Top Social

Menyapih dengan Cinta (bag.2)

5 Januari 2018

Asslamualaikum

Hari ini saya sempat telat lagi untuk menulis tantangan game level 3, niat untuk komit bukan hal yang mudah ternyata, ditambah jadwal yang berantakan gegara Ruby yang lagi nyapih rewel diawal tidur dan selalu terbangun di tengah malam, menemani dia rewel yang kadang 1 sampai 1,5 jam belum ajak ngobrol dia dan menemani baca buku yang itu sudah hampir shubuh, Subhanallah....

Hari ini tepat 3 malam dan 3 hari Ruby di sapih, tak ada perubahan rewelnya, yang saya kira menurut pengalaman teman-teman hanya berlangsung 2-3 malam setelahnya anak ini sudah lupa dan kembali tidur nyenyak tidak dengan nenen lagi. Saya yang masih 3 malam masih menunggu itu, selalu terpikir semoga besok sudah tidak demikian.

Hari ini dengan bangun pagi yang bablas, 05.30 semenjak nyapih ruby, jadwal tidur kami sekeluarga berubah. Dan ketika bangun ruby itu selalu nangis, aku yang pas bangun tanpa melihat amukan ruby saya dan suami segera sholat shubuh. setelah itu saya menyiapkan urusan domestik pagi hari dan suami membujuk ruby agar bisa digendong dengan ayahnya. Tapi ayahnya selalu gagal, ruby mau digendong ketika perasaannya sudah enak kembali, dan ayahnya dengan sigap menggendong dan mengajak keluar jalan-jalan pagi tapi itu membutuhkan waktu 30 menit lamanya..


B : Bubun
R : Ruby

Ketika saya mendengar bujukan ayah sepertinya tidak berhasil dan amukan ruby semakin menjadi, sayapun turun tangan.

B: Mau bubun Gendong?
R : 'Langsung lari ke pelukan saya, yang sepertinya dari tadi dia menunggunya' dan berkata : Nenen!!'
B : Lah kan nenennya sudah selesai, sudah 2 tahun, minumnya diganti dengan gelas! (kata-kata pamungkas saya dari awal sounding, sampai zaf ayahnyapun hafal hahaha saking seringnya diucapkan, dan sekalian mereka membantu untuk berkata ke ruby)
R : 'Rewel.... Ngamuk... Tantrum...'
B : Mau minum teh gak? Minum susu? Minum Air putih?
R : 'Rewel.... Ngamuk... Tantrum...'
B : Ohhh, atau mau baca buku gak?
R : 'Rewel.... Ngamuk... Tantrum...'
B : 'Mengambil mainan kesukaannya' Bagaimana kalau kita main sama-sama yuk'
R : 'Rewel.... Ngamuk... Tantrum...'
B : Mau makan nasi sayang? Roti? Kue? Donat?
R : 'Rewel.... Ngamuk... Tantrum...'

Bujukan Rayu sudah keluar, tapi karena menjelang 4 hari saya sudah tau kebiasaan anak saya ini, jika tantrum gitu apapun yang saya sampaikan tidak masuk dan tidak akan berhasil, saya kadang hanya melihat dan menemani dia melepas emosi dia, saya berusa ikut dalam emosi dia, 2 tahun lamanya dia bersama nenennya, dan sekarang sudah gak lagi, bagi ruby itu sangat menyiksa, menyiksa banget dan itu yang saya coba rasakan. Dan dalam kondisi demikian suami hanya bisa mengelus-ngelus pundak dan rambut saya, kadang memeluk dan itu cukup membuat saya kembali tenang dan tenaga bisa kembali pulih lagi.

Dan ketika Ruby suasana hatinya sudah bisa reda biasanya dia mengutarakan pertanyaan, nah itu saya langsung sambut dengan gembira dan langsung menawarkan minuman, karena saya yakin amukan itu sudah membuat dia sangat haus, dan langsung 1 gelas air putih habis tanpa tersisa sedikitpun.

B : 'Haus ki nak?'
R : Iee Bund.
B : Sudah enak perasaannya? Sudah Tidak Marah-marah lagi?
R : Sudah Bund.
B : Bubun senang kalau ruby Marah sebaiknya diucapkan apa maunya, supaya bubun mengerti kalau Ruby menangis sambil tendang-tendang bubun jadi dak mengerti apa maunya ruby.
R : Ie bund, Ruby dak marah-marahji
B : (keselllll, jadi tadi apaji nak hahahha)

Begitu juga kalau terbangun dari tidur siang dan tidur malam, betapa mengeluarkan emosi lebih baik ruby, saya, suami dan kadang zaf yang terganggu tidurnya, dan untuk move on dari rewel itu bisa sampai 2 jam lamanya baru bisa kembali tidur ini untuk kasus di malam hari, kalau siang dia sudah tidak bisa tidur siang lagi yang memang waktu siang sangat sedikit.
 
Ahh Ruby sayang, Bubun masih menunggu kapan waktu yang siap untuk kamu bisa lepas dari kebiasaan nenen sayang yah..

#tantangan_hari_ke_2
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisa

Waalaikum salam,
Lubnah Lukman
Seorang bubun yang memulai nyapih kembali

Post Comment
Posting Komentar

Auto Post Signature