13 Agustus 2017

Manage Your Team #NHW11

Foto Kopdar ke 3 IIP Batam

_Nice Homework #11_

_Matrikulasi IIP batch#4_

*MANAGE YOUR TEAM*

Setelah kita belajar bagaimana mengelola komunitas, maka sekarang saatnya teman-teman praktek membuat team untuk masing-masing kota, dengan cara sbb:
Lihatlah peran yang cocok pada diri anda saat ini kemudian buatlah satu judul sesuai peran anda
Misal:
"Andaikata aku menjadi KOORDINATOR IIP KOTA....."
"Andaikata aku menjadi KETUA RUMBEL IIP KOTA....."
dll.

b. Diskusikan dengan yang lain struktur organisasi dan bentuk kegiatan semacam apa yang cocok dg kondisi sumber daya manusia dan sumber daya alam yg ada di sekitar kita saat ini.

c. Apabila dalam grup ini peserta dari kota anda lebih dari satu, berdiskusilah. Apabila anda hanya sendiri di grup ini, diskusikan dengan teman satu kota anda yg satu _chemistry_ dengan anda di luar grup ini.

Andaikata tidak ada keduanya, anda sendiripun cukup.
Selamat memanage dan merencanakan pola kerja tim anda di setiap kota.
*_If you can manage your self, you can manage your team_*

Salam Ibu Profesional,
/Septi Peni/


Berawal untuk menjalin silaturrahmi dengan IIP Batam saya sangat semangat untuk datang ke kopdar IIP Batam yang ketiga di Mesjid Raya Batam, saya dapat teman dan ini komunitas yang didalamnya saya yakin ada banyak ibu-ibu pembelajar, senaaaaangggnya sayaaaaa! Lebay! bagi kalian bisa jadi, tapi untuk saya yang tinggal di batam hampir 4 tahun lamanya tanpa ada terjalin ikatan selain beberapa teman (bisa diitung jari +gak sampai sepuluh + gak deket banget + jarang ngobrol intim tentang pengasuhan anak) ini sangat bahagia sekali, apalagi saya tipikal suka berteman, suka berorganisasi, suka dengan mencoba segala sesuatu.

Bertemu dan berbincang banyak tentang awal IIP terbentuk sampai berbicara tentang program kerja kedepan, padahal saya saat itu belum lulus Matrikulasi Batch 4 tapi dipilih dan mengiyakan menjadi PJ Rumbel (Rumah Belajar) Menulis. Entah saya juga spontan untuk menerima amanah itu, menulis blog memang semenjak 2008 sampai sekarang tapi belum mahir untuk menulis serius atau sekedar opini, pernah mencoba tapi ujung-ujungnya juga curhat. Pernah ikut pelatihan penulisan bersama Raditya Dika di Makassar, salah satu yang saya ingat yaitu : Menulis saja entah dimana dan memakai media apapun, jikalau idenya kosong, yah tulis saja tentang kosong, misalnya : kosong adalah, bla, bla dan bla, ujung-ujungnya nanti akan ngalir tanpa kamu sadari itu sudah menjadi sebuah kalimat,vparagraf ataupun bisa menjadi tulisan ilmiah yang berawal dari gak punya ide tapi karena berani mencoba hasilnya kamu bisa lihat sendiri. Nah ini yang mendasari saya menerima PJ Rumbel Menulis ini, saya memang belum mahir tapi saya suka menulis, dan siapa tau karena saya Penanggung Jawab dari rumbel ini saya ada semangat untuk menaikkan level tulisan saya dari sekedar curhat menjadi karya sebuah ilmiah yang dibukukan. Amin Yaa Allah.

Berbicara tentang progam PJ Rumbel Menulis hanya 2, sedikit tapi Insya Allah berbobot:

1. Arisan Buku

Metode Arisan Buku ini berbeda dengan Arisan-arisan buku yang dijual oleh bookadvisor, saya jelaskan secara umumnya yah, Setiap peserta (IIP Batam) yang mengikuti arisan ini mewajibkan untuk setiap bulannya membaca 1 atau lebih buku dan mereview di blog masing-masing, pemenangnya adalah yang paling banyak membaca buku dan mereview di blog masing-masing, dan hadiahnya bisa memilih buku apa yang dia inginkan didapat dari urunan para peserta, dan blog beserta tulisannya bisa muat di blog IIP Batam. (teknisnya nanti leih detail ke pengurus IIP Batam)
Tujuan dari program ini adalah melatih/menantang membiasakan diri untuk terus membaca dan melatih tangan kita untuk terampil menulis, saya percaya ala bisa karena biasa.

2. Mengaktifkan Website IIP BATAM (www.ibuprofesionalbatam.blogspot.com dan dekat-dekat hari ini akan menjadi www.ibuprofesionalbatam.com)

Nah blog ini selain jadi media review dari tulisan teman-teman yang menjadi pemenang Arisan buku tiap bulannya, blog IIP Batam akan menjadi salah satu informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan baik IIP Batam, kota lain atau IIP Pusat, terutama tulisan-tulisan Ibu Septi yang sangan menginspirasi.

Dan untuk program yang lain sebenarnya banyak sekali yang menarik, tapi saya mencoba 2 ini dulu, meningkatkan semangat membaca dan menulis buat saya sendiri dan teman-teman IIP Batam. Jika sudah mantap kita akan mengadakan workshop-workshop penulisan yang pesertanya kita dulu atau mendatangkan pakar penulis untuk sekedar sharing ilmu. Insyaa Allah.

Lubnah Lukman

2 komentar: