12 Januari 2018

Mendongeng Buat Ruby


Assalamualaikum :)

Untuk usia 2 tahun ruby sangat lincah sekali, manjat sana dan sini, satu detik lengah dia sudah kemana-mana, untuk membacakan bukupun tipikal anak yang tidak bisa diam ditempat, sangat berbanding terbalik dengan kakaknya yang diusia belum genap 2 tahun sebelum tidur bisa sampai 5 - 10 saya baca sampai dia tertidur.

Berapa kali saya mencoba untuk membuat dia tenang untuk didekat saya selama saya membacakanpun tak bisa hehehe, kondisi jika ruby dan zaf tidur entah siang atau malam, ketika saya atau ayahnya yang bacakan zaf yang anteng dan nyimak sedangkan ruby itu kesana-kemari membongkar entah baju, lemari buku dia bolak-balik bosan kembali mencari aktivitas lain yang memang membuat dia bergerak terus.

Tapi dia paling senang kalau dia membuka sendiri buku ketimbang saya membacakannya, awalnya dia meminta membacakan buku tapi hanya menjelang 5 menit dia pergi mencari kesibukan lain. Tapi saya percaya telinga anak sangat peka, tajam dan selalu terekam biarpun dia melakukan aktifitas yang lain, maka dari itu ketika saya membacakan buku buat zaf, suara saya lebih power supaya anak yang lagi sibuk utak-atik tetap mendengar.

Dengan memebrikan kebiasaan mendongeng atau mendengarkan kita bercerita itu membuat dia menambah kecerdasaan dalam bentuk Intelektual seperti kosa kata, mimik dan intonasi. Ohh ia ruby juga senang dibacakan buku jika saya seperti 'tukang demo di jalan' berorasi dengan gaya, mimik, intonasi yang maksimal, subhanallah, tunggu sedetik aja, langsung heboh mendekat kesaya, memperkatikan saya, dan jika selesai, dia bilang 'buku ini lagi bund' padahal bukunya juga berjudul 'aku pandai berterima kasih' hahaha dan seketika itu zaf yang memang tidak suka suara saya keras berkata : 'gak usah marah-marah bund' hahaha, serba salahnya saya ini :D tapi dengan ini saya jadi tertantang untuk lebih mencari cara belajar ruby ini.

#tantangan_hari_ke_7
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisa 
 
Lubnah Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar