26 November 2016

Cerita dan Tips Lulus Toilet Training Zafran






Assalamu Alaikum :)

Dua kali melahirkan di Makassar, dan kadang mama saya membantu untuk membersihkan popok kedua anak saya, zafran dan ruby, 3 bulan pertama memang saya tidak pakaikan popok sekali pakai, sayang dengan kulitnya yang masih halus. setelah 3 bulan saya pakaikan diapers atau popok sekali pakai (pospak) alasan pertama karena masalah malas mencuci baju bayi karena harus menggunakan tangan, bukan mesin cuci, ditambah lagi pas 3 bulan anak-anak kita selalu di boyong sama ayahnya untuk kembali merantau, gak ada yang bantu untuk banyaknya urusan rumah tangga yang awalnya saya kerja sendiri, untuk menghemat waktu dan tenaga saya putuskan untuk memakai pospak. Pospak memang sudah barang yang tidak asing buat Ibu-ibu yang memiliki batita, bahkan bisa jadi kebutuhan primer untuk kebanyakan masyarakat Indonesia. Jadi tidak asing jika pospak masuk ke anggaran wajib yang dibeli tiap bulan. 

Nah kembali kecerita mama saya, karena orangtua dulu tidak mengenal dengan pospak makanya saya selalu ditanyakan kenapa memakaikan pospak, padahal sudah berkali-kali menjelaskan alasan saya baik yang ilmiah maupun jawaban yang mengangguk sambil berkata : "Iee mamak, nanti saya lepas sampai pada waktunya" makanya bertekad dari pada saya pulang kampung itu terus ditanyakan saya akan cepat laksanakan.

Toilet training adalah istilah untuk membuang kotoran pada tempatnya, kenapa harus diajar sama anak-anak diusia sedini mungkin? kalau saya sih mengajarkan kemandirian aja untuk zafran, kemandirian buat anak-anak sangat penting salah satunya bisa menimbulkan rasa percaya diri anak, setidaknya setelah dia lulus toilet raining, kerjaan berkurang satu heheh dan bisa ngerjain yang lain. Dan Anggaran bulanan untuk beli popok bisa diganti dengan beli buku untuk dia kan?!! :))
 
Awalnya saya mulai mengenalkan zaf toilet training pada usia 14 bulan, melihat dari tanda-tanda fisik salah satuya diusia itu, zaf sudah mantap jalan dan berlari. Tapi keadaan tidak sesuai keinginan, pas bulan itu saya hamil kembali, Alhamdulillah, dimana fisik dan emosi juga ikutan labil, yang membuat zaf setiap mau pipis keluar aja tanpa bilang-bilang padahal saya udah bilangin, berkali-kali, otomatis setiap doi pipis kerjaan malah semakin bertambah dengan mengganti dan mencuci celananya, tidak lupa lantaipun dipel dan langsung dilap kering takut jika masih basah dan zaf tetiba lewat terjatuh *dan itu pernah kejadian :( makanya saya maju mundur alias tidak konsisten.



21 November 2016

22 November 2016

Assalamualaikum :)

Dia...

Iaa Dia..

Yang saya jatuh cinta kepadanya beberapa tahun yang lalu,
Yang saya pilih menemani sisa hidupku,
Yang saya jadikan ayah dari anak-anakku,
Yang tak henti-hentinya saya coba merubahnya, sejak hari pertama dia menjadi suamiku.

Dia,

Yang saya seret ke parenting event bersamaku,
Yang saya harapkan memiliki lebih banyak waktu,
 untuk sekedar bercengkrama denganku dan anak-anakku,
Yang sangat teramat sering saya limpahkan beban pengasuhan,
 di detik ketika sepatunya menapak depan rumahku.

Dia,

Yang saya harapkan agak lebih sedikit mirip dengan bapakku,
Yang saya ajukan metode-metode baru mendidik anak terkini,
Yang terkadang bikin aku keki dan kesal,
Yang kadang jika aku letih, piringpun dia cucikan.

 Pernahkah?

Saya menata hati biarpun hanya sedikit?
melihat dari sisi si dia yang begitu saya cintai?
walaupun dia tidak di rumah sepanjang hari,
kerjanya cukup menguras akal dan energi,
pantaskah saya meminta untuk menukar semua rutinitas ini dengan dia?
karena menurutku,
saya sudah letih sepanjang hari, anak yang coret sana-sini, 
celoteh sepanjang hari, rumah yang kotor setiap anak melakukan eksperimen, 
menaburkan makanan, mengganti baju sampai 5 kali,
Dan banyak lagi?

Dan saya mau dia paham untuk sekedar bertoleransi.

Tapi saya lupa, Ia juga manusi, ia letih,
Tahukah saya bahwa, mamanya tidak pernah membayangkan bahwa anak laki-laki sulungnya 
akan menjadi semandiri itu?

Tapi,
Zaman sudah berganti, laki-laki sudah bukan zamannya dilayani sepanjang hari.

Zaman ini adalah zaman dimana ayah di elu-elukan perannya dirumah untuk sang buah hati.
Zaman dimana ayah adalah faktor penentu yang penting dalam pengasuhan masa kini.

Tapi, Sekali saja
Pernahkah saya rasakan letihnya harinya?
Transportasi dari ke kantor untuk kerumah begitupun sebaliknya,
Pekerjaan yang tak kunjung habisnya?
Bos yang terkadang menjengkelkan,
Dengan pulang disambut dirumah dengan celoteh saya dan anak-anak,
Cerita bahwa saya tegang dileher dan pegal di kaki.

Tapi dengan setia menjadi pendengar yang baik,
membacakan buku cerita buat anak-anak,
bermain pesawat-pesawat dengan anak-anak,
rasa letih dia lagsung hilang sekejap.

20 November 2016

Speak Good or Remain Silent


Assalamu Alaikum :)

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaklah dia berkata yang baik atau hendaklah diam.” (HR. al-Bukhari dan Muslim dari sahabat Abu Hurairah).

“Barangsiapa yang tidak peduli dengan urusan kaum muslimin maka bukanlah golongan kaum muslimin.” (HR. Muslim)

Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal kasih sayang bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan maka sekujur badan akan merasakan panas dan demam.” (HR. Muslim)
 
Terkadang saya sangat geram dengan seluruh pemberitaan, saya pribadi sudah tidak tau yang mana benar dan mana yang hanya 'sampah', dan kita semua yakin semua punya kepentigan, begitupun saya. Sekarang saya mau menulis bukan pada tanggapan saya tentang 4 November atau Bom Samarinda, bukan kapasitas saya untuk menulis ini, yang jelas aksi 4 November tidak ada kaitan sama sekali dengan Bom yang terjadi di samarinda. Sangat Sedih jika kami - kita saling mengeluarkan argumentasi tentang kaitan peristiwa besar tersebut, malah ada sebahagian saling nyinyir.  

Memang sih apa yang terkandung dalam Al-Quran kami tidak bermakna bagi kalian, seperti ayat-ayat kitab suci kalian bagi kami, tapi bukan berarti kita bebas saling mengolok. Landasan hidup kalian biar jadi milik kalian, silahkan jalankan. Apa yang kami yakini benar, biarkanlah kami jalankan. Apa salahnya ulama menyampaikan ayat Al-Qur'an, mengingatkan masyarakat muslim akan larangan Allah memilih pemimpin kafir. Itu memang tugas mereka. Bagian mananya yang bohong dan membohongi/membodohi. Yang jelas, kami semua sudah menyampaikan apa yang menurut kami yakini, tapi jikalau kalian tidak sepakat itu memang wajar, karena imam dan iman kita berbeda. Dan  untuk Bom yang di Samarinda, saya sangat berbela sungkawa dan teramat sedih, saya punya anak lelaki berumur hampir sama dengan korban, saya sangat merasakan jika itu terjadi pada keluarga saya. Bagaimana sedih dan emosionalnya saya pada saat itu. Pelaku pemboman yang mengatasnamakan jihad, sudah mengotori makna jihad sesungguhnya, dalam Islam sangat tidak membenarkan kejadian ini, karena Nabi Muhammad SAW menegaskan dalam perang saja, salah satunya dilarang keras adalah merusak rumah ibadah. Jadi itu bukan Jihad. (padahal tidak mau dibahas, jadi dibahas)

Dan saya berharap pemberitaan yang beredar dimana-mana tolong dibaca terlebih dahulu, jangan cepat terfrovokasi dengan isu-isu yang negatif, ingat kawan, Indonesia lagi diadu domba, sekarang Indonesia mengalami ancaman, Negara kita menjadi rebutan bagi orang-orang yang mempunyai kepentingan besar dan kelak akan merugikan kita sendiri yang berada di dalamnya. Termasuk merugikan anak-anak kita kelak yang akan menjadi masa depan negara Indonesia. 


15 November 2016

Selamat Ulang Tahun Bapak

Assalamu Alaikum :)

15 November 2016

Selamat Ulang Tahun Bapakku,
Semoga sehat selalu, diberikan sisa umur yang berkah,
Dimudahkan selalu aktifitasnya yang semakin hari semakin sibuk kayanya hehehe

Saya sayang ki'

Semenjak saya sudah lulus kuliah, saya sudah banyak punya waktu dirumah, biarpun banyak kerjaan selalu ingat dengan bapak dan mama dirumah, intinya setiap hari pasti pulang kerumah beda pada masa kuliah yang kadang pulang kadang tidak :p dan semenjak mama sudah harus banyak perhatian. Apalagi ke 4 kakak saya yang sudah menikah semua dan tinggal di tempat berbeda-beda, menjadikan saya seperti anak tunggal dengan waktu yang cukup lama, karena memang kakak saya ke 4 beda jauh umur sekali dengan saya. Disitu saya semakin dekat sama bapak. Setiap bangun tidur, setiap saya kesal dengan mama, setiap saya ke kantor, setiap pulang kerumah, ada bapak yang selalu setia antar jemput dan menyediakan telinganya untuk mendengarkan keluh kesah saya, kadang kalau belum kemalaman kita singgah nongki berdua, entah berbicara tentang isu yang lagi hot di televisi atau sekedar cerita tentang cinta saya (sekarang menjadi suami) yang lagi pisah jarak antara jakarta dan makassar.

Pernah saya lupa detailnya ngobrol tentang apa tapi tentang mama, terus bapak bilangnya begini : 'Sekarang saya sama mamakmu bukanmi tentang perasaan cinta, tapi saya sayangki, kebiasaan yang selalu bersama, jadi kalau tidak adami' lain tongmmi'  Ketika lelaki yang berumur 70 tahun bilang 'Saya sayangki Istriku' saya mendengar pertama geli sendiri hehehe jikalau mama dengar ini betapa bahagianya beliau pasti, tapi tidak perlu beliau dengar, karena dengan perilakunya bapak sampai sekarang melebihi perkataan dia, sampai sekarang mama sudah kadang melupakan bapak yang sering mama memanggilnya dengan sebutan papa (bapaknya bapak atau datokakek saya) padahal mama melihat fisik bapak, tapi ingatan sudah tidak terhubung. Tapi Bapak tetap menemani dan menjaga mama. Dan saya sangat berterima kasih dan sujud syukur ada bapak yang bisa menemani mama, disaat saya khususnya meninggalkan mereka berdua dengan jarak yang jauh.

Berkata-kata akan sangat panjang jika saya berbicara tentang beliau, tak ada habisnya, yang jelas saya begitu sayang bapak-mama saya.

Selamat Ulang Tahun Bapakku, Saya sayangki' juga :*

Lubnah Lukman
Seorang anak yang selalu setia mendokan beliau

10 November 2016

Kerja keras itu memang nyata!

Assalamu Alaikum :)

Setiap malam setelah kita berdua nidurin anak-anak, saya dan suami keluar di taman belakang, entah berbincang, makan cemilan maupun makan berat, tapi yang pasti saya jadi teman dan pendengar setia melihat suami bermain dan belajar dengan stick golfnya entah disuruh rekam pakai handphone cara mainnya pakai mode slomotion setelah itu di bahas, entah hanya mendengar curhatan doi tentang teknik baru yang doi dapat entah dari youtube, majalah atau dari pelatih dia. Lama-lama saya bisa jadi tau sedikit tentang istilah-istilah golf . 

Pernah saya menulis tentang Dunia baru suami juga disini, tapi tulisan saya pada saat itu suami masih jatuh bangun di dunia olahraga golf ini. Olahraga yang tidak saya bayangkan dia jatuh cinta sekali. kenapa saya bilang jatuh cinta?? 

Sudah hampir 4 tahun dengan satu rutinitas yang pasti, Golf!, saya istrinya paling tahu perjuangan dia, perjuangan untuk menaklukkan olahraga ini. Saya sampai gak habis fikir kalau ada maunya aja, ngotot dan tidak labil, memang sih dari awal doi menyukai olahraga ini memang butuh waktu lama, untuk selengkapnya saya sempat menulis juga di sini. Awal-awalnya kita selalu saling mengadu argumentasi tentang hobi baru dia. Saya selalu melihat dari sisi luar tentang ini, googling sampai kemana-mana, saya bisa hentikan hobby ini jika saya mau, tapi sebelum itu saya mencoba untuk melihat dari sisi saya terjun kedalamnya melihat dari sudut pandang suami, melihat mata suami yang jika dia bercerita dan berlatih matanya berbinar-binar, semangatnya, sayang kalau saya patahkan. Saya mencoba menurunkan ego kali ini. Motivasi saya cuman satu : Saya tidak mau mencintai dia apa adanya! Suami harus butuh olahraga, menunjang kesehatannya, Perutnya harus masih rata sama seperti kami masih pengantin baru :p, dan timbangan suami yang saya tetap jaga diangka 65 Kg, Jikalau itu semua tidak sesuai, seakan saya gagal jadi Istri heheheheh. Nah Golf ini sangat menunjang itu semua, itupun saya dan suami punya target 'Sebelum pindah ke kota lain, manfaatkan waktu selama disini bermain golf dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya, Sekaligus harus naik panggung untuk menegaskan kamu memang handal di olahraga ini! Jadi Oke saya Insyaa Allah Ijinkan, Saya yakin jika saya ridho, Suamipun juga nyaman menjalaninya.

Selama saya di makassar yang hampir sebulan, diapun menemukan pelatih baru, dan tiap hari latihan intens. Pikirnya, Menggunakan waktu yang sebaik-baiknya, karena gak ada katanya yang nungguin selalu di depan pintu kalau pulang rumah hahhaha Doi sudah mulai menemukan sedikit-demi-sedikit teknik permainan yang katanya membuat permainan dia stabil. Memang sih kemarin-kemarin, mainnya kadang bagus kadang juga tidak, kadang bolanya terlempar lurus kadang juga terlempar miring sana-sini, kadang sudah main dia letih banget kadang juga gak kerasa capeknya. Intinya pada saat BGC (BKI Golf Club) Exclusive Golf Tournament yang berlangsung 2 hari pada minggu kemarin doi bisa bermain stabil.

5 November 2016

Dancow Explore The World di Makassar


Assalamualaikum :)

Sebenarnya tau info bahwa akan diadakan acara Dancow seperti tahun lalu pada waktu saya masih di batam, dan kebetulan saya akan liburan dalam waktu yang cukup lama di Makassar makanya saya langsung menghubungi panitia untuk kehadiran saya. Alhamdulillah dapat undangan untuk tahun ini lagi.

Sangat antusias saya mengikut kegiatan Dancow ini, karena ada pengalaman tahun lalu, pada waktu saya hamil 7 bulan dan zafran anak pertama saya berusia 23 bulan. Dan kali ini anak kedua saya, Ruby lahir yang berusia 11 bulan dan zafran yang alhamdulillah sudah 35 bulan. 

Awalnya saya berniat ke Acara Dancow ini hanya membawa Ruby, karena kepikiran membawa 2 anak tanpa suami yang berada di batam, itu pasti sangat kerepotan karena saya datang ke acara ini bukan hanya menemani anak saya belajar dan bereksplorasi di area bermain dan belajar yang seluas 462m² tetapi datang sebagai undangan untuk menikmati seminar DANCOW Parenting Center yang narasumbernya sangat ahli dibidangnya masing-masing yaitu, Psikolog Ratih Ibrahim, Pakar Gizi Ibu Sari Sunda Bulan, Pemain Film Carissa Putri, dan Brand Ambasador Dancow Shahnaz Haque yang pada hari itu menjadi MC. 

Tetapi karena di arena bermain yang sangat luas itu terdapat banyak aktifitas yang sangat terinspirasi dari 4 negara yaitu Belanda, Jepang, Brazil, Indonesia diantara aktifitasnya kita bisa bermain di taman bunga di belanda, bisa belajar berkebun, mengenal satwa di hutan amazon brazil, belajar budaya dan merasakan musim semi bunga sakura di jepang, sampai bermain pantai ala bali di indonesia. Dengan banyaknya aktifitas itu, maka amat disayangkan jika anak saya zafran tidak mengikutinya. Dimana zafran masuk pada fase yang sangat senang bereksplorasi kesana-kemari, melihat ini dan itu, merasakan lingkungan baru bukan hanya di lingkungan rumahnya. Saya dan suami selalu memberikan dukungan dan dampingan untuk setiap cara dia mengenal diri dan lingkungannnya, karena kami yakin dengan memberikan dukungan dan dampingan, akan menimbulkan sikap percaya diri yang terus anak saya kembangkan.

4 November 2016

Liburan di Tengah Kota Jakarta

Saat musim liburan lebaran tiba,umumnya sebagian besar masyarakat Jakarta pergi berlibur ke luar kota. Pada saat musim liburan ini suasana kota Jakarta menjadi relatif lebih sepi dan lengang. Hal ini tentu sering dimanfaatkan oleh masyarakat dari luar maupun dalam Jakarta, untuk menikmati suasana pusat kota dengan menginap di hotel yang terdapat di Jakarta.

Jakarta memiliki cukup banyak hotel berbintang yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Pullman Jakarta.Pullman Jakarta berada di  Jalan M.H. Thamrin nomor59, dimana letaknya yang sangat strategis dan tepat di jantung kota membuat hotel ini patut menjadi pilihan Anda. Pemandangan dari hotel ini pun sangat menakjubkan, Anda dapat melihat lampu – lampu cantik dari gedung pencakar langit beserta kesibukannya yang ada di Bundaran HI.

Sumber : pullmanjakartaindonesia.com

Memesan hotel ini pun cukup mudah, hanya dengan mengklik link disini dan Anda dapat langsung memesannya. Tidak hanya memesan, Anda juga dapat melihat komentar dari pengunjung lain di kolom review.


Sumber : pullmanjakartaindonesia.com

Pullman Jakarta menyediakan 427 kamar dengan berbagai tipe yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan, seperti Superior, Premium Superior, Deluxe, Grand Deluxe, Grand Deluxe Executive, Deluxe Apartement, Grand Deluxe Executive Suite, dan Accent Suite.

Grand Deluxe
Sumber : pullmanjakartaindonesia.com


Accent Suite
Sumber : pullmanjakartaindonesia.com

Secara keseluruhan, kamar – kamar yang ada di Pullman Jakarta memiliki desain kontemporer yang elegan disertai pemandangan Bundaran HI yang cukup indah. Soal kenyamanan yang akan dirasakan ketika menginap di hotel ini pun tidak perlu diragukan lagi. Sebagai hotel bertaraf internasional, Pullman Jakarta pastinya telah menyediakan berbagai fasilitas yang dapat di nikmati pengunjungnya.

3 November 2016

Cerita dan Tips Membawa 2 Batita Naik Pesawat

Assalamualaikum :)

Assalamualaikum November..

Assalamualaikum Batam..

Yah hampir sebulan saya kemarin di Makassar, ketemu Mamak, bapak, teman-teman dan tentunya kulineran, waktu yang cukup panjang itu juga belum semuanya saya tuntaskan untuk rencana-rencana yang saya akan lakukan selama di Makassar, itu artinya saya masih disuruh pulang lagi entah kapan, doakan ada rejeki lagi yah. Sebanarnya masih mau semingguan sih di Makassar tetapi suami sudah ‘agak’ memaksa untuk segera pulang ke batam, doi kangen katanya :p

Rencana kemarin saya ke Makassar bertiga dengan anak-anak, tapi sepertinya suami masih meragu dengan ‘kenekatan’ saya untuk bertiga ke makassar, dan Alhamdulillah ada jalannnya, suami ada dinas ke Halmahera yang artinya harus transit ke Makassar dulu, nginap semalam di Makassar besok langsung meneruskan perjalanan ke halmahera. Dinas yang sekalian doi mengantar istri dan kedua anaknya untuk liburan hehehehehe