Top Social

Ramadhan Zaf-Ruby

17 Mei 2018
Assalamualaikum,

Memasuki Ramadhan sebenarnya hati ini sangat sedih,
Mama yang tahun ini tidak bersama kami :((
dan juga Suami yang ayah anak-anak tidak ber-ramadhan bersama kami,
Batam-Makassar jarak yang sangat jauh,
tapi dengan semua ini saya jadi tertantang, saya tidak mau dengan seua ini saya menyianyakan 
Ramadhan saya dan tidak tumbuh maksimal, berbuatlah sebaiknya anggap saja ini ramadhan terakhir saya,
Insya Allah saya akan mempersembahkan diri saya yang terbaik,
buat Mama, Suami saya, dan pastinya anak-anak saya,
Bismillahhirrahmanirrahiem,
Semoga dimudahkan oleh-Nya. 

Saya memang selalu membuat rencana dalam hal apapun, diluar terlaksana atau tidak hehe, tapi dari semua itu saya yang terus belajar untuk memiliki sikap konsistensi dalam waktu dan tindakan, termasuk belajar pada waktu Ramadhan ini mungkinkah dengan target yang saya tulis bisa tercapai atau tidak, karena target bukan hanya saya saja, tapi zaf dan rubypun ada, tapi dengan umur mereka pastinya saya yang harus memperjuangkan untuk terlaksana dengan seperti apa yang kami tuliskan.
Karena Ayahnya di Batam pada ramadhan kali ini otomatis, anak-anak dari hafalan dan semuanya saya yang ambil alih, termasuk konsiten membawa dia ke mesjid, membacakan buku yang biasanya semua itu ayahnya yang kerjakan kali ini saya sendiri dibantu kemanakan-kemanakan saya di makassar.


Jadi saya bikin tantangan atau challange semua saya print dan ditempel didinding, belajar dari kegiatan zaf di batam jika apa yang dibuat sangat berbinar jika ditempel didinding, ada rasa bangga kali yah kalau hasil dari yang dia lakukan diapresiasi. Untungnya saya mendapatkan banyak jurnal tentang kegiatan Ramadhan di komunitas Institut Ibu Profesional jadi saya tinggal memilih apa yang sesuai umur zaf-ruby untuk dikerjakan.

Karena mulai tahun ini zaf saya kenalkan dengan rutinitas Ramadhan, yang biasanya saya hanya wacanakan lewat buku cerita. Seperti biasa zaf yang harus saya sounding terlebih dahulu, bukan 1 atau 2 hari tapi seminggu setiap ada kesempatan yang paling utamanya itu ketika menjelang tidur siang dan tidur malam sambil mempersiapkan worksheet print ini-itu.

Yang paling dia berbinar ketika ada challange untuk nempel sticker, ini bukan untuk dia saja tapi 2 sepupunya ikut jadi rame banget dinding dan antusias jika ada yang mendapatkan ada juga yang tidak hehehe, Challange ini memang niatkan saya ada hadiahnya tapi saya tidak utarakan takutnya mereka melakukan itu semua karena ada hadiah bukan semata-mata belajar beribadah hanya untuk Allah SWT. Hanya bertujuan agar menghadirkan Ramadhan ini penuh dengan kegiatan yang baik-baik dan mereka saling berlomba dalam kegiatan tersebut, saya yakin Bisa karena Biasa.

Sticker ini berupa kegiatan-kegiatan yang kita lakukan, ada yang 'Ikut Bangun Sahur', 'Membaca Al-quran', 'Menghafal surah-surah pendek', 'Pergi ke mesjid' dan sebagainya kegiatan-kegiatan yang tidak terlepas dari aktifitas Ramadhan.

Dan ada juga saya menentuka n jadwal nonton TV, yah saya akui semenjak di Makassar, karena memang bukan rumah kita otomatis saya tidak bisa membuat peraturan sendiri makanya kita mengikuti kebiasaan yang punya rumah, wkwkwk yang memang waktu untuk televisi adalah semaunya. Makanya zaf senang mungkin selama di makassar hahaha, tapi semakin lama disini saya gak bisa seperti ini, makanya saya membuat peraturan dan untuk semua dirumah wkwkwk nonton tv ada di jam 5-7 sore, setelah itu kita sholat Isya di mesjid.


Target Zaf selama Ramadhan


Kertas untuk menempelkan sticker



Challange berupa sticker



Semoga semua terlaksana dan semangatnya tidak kendor yah,
Aminn Yaa Rabbal Alamin,

Jika ini berhasil saya Insyaa Allah akan menulis tip dan trik 
mengisi ramadhan bagi anak yang baru diperkenalkan dengan rutinitas puasa.

dengan ini semua,
Saya dan Suami beserta anak-anak,
mengucapkan selalu berpuasa,
semoga Amal Ibadah kita diterima di Sisi-Nya dan menjadikan kita
orang-orang yang bertakwa,
Amin Yaa Rabbal Alamin


Tulisan ini saya persembahkan untuk arisan tulisan di Rumah Belajar Menulis IP Batam
yang pemenangnya minggu ini mbak Syafri
 
Lubnah Lukman
1 komentar on "Ramadhan Zaf-Ruby"

Auto Post Signature