Top Social

Akhirnya Sholat Tarawih Full di Masjid

2 Juni 2018
 

Assalamualaikum,

Sebelum memasuki bulan ramadhan, tiap waktu ketika saya mengingatnya selalu sounding zaf tentang bulan ramadhan itu sendiri, apa yang kita lakukan, dan apa yang saya, zaf dan kelurga kita lakukan, atau membacakan buku-buku yang temanya terikat dengan bulan Ramadhan, dan tercetuslah sambutan kita tentang bulan ramdhan dan disitu kita tulis target-target selama bulan ramadhan, saya sudah menulisnya di sini

Dan target utama itu senantiasa mengajak zaf untuk sholat isya di mesjid, ini sebenarnya tugas ayahnya ketika rencana kami akan ramadhan di batam, tapi qadarullah kita terpisah batam-makassar untuk sementara waktu, yang karena itu saya tetap berjuang mengajak anak lelaki saya untuk selalu ke mesjid. Kenapa sampai Isya, karena jadwal tidur mereka itu sebenarnya jam 8 malam atau 8.30 saya khawatirkan anak-anak rewel jika saya tetap mengusahakan mereka tinggal menemani saya untuk sholat tarawih, saya mengutamakan anak-anak saya ketimbang anak-anak rewel menangis dan banyak sorotan menatap kita hahaha

Tapi tetap saya mengatakan sama zaf, 'bubun mau banget jika kita tinggal sampai tarawih nak' tapi sampai kemalam 15 Ramadhan zaf kala itu setelah isya selalu minta untuk pulang karena mengantuk, sayapun selalu mengikutinya karena memang gak ada kewajiban dia untuk sholat, sampai ketika besok sampai malam ini, zaf dan ruby menemani saya full di mesjid sampai witir dengan kondisi yang senang dan aman, ahh bahagianya saya.


Ceritanya berangkali karena tiap hari tiap waktu saya selau berucap untuk meminta izin sama mereka berdua agar kita tinggal dalam waktu lama di mesjid, tapi selalu saja di tolak, sayapun terus menerus mengusahakan tapi apa boleh buat anaknya selalu menolak karena alasan mengantuk. Dan selama di mesjid memnag kita selalu ada di shaf luar mesjid dan itu panas banget karena gak ada bantuan AC maupun kipas angin, berbeda dengan di dalam mesjid yang sejuk karena dapat bantuan dari Pendingin Ruangan. Nah didua malam terakhir ini karena jamaah mesjid sudah berkurang antara sedih juga sih karena baru setengah ramadhan udah berkurang drastis, tapi senang karena kita bisa masuk ke dalam, dan itu membuat anak-anak menikmati dengan senang, yang kemarin malam dia tidak salat tarawih katanya mau baca al-quran aja, jadi sepanjang saya sholat zaf baca alquran aja dan sampai malam ini zaf tertidur ketika saya sholat tarwih dirakaat ke empat, kalau ruby mah goler-goler dilantai seperti biasanya, yang penting aman dan gak membuat ribut.

Nah dengan ini saya mau memberikan tips dan trik membawa anak ke mesjid :

1. Ushakan bicarakan dan diskusikan sama anak rencana dan waktu kita mau ngapain ke mesjid.

2. Infokan manfaat ke mesjid seperti apa dengan cara sederhana yang mebuat mereka mengerti.

3. Jika mereka menolak ke mesjid, jangan dipaksay yah bund, tapi jangan menyerah coba terus, kalau ada ayahnya sih lebih bagus sama ayahnya, kalau zaf sama ayahnya saya gak perlu membuat rencana sedemikian rupa untuk membawa anak ini ke masjid, karena zaf tipikal anteng ke mesjid jika bersama ayahnya,

4. Ketika mereka mau pulang, jangan cuekin mereka, penuhi keinginan mereka, jangan sampai mereka trauma untuk ke mesjid karena gak ada kepercayaan dari orangtuanya.

5. Penuhi kebutuhannya sebelum ke mesjid, kalau saya dengan cara tidur siang, jika di batam zaf dan ruby tidur jam 11 siang, kalau di makassar saya perlambat di jam 1 atau jam 2 agar malamnya di masjid masih segar. Sebelum ke mesjid kalau bisa mereka sudah makan malam, agar tidak merengek kelaparan jika sudah di mesjid. Membawa minuman atau cemilan dari rumah. usahakan ngemil jangan didalam mesjid yah bund, ajar anak-anak 'jika mau makan ke luar mesjid'.

6. Jika memungkinkan bawakan mainan seperlunya jika anak-anak memang mau.

7. Libatkan anak-anak jika sudah masuk sesi ceramah, ceritakan apa yang disampaikan si-penceramah, ini niatnya agar anak-anak tidak bosan hanya memandang dan bertujuan dia mau pulang karena mengantuk. Zaf ruby tipikal anak-anak yang senang mendengar kalau saya bercerita, jadi memang saya tidak sepenuhnya mengamati isi ceramah, sekilas mengambil sedikit cerita lalu menjelaskan ke anak-anak. Atau ajak bermain yang tidak mengundang keributan jika mereka sudah mulai bosan.

8. Kalau bisa berkegiatan ke mesjid bukan hanya kedua orangtuanya, tapi seleruh keluarga, untungnya di makassar banyak keluarga biarpun yang sebaya zaf sudah tidak ada, tapi minimal mereka dengan senang hati berjalan bersama, berlari bersama, bercanda bersama orang-orang yang berbeda atau sama tapi kegiatan yang brbeda, ini membuat semangat anak-anak untuk beraktifitas ke mesjid karena menemukan hal yang baru.

berangkali ini sedikit cerita ke mesjid untuk Ramadhan kali ini, semoga selanjutnya saya dan anak-anak diberi kemudahan untuk senantiasa selalu ke Mesjid, mengajarkan pembiasaan ke mesjid untuk anak lelaki itu wajib menurutku.

#semuanakadalahbintang
#kelasbundasayang
#Institutibuprofesional

Lubnah Lukman
8 komentar on "Akhirnya Sholat Tarawih Full di Masjid"
  1. Lancar terus yah ibadahnya kak, semoga berkah sampai hari kemenangan tiba :3

    BalasHapus
  2. susah susah gampang memang mengajak anak untuk tarawih, karena saat ortu sholat tak jarang mereka bisa ikut setiap gerakan, walau uda dikasi tau supaya ikut gerakan uminya.. namun namanya juga usaha ya,,karena kalo gak diajarkan sejak dini, justru mereka dimasjid malah main2 dan bikin ribut..

    BalasHapus
  3. wahh... ngajarin anak-anak itu memang butuh kesabaran ya mbk, kalo udah ads tips begini jadinya ngk bingung lagi buat ngajairn anak ke masjid, makasih tips nya, tips nya mau di keep buat cabang bayi InsyaALLAH.

    BalasHapus
  4. tipsnya bagus kak, tapi belum punya anka jadi di simpan dulu, btw ada beberepa kata yang typo kak seperti ushkan,dipaksay

    BalasHapus
  5. Luar biasa ya, anak dididik sejak dini untuk rajin ibadah

    BalasHapus
  6. Luar biasa kak, menginspirasi.. Saya belum nih.. Jadi malu.. hehe

    BalasHapus
  7. Ramadan jadi momen yang paling pas untuk mengenalkan masjid ke anak-anak. Apalagi kalau banyak kawan di masjid. tapi harus diawasi juga, si kecil ikut ibadah atau lari-larian sama kawannya. thanks tipsnya kak..

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah anak udah terbiasa diajak Terawih sekarang, jadi gak malas-malasan lagi buat ke Mesjid.

    BalasHapus

Auto Post Signature