16 Juli 2017

Tahapan menjadi Bunda Produktif #NHW7


Assalamualaikum :)

Bunda produktif adalah bunda yang senantiasa menjalani proses untuk menemukan dirinya, menemukan “MISI PENCIPTAAN” dirinya di muka bumi ini, dengan cara menjalankan aktivitas yang membuat matanya “berbinar-binar” (Septi Peni Wulandani).

Bukan berarti saya selalu mengumpulkan NHW dipenghujung waktu saya tidak 'berbinar-binar' mengerjakannya, malah saking berbinarnya disetiap munculnya NHW saya selalu membuat schedule untuk mengerjakannya, dari malam pertama sampai malam terakhir itu berada di malam minggu atau malam senin. Jujur untuk mengerjakan setiap NHW harus menggunakan tingkat fokus yang tinggi, dimana saya bisa mendapatkannya jika waktu malam, anak-anak yang sudah tidur, kecuali suami saya menarik untuk menemani saya selalu, setidaknya bisa sambil ngajakin diskusi dan tidak membuat malam terlalu sunyi :)) Dan memang target pegang laptop untuk ngerjaiin NHW hanya sejam itupun disambi dengan panggilan nenen ruby dari kamar.

Nah untuk NHW kali ini lebih aplikatif dan tepat sasaran karena kita menggunakan aplikasi dari Abah Rama 'Talents Mapping'  tes ST-30 (Strenght typology) di www.temubakat.com saya butuh hampir 5 kali atau lebih untuk mengulangi aplikasi ini, penasaran dan bahkan speechless dengan hasilnya yang memang dari awal sampai saya yakin ini hasil sesungguhnya tak jauh berbeda. Ternyata untuk menemukan passion atau bakat kita bukan hanya kita mengetahui diri kita secara pribadi tapi lebih menemukan bakat kita secara kebermanfaatan kita kepada lingkungan kita, dan ini memang menjadi misi Bunda Produktif.

Dan untuk hasil dari tes ST-30 saya adalah :



 


Dan Bukan Hanya kekuatan saja yang ditemukan dalam tes ST-30 ini tetapi ada kelemahan, dan itu bisa jadi kekuatan jika kita bisa mengolah kekurangan itu dengan cara TIDAK terlalu fokus dengan kelemahan kita, bisa didelegasikan, atau bisa mencari partner untuk menunjang produktifitas kita. Inti yang disampaikan dari tes ST-30 ini adalah 'FOKUS PADA KEKUATAN DAN SIASATI KETERBATASAN'

Nah dari tes ST-30 saya menemukan kelemahan saya salah satunya kurang teliti dan hati-hati amaknya saya memang cenderung selalu menjadi petarung dibanding mengurusi yang berbau angka yang harus dipenuhi dengan sifat ketelitian.


Setelah mengemati kekuatan dan kelemahan saya, saya membuat kuadran dari berbagai aktifitas kuadran 1 (Suka dan bisa), kuadran 2 (suka dan tidak bisa, kuadran 3 (tidak suka dan bisa) dan kuadran 4 (tidak suka dan tidak bisa). (bisa dilihat ditabel bawah) Merunut dari NHW saya dari 1 sampai 6 maka aktifitas yang saya harus memiliki tingkat fokus yang tinggi adalah tabel yang saya beri warna bold biru kuadran 1 dan kuadran 2, untuk kuadran 3 (yang kebanyakan urusan domestik) saya Insya Allah delegasikan, agar waktu saya fokuskan untuk mencapai milestone yang saya inginkan. Amin
 

Lubnah Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar