7 September 2017

Bazaar Syari'ah Khazanah Plaza dalam membangun peradaban ekonomi Batam



Assalamualaikum Wr. Wb.


Ekonomi batam sekarang memang mengalami kemunduran, yang katanyanya hanya 2 persen untuk tahun ini dibanding tahun sebelumnya. saya sebagai penduduk yang udah hampir 4 tahun di batam memang merasakan betul awal kami tinggal di batam dan sampai sekarang, wajah batam sangat banyak berubah, apalagi suami kerja yang berhubungan langsung dengan banyaknya perusahaan galangan kapal. Sampai sejauh ini ada kira-kira 150an galangan kapal yang tutup di batam, ini membuktikan ekonomi di batam sangat lesu apalagi dampak akibat banyaknya perusahaan-perusahaan khususnya kapal membuat banyaknya pengangguran yang harus banting stir untuk tetap bertahan hidup.

Nah, Menariknya kondisi perekonomian yang makin lesu sementara didekat rumah saya, ada sejenis market place yang memiliki konsep yang lain dari pada yang lain dan hanya satu-satunya di batam, Yaitu Khazanah Plaza. Berlokasi di Jalan Jend. Sudirman, Berdekatan dengan Komp. Bukit Indah Sukajadi dan Mesjid tentunya, Dan ada sekolah tahfidz yang bernama Baitul Hikmah. Khazanah ini memiliki tempat yang sangat strategis, berada dijalan protocol dan dikelilingi dengan tempat rutinitas masyarakat, yah itu tadi, ada masjid, kompleks perumahan, gedung perkantoran dan sekolah.

Ketika saya tinggal di Kompleks ini, saya sudah tertarik dengan konsep khazanah plaza ini, supermarket nya yang nyaman dan pelayanan yang sopan, sekedar info pegawai yang perempuan semuanya memakai jilbab, dan ketika setiap azan sholat mereka berhenti beberapa waktu untuk sholat berjamaah, dan Insyaa Allah barang-barang yang mereka jual-belikan adalah barang halal, termasuk rokok dan minuman alkhohol tidak disediakan dikhazanah ini. Menarikkan, Bukan hanya supermarket yang menjual bahan baku, ada juga menjual busana muslim dan muslimah, anak-anakpun tak ketinggalan.

Dan pada pertengahan September nanti Khazanah plaza akan membuat Bazar Syari’ah dan Pesta Kuliner Nusantara. Menurut General Manager Khazanah Plaza Bapak Muhammad Fajri Nasution yang kebetulan kita sempat bincang-bincang dengan beliau pada akhir bulan agustus lalu di cafe tea box yang terletak juga di kawasan khazanah plaza, Salah satu tujuan yang paling mendasar adalah bagaimana meningkatkan ekonomi batam lewat jalur perdagangan, dengan ini khazanah plaza lebih mensyiarkan kepada khusunya warga batam tentang ekonomi berbasis syariah, yang didalamnya ada nilai khazanah (nilai-nilai kebaikan) dan trust-ability (Kepercayaan dan kejujuran) dari masing-masing pihak. Biarpun ini mengacu ke konsep syariah, tapi bazar ini terbuka untuk umum, tapi tetap ada batasan-batasanya yang harus dijaga seperti tidak menjual yang mengandung babi, minuman yang diharamkan seperti alkhohol dan yang lainnya, dan itu akan dibicarakan tekniksnya oleh tim Khazanah plaza dengan peserta-peserta yang ingin mengikuti bazar.


Alasan keduanya adalah, memupuk jiwa-jiwa kewirausahaan khususnya untuk anak-anak muda yang baru merintis usaha, ini sangat cocok untuk pemula, tidak memerlukan modal yang besar hanya membayar Rp. 300.000 itu sudah masuk dalam fasilitas Gratis Sewa Tempat plus tendanya, Gratis Deposit, Gratis Servic Charge, Gratis Bayar Listrik, tidak ada biaya kebersihan dan kemanan dan tak ada target penjualan.
Bukan hanya sistem penjualannya yang sangat menarik tapi ada Award bagi tiap tenant yang terlibat dalam bazaar ini, karena pelaksana hanya menyiapkan tempat dan tenda, maka tiap tenant dituntut bagaimana membuat tempatnya  semenarik mungkin agar banyak dikunjungi banyak pembeli dan mendapat beberapa award yang disiapkan oleh pelaksana seperti terkereatif, terbanyak transaksinya, terbersih.  

Dan juga karena kondisi cuaca batam lagi tidak stabil-stabilnya, maka diharapkan untuk mempersiapkan segala kemungkinan untuk mengantisipasi jika cuaca tidak bersahabat. 

Menarikkan? Jika di jakarta ada Youth Muslim Market yang dikelola anak-anak muda dengan menerapkan ekonomi syari’ah. Di batam ada juga loh!! Mau terlibat dalam membangun peradaban salah satunya tentang pengembangan ekonomi syariah, Daftar langsung di kontak person flyer diatas.

Lubnah Lukman



3 komentar:

  1. aku mlah belum pernah belanja di sini lho kak

    BalasHapus
  2. Semoga bazarnya berjalan lancar dan ekonomi Batam terus tumbuh....

    BalasHapus
  3. Khazanah group memang dari dulu berusaha untuk memanjakan pelanggan namun sesuai syariah.

    BalasHapus