Zaf yang Mandiri

02.40




Assalamualaikum,

Alhamdulillah hari ini sudah masuk hari ke 8 bulan Ramadhan dan masuk ke hari 6 buat saya untuk menyelesaikan tugas bunda sayang, untuk tugas kali ini memang berbeda bagi saya, yang biasanya saya membuat konsep minimal hari 1 sampai di hari ke-10 agar saya gak kelimpungan dan habis bahan untuk kegiatannya, tapi untuk tugas ini karena saya pulang kampong ke Makassar dengan mendadak perlengkapan permainanpun tidak saya bawa hanya beberapa buku bacaan, maka untuk tugas ini saya mengambil secara alamiah aja, perilaku-perilaku zaf yang selalu buat saya selalu ingin memeluk dia dan mengucapkan terima kasih.

Zafran dari awal memang cukup mandiri bagi saya termasuk cara belajarnya, contohnya ketika berenang, karena memang saya berniat menyekolahkan dirumah, zaf yang sangat suka berenang saya berniat untuk memberikan pengajaran yang lebih ekstra mengenai renang, sayapun inisiatif menanyakan ke zaf bagaimana jika bubun dan ayah mengikutkan zaf untuk les berenang, diapun tidak mau, dia hanya butuh bubun sama ayah saja tidak mau orang lain, jadi setiap kita berenang pasti bergantian memberikan pengajaran seadanya untuk zaf, dan kejutaannya ketika kita istirahat dipinggir kolam, zaf yang selalu berada di kolam sedang belajar sendiri, mencari teman seumuran dia, dan sama-sama belajar, hehehe, pulang dari setiap berenang pasti ada perkembangan dalam renangnya. Yah begitu zaf, tipikal senang belajar sendiri tanpa bantuan, saat ini hanya saya dan ayahnya yang zaf percaya dan gak mau jika kita masukkan sekolah, pengetahuan-pengetahuan pun dia dapat dari buku yang zaf baca sendiri.  Termasuk kegiatan membaca, zaf bisa mahir sendiri tanpa arahan saya dan ayahnya apalagi orang lain. Satu yang saya belajar dari zaf, jika kita mau dan tak bisa melakukan, kita akan cari tahu dengan perjuangan maksimal, yakin dan percaya akan bisa, hasil tak akan membohongi.


Sama dengan kegiatan keseharian dia, zaf yang hari ini mandi, sikat gigi dan cebok sendiri, lalu makan dan membuat susu sendiri, setelah itu membawa piring dan gelasnya ke tempat cuci piring sendiri, jika di batam dia akan mencuci sendiri, hanya karena di Makassar yang memang westafelnya sangat tinggi yang dia gak sanggup gapai. Zaf memang sangat berbinar jika diberikan kerjaan rumah, zaf seperti bermain, contohnya jika dia disuruh mandi atau cuci piring, zaf bisa bermain air. Tapi proses menjadi semahir sekarang itu prosesnya lumayan menguran tenaga, waktu dan emosi hahahaha, tapi Alhamdulillah, makin kesini sudah bisa sempurna dalam mandi dan cuci piring.

Yah, berangkali anak-anak senang untuk diberikan kepercayaan sepenuhnya, biarpun memang kita sudah berkali-kali mengatakan untuk menghemat air dan sabun, termasuk untuk memberikan contoh, alah bisa karena terbiasa, terbiasa untuk diberikan kerjaan sehari-hari makanya sekarang udah bisa. Satu yang saya ambil mafaatnya untuk kegiatan kemandirian ini adalah untuk menciptakan kepercayaan dirinya dan menciptakan kegiatan yang berhubungan dengan motoric kasar maupun halusnya, karena memang dia gak suka bermain lego dan playdoh makanya saya memberikan kegiatan beres-beres untuk menggantinya, hehehe

Dan hari ini zaf berkata, ‘bund, zaf udah mandi, mana bajunya?’ setelah memakai baju. Sayapun memeluknya dan berterima kasih dan berkata ‘ Terima kasih sudah bersikap mandiri dan membantu bubun nak, bubun sayang zaf karena usahanya yang kuat untuk melakukannya sendiri’



#semuanakadalahbintang
#kelasbundasayang
#Institutibuprofesional

Lubnah Lukman


You Might Also Like

0 komentar