31 Desember 2016

Water Park Top 100 Batu Aji - Batam

Assalamualaikum

Ada waktunya saya bisa nulis sebanyak yang saya inginkan, dan ada waktunya seminggu bahkan sebulan gak berbekas jejak tulisan yang ada di blog saya. Sama dengan malam ini, dimana libur panjang, seharian kita keluar anak-anak yang tidur siang, nyampe dirumah akhir sore, bersiap makan dan mandi sore, dan mereka berdua tepat dijam 6 sore sudah terlelap dalam mimpinya. Selamat tidur anakku :* Dan kalau begini saya bisa menulis semau saya, kecuali jika suami datang menganggu :p

Water Park Top 100 Batu Aji, kita kesini udah 2 mingguan yang lalu tapi baru bisa sempat nulis cerita tentang salah satu wisata air yang ada di batam yang sudah ada sejak tahun 2010. Lokasi yang sangat mudah diakses, yang kebetulan berdekatan dengan lokasi rumah memudahkan kami untuk cepat datang ke Waterpark ini, untuk masuk ke wahana ini cukup membayar Rp.55.000/orang jika weekend atau hari libur jika hari biasa cukup Rp.35.000/orang, dan jika kita membawa anak-anak yang mempunyai ukuran badan dibawah 80 cm biayanya gratis.

Karena kita cukup pagi masuk ke wahana ini, jadi belum banyak orang yang beraktifitas, kitanya bisa kelililing dulu sambil memilih wahana yang mana kita maksimalkan, maklum sudah 4 tahun di batam baru kali pertama kesini haha, sekilas wahana ini cukup luas, paling lengkap se-batam malah wahana permainannya, salah satunya ada kolam air dan berbagai area seluncuran untuk anak-anak dan dewasa. Uniknya, Waterpark Top 100 Batam ini juga memiliki kolam arus untuk orang dewasa sepanjang 150 meter dengan kedalaman 120cm. Jadi kita bisa duduk diatas pelampung dan pelampung tersebut akan bergerak mengikuti arus di dalam kolam. Selain kolam arus dewasa, Waterpark juga menyediakan kolam arus untuk Balita. Ya, tentunya harus dengan pengawasan orang tua.

Karena semakin siang, semakin banyak yang datang, gak aman jika kita meninggalkan barang begitu saja diatas meja padahal deket banget sih dengan kolam tapi agak khawatir juga, tapi tenang di Waterpark ini menyediakan sewa loker Rp. 10.000/buka kunci. Jadi kamu yang tidak membawa keluarga yang banyak contohnya kita, yang hanya 4 orang sekaligus turun kolam gak ada yang liatin barang kita, loker menjadi alternatif untuk menyimpan barang-barang penting.

11 Desember 2016

Ruby is turning 1




Assalamualaikum :)

Tahun lalu, yang berawal dari kenekatan mau melahirkan normal, tapi berakhir sc kembali, karena pendarahan yang membuat jadwal sc saya maju seminggu. merasakan perbedaan pada saat sc yang tidak direncanakan dengan sc yang direncanakan, ke rumah sakit sampai saya suntik dibagian belakang saya, perasaan lebih campur aduk. Tapi setelah mendengar tangisan anak saya langsung lega, alhamdulillah. Adibah Ruby Paingngi, 11 Desember 2015, jam 05.45 wita, RSB. Sentosa Makassar.

Berbicara tentang anak perempuan saya ini, sama seperti saya melahirkan anak pertama lagi. Kenapa? karena, pertama  jenis kelamin yang berbeda dengan kakaknya yang lelaki, berarti beda persiapan barang perlengkapannya dan penanganannya, kedua, sejauh setahun ini ruby dan zaf sangat berbeda dalam hal karakter, yah saya tahu, beda anak beda pintar padahal berada pada rahim yang sama. Makanya setiap tindakan saya yang saya lakukan untuk ruby sangat berbeda dengan kakaknya. Banyak belajar lagi, betul jika menjadi orangtua, adalah menjadi pembelajar sepanjang hidupnya.

Si bayi kangguru yang sering kami sebutkan kepada ruby, kemana-mana selalu ngikut kesaya, jika saya menghilang dari penglihatannya, entah langsung menangis, atau mencari saya kemanapun berada. Jadi untuk amannya setiap aktifitas rumah tangga mending libatkan dia, hahaha, saya menjemur, usahakan dia juga duduk dekat saya, memasak, diapun ada sekitar saya entah sambil digendong atau duduk sambil bermain, mandi-bak-bab, ruby selalu ada didepan pintu kamar mandi, tidurpun, gak nyenyak jika tak ada saya disampingnya hahahaha dan masih banyak akifitas yang saya lakukan, pasti selalu lengket dengan saya :)

Tapi yang paling saya syukuri, kakaknya zafran, sangat respek dengan kehadiran adeknya. jadi jikalau saya lagi ada kegiatan dan zafran lagi bermain atau baca buku, saya kadang berani meninggalkan mereka berdua di kamar, karena ruby jikalau gak ada saya dilihat yang penting ada kakaknya, ruby juga senang :D

10 Desember 2016

Rumah Makan Seafood Jawa Melayu - Tanjung Piayu, Batam



Assalamu Alaikum :)

Karena ulang tahun pak suami dan kedua anak kami saling berdekatan, (sekalian perayaan ultah saya lah yah pada bulan mei yang lalu :p *maksa :p), diniatkan untuk keluar makan di tempat paling Istimewa, sambil memanggil teman-teman kantor suami untuk ketemuan di rumah makan yang menurut saya sangat Istimewa. Rumah Makan Seafood Jawa melayu, yang terletak di kampung tua-tanjung piayu. Kenapa sangat istimewa? Yah, karena udah lama gak kesini hehe, hampir setahun sepertinya (mikir juga kesini kalau hanya berempat), kesini butuh waktu kira-kira 30-40 menit dari rumah kami, 30 menit di batam beda dengan 30 menit di kampung saya di makassar :p, batam yang belum macet, jalan yang masih lancar, dan pemandangan yang masih hijau, pemandangan laut, menjadi daya tarik kita ke rumah makan ini, apalagi sekarang akses kesana udah lumayan rapi, terakhir kesana, separuh jalannya masih rusak, belum diaspal, jadi butuh perjuangan mobilnya :D makanannya jangan tanya, juaraaaaaakkkkkk :D

Kami yang orang makassar, sangat suka dengan hidangan laut, beda makassar, beda di batam, tapi keduanya punya ke-khasan masing-masing dan selalu di rindukan pastinya, Rumah Makan yang di atas air, rumah kayu yang sagat sederhana tapi cukup luas, tetapi itupun jika telat datang kita bisa mengantri untuk mendapat tempat duduk, pemandangan yang langsung menatap laut, pepohonan hijau, angin yang sangat menghanyutkan membuat suasana semakin hangat, sambil menunggu makanan bisa menikmati buah kelapa muda langsung disajikan dengan buahnya.

Jikalau ada teman atau keluarga yang datang ke batam, pasti kami ngajaknya kesini, ada beberapa restoran seafood di kota batam dan lumayan enak juga, tetapi beda jika kita ke sini langsung, selain pemandangan yang saya sebutkan diatas, ikan yang masih fresh dari laut membuat ikan diolah apapun selalu nikmat dan enak. selain ikan dengan berbagai jenis dan pengolahannya, ada juga gonggong sejenis kerang yang menjadi khas kepulauan riau, kepiting, cumi (ini saya favorit banget :D), udang, kerang kipas, dan berbagai jenis olahan sayuran. 

7 Desember 2016

Bola-bola Tahu


Assalamu' Alaikum

Bahan :
250 gr tahu putih 
50 gr udang kupas (saya menggunakan ayam), rebus
1 tangkai daun seledri, cincang
50 gr brokoli, rebus, cincang
1 sdm unsalbutter
1/16 sdt merica bubuk
2 siung bawang putih, iris tipis, goreng, lumatkan
3 siung bawang merah, iris tipis, goreng lumatkan
25 gr tepung terigu
2 butir telur, kocok rata, ambil separuh untuk adonan, separuhnya untuk pelapis
10 butir telur puyuh
100 gr tepung panir
minyak goreng secukupnya

Cara membuat :
1. Bungkus tahu dengan serbet bersih, peras sambil diremas-remas hingga tiris, haluskan tahu dan ayam.
2. Campur rata, tahu, ayam, brokoli, bawang merah, bawang putih, tepung terigu, unsaltbutter, merica, telur, seledri. bagi 10.
3. Bulatkan adonan, isi dengan telur puyuh, gulingkan pada tepung panir, celupkan ke telur kocok, lalu gulingkan lagi dalam tepung panir.
4. simpan di kulkas, besok paginya baru digoreng terendam dengan minya di atas api sedang hingga kecoklatan, Angkat.

Lubnah Lukman

Perkadel Komplit



Assalamualaikum :)

Menuju setahun ruby saya sudah mencoba memasak dengan cemilan berupa gorengan, tapi tetap saya masih menggunakan minya zaitun khusus untuk baby saya. Ruby menjelang setahun sangat susah memakan berupa nasi kalau saya tidak sendok, itupun sendok ogah-ogahan, lebih suka dengan menggunakan tangannya sendiri, mencoba mengenalkan sendok dan garpu tapi belum maksimal, makanya kadang karbo berupa kentang dan nasi saya olah menjadi makanan yang finger food, tapi kalau mentok saya hanya masak nasi yang pulen supaya bisa dibentuk dan doi bisa mengambil dengan mengunakan tangannya sendiri.

Saya menemukan buku resep yang jadi pegangan dulu waktu mpasi zafran yaitu 'Buku Pintar, Menu Balita 30 hari : by, Wied Harry Apriadji), banyak terdapat resep yang finger food, mudah dalam bahan dan penyajian dilengkapi dengan jadwal menu dan info nutrisinya.
 
Saya mau share resep andalan untuk membuat perkadel dengan bahan dasar kali ini kentang dengan merubah sedikit sesuai persiapan bahan dikulkas :p :

Perkadel Komplit

Bahan :
125 g Ikan tenggiri (saya ganti dengan ayam), rebus, haluskan bersama kentang.
4 buah kentang, potong-potong, goreng, haluskan
50 g brokoli, potong menurut kuntum terkecil, rebus, cincang
50 g tepung terigu untuk adonan
50 gr tepung terigu untuk celupan
1 butir telur, kocok rata, ambil separuhnya, sisihkan sisanya untuk celupan
1/2 buah bawang bombai, cincang
50 g tepung panir
1 sdm unsaltbutter
minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya :
1. Tumis bawang bombai menggunakan minyak secukupnya, angkat.
2. Campur rata, ayam, kentang, brokoli, tepung terigu, telur, bawang bombai tumis dan unsaltbutter. bentuk sesuai selera (kalau saya bulat, lebih praktis)
3. Celupkan ke tepung terigu, lalu ke telur kocok, terakhir lapisi tepung panir, goreng hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Lubnah Lukman

3 Desember 2016

3 Tahun Zafran


Assalamualaikum :)

Memulai menulis tentang anak pertama saya ini sangat maju mundur haha terlalu banyak yang ingin ditulis, sampai kata pertamapun sulit saya tuliskan, terlalu banyak momen kebersamaan yang kita lakukan bersama. Teman tertawa, Teman Cerita, Teman main, bahkan, kita sering menangis bersama-sama. hampir 10 bulan dalam kandungan, dan Alhamdulillah sekarang sudah 3 tahun kebersamaan kita.

3 Tahun Zafran.

3 Tahun menjalani kehidupan dengan anak lelaki yang sangat aktif, membuat emosi naik turun, semakin hari semakin banyak tantangan dan kemauan yang selalu ia sampaikan, betul adanya jika anak adalah guru buat kita orangtua, bagaimana kita mengolah rasa kreatif dan kritis dalam cara pandang dan berfikir kita, karena anak masih berfikir tanpa batas. 1 tindakan yang dia lakukan berulang-ulang, bukan berarti kita mengantisipasi dengan 1 tindakan juga yang sama, *tarik nafas panjang-panjang :)) 1 yang harus saya jaga setiap hari, yaitu masak dan mandi diawal pagi, Insyaa Allah mood terjaga sepanjang hari (itu menjadi motto saya hehe)

Aufar Zafran Paingngi
Udah beberapa minggu ini susah sekali untuk diajak mandi pagi maupun sore, atau sekedar pipis sebelum tidur, kadang saya sama ayahnya butuh waktu 30 menit bahkan 1 jam untuk membujuk rayu anak ini untuk mau ikut mandi, sekali lagi kalau mood saya baik, kadang saya suka mengajak dia atau membujuk dengan sekedar bermain air atau membawa mobil-mobilannya untuk dicuci karena doi bilang mobilnya sudah kotor dan harus setiap hari di cuci, tapi kadang seharian kan ada beberapa kali doi harus ganti baju sampai mandi karena aktifitas dia yang membuat badan atau bajunya kotor. Dengan alasan mencuci mobil atau sekedar main air, anaknya ogah jikalau ajakan saya itu-itu lagi, aduuuuhhhhh, butuh banyak ide sepertinya saya, dan ide itu saya harus kumpulkan sehari sebelum besok, pikir lagi 'besok bikin alasan apalagi yakkk, atau dibikinkan mainan air apalagi yak!!' hahahaha kalau mentok gak ada ide saya cuman pasrah dan berkata : 'Gimana caranya supaya anak sholeh bubun bisa cepat kalau diajak ke kamar mandi??' *sambil pasang muka memelas. kalau gitu biasanya dia akan luluh. atau, 'Rasulullah tuh kalau disuruh mandi sama ibunya langsung dilaksanakan nak, karena rasul anak sholeh, kan idola kamu rasulullah!' tapi kalau itu juga gak mempan. saya tinggalin. dan langsung masuk kamar sambil baca buku kesukaannya, dengan volume keras-keras biasanya langsung masuk dan bilang mau ke kamar mandi. Tapi biasa juga nolak. dan kembali cari ide lagi. hahahhaha Ada yang ngalamin gak?? *kalau ada minta ide ceritanya doung supaya saya punya banyak alasan untuk ngajakin doinya cepet masuk kamar mandi. :))