, dan Alhamdulillah ada jalannnya, suami ada dinas ke Halmahera yang artinya harus transit ke Makassar dulu, nginap semalam di Makassar besok langsung meneruskan perjalanan ke halmahera. Dinas yang sekalian doi mengantar istri dan kedua anaknya untuk liburan hehehehehe

4 Oktober 2016

review : Warunk Upnormal Batam

Assalamu Alaikum :)

sebelumnya, saya review ini ala emak rempong membawa 2 batita,
tanpa suami apalagi nanny :p + ditemani 2 ibu yang masing masing membawa 2 anak :D


Dari weekend kemarin niat kesini, bareng suami dan anak-anak, niat maksimal karena mudik lebaran kemarin ke makassar gak jadi kesini, bukan gak jadi sih emang niatnya gak ada wisata kuliner cafe modern, maunya kuliner jajanan kampung. Makanya pas tau ada di batam pengen sempatin kesini sebelum rencana minggu ini mau mudik ke makassar lagi (Insya Allah). Tetapi, pas weekend kami kesana, beghhhhh, sangat antri mas bro dan mba sis (panggilan bagi pelayan upnormal kepada pengunjung) maka dengan seketika suami langsung menyuruh saya untuk cari tempat lain hahaha.

Karena tetap dengan rasa penasaran saya, hari selasa inipun mengajak Kak yuni/Ibu Baso/Mama Fathir dan Bu Irsan/Bunda Ifwat plus para krucils untuk mencoba warung yang lagi hits seantero batam ini :D

Cafe yang menyebut nama Warunk Upnormal ini baru buka jam 3 sore, sayapun melipir ke rumah fathir dulu, playdate bareng fathir dan mutiah yang berakhir rusuh tapi jika udah berpisah saling teringat-ingat hahaha, sekalian bareng menuju cafe yang dimaksud, dan janjian Bunda Ifwat pas dilokasi. Sampai pas jam 4 sore, sebenarnya sih udah gak enak perasaan tentang cafe ini yang pasti suasananya gak ramah anak. tapi dasar saya yang penasaran, didukung hasil googlingan warunk upnormal ini ada ruangan yang no smoking area. Pas kami masuk memang sangat ramai, memang sih baru minggu kemarin baru opening jadi lagi hits-hitsnya. Pelayannya dengan cepat menyambut kami, mengantarkan kami dilantai 2 yang hanya meja itu kosong, seketika langsung was-was lihat anak dan menyimpulkan seketika (kalau membawa balita cukup ini menjadi pengalaman pertama dan terakhir saya) kenapa demikian :

1. Suara musik yang volume suaranya sangat keras, kebetulan ruby dan mutiah yang masih dibawah setahun yang kebetulan tidur sangat terganggu. bukan hanya itu sih, kitapun yang dewasa jadi ngos-ngosan ngobrol karena gak kedengaran.

2. Tempat Duduk yang sangat berdekatan, anak-anak jadi gak leluasa bereksplorasi kesana-kemari. Jadi karena padat disetiap tempat duduk, sekitarpun saya yakin terganggu oleh kegaduhan meja kami :D

3. Makanan, Karena makanan beratnya kebanyakan Indomie yang divariasikan bermacam-macam rasa dan model (taukan Indomie sangat dilarang keras dimakan pada anak-anak) dan Makanan Kenyang yang menggunakan nasi sebagai bahan utamanya, tapi sekian banyak menu nasi hanya 1 yang gak pedis, tanpa pikir panjang pesan yang itu saja buat zaf. jadi untuk amannya ada menu roti sih untuk anak-anak yang udah makan siang atau hanya mau cemilan saja.

4. Memilih menu sendiri, karena kita baru pertama kali kesini, kitapun sibuk manggilin pelayanannya untuk sekedar tanya-tanya, dan untuk bayarpun kita harus membawa ke depan kasir yang harus antri dulu padahal kita sambil bawa baby :(

Tapi Bagi yang gak bawa anak kesana, tempat ini saya sangat rekomendasikan sih untuk sekedar nongkrong, Selain konsepnya yang unik, gaul dan berbeda. Menu-menunya juga kreatif, kerena mengandalkan menu yang sangat rumahan, tapi diracik dengan kreasi yang kita gak bakalan menyangka dengan rasanya, dari segi harga relatif terjangkau. Ohh ia, warunk ini memiliki mainan yang banyak( seperti monopoli, Soccer Table game, dan masih banyak lainnya) plus tempat vip jikalau kalian ingin gak diganggu baik musik dan percakapan dekat orang-orang sekeliling anda). Tapi saran sedikit yah, pelayanan agak cepat yah + Mienya jangan terlalu lama kalau masak jadi agak lembek gitu.

Yang paling saya acungi jempol adalah warung yang memiliki konsep gaul dan fresh ini memiliki mushollah yang dikonsep dengan gaul juga. Jadi memang enak untuk jikalau kalian pengen nongkrong seharian.

dibawah ini beberapa foto yang saya ambil seadanya sambil nenenin ruby :D




 

 

Lubnah Lukman
Dari bubun yang pengen sekalikali eksis di cafe anak gaul :p
 

Perpustakaan Mini Zafran

Assalamualaikum :)

Pernah lihat caption lupa dimana, yang penting tertulis :
Kalau Anda bingun bagaimana membangun masa depan anak,
Mulailah dengan menanamkan kecintaannya pada anak.

Dan ini yang saya dan ayahnya selalu pegang,
lebih rela membelikan zaf buku ketimbang baju atau mainan,
baju maupun segala pengikutnya (baca: celana, sendal dan lainnya) selagi masih ada yang dipakai, dan mainan semua bisa dialternatifkan, bisa membeli 
yang murah :p atau saya yang kadang buat sendiri :D

memperkenalkan zaf buku pas doi usia 6 bulan, dan sekarang gak mau tidur
jikalau saya terutama ayahnya pas tidur malam gak dibacaiin.

fot diatas ada sebahagian kumpulan bukunya (foto kebetulan rapi) 
dan ada sekitar 40 buku lagi yang akan berdatangan,
dan saya siap ngos-ngosan bacakan :D

Dan buku adalah investasi yang sangat lama dan berguna, biarpun mahal dari segi harga,
memang kali ini buat zaf, tapi ruby karena kakaknya sering dibacaiin
ruby pas umurnya seharipun dia sudah mengalami kebiasaan setiap
kakaknya minta dibacakan buku.

semoga usaha saya dan ayahnya membelikan dan membacakan buku,
tidak sia-sia untuk masa depan anak-anak,
Aamiin Yaa Allah :)

Lubnah Lukman
dari bubun yang senang bacakan buku anaknya.


Note:
Bagi yang minat lihat lihat + beli buku lewat jalan cash, cicil, maupun arisan
bisa hub : Mba Rahmi (Rahmi Fitri) (WA : 089 845 975 49)

1 Oktober 2016

Pempek dan Otak-otak ala Waroong Comel

Assalamualaikum :)

Hampir 5 bulan saya gak berkeluh kesah dan resah, curhat, cerita, nulis atau apapun namanya di "rumah" saya ini, malas bisa jadi, waktu yang sempit kadang membuat mulai dari awal itu susah banget, namanya penulis 'remahan peyek' yang harus butuh banyak waktu untuk menulis sesuatu yang dilakukan sehari-hari. jadi jangan tunggu tulisan saya jika disuruh nulis sekedar imajinasi hahahaha *soookk banyak yang baca :p

oke lanjut,

Karena besok 1 Muharran 1438 H, makanya niatan untuk mulai untuk nulis lagi di blog ini, dan karena seminggu ini saya tergila-gila sampai sangat jatuh cinta dengan makanan yang saya sebut cemilan karena sebungkus aja gak cukup :p namanya otak-otak waroong comel.

saya cerita sedikit yah :

Semenjak tinggal batam, saya selalu lihat entah di pasar tradisional maupun modern makanan yang bernama otak-otak, tetapi pas saya sengaja melihat dan memberanikan untuk membelinya, kok aneh yah, enak sih enak, unik sih iya karena otak-otak yang saya kenal di makasar dibungkus daun pisang dan mempunyai daging yang tebal, ini malah dibungkus daun kelapa dan tipis. saya kok gak tertarik yah, cukup merasakan sekali, jika ada yang ngasih sih saya ngabisin :p tapi untuk membeli kedua kalinya gak lagi.

Otak-otak sendiri saya gak tau khas dari daerah mana, tapi di makassar, otak-otak makanan yang bisa di dapat dimana-mana dengan campuran ikan tenggiri dibungkus dengan daun pisang, dan memiliki bumbu kacang yang super duper enak. Mengenal pertama kali makanan ini pada mamak saya, pada waktu saya masih kecil, mamak sering buat makanan ini, jika beliau sudah membeli daun pisang + ikan tenggiri, saya tanpa disuruh akan membantunya, bahkan mencoba sampai setengah adonan :p saking enaknya buatan mamak saya ini. Dan dari sini awal jatuh cinta saya dengan makanan yang bernama otak-otak.

Sudah lama tinggal di batam, dan sudah lama saya tidak pernah makan makanan ini. selalu sih request makanan baik sama mamak, kakak, maupun mama mertua saya, tapi otak-otak tidak terlintas sedikitpun, selalu terlupa saking banyaknya list permintaan yang saya ajukan ke mereka kalau pulang kampung ke makassar :D

Singkat cerita,

Pas anak-anak tidur siang, saatnya me time buat saya, melanglang di dunia maya salah satunya facebook, dan mata ini langsung melihat postingan otak-otak dari salah satu teman kantor suami namanya Heni Lestari beliau owner dari Pempek Comel, Mba hen yang biasa saya memanggilnya, selain pempek, ternyata ada juga otak-otak yang dijual, tanpa pikir panjang langsung comment ke facebooknya untuk order. selang 2 hari, suami membawa ke rumah, langsung saya panasi dan seketika habis 2 bungkus yang setiap bungkusnya terdiri dari 10 biji otak-otak, jadi total 20 biji, berdua tapi yah sama suami, bukan saya seorang, tapi tetap saya yang paling banyak :p 
Dilengkapi dengan cuka/cuko dan bumbu kacang, gak berhenti berkunyah ini mulut, dan betapa saya rindu mamak saya. lah, apa hubungannya? yah, karena mengenal makanan ini pertama kali dari mamak saya, dan rasanya enaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkk, juaraaaaakkkkkkkkkk. Yah, inilah otak-otak yang saya maksud, ternyata saya menemukan di batam. terlalu lebay yah, terserah. hahahaha. entah rasanya yang memang cocok di mulut saya dan suami atau memang enak untuk semua orang, tapi memang sih kita pasangan suka dengan makanan yang gurih dan pedas :))

Saya yakin karena ini bisnis rumahan, setidaknya penyedap rasa atau apalah istilahnya untuk memberikan rasa enak pasti tidak berlebihan (semoga yah mba hen :D) dan tanpa pikir panjang lagi saya pesan untuk kedua kalinya untuk menemani weekend kita ini sambil nonton dvd, tapi bar 10 menit film berjalan udah habis juga hahaha



Selain otak-otak sebenarnya pertama kenal dengan warung comel ini dari pempeknya, dulu kadang pusing makan pempek yang enak tuh dimana, banyak sih yang enak, tapi sekali lagi saya yakin bisnis rumahan itu lebih aman dari segi bahan, dan gak kalah enak tentunya. semenjak kenal pempek dari mba hen, tinggal order aja, dan berapa kali udah kirim ke makassar dan mereka semua nagih, kalau mau pulang ke makassar pasti titipnya pempek dari warung comel ini :D Dari segi harga tidak membuat kantong langsung tipis, tapi yakin perutmu akan nagih terus :D

Sukses dan berkah usahanya mba hen, salam sama keluarga yak :))

Langsung pesan dan rasakan, lewat japri jika kalian pikir saya lebay :D 083 191 299 089 (WA)

Udah lewat tengah malam, saya fans otak-otak kelas atas pamit dulu yak :D
Lubnah Lukman.

17 Mei 2016

5 Guru Kecilku By : Kiki Barkiah

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum :)

Sudah lama niat untuk review buku yang awesome menurutku ini, terdampar hanya di draft yang hanya bertuliskan judul tapi isinya belum ada. entah saya mulai dari mana itu yang buat pusing, tapi kalau tidak dimulai kapan sampai finishnya yah.

suami tiap kali saya baca buku ini selalu berkata : "bacaannya gak meningkat-meningkat sayang?!" huahahaha memang semenjak saya membeli buku ini, saya susah move on dari buku teh kiki ini, bukan gak habis-habis bacanya, tapi selalu dan selalu saya ulang bacanya. kadang sebulan ada sampai 3-4 buku saya baca entah hanya novel, buku parenting lainnya atau sekedar kumpulan artikel yang saya print dan klip jadi satu buku lalu saya membacanya. Tapi lain dengan buku teh kiki ini, ada daya tarik yang terus-terus pengen membacanya, teh kiki seperti menulis dengan hati, kata demi kata disusun menjadi sebuah kaimat yang sangat tersirat penuh hikmah, selain bukunya, facebook teh kikipun aku kepoin satu-satu hehehehe....

aku cerita sedikit yah, maaf kalau random gini...

aku kenal dengan teh kiki ini *waduh sok kenal aja akunya yah :p dari googlingan, saya lupa caption apa sampai keluar review buku teh kiki ini. Pas seminggu sudah googling ada teman yang saya namanya kak Indra mini (Jika mau pesan buku teh kiki ini wilayah makassar cukup add Facebook beliau : Indramini) Kak Indra sudah seperti kakak sendiri posting buku 5 guru kecilku jilid 2 dan memang doinya reseller bagian makassar, tanpa fikir panjang saya order pengennya langsung jilid 1 juga tapi cetakan barunya nanti april, aduh lama, waktu itu masih februarikan yah. oke, saya malas menunggu, saya pesan yang jilid 2 aja, hanya menunggu 2 hari sampailah bukunya dirumah tapi hanya semalam saya khatam buku ini, dengan degupan jantung dan tarikan nafas yang cepat saya menyelesaikannya. Seakan terburu-buru, iaa memang saya terburu-buru, 2 alasan saya, penasaran disetiap halaman, dan jikalau gak selesai malam ini, besok anak-anak udah beraktifitas lagi dan pasti malam lagikan saya bisa lanjut baca, TERLALU LAMA! huahahah saya tipikal penasaran emang orangnya.

Khatam, semalaman. 2 hari kemudian sayapun membacanya lagi. disitulah proses mulai susah move on dari buku ini. Saya tau diri, sebegai seorang ibu yang mempunyai pergolakan emosi yang tinggi, kadang susah untuk saya tahan, selain beristighfar berkali-kali sampai ribuan kalipun kadang ada saja syaitan yang berhasil menerobos kesabaran saya :( ada yang salah dari saya atau memang butuh perjuangan, saya tidak tau, makanya selalu dan terus memperbaiki diri biarpun sangat lelah tapi dengan niat yang kuat terus saya perjuangkan, salah satu perjuangan saya adalah menjadi fakir ilmu dibidang parenting.

Jujur, banyak baca buku ataupun sekedar artikel pola pengasuhan anak yang saya baca, semakin banyak dibaca semakin membingungkan, saya tidak menemukan benang merah dari semuanya. semua benar adanya, tapi ada kondisi lingkungan atau budaya yang kadang tidak cocok diterapkan dikeluarga saya, dan kembali semua adalah pilihan. tapi pada saat saya baca buku teh kiki yang jilid 1 yang captionnya gini : " Tidak Ada yang lebih sempurna dari Rasulullah SAW dalam pengasuhan anak, maka berilah ruang dalam hati kita untuk menerima bahwa kita bisa salah. Maka tidak perlu kita mengatakan 'Kami merasa gagal menjadi Orangtua' namun katakanlah 'Bersama Allah kami bisa lebih baik lagi" Masya Allah... Yah ini kunci yang selama ini saya cari, bayangkan saking bingungnya saya menerepkan pola pengasuhan apa buat anak-anak, padahal ada contoh yang kongkrit dan sempurna dari Rasulullah SAW jauh dari yang saya baca semuanya. Tak pernah saya mencari tau pola pengasuhan menurut ajaran agamaku sendiri, begitu condongnya saya ke buku-buku buatan 'luar' padahal jauh dari itu Islam sendiri sudah menjelaskan dengan rinci bagaimana sikap kita terhadap anak dan keluarga. Karena buku teh kiki inilah, saya lebih banyak mencari tau pola asuh menurut ajaran islam yang kaffah atau lebih detailnya pola asuh yang Rasulullah SAW contohkan.dalam hati : 'semoga saya gak hanya mencari tapi juga kudu diparaktekkan un!!'


Ada beberapa caption lagi di buku 5 Guru Kecilku Jilid 2 : "Kami memilih untuk lebih banyak meluangkan waktu bersama mereka pada masa-masa pencarian jati diri mereka. Pilihan ini kami ambil dengan segala konsekuensinya, demi menjaga, memilah, dan membatasi apa yang didengar, dilihat, dan dialami oleh anak-anak kami pada masa-masa utama pendidikan dan pembentukan karakter mereka. Kami merasa membutuhkan sedikit ruang dan waktu untuk menyampaikan nilai-nilai luhur kehidupan kepada mereka sebelum kelak mereka bersinggungan dengan warna-warni nilai kehidupan yang dianut manusia. Bukanlah sebuah lingkungan steril yang ingin kami ciptakan dengan mempersempit wilayah sosial mereka, namun kami membutuhkan sedikit waktu untuk membangun imunitas dalam jiwa mereka. Imunitas itu dapat kami bangun dengan memperlihatkan realitas keburukan masyarakat di dunia hanya dari kaca mata luar tanpa harus terlalu banyak bersinggungan dengan subjek pelakunya.", "Dan kami berharap, kebersamaan kamiyang lebih lama dengan anak-anak memberi lebih banyak kesempatan bagi kami untuk merefleksi hikmah dan mengarahkan mereka untuk bersikap yang seharusnya. Kami sadar, pilihan kami bukanlah pilihan sederhana. Namun kami harus memilih, memilih apa yang saat ini paling mudah untuk mendekatkan diri kami ke dalam surga. Pilihan ini adalah salah satu ikhtiar agar kelak kami dapat mempertanggungjawabkan dihadapan sang Penguasa terhadap sebuah perintah di dalam Al-Quran untuk memelihara diri dan keluarga dari pasannya api neraka (Q.S.At-Tahrim:6)", " Yaa!! Kami harus memilih !! walau pilihan kami melawan kenyamanan. Karena anak-anak kami adalah bocah-bocah akhir zaman, yang memiliki pilihan diantara dua peran dalam kancah kehidupan akhir zaman yang digambarkan Rasulullah SAW. Memilih menjadi manusia yang memiliki masa depan sebagai bagian dari kerusakan peradaban atau memilih menjadi manusi yang mengambil bagian dalam kemenangan Islam."

Yah beberapa cuplikan dari isi buku teh kiki yang bikin saya tertampar, jujur sebelum baca itu saya masih sering galau menjadi Ibu Rumah Tangga yang hanya dirumah tanpa penghasilan, penghasilan utama dari suami. Sang suami sangat mendukung pilihan saya jikalau memang saya hanya dirumah karena disitulah surga dari perempuan mencari banyak ladang pahalanya. Tapi kadang terbesit ingin kembali berkarier, ada keinginan mempunyai penghasilan sendiri tanpa mengandalkan gaji suami, pergi sekedar nongkrong dengan teman kerja sekedar merelaksasikan kepenatan, pakai baju yang necis selain daster dan masih banyak kenyamanan dunia lagi, sayang kuliahnya dipakai berkarier di Rumah Tangga :( . Dan berkali-kali juga suami mengingatkan tentang tugas istri sesungguhnya, memberi semangat bahwa : saya(suami) dan anak-anak membutuhkan seorang istri dan ibu yang mempunyai banyak waktu untuk keluarganya, tapi berkali-kalipun ada rasa untuk pengen mengejar dunia saya kembali.. :(( Tapi semenjak baca buku teh kiki ini, lebih-lebih pada caption diatas, membuat tekad saya semakin bulat. Oke unna, tinggal dirumah!! itu pilihan saya!! lebih dekat dengan anak-anak, memperbanyak bonding dengan anak-anak sebelum mereka melihat dunia yang sebenarnya. Mau endingnya bagaimana, yang jelas saya tak pernah menyesal dan tidak menyalahkan anak-anak ataupun diri sendiri jika itu diluar rencana kami sebagai tim, manusia tugasnya berusaha, ada jalan Allah yang menentukan, dan yang terpenting kita bisa mengambil hikmah dalam semua rencana Allah SWT. semoga saya kuat. kami kuat. Dan masih banyak catatan-catatan kaki teh kiki yang terdapat di buku ini yang membuat mata ini terbuka dan membaca itu seakan ada semangat yang sangat tinggi untuk melakukan itu semua. Dan yang terpenting cara penyampaian teh kiki tidak seperti mendoktrin memukul rata bahwa pola asuh yang benar tuh begini, teh kiki melihat pola asuh melihat dari keunikan setiap anak-anak, dan yang terpenting teh kiki menulis bagaimana dia berjuang menjadi seorang ummi yang bijak, jadi kitapun yang membaca bisa bercermin dengan apa yang kita miliki baik kekurangan dan kelebihan bagaimana menggali potensi yang kita miliki, untuk memicu potensi kelak anak-anak kita. Makasih teh kiki.

Tentang keseluruhan buku ini, buku ini wajib punya untuk orangtua seperti saya yang sangat butuh bimbingan berjuang membesarkan dan mengasuh anak-anaknya. saya sangat kagum dengan teh kiki ini termasuk kesabarannya, semoga sayapun juga demikian, teh kiki yang anaknya 5 aja bisa, masa' saya yang baru 2 kalah sabarnya :) Ayoo un!! saya juga sering lihat kuliah youtube dari teh kiki ini tentang bagaimana menjadi ibu yang sabar, karena sebanyak apapun teori parenting yang kita miliki, jika tak sabar, akan buyar semuanya. saya terima kasih buat teh kiki yang terus menebar hikmah pelajaran dari 5 guru kecilnya, saya pribadi yang terus belajar mendapat banyak sangat manfaat dari buku ini, termasuk seminar parenting teh kiki yang di batam april kemarin, menyesal karena datang lewat 15 menit dari jadwal kegiatan dan mendapatkan kursi paling belakang, biarpun ada beberapa suara teh kiki yang kurang kedengaran, tapi tidak menghilangkan point penting yang disampaikan teh kiki. Tak terasa tetesan air mata ini terjatuh, mengingat betapa besar tanggung jawab kami yang akan kami pertanggungjawabkan kepada-NYA, amanah yang DIA titipkan kepada kita, begitu banyak PR yang harus kami kerja terutama terus memperbaiki diri, karena salah satu modal untuk menjadikan anak yang 'berkualitas' adalah mempunyai orangtua yang 'berkualitas' pula.

Teruslah teh kiki berkarya dengan terus menyebar hikmah kebaikan, terima kasih sudah menulis buku yang penuh dengan hikmah ini, semoga saya bisa mengambil hikmah dari apa yang saya baca, lihat dan dengar. Dan sekarang yang saya bisa simpulkan dari semuanya adalah kesabaran dan keikhlasan jawabannya. Makasih Teh kiki, saya sangat menunggu buku puisinya loh :)
Beberapa catatan-catatan kaki teh kiki yag terdapat dibuku aku tulis ulang dan menempelkannya di kulkas, tujuannya hanya satu, saat saya merasa energi negatif mulai keluar saya bisa langsung membaca dan bisa langsung mengingat, istighfar dalam hati dan menarik nafas panjang. :)

Ohh ia salam untuk 5 guru kecil teh kiki :)

Lubnah Lukman

14 Mei 2016

Kulit Pie Isi Rogut Ayam


Assalamualaikum :*

Minggu ini lagi banyak kiriman dari makassar salah satunya kulit pie ini. Ohh ia selalu lupa untuk nge-post tentang nasib 'DAPUR UPHIE' sebagai founder saya sudah close untuk line : unnalukman, dikarenakan saya kualahan :( Hp selalu ditangan, mata selalu ke Hp untuk terima orderan yang alhamdulillah tak berhenti. Makanya untuk pemesanan sekarang hanya melalui offline saja atau langsung kerumah. 
Lanjut.....

Kulit pie yang banyak ini dikirm oleh kakak saya yang paling kece yang jago banget masak, dia juga yang bikin pie susu dan kue kering 'DAPUR UPHIE', jadi aku hanya bikin isinya doang, kali ini isinya nutella dan rogut, karena saya bukan pemakan yang manis, sedangkan suami pemakan yang manis makanya dibikin yang manis dan asin *apasihhh :p

Kalau nutella kan tinggal ngambil sendok, ambil nutellanya dan dioleskan dikulit pienya, kalau rogut aku hanya tumis bawang putih dang sedikit minyak, wortel potong dadu kecil, cincangan ayam, irisan buncis, orak-arik telur dan diberi garam sedikit, jadi deh. dinginkan sebentar, ambil kulit pienya, rogutnya disimpan diatasnya. kulit pie ini fungsinya sama dengan roti, toppingnya terserah yang mau makan.:p dan buat rogut ini tetap saya dibantu dengan zafran, doinya potong-potong wortelnya biarpun ukurannya gak jelas tapi senang banget jikalau emaknya apresiasi dia dengan senyuman, doinya gak tau kali yah dalam hati ini galau karena ukuran wortel yang gak jelas huahahaha

selamat mencoba,
Lubnah Lukman

Ayam Ungkep



Assalamualaikum :))

ohh ia, sebelumnya pengen cerita sedikit, semenjak saya sudah lahiran ruby dan sudah di batam, jarang banget 'nguli' di dapur, bikinnya yang cepet-cepet saja, intinya buat keluarga kan sehat dan tentu enak. Masak aja yang praktis apalagi mau foto dengan cara yang 'cantik' jadi kadang kalau lagi moodnya enak simpan di wadah, ambil kamera dan motretnya di halaman belakang yang cahayanya bagus, udah deh langsung cekrek, editnya nanti malam, nulisnya seminggu kemudian huahahahaha.

ohh ia lagi, masak sekarang emang cari yang praktis dan yang paling penting bisa jadi cooking class buat zaf. karena zaf udah bisa bantu-bantu saya di dapur, salah satunya  udah ahli pegang ulekan 'pattumbu-tumbu', kecuali saya tidak membiarkan jika yang diulek itu lombok, selain itu saya biarkan. Zafnya senang?!! BANGET!! huahahah.
Khusus yang ini adalah makanan yang wajib yang selalu ada di kulkas. Makanan jika tetiba saya gak sempat masak, sempetnya cuman masak sayur, lauknya gak sempat, ehh lihat kulkas masih ada, tinggal goreng deh. Jadi 'AYAM UNGKEP'  yang bisa juga tahu dan tempe ungkep ini ada makanan yang wajib selalu dirumah tapi jadi option ke dua kalau saya gak bisa menyesuaikan jadwal menu seminggu yang sudah saya tulis dan tempel di kulkas :p

Kali ini saya buat 2 kilo ayam, tapi fotonya hanya beberapa potong aja, sebagiannya udah di goreng, sebagiannya lagi udah diamankan dikulkas :p resep terinspirasi dari blog ini dengan perubahan sedikit ala saya.

Bahan
- 2 Kg Ayam
- 500 ml air untuk merebus
 
Bumbu dihaluskan:
- 10 siung bawang merah
- 10 siung bawang putih 
- 5 ruas jari jahe
- 5 ruas jari lengkuas muda
- 3 batang serai, ambil bagian putihnya saja

Bumbu lainnya:
- 1 sendok makan kunyit bubuk
- 1 sendok makan ketumbar bubuk
- 7 lembar daun salam
- 2 sendok teh garam  
- 1 buah jeruk nipis diperas
- 4 sendok makan asem jawa

Cara Membuatnya
Siapkan ayam, beri 1 sendok makan garam dan air jeruk nipis. Remas-remas dan diamkan selama 2o menit. Cuci ayam hingga bersih dan tiriskan. Garam dan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dan lendir di ayam.

Siapkan wajan, masukkan ayam dan semua bumbu. Aduk dan remas-remas hingga bumbu tercampur rata dengan ayam. Diamkan selama 15 menit hingga bumbu meresap.

Masak ayam dengan api kecil sambil diaduk-aduk, hingga ayam berubah warna dan mengeluarkan air. Masak hingga air ayam habis. 


Angkat dan ayam siap diolah sesuai kebutuhan. Ayam ungkep kuning bisa digoreng dalam minyak banyak hingga kering atau dipanggang dengan olesan kecap manis di permukaannya. Atau disantap begitu saja juga.
 

Terima kasih,
Lubnah Lukman