Family Strategic Planning

16.00


Assalamualaikum,

"Kita ini sudah terlanjur hidup, maka janganlah hidup asal-asalan” kutipan yang pernah saya baca dan membuat saya terdiam beberapa menit, kala itu saya hamil zaf dan sudah resign dari kantor, berkata dalam hati 'apakah tindakan dan keputusan saya sudah benar' pada kala itu karier saya proses menapaki puncak, belum puncak tapi saya sangat bersyukur dengan kondisi berbinarnya saya melakukan kerjaan itu, dalam kondisi saya yang sangat semangatnya untuk kerja tiba-tiba mengambil keputusan untuk mengikuti suami otomatis karier di publik saya tamat. 

Tapi karier dunia-akhirat saya baru dimulai, menjalani proses kerja di rumah yang tak ada lagi jarak (long distance marriage), menanti si buah hati, adalah kerjaan yang baru dan menantang bagi saya, dan saat itu karena keputusan untuk resign sudah selesai, berlanjut ke proses mengatasi hati yang kadang masih galau karena tak ada lagi penghasilan sendiri, menjalani kadang semangat-kadang bosan dengan 24 jam di rumah yang waktu itu belum banyak aktifitas, berfikir bahwa saya gak mau keputusan ini berujung gagal dan berakibat menyesal dengan itu setelah ini saya akan mengerjakan semuanya dengan tidak asal-asalan, biarpun dirumah saya tetap berproduktif minimal saya harus punya karya dan tetap berbagi untuk sekitar.

kebiasaan saya untuk selalu membuat planning dalam tindakan saya itu sangat diketahui suami saya, diluar itu realisasi ataupun tidak :D beda dengan suami yang memang spontan tapi penuh kehati-hatian dan pertimbangan, tapi kesamaan kita adalah senang ngobrol dan pemimpi, makanya kadang setiap kita ngobrol santai sebenarnya ada banyak impian dan komitmen yang tercetus tanpa ada rasa tanggung jawab untuk merealisasikannya. Terpikir bahwa keluarga adalah Tim bukan kerumunan yang ngobrol tanpa rencana, dimana tim seharusnya memiliki goal atau sasaran dan untuk mewujudkan itu harusnya ada upaya yang tidak sekedar dituangkan dimulut tanpa ada usaha untuk mewujudkannya, tapi seharusnya dikaji dan ditulis tujuannya agar ada koreksi baik sementara proses mewujudkan sasaran itu atau setelah menemukan tujuan/sasaran ini ada evaluasi untuk membuat tujuan-tujuan selanjutnya.

Bayangkan jika perusahaan memiliki sasaran disetiap tahunnya, ada tindakan-tindakan untuk mewujudkan sasaran tersebut lalu setelah itu ada evaluasi baik tercapai atau tidaknya sasaran tersebut. Begitupun keluarga bahkan sebenarnya ada perumusan yang lebih detail lagi karena dasar dari semuanya adalah keluarga, kelak pertanggungjawabannya akan dipertanyakan langsung oleh Sang Pencipta.  Tapi bagaimana yah cara merumuskan Family Strategic Planning supaya tepat sasaran sesuai misi-visi keluarga kita?

Alhamdulillah di batam lagi ada acara keren yaitu Workshop Family Strategic Planning yang akan dipandu langsung oleh Founder Institut Ibu Profesional yaitu Ibu Septi Peni Wulandani dan Bapak Dodik Mariyanto, Siapa yang tak mengenal mereka berdua? sepasang suami Istri, yang sang suami adalah seorang konseptor handal yang sangat mampu berkolaborasi bersama sang istri tercinta yang menjadi eksekutor cemerlang untuk dijadikan tim keluarga yang menjadi agen perubahan, sampai akhirnya terciptalah Institut Ibu Profesional, selain itu mereka berhasil mendidik anak-anak mereka sukses diusia masih belia, bukan hanya itu karya mereka berupa Padepokan Margosari, School Lebah Putih,  serta pemilik hak paten Jarimatika dan Abaca Baca. Karena itu semua banyak pasangan diluar sana termasuk saya dan suami sangat memimpikan agar mereka dan kami bisa menjadi keluarga yang gemilang seperti mereka.

Simak cerita lain dari bunda putri tentang Family Strategic Planning




Di workshop ini kalian bisa menanyakan bagaimana membangun satu keluarga layaknya sebuah tim? Langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk membentuk tim yang solid? Apa yang terbayang dalam benak kita? Bagaimana membuat perencanaan sebuah keluarga hingga nantinya keluarga kita siap menjadi agen perubahan yg InsyaAllah akan bermanfaat juga pada lingkungan sekitar bahkan yang lebih luas lagi? apa upaya ketika ditengah jalan semangat untuk mewujudkan FSP tiba-tiba jadi turun atau ada kendala yang diluar kendali kita sebagai pelaksana? bagaimana menyikapi jika sasaran kita tak tercapai dalam kurun waktu yang sudah ditetapkan? dan banyak pertanyaan-pertanyaan lagi yang mungkin para ayah dan bunda pertanyakan. Dan ini kesempatan langka untuk bertemu langsung di batam sama beliau. Belajar langsung pada pakarnya ini solusi terbaik untuk menyusn starategi-strategi rencana yang kita kerjakan bareng keluarga.

Insyaa Allah wokshop ini kaya manfaat, diantaranya, Memantapkan visi dan misi keluarga, Menggali potensi unggul keluarga, Belajar menyusun family strategic planning, Menciptakan suasana pendidikan dalam keluarga yang menyenangkan, pasangan bahagia, anak gembira.

Insyaa Allah Workshop ini akan terselenggara pada hari Minggu, 8 Juli 2018, jam 08.00 - 15.30 WIB bertempat diaula Lantai 4 Kantor Walikota Batam.

Ayokkk para ayah dan bunda jangan sampai kehabisan seatnya karena sangat terbatas dan seminar ini pertama diadakan di batam, untuk pendaftaran atau mengetahui info lebih jelasnya bisa hubungi Bunda Fitri 0811777528

Insyaa Allah ini adalah salah satu upaya untuk menjadikan keluarga kita menemukan visi misinya sendiri dan secara berkesinambungan menemukan visi-misi anak-anak kita. Bismillah.

Sampai Berjumpa di tanggal 8 Juli 2018 yah para Ayah dan Bunda pembelajar :)

#Rumahbelajarmenulisipbatam
#Eventbatam
#ibuprofesionalbatam
#familystrategicplanning
#instituteibuprofesional

Lubnah Lukman
@Mei, 2018

You Might Also Like

8 komentar

  1. Semoga Acaranya berjalan lancar ya mbak ,dan semakin bermanfaat untuk para orang tua.

    BalasHapus
  2. Kalau masih single dan belum berkeluarga boleh join juga gak ya mbak? Soalnya ini ilmunya bagus. Saya tunggu cerita soal workshop ini ya :D

    BalasHapus
  3. Sebelum melangkah dalam membentuk bahtera rumah tangga, sangat butuh yg namanya pondasi yang kuat, termasuk yg sudah berkeluarga, perlu terus disegarkan, termasuk utk masa depan anak2nya

    BalasHapus
  4. Mauuuu..tapi apalah daya, msh di luar batam tgl segituu.. Smg berjodoh dg bu septi di lain waktu..
    Semoga acaranya lancar dan memberi manfaat bagi banyak keluarga..

    BalasHapus
  5. Semoga berjalan lancar even na ya kak... Semangat... Luar biasa event na menarik

    BalasHapus
  6. Yah, sayangnya bentrok dengan kegiatan lain Una. Mau info pendaftaran IIP Batam batch berikutnya, kapan ya?

    BalasHapus
  7. Aku udh daftaaar......se u there mba unna.....

    BalasHapus
  8. event kerennnn ini, biasa mau ku tong ikutan seminar2 bgini tapi kadang ga bisa lama ditinggal duozam di neneknya hhuhuhu kalo mau dibawa juga malah jadinya repot ga belajarmi hehehe

    BalasHapus