Top Social

Ini legoku bukan Legomu!

12 Januari 2018

Assalamualaikum :D

Adakah anak-anak yang tidak mengalami pertengkaran?

Adakah suasana rumah yang anak-anaknya yang tidak mengalami saling tarik-tarik mainan?

Adakah anak-anak yang ketika kakaknya tertarik dengan mainannya diapun langsung tertarik dengan mainan yang dipegang kakaknya begitupun sebaliknya?

Adakah suasana yang selalu tentram dan damai, anak-anak main sesuai kontenernya padahal sudah diberikan nama kontener masing-masing sesuai mainannya?

Untuk keadaan rumah saya tidak berlaku situasi demikian, bertahan hanya jika anak-anak sedang tidur. Tapi tenang, saya tipikal ibu yang tahan rengekan anak-anak dan ributnya anak-anak, hehehe, selama anak-anak tidak menggunakan fisik saya kadang melihat saja, atau sambil mengerjakan kerjaan yang urgent atau bahkan mendampingi mereka saling berargumen atau sampai berebutan mainan, kadang ruby yang langsung nangis, datang menghampiri saya, bercerita ala dia yang berusia 2 tahun setelah itu saya tanyakan zaf, 'kenapa adeknya nangis sayang?' dan zaf dengan mulut mengilnya menceritakan kejadiannya, dan sayapun berkata 'terus supaya adeknya tidak nangis, zaf dan ruby harus ngapain' atau 'zaf senang gak kalau adeknya nangis?' dan pertanyaan-pertanyaan yang membuat mereka saling berpikir apa yang seharusnya dikerjakan tanpa saya yang memulai menyelesaikan sebelum mempercayakan anak-anak sendiri menyelesaikan konflik mereka sendiri.

Tapi kadang tidak berlaku di luar rumah, kadang saya memang sebelum berangkat ke rumah saudara atau teman menegaskan sama anak-anak bahwa mainan yang ada dirumah yang kita kunjungi bukan milik kita dan sayapun bertanya 'jadi kita harus melakukan apa' dan anak-anak pasti tahu jawabannya, tapi tetap aja mereka berebutan mainan hehehe 

Dan siang ini ketika mereka main legopun, bertengkar juga. Lego adalah mainan bersama, mereka sudah tau itu, tapi namanya anak-anak masih lekat dengan egosentris mereka masing-masing, mempertahankan mainan itu selalu ada dihari-hari rumah kami. Dan untuk itu lebih amannya supaya mengurangi pertengkaran saya terjun ikut bermain dengan mereka, mereka senang, aktifitas bounding ada, dan permainan jadi terarah dan beragam.

#tantangan_hari_ke_8
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisa 
 
Lubnah Lukman
 
Post Comment
Posting Komentar

Auto Post Signature