Top Social

Mie Masak Itam Khas Batam

4 April 2018

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ada gak sih penggemar mie disini?

Saya? jangan tanya. Saya penggila makan mie apalagi pedas.

Pilihan menu yang dicari pertama kali bukan bagian nasi, tapi mienya dulu.

jadi jangan heran jika Mie masak itam khas batam ini jadi andalan saya.

Kenapa?

Yuk, Baca sampai habis yah.

Dan kalian akan tau kenapa kuliner khas batam yang baru ini,

wajib kalian harus coba!




 Sore hari dengan repotnya saya membawa 2 bocah sekaligus tidak membuat saya menyurutkan semangat untuk segera sampai ke tujuan, beberapa hari melihat baliho besar depan kompleks rumah saya membuat saya penasaran dan akhirnya sore hari tadi penasaran saya terjawabkan dengan menghadiri acara Pre-launching Mie Masak Itam Khas Batam yang bertempat di cafe Tea Box.

Datang terlambat tidak membuat saya kehilangan moment untuk mengabadikan acara ini, Masuk ke cafe langsung menuju lantai 2, disambut dengan beberapa teman-teman blogger, Backdrop yang eye cathching ditambah dengan banyaknya balon membuat mata saya dan zafruby berbinar, Masuk ke meja utama membuat lebih berbinar lagi karena penampilan Mie yang sudah saya tunggu-tunggu sejak dulu sudah ada didepan mata dengan penyajian yang menggugah selera.
 
Mie Masak Itam Khas Batam, yang rencana akan launching pada tanggal 6 April 2018, di kompleks Ruko Khazanah Plaza - blok RE nomor 15 Sukajadi, lokasinya tepat dideretan kampong kuliner. Mie Masak Itam ini terinspirasi dari sotong/cumi yang di masak itam (hitam) yang merupakan salah satu 'iconic' dari masyarakat melayu kepulauan. kenapa bisa menjadi salah satu ikon di masakan melayu, karena hampir semua masakan khas batam itu berasala dari laut, melihat juga dari letak wilayah batam yang kepulauan dan dikelilingi juga banyak pulau, ditambah kebanyakan masyarakat melayu disini bekerja sebagai 'nelayan' maka tak asing lagi jika sotong salah satu dari hasil laut di masak hitam karena memang sotong ini dilihat dari khasnya memiliki tinta hitam yang sebenarnya membuat dia makin enak jika disantap. Sedangkan Mie masak itam ini penggabungan dari mie dan sotong yang dimasak itam, mie ini sendiri adalah mie kuning yang dibuat sendiri, jadi dari awal sampai penyajian itu mereka mengolah bahannya sendiri.
 
Mie masak itam ini dari baunya saja sudah menggugah selera, penampilan mie yang memang warna hitam yang berasal dari tinta cumi itu sendiri titambah dengan taburan bawang putih garing dan cabe kering yang diiris tipis, dan toppingnya ada 2, ada yang diatasnya sotong goreng tepung dengan harga Rp.18.000/porsi dan ada diatasnya buakn hanya sotong goreng tepung tapi sate udang goreng tepung seharga Rp.25.000/porsi.

Gimana dengan rasa dan teksturnya? Pedessssssss, tapi nikmat, enaaaaakk bangett, untuk anak-anak tidak disarankan hehe kecuali jika anaknya memang doyan pedes, tapi bisa di request kok jika tidak mau terlalu pedis tapi original rasanya memang pedis, dimakan bersama irisan bawang putih goreng garing membuat yang memakannya gak mau berhenti kecuali jika dia bercermin mulutnya sudah belepotan dengan tinta hitamnya hahaha. Jadi yang dikatakan chefnya sensasinya itu ketika kalian menikmati mienya jangan lupa bawang putih goreng garingnya karena cita rasanya akan lebih nikmat ditambah selesai kita memakannya mulut kita akan belepotan :D

Bagi pencinta kuliner khususnya mie, saya sarankan untuk mencoba ini, mie ini bukan hanya penampilan yang unik tapi rasa dan teksturnya memiliki khas seperti kita memakan sotong masak itam hanya di olah menjadi mie, semoga yang kita harapkan Mie Masak itam khas batam ini memang menjadi makanan khas untuk kita masyarakat melayu khususnya batam, dan bisa mengangkat masakan khas melayu ini bisa dikenal oleh masyarakat yang lebih luas.

Dan ternyata selain mie masak itam khas batam ini, kami disajikan juga roti jala kari ayam, roti jala ini pernah nyoba jika ibu saya yang buat dan gak pernah nemu di makassar kecuali jika kita memesan di orang tertentu atau mama saya yang masak sendiri, pas di batam ternyata roti jala itu dijual di mana-mana hehe, dan ternyata roti jala ini menjadi salah satu makanan khas daerah melayu, yang masakan ini akan kalian dapat menikmati juga di Mie masak itam khas batam ini, bukan hanya roti jala tapi ada juga risoles, lemper, talam ubi, bukan hanya itu makanan umumpun seperti sate dan bakso ada juga disini tapi tetap dikemas dengan cita rasa khas melayu, menguggah selera kan? Tunggu apalagi datang yuk ke Grand opening Mie Masak Itam Khas Batam, 

Roti jala kari ayam
habis ludeeeees, saking endesnya
 

Catat tanggalnya yah,
6 April 2018
di Komplek ruko Khazanah plaza
blok RE nomor 15 Sukajadi
 
jangan lupa dapatkan info menarik dengan mengunjungi
IG : @miemasakitam
FB : Mie Masak Itam
 
Me. Desy. Juli
 
 Lubnah Lukman 
Post Comment
Posting Komentar

Auto Post Signature