12 Januari 2017

Singapore Zoo


Assalamualaikum :)

Rencana ke singapore zoo sebenarnya dihari jumat, tapi karena kita lama di imigrasi, antrian yang puanjang kaleee, ditambah suami yang ada kerjaan dikit di singapur makanya saat itu kita putar rencana, kesini dihari kedua saja yang alhamdulillah kesini memang rencana menginap. 

Jam 7 pagi teng kita udah siap semuanya, keluar hotel dan langsung chekout tapi untuk tas bagasi kita dititip dihotel dulu. Jam 7 waktu sana masih dengan suasana yang masih pagi, udara yang masih sejuk dan matahari yang belum kelihatan. Memilih hotel dekat kemana-mana termasuk banyaknya makanan halal memang menjadi pilihan wajib memilih hotel didaerah sekitar mesjid sultan atau daerah kampung glam. keluar hotel kita hanya berjalan beberapa meter sudah berada di cafe kampoeng glam yang terkenal dengan historynya membuat penasaran mau sarapan disitu. dan ternyata memang enakkkkkk, murah dan tentunya halal yah :) jalan sedikit lagi kita menemukan mesjid sulthan hanya melihat dari luar rencana awal kita kesini di hari jumat setelah balik dari singapore zoo, sekalian sholat ashar tetapi rencana hanya tinggal rencana kita kesini jam 8 pagi, dimana mesjid masih tertutup dan aktifitas sekitar juga yang belum pada ramai, toko-toko jualan pernak pernik unik juga masih pada tutup, tapi tidak meninggalkan suasana yang hangat dan unik disetiap bangunannya.

Ke Singapore Zoo kita memilih memakai Taksi Grab, mengefisienkan waktu dan tenaga anak-anak khususnya dan memang lebih murah sih ketimbang kita memilih naik MRT + bus. kira-kira 30 menit perjalanan sudah sampai ke gerbang Singapore Zoo. karena memang kita sudah memiliki tiket  yang saya beli dibatam, yang lebih murah dan tidak antri tentunya plus tiket tersebut sudah termasuk dengan biaya tram. Karena ternyata ada tiket yang tidak include dengan tram yang jikalau mau naik tram biayanya $5/dewasa dan $3 untuk anak kecil. Oh ia, saya membeli tiket Singapore zoo itu Rp. 270.000 yang kira-kira jika dikurskan menjadi $29 yang jika beli ditempat $33 itupun belum termasuk biaya tram,  dan untuk anak-anak dibawah 4 tahun belum dikenakan biaya. :)

Karena hari sabtu, banyak orang yang kesini, tapi tidak membuat kita berdesakan lokasi yang sangat besar, tinggal pilih lokasi mana dulu yang kita kunjungi, dan dimudahkan dengan peta singapore zoo yang dibagikan tiap menukar tiket kita. Ohh ia bagi ada yang mau menitipkan barangnya atau menyewa stroller ada kok tempat penyewaan didalam arena kebun binatang ini, stan maupun restoran makanan dan minuman juga ada dimana-mana, dan yang paling penting untuk minuman kemasan ulang juga ada dimana-mana tinggal menyediakan botol kosong, air minum siap dieksekusi hehehe.


Beberapa tips untuk bepergian di Singapore Zoo ini ala bubunnya zafruby :

1. Usahakan kondisi anak-anak dan orangtua dalam keadaan yang sangat baik, karena kawasan yang sangat luas dan jika tidak dinikmati dengan jalan kaki, sangat disayangkan, apalagi tidak melihat seluruh binatang-binatangnya.

2. Usahakan pakaian yang menyerap keringat karena cuaca di singapore sangat panas, alas kaki berupa sandal ataupun sepatu juga usahakan yang sangat nyaman untuk berjalan kaki.

3. Usahakan datang sepagi mungkin, udara yang masih sejuk dan setidaknya jika telah selesai mengelilingi semua lokasinya tidak terlalu kesiangan. Jam Buka Singapore Zoo pukul 08.30 wita. Kami kira-kira hampir 6 jam mengililingi kebun binatang ini,dan sangat bersyukur kami tidak kesini dihari pertama yang kondisi anak-anak sudah cukup capek.

4. Karena penyewaan stroller berbentuk seperti mobil bak, yang hanya anak-anak usia 3 tahun keatas yang bisa anteng duduk disitu, jadi jika kamu puya baby 2 tahun kebawah usahakan bawa stroller sendiri. Saya tidak merekomendasikan mengelilingi kebun binatang ini dengan menggendong. Capekkkk cyyyynnnnn hehehhe

5. Membawa botol air minum yang bisa diisi ulang, plus makanan cemilan untuk anak-anak dan jika kamu mempunya baby usahakan bawa makanan beratnya karena stan makanan disana banyak tapi mahal, dan tentunya tidak ada jaminan kehalalannya. Karena kami suah sarapan berat diwaktu pagi, jadi untuk makan siang, kita tunda sampai selesai sekitaran jam 3 sore kita ke harbourfront untuk nyari makan siang sekaligus siap-siap balik ke batam.

6. Siapkan seluruh perlengkapan anak-anak, termasuk popok, makanan, minuman, baju ganti, mainan jika masih baby. Jangan sampai waktumu habis untuk mencari perlengkapan anak-anak yang memang seperti popok gak ada saya lihat yang jual, baju sih ada tapi harganya bisa menjadi 3 kali lipat.

7. Untuk baterei hp dan kamera usahakan full atau sediakan powerbank, memori hp ataupun bateri kosong karena banyak objek maupun spot yang kece untuk difoto :p

8. Jikalau mau menaiki tram usahakan lihat tiket kalian karena ada tiket yang sudah termasuk biaya tram dan itu gratis berapakalipun kalian naik, beda jika tidak termasuk maka setiap kali naik tram kalian dikenakan biaya $5/dewasa dan $3/anak kecil.

Alhamdulillah, anak-anak senang termasuk zafran anak pertama saya, jika ditanya : 'Kak capek tidak?" dia menjawab : "tidak atau belum bund" "gimana zaf?" diapun menjawab :"lanjuuuuuutttt!!!" hahahaha. Tidak terasa hampir 6 jam kami kelilingi Singapore Zoo ini, kalau bukan waktu sholat yang mengingat kami, berangkali bisa sampai sorean kita disini.

Satu yang saya maknai disetiap perjalanan/liburan kami, ada sisi edukasinya, zaf yang biasanya hanya lihat binatang di buku-buku, sekarang bisa lihat langsung, betapa senangnya saat dia melihat jerapah, zebra, harimau, gajah dan masih banyak lagi. Menguatkan fisik karena kita hanya berjalan kaki, semakin menguatkan bonding antar kami anak-orangtua, saling membantu, mengolah naik turunnya emosi dan tentunya bisa menjadi bahan cerita buat anak-anak dan buat kami kelak jika mereka dewasa.

Sekitaran hotel yang enak banget suasananya :)

Sarapan berat :D

Kampong Glam Cafe

Menuju Mesjid Sulthan

Sambil nunggu taksi Grab kita foto-foto dipelataran mesjid sultan


Tiket Singapore zoo

Peta Singapore Zoo yang sangat membantu :)

2 lelaki lagi lihat harimau putih :)


Lagi nunggu pertunjukan gajah



Tram yang kita naikin









Lubnah Lukman
Seorang Ibu yang rindu backpackeran hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar