14 Mei 2016

Ayam Ungkep



Assalamualaikum :))

ohh ia, sebelumnya pengen cerita sedikit, semenjak saya sudah lahiran ruby dan sudah di batam, jarang banget 'nguli' di dapur, bikinnya yang cepet-cepet saja, intinya buat keluarga kan sehat dan tentu enak. Masak aja yang praktis apalagi mau foto dengan cara yang 'cantik' jadi kadang kalau lagi moodnya enak simpan di wadah, ambil kamera dan motretnya di halaman belakang yang cahayanya bagus, udah deh langsung cekrek, editnya nanti malam, nulisnya seminggu kemudian huahahahaha.

ohh ia lagi, masak sekarang emang cari yang praktis dan yang paling penting bisa jadi cooking class buat zaf. karena zaf udah bisa bantu-bantu saya di dapur, salah satunya  udah ahli pegang ulekan 'pattumbu-tumbu', kecuali saya tidak membiarkan jika yang diulek itu lombok, selain itu saya biarkan. Zafnya senang?!! BANGET!! huahahah.
Khusus yang ini adalah makanan yang wajib yang selalu ada di kulkas. Makanan jika tetiba saya gak sempat masak, sempetnya cuman masak sayur, lauknya gak sempat, ehh lihat kulkas masih ada, tinggal goreng deh. Jadi 'AYAM UNGKEP'  yang bisa juga tahu dan tempe ungkep ini ada makanan yang wajib selalu dirumah tapi jadi option ke dua kalau saya gak bisa menyesuaikan jadwal menu seminggu yang sudah saya tulis dan tempel di kulkas :p

Kali ini saya buat 2 kilo ayam, tapi fotonya hanya beberapa potong aja, sebagiannya udah di goreng, sebagiannya lagi udah diamankan dikulkas :p resep terinspirasi dari blog ini dengan perubahan sedikit ala saya.

Bahan
- 2 Kg Ayam
- 500 ml air untuk merebus
 
Bumbu dihaluskan:
- 10 siung bawang merah
- 10 siung bawang putih 
- 5 ruas jari jahe
- 5 ruas jari lengkuas muda
- 3 batang serai, ambil bagian putihnya saja

Bumbu lainnya:
- 1 sendok makan kunyit bubuk
- 1 sendok makan ketumbar bubuk
- 7 lembar daun salam
- 2 sendok teh garam  
- 1 buah jeruk nipis diperas
- 4 sendok makan asem jawa

Cara Membuatnya
Siapkan ayam, beri 1 sendok makan garam dan air jeruk nipis. Remas-remas dan diamkan selama 2o menit. Cuci ayam hingga bersih dan tiriskan. Garam dan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dan lendir di ayam.

Siapkan wajan, masukkan ayam dan semua bumbu. Aduk dan remas-remas hingga bumbu tercampur rata dengan ayam. Diamkan selama 15 menit hingga bumbu meresap.

Masak ayam dengan api kecil sambil diaduk-aduk, hingga ayam berubah warna dan mengeluarkan air. Masak hingga air ayam habis. 


Angkat dan ayam siap diolah sesuai kebutuhan. Ayam ungkep kuning bisa digoreng dalam minyak banyak hingga kering atau dipanggang dengan olesan kecap manis di permukaannya. Atau disantap begitu saja juga.
 

Terima kasih,
Lubnah Lukman 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar