Top Social

Drama Resep Sop Ikan Batam

8 Januari 2018
Assalamu Alaikum :)

Udah dari dulu pengen bikin Sop Ikan Batam ini, tapi belum nemu resep yang pas   dapat resep yang gampang untuk dieksekusi dalam waktu yang singat tanpa rumit bahannya hehe
Kira-kira teman baik saya mbak Desy udah sebulan lalu posting di blog dan channel youtubenya tentang cara pembuatan Sop Ikan Batam, Langsung blogwalking baca sampai tuntas. Setelah itu sebulan kemudiannya baru niat untuk membuatnya. 2 hari yang lalu saya beli ebi yang memang niat hari senin mau menyajikan buat suami sop ikan ini, paginya diantar suami membeli bahan-bahannya yang sekalian belanja mingguan di pasar.

Sorenya saya dengan percaya diri tidak membaca kembali bahan dan teknik pembuatannya, yang saya ingat hanya ada bakso ikan yang saya ganti menjadi bakso daging, selebihnya sama. Nah Drama pun terjadi, hahaha

Membuka bungkus ebi yang 1 ons jumlahnya, menuangkan dalam tumbukan batu, dan menumbuknya lamaaaaaa sekali hampir sejam saya menumbuk tapi tidak sehambur yang saya lihat di video mbak desy, sayapun kepikiran dan menggerutu dalam hati, 'ini katanya mbak des gampang dan ringkas, tapi hampir seja numbuknya tidak halus-halus, ini mah mending numbuh bawang putih-bawang merah aja, seleseeee ini" 

Saya yang penasaran langsung wapri beliau menanyakan kenapa demikian, dan ternyataaaaaa saya memang salah hahahaha ketawapun berlangsung sepanjang menit, dan baru membuka kembali resep di blog mbak des menyocokkan dengan apa yang baru dia tuliskan di wapri ini, ternyata memang EBInya harus di sangrai bubuuuuunnnnnn Hahaha, dengan sekejap sayapun langsung sangrai menunggu sampai kecoklatan setelah itu menumbuknya lagi hanya dengan 5 menit sudah halus hahahahaha


Drama Ebi yang tak kunjung halus sudah selesai, saya memang salah tak membaca ulang, udah tau saya gak bakat masak, dengan percaya diri masak tanpa membaca sekali lagi hahah

untuk resep ini saya ambil dari mbak desy, yang berbeda hanya bakso ikan saya ganti dengan bakso daging sapi.

Resep Sop Ikan Batam

Bahan :
  1. 1kg Kakap Putih segar (di fillet)
  2. 1ons Ebi (ebi kuning ya mak, jangan yang putih. Kalau putih ebi asin) Sangrai dan tumbuh halus.
  3. 1 Bungkus Bakso Ikan (sesuai selera)
  4. Selada Air (sesuai selera)
  5. 1 batang daun bawang
  6. bawang goreng
  7. 1 butir tomat hijau iris tipis
  8. Garam secukupnya
  9. Lada secukupnya
Caranya :
  1. Didihkan air kemudian masukkan ebi yang sudah dihaluskan, aduk rata
  2. masukkan bakso ikan dan tunggu mendidih kembali
  3. masukkan ikan
  4. masukkan garam dan lada
  5. koreksi rasa, setelah oke masukkan daun selada, tomat hijau, daun bawang dan bawang goreng
  6. angkat dan sajikan
 Suami pencinta kuliner yang sedikit bumbu, masak yang bening-bening paling doyan, saya hanya kadang memberikan warna dengan cabe yang berganti rupa, paling senang dengan sambal pete, dan sop ikan ini menjadi favorit bagi dia dan anak-anak, padahal dulunya sering jajan diluar kalau sop ikan, sekarang katanya tidak lagi, hahahaha

Terima kasih mbak des atas resepnya yang memang gampang banget dan anti gagal hehehe

Dan tulisan ini dipersembahkan untuk pemenang arisan tulisan di Rumbel Menulis mbak Nurbaini

Lubnah Lukman
Koki rumah yang masih berjuang selalu menghangatkan kompor




5 komentar on "Drama Resep Sop Ikan Batam"
  1. Mba Una masaknya kaya kalo kita beli barang elektronik utak atik sendiri. pas ga bisa baru liat manual book nya, engineer sejati.. ^_^

    BalasHapus
  2. wah pengen re-cook juga nih,,, mb unna kreatif deh,,, mengganti sesuai selera

    BalasHapus
  3. sepakat lah...... setelah ngintip resepnya mbak desy saya juga nyobain, eh... fillet ikannya malah kelupaan. jadi yang saya buat bukan sop ikan, tapi sop bakso ikan.....

    BalasHapus
  4. Lah saya malah di blender ga di tumbuk2😉

    BalasHapus
  5. Aduh bubun lucu kalilah, btw itu ebi distok aja bun biar ga payah tumbuk tiap mau masak hehe

    BalasHapus

Auto Post Signature