Top Social

Pengamatan Kacang Hijau (2)

6 Februari 2018

Assalamualaikum,

Alhamdulillah sampai ke hari 7 memang kesimpulannya masih ke audio-visual tapi entah dia bisa juga kinestetik karena salah satu ciri kinestetik adalah 'Menyukai pelajaran yang berhubungan dengan praktik langsung' Nah zaf tuh tipikal ini banget, tapi tergantung praktik apa sih juga, kalau tentang praktik uji coba untuk mendapatkan hasil pengetahuan dia kurang berbinar tapi kalau praktik langsung, anggaplah kenapa air meluncur dari tempat tinggi menuju ke tempat rendah, atau kenapa piring kaca sangat berat ketimbang piring plastik, bisa dia dapat saat dia lagi mencuci piring, pengetahuan-pengetahuan yang tak disengaja yang ia dapatkan, dan itu dia dapat dan suka melakukannya jika mengerjakan pekerjaan sesuai kehidupan nyatanya. Tapi tentang gerak, zaf memang gak terlalu banyak gerak dibanding adeknya yang dominan kinestetik, 80% harinya dilewatkan dengan bergerak, kakak zaf ini tipikal memperhatikan, tapi kalau gini bisa jadi visual kali yah yang dominan, ahh makin seru ini tantangan karena semakin tertantang dan penasaran jadinya.

Nah hari ini kegiatan utama kita adalah menyiram kacang hijau yang kemarin kita tanam di atas kapas yang basah, Zaf senang ini karena ketika saya meminta tolong untuk mengambil corong bebeknya untuk menyiram kacang hijau, sontak semangat dan langsung mengisi air, lalu menyiramkannya di wadah plastik itu yang berisi air, hasil pengamatan kita kacang hijau belum mengeluarkan akar atau tepatnya belum berkembang (ahh, semoga ada hasilnya besok yah) karena menyiram tanaman dan penjelasan sedikit hanya memerlukan 15 menit, akhirnya menyiram kacang hijau berlanjut ke menyiram seluruh tanaman yang ada di halaman depan hahaha

Nah, kalau sudah berhubungan tentang air dia senang kali, kadang disitu saya memberikan informasi atau menyinggung zaf dengan sebuah pertanyaan, yang bisa mengalir ceritanya, entah itu pengenalan tanamanya padahal setiap hari saya menjelasknannya tapi dia tetap bertanya hahaha, tentang air, tentang rumput tentang binatang ulat jika ada di tanaman, kupu-kupu atau tawon atau sekedar angin yang kencang, kebetulan batam lagi panas-panasnya tapi anginya kencaaaaangggg banget. 



Setelah kegiatan luar, zaf dan ruby menemani saya ke pasar, dia sangat senang untuk diajak jalan-jalan dan mengeksplor apa yang dia kunjungi, tapi zaf suka kalau perginya di pasar bersih bukan suparmarket tapi ini karena pasar di kompleks jadi selalu rapi dan bersih, tapi jika kita pergi ke pasar basah, ahh butuh rayuan yang banyak, itupun mau pergi kalau sama ayahnya dan hanya sampai di bagian sayur dan buah, masuk ke dalam daerah ikan dan daging dia selalu menolak, bau katanya. Sampai pernah dia keringat dingin menanhan nafasnya karena ayahnya ajak ke bagian ikan, saking ayahnya mau zaf melihat kondisi di luar zona nyaman dia. Setelah zaf keringat dingin itu palingan jika kita ke pasar basah ayahnya sampai di penjual sayur dan buah, itulah makanya dia gak mau pergi sendirian sama saya, mau-gakmau dia pasti ikut saya membeli ikan dari pada ditinggal sendiri hahaha

Setelah ke pasar, kami kembali ke rumah untuk melanjutkan aktifitas, zaf langusng menuju rak bukunya, dan saya memasak sebentar, setelah saya bebsa dari pekerjaan domestik, zaf saya ajak mengerjakan/mengambarkan segitiga, lingkaran dan segi empat, menghubungan titik demi titik sampai mendapatkan gambar yang diinginkan, setelah itu habis selalu lanjut menulis alphabet, dia senang sekali menulis huruf-huruf, angka, huruf hijaiyyah, biarpun menulisnya di kertas tapi tulisan yng tertumpuk-tumpuk, tapi disini aku mikir, visual itu selalu terlihat rapi atau senang dengan kerapihan, melihat zaf yang menulis menumpuk-numpuk gitu udah gak jelas hurufnya, di satu titik dan saling menumpuk hahaha, atau karena zaf belum paham atau gimana yah, secara usianya baru 4 tahun.

Ahh, semoga hari selanjutnya semakin jelas anak saya tipikal pembelajar bagaimana, masih meng-observasi, saya belajar, anak-anakpun belajar, semoga kita dimudahkan, Aminn Yaa Rabbi.






#harike7
#Tantangan10hari
#Game Level4
#Gayabelajaranak
#KuliahBundsayIIP
 
Lubnah Lukman
1 komentar on "Pengamatan Kacang Hijau (2)"
  1. Nah memang bingung kan mbak. Sama, Aal pun audio-visual.. tp pengamatan bbrp hr ini dg seksama juga lbh pada visual malah. Pdhl awalnya berat ke auditori...wkwkwk

    BalasHapus

Auto Post Signature