Top Social

Belajar Matematika dengan cara mengelompokkan

3 April 2018

Assalamualaikum,

Seperti biasa untuk membereskan mainan sama waktunya dengan bermain yang sebenarnya hehehe, kadang sudah berkali-kali diberikan arahan, bahwa selesai bermain dibereskan, mau main dikontainer satu, kontainer yang lain bereskan dulu, mau baca buku lain, bereskan dulu bu yang sudah di baca, tapi kenyataannya anak-anak main semua dulu, belakangan jika mau tidur siang atau keluar baru dibereskan, itulah mengapa waktu beberes bisa sama lama dengan waktu bermain hehehe.

Dan yang saya harus kondisikan juga mood anak-anak, kadang jika saya sudah nada yang melenceng sedikit atau tidak berkata-kata yang saya tahu kondisi hati saya tidak stabil, bukan malah saya yang tantrum tapi anak-anak yang sudah menampakkan ketantrumannya, entah menolak membereskanlah, alasan mau ini dan mau itu lah dan sebagainya. Makanya karena kita yang lebih dewasa ketimbang anak-anak tau diri dan harus menjaga emosi jiwa jika kondisi merapikan mainan itu tiba, kalau tidak waktu istirahat akan lama, yang bisa selesai bersih tanpa saya yang bereskan ujung-ujungnya dan kita tidur siang bersama (kebanyakan sih begini) biasanya kalau saya mau tantrum mengingat bahwa saya mau tidur siang lebih cepat hahaha.

Nah, jika kondisi emosi lagi stabil saya membuat permainan untuk merapikan mainan, salah satu tujuannya supaya mereka senang untuk merapikan jangan sampai ada keterpaksaan yang berakibat hanya sekedar rutinitas tanpa ada pelajaran yang kita ambil bersama-sama. Didukung kondisi waktu yang memang saya siapkan 1 jam sebelum mereka makan dan tidur siang.


Karena mainan mereka memang dari awal tempatnya saya kelompokkan, salah satu alasannya adalah jika kita ingin mencari dan menggunakannya bisa lebih gampang diambil, tapi ternyata dalam pelajaran Bunda sayang yang level ini tentang "Menstimulus Matematika Logis pada Anak" adalah salah satu cara untuk menumbuhkan kemampuan dasar matematika adalah salah satu caranya adalah kemampuan mengelompokkan, mengelompokkan bisa berdasarkan fungsi, warna, jenis maupun bentuk tertentu, sehingga anak mampu mencari, mengumpulkan, meneliti hingga menemukan sesuatu yang bersifat sama, karena matematika bukan hanya soal angka dan hitungan tapi ada juga hubungannya dengan kelogisan berpikir dan pemecahan masalah. Nah, untuk mainan zaf ini memang dari awal aku memang mengelompokkan sesuai jenis, jadi mereka terbiasa merapikan sesuai jenis mainan masing-masing.

Belajar menyenangkan, merapikan mainan jadi mudah, lantaipun bersih,

Bubun senang, anak juga senang,

Makan siang mereka jadi lapar karena beberes,

Kenyang,

Lalu mereka tidur siang,




 
#Tantangan10hari
#level6
#KuliahBundsayIIP
#MathAroundUs
Wassalamu' alaikum
Lubnah Lukman
Yang juga masih belajar Math yang menyenangkan
Post Comment
Posting Komentar

Auto Post Signature