24 November 2017

Aliran Rasa Komunikasi Produktif


Assalamualaikum...

Masuk ke Materi pertama tentang komunikasi produktif ini adalah bahasan pertama yang memang menjadi salah satu dasar kita untuk bahagia dan santai menjalani hari-hari apalagi itu hubungannya sama keluarga khususnya sama anak-anak yang tiap saat tiap waktu kita bertemu. Komunikasi produktifpun bukan hanya kepada ke keluarga tapi bagaimana juga kita membawa itu ke ranah lingkungan sekitar kita. Dan tentunya awal anak belajar bagaimana berkomunikasi produktif itu yah salah satu yang paling utamanya adalah dari orangtua, menjadi tauladan anak. Susah kan, Banget, dan ternyata Komunikasi Produktif ada ilmunya.

Memilih Zafran anak pertama saya untuk menjalani game level satu ini karena memang saya selalu bersama zaf, sayapun juga mau belajar bagaimana cara berkomunikasi sama zaf terutama yang lebih produktif dan efektif tanpa ada marah-marah karena fitrah orangtua itu kan sering memberikan 'ceramah' kepada anaknya, nah dengan belajar berkomunikasi produktif bisa membuat model 'ceramah' yang terkesan menggurui kepada anak tidak merasa seperti itu, tapi lebih ngobrol terbuka mengutarakan maksudnya supaya masing-masing mengetahui apa yang diinginkan tanpa ada rasa canggung, malu atau takut mengutarakan perasaan karena gak merasa nyaman dengan kita sebagai Orangtua.

23 November 2017

Teruntuk Zaf-Ruby



 Assalamualaikum,

Sebelum saya menulis panjang lebar,
tulisan ini saya persembahkan buat anak-anakku Zafran-Ruby
dan Mbak Juli  yang minggu ke-3 namanya naik di Arisan Rulis IIP Batam
dan beliau mengangkat tema tulisan : 'Ungkapan Hati untuk Sibuah Hati'


Bismillah...
Awalnya saya persembahkan untuk anakku zafran, hampir 4 tahun lamanya anak ini mengajarkan saya banyak hal, dia sebenarnya menjadi guru bagi saya bukan sebaliknya. Merubah status saya yang sebelumnya sebagai Istri menjadi seorang Ibu, Zaf yang pertama menikmati semuanya dan zaf yang menjadi 'percobaan' segala ilmu parenting yang saya dapat entah dari buku, dari Internet atau personal yang saya dapat. Maafkan Bubun sayang....

1 tahun 4 bulan sendiri bersama, bubun hamil Ruby, 2 tahun pas kamu sudah memiliki adik. Selama hamil, berangkali bubun memang selalu ekstra menghadapi kehamilan dan kamu juga dimasa lincah-lincahnya, tapi masuk ke usia kehamilan 9 bulan, perasaan was-was timbul, awalnya bubun gak tau kenapa, entah kehamilan, entah rindu sama ayahmu karena menjelang lahiran kita di makassar dan ayah di batam, atau bubun belum siap untuk menerima SC kembali ketika bubun rencananya mau VBAC tapi gagal. Ketika hari SC tiba, bubun meninggalkanmu dirumah ditemani dengan tante tima karena waktunya masuk Rumah sakit untuk menjalani SC, perasaan ini masih terbawa, gundah gulana, sholat juga selesai, Ayahmu bentar lagi sampai perjalanan batam-makassar, apalagi yang bubun risaukan. Hening. Bingung. Dan Rindu sama kamu anakku. 2 tahun bersama saat itu tapi tak pernah meninggalkanmu dalam jangka waktu yang lama apalagi meninggalkanmu dalam kondisi kita berpisah dan tidak menemani zaf tidur. 

19 November 2017

Me Time Perjuangan


Assalamualaikum...

Berbicara tentang me time bisa jadi saya berbicara bagaimana kemerdekaan bisa diraih, hahaha, segitunya yah. Seperti memperjuangan hak kita. Tapi sebenarnya lebih memperjuangkan nasib anak-anak sih, mereka berhak mendapatkan seorang ibu yang 'waras' mengahadapi mereka-mereka seharian. Dan dari sini, otomatis waktu yang sendiri itu diluar waktu sama suami terlebih anak-anak. pada saat mereka tidur dan otomatis di malam hari, karena tidur siang, saya harus juga tidur siang, berakibat ruby jika siang nenennya gak mau lepas, dan ketika lepas yang prediksinya saya akan menyelesaikan urusan domestik ata sekedar buka laptop. Tapi 5 menit kemudia pasti menangis, dan saya kembali ke kamar dan memenuhi hak dari ruby hehehe dari situ mending saya ikutan tidur siang bersama anak-anak, maka ketika itu malam saya tidak ngantuk lagi.

Zaf dan Ruby itu tidur malam jam 7an atau paling lambat jam 8. dan kami saya dan suami ikutan tidur hahah, dan terbangun di jam 1 atau 2 dini hari. Nah biasanya kita gak tertidur lagi sampai pagi. selama itu saya bisa banyak menyelesaikan kegiatan saya, entah menulis, desain, baca buku, mengangendakan kegiatananak-anak di pagi harinya, mempersiapkan makanan, atau hanya sekedar online di hp sambil membacara WAG, karena butuh waktu juga baca chat dari banyaknya WAG yang seharian saya gak gubris, biasa digubris kalau grup penting dan urgent.

Dan alhamdulillah selama jam tidur demikian, saya sangat terbantu menyambut anak-anak pagi dengan perasaan segar, bukan karena saya baru bangun tidur, tapi saya baru mengeluarkan emosi negatif saya lewat kegiatan entah menambah pengetahuannya saya tentang hal passion. Dan menyambut mereka dengan energi yang baru. Nah setelah menuju jam 10 itu anak-anak udah siap mau tidur siang karena udah ngantuk bangun pagi yang jam 04.30 atau paling lambat jam 05.00.

Insya Allah dalam mengatu waktu, kita sudah mengetahui mana yang jadi waktu prioritas dengan anak-anak, suami, diri sendiri dan terhadap-Nya. Karena jujur udah 4 tahun berurusan dibidang domestik, jika tidak diasah untuk mengatur waktu, kita sendiri yang keteteran berakibat fatal yang buruknya ke diri sendiri, terutama ke anak-anak.

Tulisan ini untuk Mbak Ovi 
Yang sudah mengingatkan saya untuk memperoleh waktu Me Time Butuh perjuangan yang maksimal.

Lubnah Lukman
Seorang Bubun dengan Me time di tengah malam

14 November 2017

Suntik Vaksin untuk Zaf #tantangan10hari #level1 #hari13

Menyayangkan gak foto zaf waktu disuntik, terlalu asyik cerita dengan petugas :(

Assalamualaikum semuanya :*

Zaf sangat anti namanya Rumah Sakit termasuk mengunjungi dokter, barangkali diusia dulu genap 2 tahun sempat dirawat jadi masih trauma dengan kondisi demikian. Jadi kalau tetiba sakit dan harus dibawah periksa ke dokter, zafnya agak tantrum. Kecuali kalau imunisasi, sebelum hari H, seminggu atau  2 minggu sebelumnya saya pasti sounding ke zaf akhirnya zafnya pasrah aja, heheh

Insyaa Allah di penghujung akhir November jika lancar kita akan melakukan perjalanan jauh, makanya untuk itu ada persyaratan yang harus dilakukan untuk lancarnya perjalanan kami, Yaitu setiap anggota diatas usianya 2 tahun yang melakukan perjalanan tertentu harus melakukan vaksin yang ditentukan.

Nah, zaf udah lama gak diimunisasi beda pada waktu di bawah 3 tahun yang ada jadwal rutinnya, dan sangat jarang bahkan gak pernah zaf di vaksin diarea lengan, kebanyakan di area paha. dari pengalaman keberangkatan saya beberapa tahun lalu, vaksin itu dilakukan di lengan, makanya dari 2 minggu yang lalu saya sudah lakukan pendekatan personal ngebahas tentang vaksin. Awalnya nolak tapi Alhamdulillah berhasil hehehe

- Zaf untuk melakukan perjalanan ini kita harus vaksin anakku.
+ Vaksin apa itu bund?
- Seperti Imunisasi sayang.
+ Ahhhhhh.. gak mau bund, sakittttt
- Memang sakit nak, tapi tahan yah.
+ Gak mauuuuu!! (Nangis dengan berlinang air mata)
- Kan zaf anak yang kuat.
+ Gak Mauuuuu!!!

13 November 2017

Sepedaku bukan sepedamu #tantangan10hari #level1 #hari12


Assalamualaikum

Saya memang sudah mengkhawatirkan dengan apa yan terjadi jika ruby dibelikan sepeda hahaha, pasti yang pakai bukan rubynya tapi kakaknya yang menguasi semua mainan di rumah, padahal saya sudah memberikan kontainer sendiri untuk ruby dengan memisahkan kontainer ditambah dengan menulis nama masing-masing di kontainer itu bisa menjadi alat pemisah, barangku barangku, barangmu bukan barangku, hahah tapi bagi anak-anak balita yang masih memiliki sikap egosentris, maka sabar-sabarlah untuk memberikan penjelasan hahah

Dan terbukti, sepeda yang memang dari dulu saya tahan beli untu ruby, akhirnya ke beli, dengan niat setiap berjalan di kompleks rubynya jika capek gak minta digendong lagi. Tapi entah zaf sekarang tidak menaiki sepedanya malah menaiki sepeda adeknya.

- Zaf udah minta ijin gak sama adeknya.
+ (tetiba langsung ke ruby) bi boleh ijin pake sepeda, boleh?
= boleh kak. (dengan nada terpaksa)
- itu boleh bund, lagian ruby belum sampe juga bund, belum bisa dikayuh sepedanya.

memang yang dikatakan zaf memang benar sih, tapi kadang ruby selalu mengiyakan kalau zafnya minta ijin, tapi setelah kakaknya mengambil apapun yang ada ditangannya selalu menangis hehehe, yah berangkali ruby belum mengerti makna minta ijin itu apa, makanya setiap kakaknya berbicara 'boleh' dianya juga ikutan bilang 'boleh' hahaha

12 November 2017

Sabtu Bersama Ayah #tantangan10 hari #level1 #hari11


Assalamualaikum

Hampir 3 minggu lamanya tiap hari saya dan ayahnya selalu mengajak dia untuk supaya zafnya mau dicukur. Pendek cerita diusia zaf desember nanti dia akan berusia 4 tahun, selama itu yang mencukur itu hanya ayahnya. Gak ada acarapergi ke salon, Zaf dan Ruby hairstyle nya adalah ayahnya heheh
  
Suami sadar menunjukkan rasa sayang pada buah hati bukan melulu hanya membelikankannya mainan mahal, mengajak berwisata ke tempat distinasi fantastis, atau mengajak makan ke restoran berkelas. Dan betul uang ayah bisa menjadi fasilitas yang membuat mereka gembira. tapi ada satu fasilitas yg tak ternilai, apalagi klo sentuhan kasih sayang sang ayah. mereka butuh dipeluk, dicium, diberi sentuhan lembut yg datang dari hati, yg kelak masuk ke alam bawah sadarnya, dan akan melembutkan jiwanya. jadi, pilihan mencukur buah hati diakhir pekan ini bukan pilihan yg salah kan?? anti ngantriiiii dan dan pastinya priceless moment yg bakalan mereka ingat selalu.

Tapi yah gitu, modelnya hanya satu kalau bukan botak yah botak banget alias gundul hehehe, dan pagi ini setelah 3 minggu akhirnya mau di potong bukan dicukur.

+ Ayah potong saja ayah, bukan dicukur
- Potong pake apa? Nah ini ada alatnya, dak sakitji tapi geli!
+ Cepat-cepat saj ayah nanti geli.
- Ia

Dengan sigap ayahnya melakukan dengan cepat takut anaknya berubah fikiran, di botakkan saja supaya butuh waktu lama untuk tumbuh lagi, karena kalau sudah memanjang lagi kami butuh banyak waktu untuk membujuk dia kembali mau dicukur hehehe 

Lubnah Lukman 

11 November 2017

Sabtu yang Menantang #Tantangan10hari #level1 #hari10


Assalamualaikum

2 hari yang lalu zaf selalu terbangun dalam kondisi yang tidak mengenakkan, kondisi yang sedang BAB dalam kondisi cair, karena dalam kondisi tidur zafnya sudah tidak bisa menahan dan kaget. Tapi hari ini, sabtu ini alhamdulillah gak sama sekali. Karena saya punya sahabat datang ke batam, dan hari ini sudh mau kembali beraktifitas di kupang, kamipun mengantarkan ke bandara. Zafpun semangat, sebelum jam 7 pagi sudah siap untuk keluar rumah dalam kondisi yang belum mandi pagi.

Setelah mengantar, kita menuju tempat makan untuk sarapan, dalam kondisi dijalan zaf yang memang selalu duduk didepan yang biasanya dia duduk menyandar ini duduk di pinggir tempat duduk yang membuat ayahnya gak bisa melihat kaca spion, terganggu pasti, berulang kali suami dan saya untuk minta tolong untuk kakak zaf mundur duduk dengan cara menyandar, tapi selalu gagal, sampai saya mengusul ke suami, Yah udah kalau gak mau berhentiin dulu ay ke pinggir jalan. tapi ayahnya berusaha untuk membujuk dan berhasil ketika udah mau nyampe lokasi, hahahaha

Setelah memesan makanan, raut muka zaf udah berbeda, aku biasa tau klau sudah gini nih ada yang beres, biasanya ketika datang makanannya langsung lahap aja, ini alasannya bilan masih panas dan lain sebagainya, beberapa detik kemudian langsung berkata, 'Bund, zaf mau berakkk!' tuhh kan benar dugaanku, seketika ayahnya yang baru menyuap satu sendok nasi tetiba refleks menggendong zaf masuk ke kamar mandi, karena dikhawatirkan BABnya cair dan gak bisa menahan.

Setelah pup langsung deh lahap lagi, tapi kondisi perut masih sakit, setelah itu kita masih banyak tujuan, tapi baru ditujuan pertama zafnya pup dimobil huuuaaaaa hahaha, langsung belok ke arah rumah dalam kondisi bau mobil yang sumringah hahah

10 November 2017

Piknik dadakan di pantai bale-bale


Assalamualaikum

Kedua kalinya kami pergi ke pantai bale-bale kali ini bukan hanya berempat tapi beramai-ramai dan itu menyenangkan banget dan ini sebenarnya kita rencanakan dan sempat gagal, tapi tiba-tiba diadakan di penghujung waktu weekend hehehe. Pengalaman pertama seakan jauh karena kita tak mengetahui lokasi tepatnya dimana, tapi untuk kedua kalinya serasa dekat karena suami tau persis lokasinya disebelah lapangan yang memang memang tiap sabtu ia datangi untuk sekedar olahraga.

Yah, dari Batam center tepatnya simpang kepri kita hanya membutuhkan waktu kira-kira 20 menit untuk sampai di lokasi pantai, lokasinya di Nongsa. Kamu akan menemukan plang Pantai bale-bale dan disisi kirinya ada gerbang bertuliskan Kampung Tua Bakau Serip. Masuk saja mengikuti jalan kamu akan menemukan beberapa orang yang meminta uang tiket sebesar Rp.10.000/orang termasuk parkir. Masuk ke area sini seperti masuk ke kampung halaman saya, Makassar dan Takalar banyak pohon kelapa yang ujungnya pantai, hanya bedanya tidak ditemukan tanaman bakau.

Enaknya kesini pagi karena belum banyak pengunjung, jadi kita bisa memilih gazebo yang akan kita sewa, untuk weekend biaya gazebonya Rp.100.000/orang tapi khusus weekday gratis, tapi selain gazebo ada tikar jika kamu mau menyewa atau sekedar duduk-duduk dan itu free. Pantainya lumayan bersih tapi kecil dan untuk kita yang membawa anak gak terlalu khawatir karena pandangan mata kita gak terlalu luas untuk menjaga anak-anak. Ke pantai bale-bale ini yang dikangenin adalah bukan hanya pantainya tapi banyak aktifitas permainan yang bisa kita sewa dengan budget yang sangat terjangkau, contohnya ada flying fox yang hanya Rp. 10.000/orang/main, panahan yang 2 kali mana masih terhitu free setelah itu biayanya Rp. 10.000, ada juga Volly air, ayunan, kano yang bisa di sewa, ukurannya kemarin yang kita naiki single + anak kecil Rp.30.000/sejam, kalau 2 dewasa + 2 anak Rp.50.000/jam. Selain aktifitas permainan, di pantai bale-bale ini ada rumah poho yang sengaja dibuat berdekatan dengan tanaman bakau, dan dibuat jembatan untuk sekedar melikat tanaman bakau, jangan lupa selfie karena ada banyak spot yang instagram-able banget. Satu kurangnya toilet yang belum ditata dengan maksimal.

Sepedaku Roda Tiga #Tantangan10hari #level1 #hari9


Assalamualaikum

Alhamdulillah cuaca batam yang kemarin beberapa hari hujan terus, hari ini mataharinya sumringah lebar, hanya anak-anak keluar tadi itu sudah hampir jam 9 pagi hahaha. Zaf baru ditaklukkan mandi itu sekitar jam 8 pagi, untungnya jam 7an udah sarapan, jadi selesai zaf mandi langsung cus untuk keluar ke taman.

Awalnya gak ada rencana untuk naik sepeda, tapi kemarin sempat main sepeda sama kiral (teman satu-satunya yang akrab di kompleks) makanya antusias lagi. Naik sepeda di sekitaran rumah sangat amat jarang karena rumah kita perbukitan, jalanannya gak datar, jadi agak khawatir jika zaf dilepas naik sepeda yang belum lancar, itu aja udah berkali-kali jatu, nah setiap kali jatuh traumanya bisa berminggu-minggu hahaha. Tapi kalau punya teman atau kita main sepeda sengaja ke alun-alun dianya berbinar.

Karena depan rumah turunannya agak curam, zafnyapun minta tolong,
+ Bund gak bisa bund!
- Belum bisa, semangat nak, ayok dicoba! Sambil bubun bantu!
+ Bubun saja boleh ?! (melepas sepedanya) dan langsung kedepan memberikan aba-aba.
+Yah, maju bund, belok kiri, nahhhh bagussssss
- (ini sepedanya siapa cobak, yang naik juga siapaa!! hahaha)
- Boleh zaf lanjutkan.
+ betulll, boleh bund 

karena yang gak turunan hanya di sekitaran tempat duduk dalam taman. Makanya zaf jalan itu melewati jalan dan masuk ke taman dulu. Panjang banget yah jalannya nak hahaha, ini mendingan biasanya naik sepeda itu di belakang pos satpam, itu salah satu yang jalannya datar, jadi kitaharus jalan dari rumah ke pos satpam sekitar kira-kira 150 meter. Jalannya harus membawa sepeda bukan di kayuh tapi di dorong, hahahah

Sampai di taman, zafpun hanya memutar-mutar mengelilingi sebuah pohon mangga, kita bermain peran, seolah-olah zaf mau masuk-keluar di area perbelanjaan, saya jadi kasirnya.
- Selamat Datang, ini pak tiket masuknya (sambil memberikan selembar daun kering yang kita gunakan sebagai karcis masuk)
+ Terima kasih.

9 November 2017

King Sate Batam


Assalamualaikum,

Setiap Mau ke arah Mesjid Jabal Arafah selalu banget lewat sini dan selalu bilang sama suami 'Next nanti kita disini' tapi selalu terkendala karena saya lupa googling ini sate ada lebel halalnya atau gak. Soalnya suami selalu menanyakan itu tiap mampir ke warung makan.

Janjian Dengan Mbak Desy dan Mbak rika seminggu lalu untuk sekedar makan siang, melihat IGnya dan info akurat dari mbak rika bahwa yang punya ini adalah orang 'kita' makanya saya ikut untuk menikmati sate yang lagi hits di batam. Siang berlalu, rencana mau sholat dhuhur di Mesjid jabal Arafah tapi batal dikarenakan zaf dan ruby yang belum puas untuk tidur siangnya malah dibangunkan hehehe (maafkan anakku) Setelah urusan sudah selesai baru kita menuju lokasi sate tersebut, ahh rasanya saya sudah lapar banget...

Sampai lokasi yang memang baru buka jam 12.00 WIB jadi sementara mereka masih mengatur tapi juga sudah melayani, melihat menu + memang sudah lapar banget, kitapun seperti 'kalap' untuk memesan, khusus saya yang beawal dari porsi kecil berubah menjadi besar. Kenapa berubah porsi? Kepikiran sate dipinggir jalan yang dagingnya sekali makan aja gak terasa  apa lagi ini yang porsi kecil hanya 5 tusuk. Hahaha...

Tidak lama menunggu, pesanan kita datang satu persatu, awal datang saya sudah takjub dengan kondisi daging yang 'Masya Allah' besar sekali (tau gini pesan yang kecil saja, hahaha) Saya memesan yang paling khas adalah Sate King Batam, Dagingnya yang besar, Bumbunya terasa banget sampai kedalam, rasanya gurih tapi sedikit pedas, dan bumbunya yang paling menggoda plus disajikan dengan lontong. Makan ini saya sudah menyerah saking porsi yang enak dan besar, disini saya baru tau pemaknaan king itu apa, ternyata ukuran satenya yang memang besar, bisa 3 atau 4 kali gigitan hahaha

Setelah itu datang lagi Sate Taichan, sate ayam yang porsi potongannya juga besar di taburi keju mozarella yang meleleh plus sambal yang pedisnya minta ampun, kalau ini aku nyerah, saya pencinta pedis tapi untuk ini pedisnya nendang banget, kalian yang pencinta pedis wajib mencoba sate taichan khas King Sate.

Air Mata Zafran #tantangan10hari #level1 #hari8


Assalamualaikum :)

aku gak enak aja ngambil foto saat anak ini nangis didepan saya hehehe, kalau jadi zaf pasti udah jengkel banget sama emaknya hehe.

Tadi shubuh, kebetulan dianya pup dalam kondisi agak cair, otomatis seprei yang baru saya ganti kemarin, saya harus ganti di tambah, sebenarnya bukan sepreinya tapi lebih ke kasurnya yang harus juga dibersihkan dengan cara disikat tapi kannnnnnnn... duhh sayanya tadi pagi ngeluh hiksss
untuk kondisi pagi ini yang diluar perhitungan otomatis ada alokasi waktu lebih yang saya harus pakai memasak saya pakai untuk membersihkan tempat tidur dan kamar. Anak-anak masih ditakeover sama ayahnya. ditambah suami izin untuk cepat ke kantor karna urusan kerjaan yang tidak bisa diabaikan. Yang biasanya domestik saya kelar sebelum suami berangkat ini malam jadi keteteran. Bisa jadi begini emosi juga gak stabil hadapi anak-anak seharian.

+ (belum jam 7 pagi) bund, lapar zaf bund
- Ini bubun lagi masak nak (dengan dapur yang masih berantakan, 2 anak sudah merengek minta makan, padahal udah diganjal susu dan roti, tapi gak kenyang kalau bukan nasi)

5 menit kemudian.
+ Bubun masak apa?
- Sayur bayam nak.
+ Ikannya ini sudah masak belum bund?
- Sudah nak.
+ Inimo bund.
- Tapi ikannya belum masak, entar 10 menit lagi yah.

8 November 2017

Tebak Gambar #tantangan10hari #level1 #hari7


Assalamualaikum

Sampai sekarang saya termasuk seorang ibu yang bersyukur berjuang untuk saya sendiri dan untuk anak-anak untuk tidak menggunakan media belajar menggunakan gadget. yah memang anak menggunakan media gadget ataupun tivi memang cepat banget menangkap sekaligus meng-copy-paste apa yang dia lihat tanpa melihat begitu banyaknya efek samping yang negatif yang kita tawarkan buat anak kita. tapi sebelum melirik efek sampingnya apakah memang itu perlu atau tidak? khusus saya, itu tidak perlu karena ada Ibunya yang setia mendampingi. Saya sudah memilih menjadi Ibu Rumah Tangga yang bekerja di ranah domestik, dan begitu banyak amal jariyah yang bisa saya dapat jika saya bersungguh-sungguh mengerjakannya, kenapa saya abaikan?

Tak terkecuali tadi pagi setelah mereka makan pagi dan mandi karena suasana batam lagi hujan yang biasanya kita wajib keluar akhirnya kita memilih main dirumah, main tebak gambar.

- Zaf kita main dalam rumah aja sayang yah, hujan soalnya nak.
+ Hujannya keras atau tidak?
- Keras nak.
+ Berarti bisa mandi hujan bund?
- Boleh. Tapi liat ada guntur dan petir, bubun khawatir nak. zafran mau?
+ kalau tak ada petir dan guntur boleh bund?
-boleh banget zaf, kan kemarin bubun bolehin, asal hujannya keras dan gak ada petir dan guntur yah.
- oke?
+ Iaa bund.
- Jadi kita main apa nih?
+ Main tebak gambar sapi aja bund.
- Wokehhh
- (Sayapun memainkan dan menata di depannya, ini kartu berjumlah 15 pasang total 30 kartu dan saya memainkannya dengan zaf ada 10-15 kali gocokan hahah, sekitar hampir 1 jam)

- Siapa yang duluan?
+ Zaf bund

7 November 2017

Lego dan Rebutan Mainan #tantangan10hari #level1 #hari6


Assalamualaikum :)

Rebutan mainan siapa yang gak pernah mengalaminya? Gak ada kali yah, bisa jadi setiap orangtua yang mempunyai anak-anak mengalami pertengkaran tiap harinya, entah itu perbedaan pendapat atau rebutan dari hal pemilikan barang. Khusus anak saya yang masih 2 balita, tiap hari atau tiap bermain selalu saja berebut mainan. tapi karena anak balita egosentrisnya masih besar mereka selalu mengalami pertengkaran yang berujung menangis dan merajuk ke orang dewasa misal orangtuanya.

Saya tipikal yang betah melihat anak-anak bertengkar hahahaha, selama gak bermain fisik saya tidak lerai mereka, biarkan mereka mengatasi persoalannya sendiri, untuk zaf saya gak pernah mengeluarkan perkataan 'yang tua mengalah' dan untuk ruby karena masih kecil 'sang adik yang harus disayang dan menang' selalu yang saya bilang mereka tidak bertengkar, mereka hanya belajar hidup. Tapi jika sudah bermain fisik baru aku lerai. bukan untuk membenarkan atau membela salah satu pihak karena anak yang bertengkar sudah tentu dua-duanya salah. kenapa begitu? karena kedua anak yang bertengkar masih belum sanggup mengelola emosi dengan baik, akhirnya tindakan mereka keliru untuk mengekspresikannya. Karena ruby yang terkadang nangis duluan, saya kadang ambil dan tenangkan dulu. setelah itu saya ke kakaknya berkata, 'kok adek nangis nak? berarti adek gak nyaman mainannya direbut, sakit gak gak kalau mainannya direbut?' semua pertanyaan-pertanyaan yang saya lontarkan tujuannya agar kedua anak saya belajar bahwa 'oh iya yah, sedih/kasihan adek/kakak kalau mainannya saya rebut tanpa permis'i. Setelah itu saling maaf-mafkan bukan sepihak yang minta maaf dan pihak yang lain memaafkan tapi harus keduanya meminta maaf, tujuannya agar mereka menimbulkan empati rasa sayang yang kuat antar keduanya.

Tidak terkecuali malam ini,
+ Bund, zaf mau main lego yah, boleh bund?
- Boleh sayang. bubun masak dulu yah.
 Adeknyapun ikutan main.

5 menit kemudian, pertunjukan saling rebut sudah memulai, hahahah 
Saya membiarkan terus sampai ruby datang mengadu ke saya sambil menangis.
+ Kenapa sayang?
- lego bund huuhuhuhuh
+ kenapa legonya?
- (dan menangisssss terus hahhaha)
+ Oke tarik nafas dulu dalam-dalam, hembuskan, (kadang saya ambilkan minuman, setelah tenang saya kembalikan ke aktifitasnya, sambil ngobrol dengan kakaknya)

6 November 2017

Playdough Ala ZafRuby #Tantangan10hari #level1 #hari5

Assalamualaikum

Zaf tipikal yang gak atau belum atau gak berbinar matanya dengan permainan sensorik halus seperti pasir atau playdough, tapi bagaimanapun saya tetap harus mengajarkan atau mengenalkan permainan ini, tetapi saya bikinnya semenarik supaya zaf jadi tertarik. Salah satunya lokasinya saya mengajak mereka ke taman belakang, menggelar tikar, sambil anak-anak bergantian saling membawa perlengkapan ke tikar taman belakang. Alhamdulillah pagi tadi matahari gak terlalu terik, setelah jalan keliling kompleks, kembali kerumah dengan rencana main playdough ditaman belakang.

Zaf yang selalu suka menyiapkan bahannya lalu menyendok kewadah eksekusi tetapi untuk mencampur, zaf hanya berbinar diawal setelahnya dia menyuruh saya hahah padahal saya dan ruby dapat juga untuk menganduk dan membuat kalis.

+ Bund sudah dicampur, diaduk-aduk bund?
- Ie nak. Lebih bagus sebenarnya kalau ngaduknya pake tangan
+ Mau pake sendok aja ahhh
- Boleh, boleh banget
+ Bund, capek, bubun yang lanjut saja yah?!
- Lah bubunkan juga lagi ngaduk ini warna ungu.
+ Sudah itu baru bubun ngaduk punya zaf.
- Atau gini kita gantian zaf ngaduk punya bubun, bubun ngaduk punya zaf. Gimana sayang?
+ Capek bund.
- Yah udah klo capek.

Zaf pun menyudahi tapi tetap menyendok tepung dari tempat satu ketempat lain, mencampu lagi tapi gak selesai, dan kembali menyerahkan ke saya lagi.

- Lah ini aja bubun belum selesai sayang, gimana kalau zaf bantu bubun?
+ sedikit aja bubun yah.
- Hahahah, oke nak. Tapi kalo sedikit kapan selesainya.
+ Semangat bubun.
- Hahahah, selalu nak. 

Zaf memang gak terlalu suka mainan seperti ini, entah belum atau nanti ada waktunya, seperti main puzzle dulu sumpah gak pernah dia sentuh padahal puzzle itu mudah dan bisa dijangkau dengan umurnya, tapi sekarang setiap hari pasti main puzzle, kadang karena seringnya, jadi gak tertantang, supaya tertantang dia ngerjainnya 3 atau 4 puzzle sekaligus. Saya tetap memberika pengenalan dengan tidak memaksa, dan saya akan menunggu waktu kapan zaf senang dengan mainan yang menunjang sensorik motorik halusmu sayang. Tapi jika memang tidak, bubun sama sekali tidak memaksa. Dan jangan khawatir, kamu punya guru bukan orang lain tapi bubun dan ayah yang siap menjadi partner belajarmu. Nikmatilah.....

Dan jika ada teman-teman yang mau buat dibawah ini resepnya, bahannya aman jika termakan anak-anak, mudah di dapat dan ini menjadi resep andalan yang pas untuk membuat playdough.

Bahan-bahannya :
- Tepung Terigu 1 kg
- Garam
- Pewarna Makanan
- Minyak goreng 1 sendok makan
- Air

Cara Membuat :
Campurkan Tepung terigu dan air sedikit demi sedikit, tambahkan garam, minyak dan pewarna makanan, Aduk rata hingga kalis, dan setelah kalis siap dimainkan.

Lubnah Lukman

5 November 2017

Baby blues


Assalamualaikum

Menulis ini sebenarnya udah pernah di blog sebelum ini, menulis tentang situasi seperti ini dulu memang saya dianjurkan sebagai salahsatu terapi selain mendekatkan diri kepada-Nya saya disuruh untuk menulis sejujur-jujurnya.

Baby blues adalah kondisi gangguan mood yang dialami ibu setelah melahirkan bayi. Dan saya dapat pada pasca persalinan ketika Zafran. Sebelum zafran saya sempat hamil tapi mengalami keguguran dan harus dikuret, makanya ketika mengetahui saya hamil dan suami langsung menagih saya untuk resign dari kerjaan dan ikut dia ke batam. Menuju 5 bulan saya sudah di batam dengan kondisi IRT full. Karena masih tinggal berdua, kebanyakan kerjaan domestik sedikit dan lebih banyak waktu lowongnya. Nah disini saya memakai waktu untuk banyak browsing tentang kehamilan/pra melahirkan bukan pasca melahirkan. 

Suami, Keluarga dan teman-teman sekita tahu gimana proses saya untuk mencari banyak ilmu baik sekedar browsing, hasil browsing saya print dan kumpul menjadi 1 bundel buku yang kira-kira bukunya setebal 10 cm dan itu bukan hanya khatam saya baca tapi sudah berkali-kali diulang dan distabilo jika itu pernyataan yang penting, belum lagi buku-buku yang saya baca, rencana pelatihan hypnobirthing yang saya lakukan, senam hamil, membeli alat olahraga khusus hamil dan mencari dokter yang terbaik (pro-Normal dan pro -IMD) di batam dan di Makassar yang rencana saya akan lahiran di kota ini yang dekat dengan keluarga namun jauh dari suami. Sempat juga saya pengen banget untuk melahirkan di bali, kenapa di bali karena disana ada sebuah klinik yang memang dikhusukan jika seorang ibu mau melahirkan secara hypnobirthing atau saya melahirkan di rumah tapi saya mendatangkan bidan dari bali untuk membantu saya melahirkan secara hypnobirthing. Semua tujuannya saya ingin melahirkan secara NORMAL dan IMD (Inisiasi Menyusui Dini).  

Akhir Pekan Dadakan #Tantangan10hari #Level1 #Hari4


Assalamualaikum

Sebenarnya kita untuk minggu ini gak ada agenda keluar atau sekedar menikmati akhir pekan dikarenakan suami minta izin untuk minggu ini kita gak kemana-mana karena ada beberapa pekerjaan yang banyak yang harus diselesaikan. Tapi ternyata ada janji sama teman-teman (Mbak Rika dan mbak Desy Oktafia ) kita akan mengajak keluarga untuk ke pantai bale-bale dan setelah aku tanyaiin begitu dia mau ikut juga, hahahaha. Dasar memang suami saya tipikal gegara udah bertahun-tahun hidup sama saya doi yang dulunya gak suka keluar jadi ikutan istri yang senang ke gunung, hutan, dan laut hahaha.

Cerita tentang Weekend ini akan saya posting setelah ini yah (stay tune aja) Mengingat anak saya zafran, minggu ini kami janji untuk pagi ini setelah sholat shubuh ke mesjid zaf sama ayah mau cuci mobil di garasi depan, maka untuk menepati janji sebelum kita ke pantai bale-bale kita cuci mobil dulu seadanya hehehe. Dan karena ini rencana yang dadakan dan saya belum menginformasikan untuk kita akan ke pantai bale-bale bersama teman-temannya, makanya untuk move on dari cuci mobil untuk bergerak ke kamar mandi lalu mandi dan pakai baju saya membujuknya hampir satu jam huaaaaaaaaaaaa.

Awalnya ayahnya yang bujuk sambil saya mempersiapkan kebetuhan yang akan saya bawa ke pantai, tapi 20 menit berlalu tidak ada hasil, dan sayapun maju hahaha
- Zaf ayok nah, sudahi itu lalu kita ke pantai bale-bale ketemu kakak dzaki, kakak maryam dan adek khalid.
+ Gak mau!!!! sambil tetap menyiram mobil.
- Nanti Insya Allah minggu depan kita cuci mobil lagi!
+ Ini minggu bund.
- Iaa Minggu, kan cuci mobil. Nah Minggu depan cuci mobil lagi.
+ Tunggu bubun masih kotor bannya, masih banyak tanahnya.
- Ia bubun kasih waktu 5 menit yah untuk bersihkan tanahnya.

5 menit kemudian
- Gimna selesai? udah bersih dari tanah?
+ Belum bund, masih mau dicuci.
- Bubun hitung mundur dari 20 yah (dan zaf juga ikutan ngitung hahhaha)
- Udah yah zaf. yukk..
+ Gak mau!
- Kakak zaf mau ikut berenang-berenangkan dipantai? 
+Mau bund.
- Nah, kita mandi, minggu depan kita cuci mobil lagi.
+Gak mau!
- Kalau begitu kita ganti baju.
+ Mandi dulu bubun.
- Ia. yuk (dan diapun menuju ke saya dengan senang hati)

Alhamdulillah, akhirnya saya menyimpulkan anak-anak diajak dengan kalimat yang jangan terlalu panjang, cukup mengarahkan dia untuk satu kalimat satu kerjaan. Maka dia akan tidak bingung, berarti benar anak itu kata paling belakang yang dapat tersimpan dimemori dan paling dia  ingat.

Lubnah Lukman
Seorang Ibu yang lagi banyak belajar membujung dengan efektif hehehe

4 November 2017

Mandi Kolam Kamar Mandi #Tantangan10Hari #Level1 #Hari3


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sabtu Minggu bagi zaf adalah sebuah surga, padahal memang setiap hari dia akan libur terus sih, hanya sabtu-minggu zaf mengetahui Ayahnya tidak ngantor, sabtu mereka akan pergi olahraga sama2. Hanya sabtu ini zaf gak ikut dulu, karena olahraga (golf) yang biasa bersama teman-temannya minggu ini bersama sebut saja 'tamu kantor' makanya yang senin minggu lalu zaf sudah saya janji untuk minggu besok kita akan berenang di kolam kamar mandi hahhaha.

+ Mau gak mandi pagi dikolam kamar mandi?
- Hari apa ini bund? bukannya sabtu, Besok baru Minggu
+ Bubun majukan boleh? Soalnya bubun mau ke pasar pagi-pagi.
- Jadi Besok Berenang lagi, bund?
+ Besok sudah tidak, diganti cuci mobil bareng ayah.
- Bukannya bubun mau besok kepasar?
+ Iaa sebelum ke pasar, cuci mobil dulu.
- Sebelum cuci mobil zaf berenang-berenang dulu.
+ Kalau sekarang berenang besok tidak lagi. Pilih mana hari ini atau besok berenangnya?
- Hari ini bund, tapi besok juga kan?
+ Pilih dulu Sabtu hari ini atau Minggu.
- Hari ini mo dehhh
+ Hhahahhaha. Oke dehhhhh

Minggu berpindah menjadi sabtu karena banyak pertimbangan, tapi memang supaya kita sebagai orangtua tetap harus menunaikan janji dan menjelaskan janji kita ketika tertunda, biarpun anak belum ngeh (mengerti), menagih ataupun  bisa tiap waktu mengingatkan, kita tetap mengupayakan untuk selalu menjelaskan, dan sekarang lagi melatih diri bagaimana bisa menjelaskan sesuatu tetapi dengan konsep yang sangat sederhana dan mudah dipahami anak-anak.

Lubnah Lukman


3 November 2017

Gak Tidur Siang Ala Zaf #Tantangan10Hari #level1 #hari2


Assalamualaikum,

Masuk ke tantangan hari kedua ini udah gak setegang di hari pertama, ternyata mengalir aja lebih enak, karena memang keseharian kita memang saling berkomunikasi sama anak-anak, hanya cara yang lebih diperbaiki dan mengambil satu adegan untuk diceritakan diblog.

Hari ini lengkap semua jadi berantakan hahaha, Jadwal yang biasa tersusun rapi, ternyata saya dijam 10 pagi harus online di WAG Bunda Sayang otomatis saya harus membuat mainan atau menentukan permainan apa yang harus anak-anak mainkan supaya emaknya bisa leluasa pegang handphone. Tetapi karena jadwal mendadak dan jam sudah menunjukkan jam 9, saya langsung inisiatif ngajak main ke taman.

- Zaf, Ruby kita ke taman yuk main pasir..
+ Jam 9mi bubun, panas mi, tadi juga sudah siram tanaman.
- Tapi belum main pasir kan? kan kita bisa main mobil pengangkut pasir..
+ Pasirnya panas bubun, tidak bisa diangkut..
- Kenapa tidak bisa diangkut?
+ Karena panas, nanti dingin baru bisa.
- Kenapa bisa begitu?
+ Karena Zafran Panas jadi gak mau angkut pasir.
- Hahahaha, Kan Matahari ada vitamin D nya bagus untuk kulit, bagus untuk kesehatan
+ Kalau panas, terus keringat sehat juga kan bubun?
- Iaa kalau kita keringat karena beraktifitas itu tandanya sehat.

Dan zafpun luluh dengan kata sehat hehehe, zaf senang menjadi anak yang sehat selalu saya tekankan kalau jadi anak yang sehat bisa main apapun, bisa kemanapun, main bola, main prosotan diluar, dan aktifitas yang membuat dia senang dan itu butuh harus SEHAT.

Nah sebelum jam 10 Ruby udah rewel memang jadwalnya tidur, kita pulang dan masuk kamar nenenin ruby sambil masuk di grup WAG Bunda Sayang, lupa kalau zafpun udah ngantuk tapi belum dibikin susu gelasnya, dan diluar zaf inisiatif bikin cat air + baca buku, gak kerasa hampir jam 12 dan akhirnya ini anak gak tidur siang hahahaha, karena kalau tidur zafnya bisa keteteran tidur malam dan berakibat gak bangun shubuh,, karena gak tidur siang, Rumah jangan tanya berantakannya, setelah itu main di taman belakang, menjelang sore, nyapu halaman + siram tanaman, intinya dibikin sibuk agar gak ngantuk dan emosi masih stabil karena zafruby gerak hehehe tapi terbayar jam 6 sore udah Molor bersama Adiknya berangkali karena kecapean

Lubnah Lukman
Seorang Ibu yang masih belajar mengurus jadwal me timenya

2 November 2017

Komunikasi Produktif bersama Zafran #tantangan10hari #level1 #hari1


Assalamualaikum,

Semenjak tahu bahwa hari ini saya sudah memulai untuk melakukan tantangan di kelas Bunda Sayang dengan materi pertama adalah Komunikasi produktif, dan untuk game ini saya memilih anak peertama saya untuk menjadi partner dalam menjalani games ini dan semoga selesai tantangan ini, latihan ini gak berhenti sampai di 10 hari tantangan. Bismillah yah. Hari ini seperti biasa untuk memperbaiki mood saya harus bangun lebih awal, biasanya memang begitu hahaha, menyelesaikan urusan domestik dan siap membangunkan diawal shubuh untuk anak-anak.

Biasanya zaf amat sangat susah untuk disuruh sekali untuk mandi pagi, biasa kadang berkali-kali saya menyuruhnya, dan selalu berakhir ayahnya yang eksekusi langsung hehehe. Hari Ini saya datang mendekat, dengan muka yang semangat dan berbinar menyambut anak-anak bangun, dan bertanya "kalau bangun tidur yang dilakukan pertama kali apa?" "baca buku bund" hahaha dan selalu jawabannya itu bukan baca doa padahal zaf tahu bahwa itu baca doa tapi entah zaf selalu saja memancing reaksi saya jika saya tidak menjawab sesuai dengan yang sebenarnya. Tapi kali ini saya tidak terpancing. saya hanya bilang 'Yah udah kalau sudah baca buku, Doa saya yah!' Sayapun membacakan buku sebentar, dan bertanya lagi, setelah itu apa? membersihkan tempat tidur bund jawabnya, Erggghhh, jengekel sih sebenarnya hahaha, entah memang anak diumur segini jadi ujian-ujian kita nih. Tapi selalu deh kalau persaan udah diatas ambang keluar kata-kata dari saya, 'Bubun senang banget kalau zaf, sudah bangun tidur lalu baca doa! dan dia langsung baca doa. hehehe setelah itu sayapun memluk dia dan memberikan pernyataan, Bahwa salah satu tujuan kita berdoa adalah tanda kesyukuran kita kepada Allah, Kita berterima kasih Kepada Allah SWT udah membangunkan kita dari tidur yang panjang. 

Setelah doa, kembali lagi tantangan dia untuk menyuruh zaf langsung mandi, awalnya saya senang kalau zaf tuh udah mandi sebelum ayah berangkat, tapi kadang gampang diajak kadang juga susah, tapi alhamdulillah gak pernah lewat dari jam 8 zaf mandi karena saya gak kasih sarapan dia kalau belum mandi hehehe.