Top Social

Pohon Literasi Zafran

1 Maret 2018

Assalamualaikum,

Alhamdulillah untuk materi kuliah bunda sayang IIP sudah masuk ke materi dan tantangan ke-5 mengenai 'Menstimulasi Anak Suka Membaca' berangkali dalam 5 materi ini yang bikin semangat itu materi ini hihi, sebelumnya materi mengetahui cara belajar anak sudah memicu adrenalin dan itu saya memang sangat butuh yang kemarin sempat lesu dengan tantangan yang kadang susah atur ritmenya sekarang alhamdulillah sudah mengetahui celah bagaimana menyikapi persoalan kegiatan dan waktu posting. Bismillah.

Tentang Ritual membaca memang saya sudah hadirkan sejak zaf nol tahun, hobi saya memang senang berbelanja buku ke timbang skincare :D apalagi sekarang buku yang saya beli sudah kebanyakan buku untuk anak-anak, awalnya senang dan pengen menghadirkan perpustakaan kecil buat zafruby, jangka panjangnya buat teman-teman dan lingkungan sekitar, terutama akses mudah untuk mereka ambil melebihi kemudahan jika mereka mengambil handphone atau remote tv (tapi untuk kedua itu bukan mereka gak mau, memang gak ada dan saya memang tidak berikan) jadi pilihan bermain mereka memang hanya buku atau mainan ataunya lagi tubuh ibu-ayahnya untuk main pesawat-pesawat atau ayunan hahaha

Karena itu tantangan kali ini saya bikin sedikit menantang, saya memilih membuat pohon via digital, banyak pertimbangan salahsatunya media rumah yang kecil dan bukan rumah kami, penempatannya tak tau kami simpan di mana :D karena pohonnya via digital saya menginformasikan ke anak-anak sekedarnya tentang tugas bubun untuk membuat pohon literasi tapi yang saya tekankan ke anak-anak, dalam kurun 15 hari ini, bubun bikin 'pemetaan tema bacaan', karena kegiatan zaf-ruby hari-harinya kebanyakan memang bermain bersama buku, jadi tidak mungkin saya fokuskan ke tema hari ini saja tapi setidaknya saya bisa membaca + berdiskusi tentang anak-anak yang menyangkut tema hari ini.


Karena saya memiliki target minimal 15 hari menyelesaikan tantangan ini sayapun membagi 3 tema, 5 hari untuk tema Tauhid dan Adab, 5 Hari untuk Tema Konsep Anggota Tubuh, dan 5 hari selanjutnya bertema Teknologi. Jadi setiap hari tugas saya bukan hanya menjadi teladan (Bacaan saya dibahas dibawah :D) tapi juga  mencari buku-buku dari perpustakaan mereka tentang tema dan isi diskusi tiap harinya.
Family Reading Time

Yang biasanya paling wajib selalu ada waktu untuk membacakan mereka itu saat sebelum tidur siang (yang bacakan saya) dan menjelang tidur malam (ini tugas ayahnya) nah disini saya mengambil buku sesuai tema yang saya tentukan tiap harinya dan saya sudah diskusikan bareng suami dan zafran. Setelah itu bebas zaf mau dibacakan buku apa terserah.

Pohon Literasi Zafran 


Pohon Literasi zaf saya akan buat sebanyak 3 sesuai tema yang saya tentukan, Tauhid dan Adab, Konsep Anggota Tubuh, dan Teknologi. 

Hari Ini kami membaca buku pinjaman dari Ummi Rika, Yaitu Buku Aku Cinta Islam 'Tauhid" Seri 1, mengapa saya mengambil ini menjadi yang pertama saya ajarkan ke zaf adalah saya mengharapkan bisa menanamkan dasar-dasar dan pondasi keimanan yang benar dan kokoh sejak dini sehingga tumbuh dari diri zaf dan ruby kecintaannya kepada Allah dan Rasul-Nya, Tumbuh rasa takut dan harapannya hanya kepada Allah dan Bertawakkal hanya kepada-Nya. Insya Allah dalam membaca dan kami saling berdiskusi zaf-ruby bisa memetik hikmah dari setiap yang kami sampaikan lewat buku ini. Sesuai dengan Pelajaran Pertama yang mereka angkat adalah 'Beramal Hanya Untuk Allah', yang dikisahkan oleh Sahabat Rasulullah yang bernama Umar Bin Khaththab berkata : Saya Mendengar Rasulullah, bersabda : "Sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung Niatnya, setiap orang hanya akan mendapatkan balasan sesuai dengan niatnya..." Jadi bisa saya sampaikan ke zaf adalah setiap perbuatan berdasar dan berawal pada niat, Niat hanya Kepada Allah SWT, jika bukan kepada Allah maka kita tidak akan mendapat pahala bahkan dosa, konsep pahala zaf sudah saya berikan begitupun dosa, tapi sebanyak mungkin saya mengangkat bahasan pahala, sebanyak-banyak pahala kita akan masuk ke Surga. 

Dengan banyak buku dan berawal dari pelajaran pertama tentang tauhid dan Aqidah, dari sini juga bukan cuman zaf yang belajar dasar semua ini sebenarnya saya yang belajar dari pertanyaan-pertanyaan zaf yang diluar nalar. yah begitulah anak-anak, pemikiran mereka belum ada batasan, tapi dari situ ternyata masih banyak yang saya belum pahami.

Semoga dari sini bukan hanya daun dari pohon literasi yang kita harus siram supaya pohon kita akan rindang, tetapi ada makna dari setiap bacaan yang kita baca agak tidak menjadi perbuatan yang sia-sia. Amin
 

Buku Bubun

Hampir setahun lebih saya membeli buku ini dan belum pernah saya baca sedikitpun, ini adalah buku pegangan Pengajaran Anak-anak Islam, karena saya adalah guru atau teladan buat anak-anak dalam mengajarkan hal dasar ini otomatis ini salah satu pegangan saya untuk mengajarkan mereka jadi terarah menuju pencapaian misi visi keluarga kami. Nah untuk Hari ini saya membaca tentang Bab Aqidah, Dimana yang saya pahami adalah pelajaran Aqidah adalah pelajaran tertinggi, terpenting dan termulia dari semua pelajaran yang ada. karena kemuliaan dan ketinggian suatu pelajaran tergantung dari apa yang dipelajarinya tentang Dzat yang Maha Agung dan Maha Mulia , Maha Sempurna dan Maha Tinggi Kedudukannya.
Pas dengan bacaan zaf tentang tauhid, sayapun sebenarnya harus banyak membaca tentang literasi ketuhanan, kadang banyak juga pertanyaan-pertanyaan zaf yang saya kadang tidak tahu bagaimana menjelaskan secara sederhana dan takut salah menjelaskan kepada anak-anak, tingkat kepahaman mereka berbeda-beda dengan kita. Bismillah yah.

Cukup cerita kita hari pertama semoga saya bisa terus menggali makna lewat bacaan-bacaan saya dan zafruby, bisa banyak membuat daun-daun untuk memenuhi pohon literasi kita bersama, dan semoga cerita yang akan diposting tiap hari di blog saya bisa sesuai dengan waktunya. Amin.

Hari Selanjutnya saya juga pengen membuat pohon litasi sungguhan yang zaf juga ikut menempel, tapi sampai sekarang belum dapat ide. :D

#gamelevel5
#tantangan10hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Lubnah Lukman
Post Comment
Posting Komentar

Auto Post Signature