7 Desember 2016

Perkadel Komplit



Assalamualaikum :)

Menuju setahun ruby saya sudah mencoba memasak dengan cemilan berupa gorengan, tapi tetap saya masih menggunakan minya zaitun khusus untuk baby saya. Ruby menjelang setahun sangat susah memakan berupa nasi kalau saya tidak sendok, itupun sendok ogah-ogahan, lebih suka dengan menggunakan tangannya sendiri, mencoba mengenalkan sendok dan garpu tapi belum maksimal, makanya kadang karbo berupa kentang dan nasi saya olah menjadi makanan yang finger food, tapi kalau mentok saya hanya masak nasi yang pulen supaya bisa dibentuk dan doi bisa mengambil dengan mengunakan tangannya sendiri.

Saya menemukan buku resep yang jadi pegangan dulu waktu mpasi zafran yaitu 'Buku Pintar, Menu Balita 30 hari : by, Wied Harry Apriadji), banyak terdapat resep yang finger food, mudah dalam bahan dan penyajian dilengkapi dengan jadwal menu dan info nutrisinya.
 
Saya mau share resep andalan untuk membuat perkadel dengan bahan dasar kali ini kentang dengan merubah sedikit sesuai persiapan bahan dikulkas :p :

Perkadel Komplit

Bahan :
125 g Ikan tenggiri (saya ganti dengan ayam), rebus, haluskan bersama kentang.
4 buah kentang, potong-potong, goreng, haluskan
50 g brokoli, potong menurut kuntum terkecil, rebus, cincang
50 g tepung terigu untuk adonan
50 gr tepung terigu untuk celupan
1 butir telur, kocok rata, ambil separuhnya, sisihkan sisanya untuk celupan
1/2 buah bawang bombai, cincang
50 g tepung panir
1 sdm unsaltbutter
minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya :
1. Tumis bawang bombai menggunakan minyak secukupnya, angkat.
2. Campur rata, ayam, kentang, brokoli, tepung terigu, telur, bawang bombai tumis dan unsaltbutter. bentuk sesuai selera (kalau saya bulat, lebih praktis)
3. Celupkan ke tepung terigu, lalu ke telur kocok, terakhir lapisi tepung panir, goreng hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Lubnah Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar