15 Desember 2017

Tanpa Kalstar Aviation, Wisatawan Tetap Bisa Menikmati Wisata Cantik di Berau

Assalamualaikum :)

Dalam beberapa tahun terakhir eksplorasi wisata di daerah Berau, Kalimantan Timur terus dilakukan oleh para wisatawan. Berau bahkan disebut sebagai salah satu surga bagi para penyelam yang ingin melihat keindahan dibawah laut. Berbagai akses transportasi, khususnya pesawat pun dibuka untuk menuju tempat wisata yang satu ini. Salah satu maskapai penerbangan tersebut adalah Kalstar Aviation.

Namun, sayangnya per 30 September 2017 yang lalu, penerbangan Kalstar Aviation menuju Berau untuk sementara dihentikan. Namun, tentunya hal ini bukan masalah yang besar karena masih maskapai penerbangan lain yang membuka rute penerbangan menuju Berau. Beberapa diantaranya adalah Lion Air, Sriwijaya Garuda hingga Batik Air.

Apa sebenarnya yang menarik dari wisata di Berau? Di Berau sendiri terdapat beberapa tempat wisata yang semakin populer. Salah satunya adalah Derawan. Di tempat ini, wisatawan bisa menyelam, melihat sendiri keindahan bawah laut atau bermain-main dengan hamparan pasir putih yang sangat menakjubkan.

Namun, Derawan, bukan satu-satunya tempat wisata yang menakjubkan. Masih ada beberapa tempat wisata menarik lainnya yang wajib untuk dikunjungi jika wisatawan sudah sampai di Berau. Berikut beberapa pilihannya:

1. Danau unik di Pulau Kakaban


sumber:matajatim.com
Danau cantik yang punya banyak catatan penting untuk diketahui. Danau Kakaban namanya, dan terletak di Pulau Kakaban, salah satu pulau yang berada di daerah Berau.
Danau ini memiliki keunikan tersendiri karena terperangkapnya air laut di pulau Kakaban dan tercampur dengan air dari dalam tanah. Hal yang paling sering dicari oleh wisatawan di Danau Kakaban ini adalah karena terdapat empat jenis ubur-ubur yang sama sekali tidak menyengat.
Ubur-ubur tersebut diantaranya adalah ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Selain itu, bentuk ubur-buru ini sangat unik dan warnanya bercampur dengan air Danau yang masih sangat jernih.



2. Uniknya Goa Haji Mangku



sumber:pinterest.com
Tempat wisata lainnya yang wajib dikunjungi oleh wisatawan saat berlibur di Berau adalah Gua Haji Mangku. Goa ini sendiri terletak di Desa Payung-Payung Kecamatan Maratua.
Untuk bisa berwisata di Goa ini, wisatawan harus melakukan perjalanan yang cukup jauh karena harus melewati laut. Namun setibanya di Goa Haji Mangku, keindahannya akan membuat suasana lelah selama perjalanan jadi terlupakan.
Air birunya masih sangat jernih bagaikan kaca dan menjadi salah spot Cliff Jumping yang memang benar-benar menguji adrenalin.

3. Jelajah di Kampung suku asli Dayak



sumber:ranalog.wordpress.com
Salah satu tempat wisata yang menarik perhatian para wisatawan ketika sudah berada di Berau adalah tempat wisata berupa kampung yang masih ditinggali oleh masyarakat asli Kalimantan.
Salah satunya adalah perkampungan Suku Dayak Basap yang masih memegang tradisi. Selain itu wisatawan juga bisa belajar langsung dan mengikuti berbagai kegiatan sehari-hari masyarakat asli Suku Dayak.
Ingin menyaksikan pemandangan yang luar biasa? Tenang saja, Kampung ini ini memiliki hamparan sawah dan ladang yang hijau yang menyejukkan mata.

4. Air Terjun Jenum


sumber:prokal.co
Terakhir, di sebuah Kampung bernama Merasa, wisatawan bisa melihat langsung kecantikan dari Air Terjun Jenum. Air terjun ini sendiri berada di tengah hutan, sepanjang perjalanan wisatawan bisa melihat langsung pesona alam Berau selain keindahan bawah lautnya.
Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Berau memang harus menempuh perjalanan yang cukup lama. Setiap rute pesawat pastinya membutuhkan transit di satu kota terlebih dahulu. Jika maskapai Kalstar Aviation belum melayani penerbangan menuju Berau, wisatawan bisa memilih beragam alternatif penerbangan lainnya.
Namun usahakan sebaiknya memesan tiket dari jauh-jauh hari agar mendapatkan penerbangan terbaik dan tentu saja pengalaman tidak terlupakan selama di Berau.

Waalaikumsalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar