30 April 2016

Puding Gula Merah

Assalamualaikum :D


Salah satu andalan kalau bikin puding, yah puding gula merah ini. Disamping suami suka banget, kadang malah dia yang minta dibikinin, aku mah woles aja, selama ada bahannya. Soalnya memang kami belanja mingguan yang untuk dessert aku gak rencanakan, beda dengan menu utama yang setiap ke pasar buka catatan takut ada yang kelupa :D
Dan puding gula merah ini memang dari segi bahan dan cara membuantnya gampang banget, jadi sekalian aku masukin di daftar kegiatan seharian zaf  'cooking class' zaf aku ajar cara menakar, memeras santan untuk perkembangan motorik kasarnya, mengiris gula merah yang pakai pisau, kali ini pisau beneran tapi tetap saya pantau dengan hati-hati, soalnya nyari kesana kemari belum nemu pisau mainan :( dan tentunya selesai itu dia cuci piring, kegiatan yang paling doi senangi :D memang berantakan sih, tapi gak apa-apa selama zaf senang, akupun enjoy ngeberesinnya.

kembali ke puding gula merah ini, memang sudah tidak asing dimulut saya, mama saya sering sekali membuatnya sampai lupa nanya resepnya dari dulu, pas butuh dan udah hidup beda pulau baru deh nyuri ilmunya itupun aku kombinasikan dengan resep di google, soalnya mama jelasin dengan takaran yang semaunya dia huahahah emang ahli sih mama saya ini :)

PUDING GULA MERAH
 
Bahan :
 
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk plain 
750 ml santan
300 gr gula merah, sisir halus
100 ml air
1 butir kuning telur, kocok lepas
1/2 sdt garam

Cara Membuat :
 
- Masak gula merah dan air, hingga gula merah larut. Angkat dan saring.
- Tuang santan ke dalam panci, masukkan air gula merah, garam dan agar-agar bubuk.
- Masak dengan api kecil sambil terus diaduk.
- Menjelang mendidih, ambil 2 sendok sayur larutan agar-agar dan tuang ke dalam kuning telur. Aduk rata dan masukkan kembali. Aduk cepat dan didihkan.
- Matikan api dan tuang ke dalam cetakan agar-agar yang sudah dibasahi dengan air atau ke dalam cup.
- Biarkan uap panasnya hilang dan didinginkan baru dibekukan ke dalam lemari es.
- Sajikan dingin.
 
Lubnah Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar