Top Social

Forum Sosialisasi Jualan & Belanja Online : Murah, Aman & Cepat

20 September 2018

Assalamualaikum,
Mungkin ini bahasan yang memang buat saya yang hadirpun ingin berjualan online dengan mendapatkan untung sebanyak-banyaknya :D, kenapa? Bagi saya yang Ibu bekerja domestikpun bisa sambil berjualan saking mudahnya, bahkan sambil mengerjakan kerjaan kerjaan rumahpun yang penting syaratnya : ada jualan dan gadget. Apalagi para ibu memang aktifitas untuk menunjang kebutuhan rumah erat kaitannya dengan proses jual beli.

Dilihat dari jumlah penduduk yang 262 juta ada 132 pengguna internet aktif yang salah satunya pasti saya sendiri. Tidak salah jika setiap pengguna memang lebih mending ketinggalan dompet dari pada handphonenya :D, karena komunikasi yang mencakup transaksi jual beli hampir 90% dilakukan via online. Jadi jangan salah jika pihak pengguna internet melihat peluang untuk menjualkan dagangan tidak lagi via ketemu langsung tapi yang lebih menguntungkan, lebih aman dan cepat apalagi dengan cara online.

Rabu, 19 September 2018 di Graha Widya Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya, Kementrian Komunikasi dan Informatika mengadakan Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Online : Murah, Cepat dan Aman, tujuannya untuk mengadakan pelatihan serta fasilitasi dan simulasi jualan online untuk mengajak UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk turut serta membangun dan menggerakkan usaha ecommerce di Indonesia, mengingat potensi besar akan perkembangan transaksi online di Indonesia.

Dengan ikut terlibatnya IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) serta marketplace Blibli untuk mengedukasi UMKM terkait penggunaan ecommerce, diharapkan para pelaku UMKM dapat semakin terstimulasi untuk memaksimalkan ecommerce untuk mengembangkan usaha mereka.

"Transaksi online melalui portal ecommerce semakin populer digunakan di masyarakat luas, dan hal tersebut dapat dinilai sebagai perkembangan positif, karena semakin mudah untuk menghubungkan penjual dan pembeli saat ini. Hal tersebut penting disampaikan kepada UMKM agar semakin mengerti potensi pasar yang begitu besar. Langkah awal sudah terjajaki, namun edukasi akan penggunaan portal ecommerce penting untuk terus dilakukan" Kata Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian & Maritim.
"Perkembangan ekonomi ini harus di terus dipupuk, dan masyarakat harus terus diberi dorongan dan dukungan untuk terus melanjutkan transaksi online agar industri dapat terus berkembang dengan pesat. Namun penting untuk diingat, masyarakat pun perlu dilindugi dengan dibekali ilmu cara bertransaksi digital yang aman"
"Saat ini dari data Badan Pusat Stastik (BPS), kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 61,41% dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit. Namun, baru sekitar 8% atau sebanyak 3,79 juta pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya - padahal tren pergerakan konsumen semakin memberat di transaksi online"

Nah dalam forum ini Kemenkominfo mengajak beberapa narasumber yang terkait dalam bidangnya yaitu : Prof, Henry Subiako (Staff Ahli Menteri Kominfo bid. Hukum), Sunu Widyatmo (Ketua Bidang Cashloan, Asosiasi Fintech), Adelheid Helena(CEO Kredit Pro), Agus Piranhamas (Praktisi eCommerce) dan Enggar Alfizakli (Chanel Sales Blibli.com)


Ada banyak UMKM yang terlibat dalam forum ini, terlibat bukan hanya mengikutkan stannya tapi duduk mendengar untuk menyimak materi yang memang sangat dibutuhkan bagi setiap UMKM yang berkeinginan memajukan dan mengembangkan jualannya di jalur online.

Dari semua pelaksana yang terlibat dalam acara ini yakin bahwa melalui edukasi dan pelatihan yang diberika ecommerce di Indonesia, dan menghadirkan ragam barang yang menarik bagi pasar yang terus berkembang tersebut.

Sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam perdagangan.
27 komentar on "Forum Sosialisasi Jualan & Belanja Online : Murah, Aman & Cepat"
  1. keren kak informasinya sangat membantu

    BalasHapus
  2. Sekarang lagi banyak yang menggandeng UMKM. Bagus banget langkah seperti ini. Biar UMKM juga semakin maju dan akrab dnegan teknologi

    BalasHapus
  3. Kegiatan ini membqntu banget buat umkm yang belum mengenql dunia digital

    BalasHapus
  4. Wah banyak juga pesertanya yang ikut acara ini ya. Semoga semakin banyak umkm yang maju dan sukses lewat jalur online ini.

    BalasHapus
  5. Forum seperti ini bagus ya untuk menumbuhkan semangat wirausaha, sehingga semakin banyak orang yang berwirausaha

    BalasHapus
  6. Kalau mau maju kita juga harus mau belajar ya mbak, apalagi teknologi yang terus melaju jangan sampai kita ketinggalan atau gaptek.

    BalasHapus
  7. Mau nggak mau mereka yang bergerak di bidang UMKM memang harus belajar untuk berjualan online. Zamannya seperti itu. Apalagi dengan adanya jualan secara online gini jadi lebih mudah mengenalkan produk kita ke dunia luas.

    BalasHapus
  8. Izin menyimak Mbaaa.... Internet memang tantangan bagi yang belum melek teknologi ya, padahal sebenarnya peluang yang besar untuk dapat dimanfaatkan. :)

    BalasHapus
  9. Wih, senangnya para penggiat UMKM dapat sosialisasi untuk bisa lebih melebarkan sayapnya.

    BalasHapus
  10. Wah iya sekarang lbh bnyk yg memilih jual beli online ya

    BalasHapus
  11. Bagus banget ya acara seperti ini, apalagi narsumnya emang berkompeten di bidang perdagangan online.
    Semoga di Makassar juga nanti diadakan acara serupa.

    BalasHapus
  12. narsumnya keren ya. sayang ga ada yang kayak gini di Jogja

    BalasHapus
  13. Karena penjualan online memang makin maraaak ya Mba. Aku juga musti Belajar niiih mulai sekarang :)

    BalasHapus
  14. Ramai banget yaaa. Skrg memang lbh gampang online. Dan dagang online pun jadi pilihan karena berbagai hal

    BalasHapus
  15. Sekarang jualan online memang banyak dipilih yaa, Mba. Pangsa pasarnya lebih menjanjikan karena pembeli bisa datang dari mana saja

    BalasHapus
  16. Wah kalo UMKM udah dikenalkan dengan penjualan secara online, bakal bisa meningkatkan omset ya

    BalasHapus
  17. Semoga acara seperti ini makin sering diadakan, supaya UMKM bisa makin maju, Aamiin..

    BalasHapus
  18. saking banyaknya sosialisasi umkm yang digiatkan supaya lebih berkembang dengan jualan online, di sini saya masih bermimpi pingin jualan, tp blm bergerak saja,

    BalasHapus
  19. Saya termasuk pelanggan ecommerce nih. Pernah juga jualan d salah 1 marketplace tp dgn sistem dropship. Kalau bs stok barang sendiri dan ditekuni, lumayan juga hasilnya

    BalasHapus
  20. Acaranya bagus. Iya UMKM perlu didukung dengan diberi info2 kyk gini supaya pemasarannya lbh luas lagi ya mbak TFS

    BalasHapus
  21. Keren acaranya Mba, aku juga suka kalau ada sharing forum jualan online ginian. Jadi bisa belajar banyak, secara aku juga jualan online.

    BalasHapus
  22. pengen banget suatu saat jadi bagian dari ekonomi kreatif ini. pengen punya usaha tapi belum terpikir. pemerintah sekarang mendukung banget ya mb..

    BalasHapus
  23. Pengen banget buka bisnis online kayak gini tapi masih bingung mengatur waktunya

    BalasHapus
  24. Jamannya sekarang sudah segala macam menggunakan internet ya mba, jualan menembus jarak dan batas istilahnya ;) Aku pun jadi ingin mengaktifkan kembali jualan onlineku dan gabung dengan komunitas e-commerce nih.

    BalasHapus
  25. Ini suami aku banget...
    Beliau ga ada apa-apa, ikutan flash sale.
    Jadi,
    pangsa pasarnya memang tak terbatas yaa..

    BalasHapus
  26. Selalu suka info2 kayak ini. Sebab di era skg ini kota dituntut untuk melek IT. Seperti belanja online yg kian di gemari dan semakin populer digunakan di masyarakat luas.

    BalasHapus
  27. saya suka beli barang, juga suka jual barang huehehe kalau ada pengeluaran harus ada pemasukan dong yahh hihi

    regards,
    www.CHIPPEIDO.co.vu

    BalasHapus

Auto Post Signature