Cooking Class di Rumah :D

13.47

Assalamualaikum,

Sudah lama tidak menulis tantangan karena ada kegiatan lain yang kadang untuk nulis butuh perjuangan hehehe pulang kampung memang membuat rutinitas setiap hari selalu tiba-tiba dan mendadak ada-ada saja yang kita harus lakukan yang tentunya menyusuaikan waktu dan kondisi anak-anak. Dan hari kemarin adalah kembali normal karena urusan telah selesai, otomatis sayapun bisa menciptakan kegiatan bareng anak-anak lagi.
 
Terkadang memang anak membuat kejutan selalu setiap harinya, entah kejutan yang membuat kita harus ber-elus-elus dada bahkan kadang kita harus meninggalkan mereka sebentar agar emosi ini bisa hilang sama dengan hilangnya kita :D atau kadang seperti hari kemarin, zaf yang tidak suka bermain play doh, lego atau permainan yang membutuhkan ketelatenan tangan, dia suka tapi gak terlalu antusias palingan hanya sekali mencoba setelah itu tidak lagi. 

Tapi beda hari ini, di rumah sudah memulai membuat kue kering hidangan lebaran, zaf yang kala itu ada disekitaran dapur dan ruang makan ketika orang rumah pada sibuk untuk membuat kue, dan tiba-tiba mulai percakapan,

'Bund apa kita bikin?' Tanyanya yang selalu antusias

'Ini bantu ummi bikin kue nak, zaf mau ikutan tak?' sayapun yang selalu mencoba untuk menawarkan dia kegiatan yang hati kecil saya kadang mengetahui bahwa dia akan menolak ini.

'Boleh bund, sini zaf cetak, baru disimpan dimana bun?' Sayapun yang terkejut atas responnya dengan semangat menjawab dan memberikan dia jalan dan tempat duduk.

'Di sini nak, cetakannya  disimpan diadonan lalu ditekan yah.' Saya menjelaskan sambil memperlihatkan contohnya.

'Begini bund? mana lagi bund' Tanyanya penuh rasa ingin tau

Memang tidak sempurna hasil dari kerjaan zaf kali ini, tapi tak mengapa saya malah sangat bersyukur dia tetiba mau untuk mau membuat kue, terutama adonan ini yang otomatis latihan untuk motorik kasar dan halusnya bisa terus diasah, dan setelah adonan semua sudah dicetak dan dia tempatkan di talang, diapun lalu mengatakan,

'Bund, dibawa ke oven yah?'

Kala itu oven belum naik ke atas kompor jadi sayapun tak segan-segan mempersilahkan dia untuk mengabulkan permintaannya, setelah dia memasukkantalang ke oven, diapun melanjutkan lagi untuk mencetak adonan. Ahh zaf kali ini bubun sangat terkejut dengan tindakan zaf kali ini, karena waktu itu orang rumah belum selesai membuat kue tapi waktu tidur siang sudah tiba, sayapun meminta tolong untuk menyudahi dan naik ke kamar untuk tidur siang.

Seperti biasa pengantar tidur anak-anak adalah membaca buku, bercerita dan berdoa, setelah itu sayapun berkata sama zaf,

'Zaf bubun senang sekali hari ini, zaf bisa meluangkan waktunya dan membantu bubun dan ummi untuk membuat kue, terima kasih atas kemauan dan usaha kamu nak, nanti kita bikin kue lagi jika zaf sangat menikmati yah :D' 

Berakhir dengan memeluk anak saya, anak yang selalu menjadi tempat saya untuk selalu belajar untuk senantiasa terus belajar dan melatih kesabara.
Saya sedikit memberikan tips untuk teman-teman yang berangkali ada dari anak kita yang hanya menyukai beberapa kegiatan atau satu kegiatan seperti zaf,

1. Dimohonkan untuk tidak memaksa untuk selalu ikut berkegiatan yang baru atau bahkan pernah ditawarkan lalu belum mau untuk mengikut. Ada waktu dia akan mencoba atas dasar kemauan dia.

2. Tapi selalu tawarkan untuk berkegiatan, jikalau dia tetap tidak mau kegiatan itu bisa diteruskan bareng adiknya tapi sebelum itu tawarkan kegiatan lain sambil kita menyelesaikan kegiatan yang pertama kita tawarkan. Disini saya memberikan contoh jika setiap apa yang kita ambil keputusan dalam mengerjakan, mau tidak mau kita harus menyelesaikan kegiatan tersebut sebelum pindah ke kegiatan lain.

3. Buat kegiatan itu menarik dan heboh hehehe, ini supaya dia melirik bahkan akhirnya dia bertanya dan ikut mencoba.

4. Jika berkegiatan dengan anak, fokus dampingi mereka, jangan disambi dengan pekerjaan rumah atau kegiatan lagi terlebih jika ada hanphone ditangan kita. Ini merusak konsentrasi anak bahkan anak bisa menganggap kita tak menghargai usaha mereka.

5. Jika mereka sudah bosan, tanyakan alasan dan langsung hentikan, jangan memaksa anak untuk menyelesaikan, dikhawatirkan untuk selanjutnya dia tak mau mencoba lagi.

6. Setelah dihentikan, bunda bisa mencoba menyelesaikan kegiatan itu sambil mereka tetap didekat bunda. 

7. Libatkan dia dari proses awal sampai akhir jika mereka tidak bosan

Berangkali ini sedikit tips saya buat para bunda dalam berkegiatan bersama anak-anak di rumah.




#semuanakadalahbintang
#kelasbundasayang
#Institutibuprofesional

Lubnah Lukman



You Might Also Like

0 komentar