Top Social

Zaf dan puzzle kayu

22 Mei 2018

Assalamualaikum

Pernah gak sih, ibu-ibu yang baca ini sangat berbinar ketika, anak kita yang sebenarnya kita harapkan suka dengan rutinitas itu tapi dia gak berbinar tapi suatu hari tanpa disuruh dia langsung mau dan ikut aktif? Yah, hari ini saya mengalami hal demikian, betapa senangnya saya biarpun itu gak berlangsung lama tapi tetiba tanpa disuruh dia langsung menawarkan bantuan, ahhhh:))

Yah, zaf memang gak berbinar ketika permainan itu berkaitan dengan korelasi tangan, entah menggambar, menulis (tapi ini masih bisa diarahkan da kadang juga suka), playdoh, lego, berkebun, lego itu dia tak terlalu menikmati, hanya sekali coba selesai. Tapi saya tetap mengenalkan karena kebalikan dari zaf, adiknya ruby itu sangat menggila yang demikian, jadi jika zaf sibuk dengan bukunya, kadang saya dan ruby lagi bermain playdoh atau lego pasti dianya nimbrung, lagi ngapain bund?’ tanyanya. ‘bubun lagi main playdoh nak’ jawabku cepat. ‘ohh zaf mau baca buku aja’ jawabnya ketika tak tertarik dan ketika mulai tertarik ‘Zafran mana?’ mencoba sekali, sudah itu selesain. ‘Bubun aja yang selesein’ katanya singkat. 

Sama dengan hari ini, Ketika kami bikin puzzle kayu saya yang kala itu hanya bermain dengan ruby, zafran seperti biasa sibuk dengan bacaannya, karena demikian sayapun tak mengajaknya, karena pasti jawabannya ‘Bubun aja sama adek’ tapi tiba-tiba dating menghampiri saya menawarkan sesuatu ‘apa dibikin bund? Zafran mana?’ dengan secepat saya memberikan bagian yang bisa kira-kira dia kerjakan, hehehe


Dan istimewanya dia mengerjakan sampai selesai biarpun tetap akhirnya saya yang selesaikan, tapi itu sangat menakjubkan bagi saya ketika dia ikut bermain sama kita dengan aktifitas yang jarang dia mau lakukan. Saya tidak tau alasan dia apa sampai mau ikutan, entah baca bukunya selesai atau sudah bosan dengan aktifitasnya, tapi dengan itu saya jadi penasaran untuk mengalihkan dia dengan beraktifitas lain selain baca buku.

Kemarin dia sangat antusias dengan menyusun puzzle itu menjadi sebuah rumah, dan langsung lelah ketika melihat bangunannya langsung roboh ditimpa ruby hahaha, zaf bisa jadi penuh dengan keteraturan, dia berfikir secara kompleks dan teratur, dia selalu bertanya setelah ini apalagi bund, kalau sudah ini apalagi bund, jika ada dalam sebuah rencana hancur kadang itu yang membuatnya langsung tak bersemangat, padahal setelah itu saya mengajaknya lagi untuk membuat ulang, tapi dia tetap gak mau. Sampai disini, saya tidak mau memaksanya, takut ada trauma jika saya memaksa nanti dikemudian hari dianya tak mau ikut lagi.

Dengan puzzle susunan gambar dia sangat berbinar sebenarnya, tapi puzzle bangunan ini memang baru ada dalam project kita, ada mainan baru yang saya temukan di makassar yang bisa dieksekusi dalam keterbatasan mainan dia, makanya bisa jadi dia sangat penasaran untuk membuatnya




#semuanakadalahbintang
#kelasbundasayang
#Institutibuprofesional

Lubnah Lukman
'
Post Comment
Posting Komentar

Auto Post Signature