6 November 2017

Playdough Ala ZafRuby #Tantangan10hari #level1 #hari5

Assalamualaikum

Zaf tipikal yang gak atau belum atau gak berbinar matanya dengan permainan sensorik halus seperti pasir atau playdough, tapi bagaimanapun saya tetap harus mengajarkan atau mengenalkan permainan ini, tetapi saya bikinnya semenarik supaya zaf jadi tertarik. Salah satunya lokasinya saya mengajak mereka ke taman belakang, menggelar tikar, sambil anak-anak bergantian saling membawa perlengkapan ke tikar taman belakang. Alhamdulillah pagi tadi matahari gak terlalu terik, setelah jalan keliling kompleks, kembali kerumah dengan rencana main playdough ditaman belakang.

Zaf yang selalu suka menyiapkan bahannya lalu menyendok kewadah eksekusi tetapi untuk mencampur, zaf hanya berbinar diawal setelahnya dia menyuruh saya hahah padahal saya dan ruby dapat juga untuk menganduk dan membuat kalis.

+ Bund sudah dicampur, diaduk-aduk bund?
- Ie nak. Lebih bagus sebenarnya kalau ngaduknya pake tangan
+ Mau pake sendok aja ahhh
- Boleh, boleh banget
+ Bund, capek, bubun yang lanjut saja yah?!
- Lah bubunkan juga lagi ngaduk ini warna ungu.
+ Sudah itu baru bubun ngaduk punya zaf.
- Atau gini kita gantian zaf ngaduk punya bubun, bubun ngaduk punya zaf. Gimana sayang?
+ Capek bund.
- Yah udah klo capek.

Zaf pun menyudahi tapi tetap menyendok tepung dari tempat satu ketempat lain, mencampu lagi tapi gak selesai, dan kembali menyerahkan ke saya lagi.

- Lah ini aja bubun belum selesai sayang, gimana kalau zaf bantu bubun?
+ sedikit aja bubun yah.
- Hahahah, oke nak. Tapi kalo sedikit kapan selesainya.
+ Semangat bubun.
- Hahahah, selalu nak. 

Zaf memang gak terlalu suka mainan seperti ini, entah belum atau nanti ada waktunya, seperti main puzzle dulu sumpah gak pernah dia sentuh padahal puzzle itu mudah dan bisa dijangkau dengan umurnya, tapi sekarang setiap hari pasti main puzzle, kadang karena seringnya, jadi gak tertantang, supaya tertantang dia ngerjainnya 3 atau 4 puzzle sekaligus. Saya tetap memberika pengenalan dengan tidak memaksa, dan saya akan menunggu waktu kapan zaf senang dengan mainan yang menunjang sensorik motorik halusmu sayang. Tapi jika memang tidak, bubun sama sekali tidak memaksa. Dan jangan khawatir, kamu punya guru bukan orang lain tapi bubun dan ayah yang siap menjadi partner belajarmu. Nikmatilah.....

Dan jika ada teman-teman yang mau buat dibawah ini resepnya, bahannya aman jika termakan anak-anak, mudah di dapat dan ini menjadi resep andalan yang pas untuk membuat playdough.

Bahan-bahannya :
- Tepung Terigu 1 kg
- Garam
- Pewarna Makanan
- Minyak goreng 1 sendok makan
- Air

Cara Membuat :
Campurkan Tepung terigu dan air sedikit demi sedikit, tambahkan garam, minyak dan pewarna makanan, Aduk rata hingga kalis, dan setelah kalis siap dimainkan.

Lubnah Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar