Top Social

Belajar Matematika dengan Mengenal Pola Geometri

2 April 2018

Assalamualaikum,

Mumpung hari ini zaf lagi senang-senangnya dirumah, diajak keluar maunya dirumah aja baca buku, diajak jalan-jalan di kompleks sambil naik sepeda tapi zafnya mau aja di rumah, di ajak dengan menggunakan bola pun dia hanya mau dirumah, sayapun heran 'Kenapa zaf? Baik?' tanyaku heran. 'Baik bund!' jawab sekenanya sambil tatapannya hanya di buku. Ohh iaa lupa kalau kemarin datang buku barunya dan sekarang dia lagi semangat-semangatnya untuk eksplor buku baru dia.

Malamnya dia berangkali udah bosen baca buku, diapun datang bertanya 'kita ngapain nih bund? kita main apa ini bund' tanyanya berbinar. 'Kita gunting-gunting kertas yuk buat lingkaran, segitiga, dan segi empat lalu ditempel dikertas mau tak?' jawabku juga berbinar. Refleks langsung saya mengambil gunting dan zaf mengambil kertas.

'ini warna merah bund, buat segi empat yah?

'oke sayang'

'Gimana caranya bund?'

'Bubun contohin yah, liat' sambil saya mempraktekkan melipat dan menggunting semudah mungkin dia mencontohkan.

Dan setelah itu dia melanjutkan.

untuk lingkaran saya yang mengguntingnya. setelah semua bahan selesai. sayapun mengambil kertas dan membuat pola.

'Bubun contohkan satu kali yah, lalu zaf lanjutkan yah.'

'siap bund.'

'Nah selesai, sekarang zaf,'

dan hanya sekali saya mencontohkan dengan refleks dia juga mengikut pola yang sama tanpa bertanya apakah benar atau salah, selesai baru berkata.

'Selesai bund, gimana?'

'oke sayang, good job'

Menurut dia menyenangkan kali yah dengan mengikut pola yang sama, warna yang beruntun dan tanpa beban seperti bermain tapi belajar, belajar tapi bermain. gak sadar malah kita buatnya sampai 7 lembar. gak sadar sudah lewat jam malam, sayapun mengakhiri dengan mengajak anak-anak beberes. Beberespun tetap pakai pola zaf pun yang inisiatif.



'Bund giman jika kita bereskan kertas yang warna merah dulu, baru itu merah muda, lalu biru?'

'Okeeee! semangattttttt!!' Jawabkuuuu senang biarpun yang lebih banyak beresinnya saya anak-anak yang banyak mainnya hahaha




#Tantangan10hari
#level6
#KuliahBundsayIIP
#MathAroundUs
Wassalamu' alaikum
Lubnah Lukman
Yang juga masih belajar Math yang menyenangkan
Post Comment
Posting Komentar

Auto Post Signature