Top Social

Tips & Trik Menyimpan Cabe di Kulkas

23 April 2018

Assalamualaikum,

Ada yang pencinta rasa pedas gak? Ngacung.

Ada yang gak bisa makan tanpa cabe? Ngacung.

Ada yang berasa aneh kalau gak ke pasar gak beli cabe? Ngacung.

Ada yang malah gak masak kalau gak ada cabe? Ngacung.

Perasaan saya semua yah yang ngacung hahaha, kalau ada teman alhamdulillah kita samaan dan jangan lupa kita toss dulu, toss rasa cabe :D berbicara tentang cabe memang gak ada habisnya, cabe bagi saya seperti mandi tanpa sabun, saking wajibnya itu harus ada minimal kalau memang lagi malas ngulek, saya ambil piring ambil 2 biji cabe rawit kalau di batam namanya cabe setan, tekan-tekan cabenya menggunakan sendok setelah remuk (hancur) tambahin sedikit cuka atau jeruk nipis jika ada lalu tambah sedikit garam, yummyyyyyyy, ini biar disuguhin sama nasi putih panas plus tempe gorengpun sangat lahap.

Kenikmatan cabe kadang pudar jika kita berbicara sedikit tentang harganya, yang harga cabe memang kadang tidak senikmat rasanya, kalau saya, kadang tidak membeli sedikit-sedikit, memang saya beli langsung kiloan, apalagi untuk cabe besar, khusus di batam saya hanya dapat di pasar mitra, pasar kebanyakan malah susah di dapat, bahkan disupermarket juga jarang saya dapatkan. Makanya jika membeli sedikit rugi doung dengan uang transportasi kita ke sana, jangan memikirkan uang cabenya aja tapi akses transportasi juga kita perhitungkan. Dan memang menurut pengalaman lebih murah jika kita membeli langsung banyak ketimbang beli sedikit-sedikit menurut kebutuhan. Dan takutnya juga jika kita kehabisan dan stock cabe gak ada, sedih banget itu, kalau saya diposisi demikian saya menolak untuk makan :D


Karena saya membeli memang langsung banyak otomatis saya memikirkan cara cabe itu bertahan sampai habis, karena bagaimanapun saya gak mungkin menghabiskan sekali masak, karena dirumah penikmat cabe itu baru saya dan suami sedangkan anak-anak belum merasakan nikmatnya cabe jadi jika saya beli sekantong besar untuk supaya saya gak rugi karena membuang efek cabe saya membusuk karena kelamaaan dikulkas, saya mau membagi tips dan trik yang saya lakukan setiap menyimpan cabe.

Bahannya :
Wadah sesuai kebutuhan dan jenis cabe
Bawang Putih yang sudah di kupas
Tissue





Caranya :
Karena saya sering membeli 3 jenis cabe yaitu cabe besar, cabe keriting, dan cabe rawit/setan, jadi saya menyediakan 3 wadah. 

Usahakan wadahnya kering.

Cabenya jangan dilepas tangkainya dan jangan dicuci, dicuci jika sudah ingin dipakai.

Setelah itu ditata tiap baris tutup dengan sehelai tissue, begitu seterusnya.

Jangan lupa 2 siung bawang putih yang sudah dikupas kulitnya di sebar di bagian wadah, kalau saya sudut-sudut di lapisan tengah.

Setelah itu wadah ditutup. dan simpan di bagian kulkas bawah.

Jika ingin dipakai, ambil lalu cuci.

Insyaa allah bisa bertahan lama dan segar tanpa layu sedikitpun.

Selamat mencoba, dan jangan lupa sharing yah jika uji cobanya berhasil.

Lubnah Lukman
Penikmat cabe nomor satu di rumah :D

 


11 komentar on "Tips & Trik Menyimpan Cabe di Kulkas"
  1. Ini expirednyaa berapa lama mba? Aman ya ga perlu masuk freezer

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sampai satu bulan mbak moniq...

      Hapus
  2. wah mantap ini trik nya.
    kereeen.

    btw cabe merah yang gede itu pedes ya ?
    rasanya kok cuma formalitas aja pake itu cabe godam.
    wkwkwkkw

    BalasHapus
  3. Emak emak wajib tahu tips ini. Biar gak membazirkan nasib cabe

    BalasHapus
  4. Wah mantap nih tips nya. Meskipun kami bukan pecinta cabai tapi bisa juga dicoba nih. Karena beberapa kali beli cabai berakhir mengering di kulkas atau busuk (efek masak jarang pakai banyak cabe). Padahal harganya lumayan mehong. Kalau nggak ada stok kadang celingukan juga cari-cari. Alternatifnya, sekarang di rumah tanam pohon cabai untuk jaga-jaga. Dua pohon aja cukup. Satu pohon cabai besar satu lagi cabai setan. Hihihi...

    BalasHapus
  5. Sayeeee kalo makan wajib pedas baru lahap wkkwk, asik nih Tips nya mantapp kak

    BalasHapus
  6. Saya juga "kadang" suka pedas. ada pengalaman simpan cabe di kulkas,warga kulkas yg lain pada protes karena ikut kepedasan. Hehe...

    BalasHapus
  7. wah tips menyimpan cabe yang menarik banget nih ... cuma sayang banget ... aku tidak terlalu suka makan cabe ... hehehe

    BalasHapus
  8. Wow.. baru tahu.. thanks tipsnya mba Lubnah.

    Btw, aku juga taruh bawang putih (nggak perlu dikupas) ke wadah penyimpanan beras. Berhasil banget ngusir kutu beras.. :))

    BalasHapus
  9. Kok tipsnyq sama dengan ibuku ya kak...

    BalasHapus
  10. Trims mbk Unna, tips nya manfaat bgt

    BalasHapus

Auto Post Signature