Top Social

Suroboyo Bus : Transportasi yang kekinian

29 September 2018

Assalamualaikum :)

Ketika suami dimutasi ke Surabaya yang kepikiran langsung kuliner dan transportasi umumnya, kangen banget untuk menikmati kemana-mana dengan transportasi umum, salah satu alasan terbesar saya adalah mengajarkan anak-anak untuk keluar dari zona nyaman dan menikmati pemandangan yang tidak mereka dapatkan jika menggunakan transportasi pribadi. Ada banyak manfaat yang saya berikan secara tidak langsung pada anak-anak jika kita menggunakan transportasi umum, diantaranya :
  1.  Mengajarkan anak untuk bijak menggunakan uang - Mungkin dengan menggunakan transportasi pribadipun tetap mengeluarkan uang untuk kebutuhan bahan bakar dan sebagainya tapi kepada mereka tidak tampak dan tak membekas dihati karena kita secara spontan mengeluarkan, tapi jika menggunakan Transportasi umum kita mengajari bahwa menggunakan transportasi ini tidak gratis, kalian harus mengumpulkan uang dengan cara menabung setelah cukup kita bisa menggunakan bus. Nah dari situ ada banyak lagi yang kita ajarkan baik dari bilangan dan alat bayar, bahkan sikap sabarpun bisa kami ajarkan. 
  2. Bersosialisasi dengan lingkungan lain - Dengan menggunakan transportasi umum ada banyak orang yang mereka temui, ada banyak perilaku dan tindakan yang mereka temui, dan ada banyak respon yang mereka temui dan berikan.
  3. Membuat Perencanaan - Membuat perencanaan bisa dimasukkan tentang bagaimana kita mengajarkan tentang memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya bukan hanya itu kami dan anak-anak terbiasa diskusi tentang rencana minimal untuk sehari ke depan apa yang akan kita lakukan, agar anak-anak tidak kaget dan mengetahui resiko yang akan mereka terima dengan apa-apa yang kita diskusikan.
  4. Olah Raga berjalan kaki - Yah esensi dari naik kendaraan umum adalah keluar dari zona nyaman, zona yang biasa mereka nyaman duduk di mobil dan be-AC ini mereka harus banyak berjalan kaki karena untuk menaiki bus gak langsung ada pas depan rumah, seperti ketika kita mau naik Bus Suroboyo ini kita harus ke terminal Purabaya dulu, dan harus jalan kaki menuju posko penukaran tiket dan itu lumayan untuk anak se-usia Zafran dan Ruby.
  5. Kelekatan/Bonding Anak dan Orangtua - Dengan 4 point diatas akan ada selalu interaksi, saling diskusi, mengutarakan pendapat, dan akhirnya berkegiatan bersama. Panca Indra bermain semua, dari pemahaman karakter dan sikap sampai pada menyelesaikan masalah bersama.
Mengetahui info tentang adanya Bus Suroboyo yang menggunakan alat bayar botol bekas membuat saya berbinar-binar, pertama karena alat bayarnya yang unik dan sarat akan manfaat bahkan kegunaanya, dan kedua transportasi umum yaitu bus yang anak-anak pengen banget untuk menaikinya. Setelah saya mencari tahu informasi mengenai cerita teman-teman dan stalking di Instagram Suroboyo Bus

Sayapun langsung diskusi dengan suami dan anak-anak, bukan hanya saya yang berbinar merekapun terutama zafran menugaskan dirinya sendiri 'bahwa ketika saya menemukan botol bekas saya akan mengumpulkannya bund' ahh senangnya dirikuuu gak kerja sendiri jadinya, karena mengumpulkan botol plastik bagi kami yang sudah lama tidak menggunakan/membeli alat minum sekali pakai. Jadi, setiap kita keluar main di sekitar rumah atau sekedar jalan-jalan mengelilingi surabaya kalau kami terutama zaf menemukan botol pasti langsung diberikan ke saya atau simpan di ranselnya, pulang sampai ke rumah baru nyetor ke saya untuk disimpan ahahaha

Nah ketika botol terkumpul saya dan anak-anak langsung berniat untuk menukarnya dan menikmati Suroboyo Bus Transportasi Masa Kini dan Ramah Lingkungan yang dikelola langsung oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya, suami kala itu gak ikut karena masih hari dan jam kantor. Berawal dari Terminal Purabaya yang kala itu saya baru pertama kali ke sini saking semangatnya anak-anak sambil membawa botol plastik menemani mamaknya yang kesana-kemari bertanya-tanya lokasi halte Suroboyo Bus. Nah setelah melihat dari jauh Bus berwarna merah dari Suroboyo Bus anak-anak yang tadinya sudah kehausan tapi ku bilang tanggung nak disana aja yah baru minum, membuat mereka kembali berbinar untuk menyelesaikan langkahnya yang kala itu Matahari sudah hampir tepat di atas kita.



Setelah menukarkan botol dengan tiket bus, ohh iaa sekedar informasi tiket ini berlaku dalam 2 jam, berarti jika kalian turun di salah satu halte tapi belum 2 jam berarti tiket ini masih berlaku, tapi jika sudah 2 jam kalian harus menukarkan botol bekas lagi.

Kamipun tanpa pikir panjang langsung naik dan menukarkan ke petugas, dan apa yang kami temukan :
  1. Bersih, Nyaman dan Adem - Suhu ruangan yang dingin dan adem, setelah berjalan mencari tempat penukaran botol dengan tiket yang panasnya pada siang itu, ini bagi angin segar banget ditambah kursinya yang nyaman berwana merah muda.
  2. Warna Kursi - Tentang warna kursi sebenarnya ada 2 yaitu berwarna merah muda dan jingga, nah untuk berwana merahmuda itu untuk wanita dan jingga untuk pria. Nah ini yang paling penting mencegah kejahatan yang sering terjadi di transportasi umum lebih baik dibanding mengobati. Apalagi saya yang masih menyusui jadi lebih aman. Tapi jika kalian kehabisan kursi jangan khawatir, area bus ini sangat luas, dan menyediakan pegangan bagi teman-teman yang berdiri karena tidak mendapatkan kursi.
  3. Dilarang Makan - Busnya sangat bersih, wajar ketika anak-anak minta cemilan dan minum, petugasnya langsung menegur kami. dan refleks saya minta maaf karena tidak melihat keterangan 'dilarang makan-minum diatas bus' dan itu menurutku wajar sih, itu cara agar tetap menjaga kebersihan dari bus apalagi kan tau anak-anak jika makan berserakan sana-sini.
  4. Crew yang Ramah - Petugas yang sangat ramah dan komunikatif banget, menegur saya dengan cara sopan dan baik membuat saya malu sendiri karena tidak membaca ditambah ketika itu saya gak tau mau turun di halte mana lalu saya menanyakan ke petugas halte terdekat untuk ke taman prestasi, petugaspun menjelaskan dengan cara yang mudah dimengerti untuk saya yang gak tau jalan hehehe secara saya baru hampir 2 bulan di kota ini. 
  5. CCTV - Saya melihat ada beberapa CCTV jadi penumpang bisa lebih merasa aman.
  6. Layar TV - Untuk menayangkan informasi-informasi tentang Suroboyo Bus.
  7. Tombol Stop - Jika kalian ingin turun di salah satu halte kalian bisa menuju arah dekat pintu dan menemukan tombol warna merah.
  8. Informasi halte Bus - Akan ada pengumuman jika sudah mendekati halte terdekat/dituju memudahkan kita untuk siap-siap ke arah pintu agar tidak terburu-buru untuk turun.
Photo by : Suroboyo bus
Photo by : Suroboyo Bus
Photo by : Suroboyo Bus


Photo By : Suroboyo Bus

Suroboyo Bus diluncurkan oleh Ibu Walikota Tri Rismaharini pada tanggal 7 April 2018, jadi memang dari bus dan seluruh fasilitas pendukungnya masih baru dan semoga terawat sampai kapanpun. Saya dan mungkin banyak penduduk surabaya menaruh harapan besar dengan adanya Suroboyo Bus ini, dari ide soal alat bayar menurutku sangat cemerlang fungsinya selain mengurangi sampah juga edukasinya dapat, semoga daya tarik bus ini terus dijaga dan ditingkatkan, agar kita akan selalu menggunakan trasportasi umum otomatis bisa mengurangi kemaceta dan tergerak untuk tidak membuang sampah dan memungut sampah jika ada disekitar kita. Terima Kasih buat Walikota Surabaya Ibu Risma, Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Crew Suroboyo Bus, dan teman-teman penumpang yang menjaga untuk tertib menggunakan Suroboyo Bus ini, kalau Busnya sedemikian terjaga dan amannya, kami sebagai orangtua yang membawa anak-anak bisa lebih nyaman dan menikmati menggunakan Transportasi Umum.


Nah informasi yang terbaru Suroboyo Bus meluncurkan Bus Tumpuk untuk memuat penumpang lebih banyak lagi. Selanjutnya kita akan coba, dan coba menulis cerita seruunya, tunggu yah..

Terima kasih :)




51 komentar on "Suroboyo Bus : Transportasi yang kekinian"
  1. Waah keren dan menarik ini. Seru ya ngajakin anak-anak naik tranportasi umum. Apalagi busnya nyaman dan bersih dan aman. Itu ide nuker sampah botol plastik dgn tiketnya, ide cerdas banget 👏👍

    BalasHapus
  2. Asyik banget, tiket bayarnya dengan cara mengumpulkan botol kosong, sehingga mengajarkan masyarakat untuk peduli lingkungan sekaligus penggunaan transportasi umum

    BalasHapus
  3. Seru juga idenya, membeli tiket dengan menukarkan botol plastik bekas. Yang menjadi pertanyaan, pembelian air kemasan botol akhirnya meningkat dong ya, hehehee. Ya setidaknya botol bekasnya dapat diberdayakan menjadi barang yang berguna y

    BalasHapus
  4. Ahh... cara bayar yg unik banget ini. Ramah lingkungan

    BalasHapus
  5. Btw, keren sih ide membayar dg menukarkan botol plastik itu.

    BalasHapus
  6. Programnya inovatif banget!
    Semoga saja Makassar bisa menirunya, dan harus lebih bagus dari Surabaya.

    BalasHapus
  7. unik juga ya cara pembayaran busnya dengan menukarkan botol minum bekas

    BalasHapus
  8. Ih keren, tiket busnya dibayar pakai sampah. Jadi membantu program go green niih

    BalasHapus
  9. Kereeeen programnya mba! benar-benar bias dicontoh ya...dan mengurangi sampah! Walkota Surabaya memang juaraaa mbaaa

    BalasHapus
  10. Keren. Kayaknya jadi semakin banyak nih yang akan menggunakan kendaraan umum + gak membuang sampah sembarangan lagi karena sampahnya bisa ditukar jadi tiket :)

    BalasHapus
  11. Keren ide nuker sampah botol plastik dgn tiketnya, Busnya juga cakep bersih, makin bagus yaa surabaya sekarang :)

    BalasHapus
  12. lucu juga nih naik bus tiketnya ditukar dari sampah. Go green banget ya ngurangin polusi juga

    BalasHapus
  13. Kalo anak laki ndak apa duduk di bangku warna pink ya Unna?

    Tawwa kerennya dih, terkagum2 saya sama Suroboyo Bus ini. Kapan ya Makassar bisa punya yang kayak begini juga.

    BalasHapus
  14. Mba Unaa, sudah melted aja nih sama Surabaya. Btw keren yah programnya, Surabaya keceh nih.

    BalasHapus
  15. wah surabaya makin seru ya sekarang pengen kesana lagi deh

    BalasHapus
  16. Keren inovasinya. Menjadikan kita lebih peduli pada lingkungan, paling tidak, berusaha mengumpulkan botol plastik. :)

    BalasHapus
  17. Ide dan inovatif ini cakep bener. Aku pernah nonton liputannya nih mba. Dan berharap akan makin banyak inovasi seperti ini yang mengurangi sampah ya mbaa. Kereenn

    BalasHapus
  18. Ya Ampun! Udah ada aja bus kece kaya gini. Apalagi bisa nuker sampah. Aku kalau ke Surabaya mau coba juga

    BalasHapus
  19. Lhaa...Suroboyo Bus, reek....
    Nggarai pingin pulang kampuuung.

    Serunya saat anak-anak sudah paham yaa, Bun..
    Jadi makin semangat home schooling.

    BalasHapus
  20. Bakalan ada bus tumpuknya! Mungkin kayak bus tingkat di Jakarta jaman dulu kali ya?

    BalasHapus
  21. Wah asyik, pingin nyoba juga kalau pas ke Surabaya. Bu Risma emang keren ya, Surabaya makin bersih sekarang...

    BalasHapus
  22. Bagus banget deh busnya. Betah deh berlama-lama ke mana2 juga. Gak bakalan pusing dan mabuk kayaknya. :D

    BalasHapus
  23. unik banget ini sih mba kepikiran gitu y bikin yg begini duh mantul

    BalasHapus
  24. Whainiiii semoga kesampaian naik bus ini. Uda lama ponakan-ponakan ngajakin gara-gara ada promosi di kelas go green mereka. Thanks info lengkapnya ya mbaaa....

    BalasHapus
  25. Aaaaak pengen ke Surabaya ngajak anak2 naik ini. Di Jogja belum ada nih bis yg kayak gini. Baru transjogja aja

    BalasHapus
  26. Eh yang bener ini busnya dibayar pake botol? Waaah terobosan yang bagus utk lingkungan.

    BalasHapus
  27. Baru saja pagi ini bicara tentang bus unik dengan babang suami pas sarapan.
    Babang belum tahu sama sekali ada pembayaran unik pakai botol mineral.
    Ide cemerlang Ibu Risma, beliau memang sosok wanita inspiratif ya.

    BalasHapus
  28. Keren ya busnya. Tiket bisa didapatkan dengan membayar dengan sampah yang bisa didaur ulang. Moga menular ke kota lainnya juga. Program bagus ini tuk mengurangi sampah kota

    BalasHapus
  29. Bayar dengan sampah, sebuah inovasi yang bagus banget.
    2 dampak setidaknya akan muncul, kurangnya sampah dan meminimalisir maceet..

    BalasHapus
  30. Ide walikotanya hebat, setidaknya sampah botol plastik jadi berharga disana, dan takkan dibuang sembarangan lagi oleh masyarakat. Semoga kota kota lain menyusul buat program seperti ini juga..

    BalasHapus
  31. Salut sama sistemnya ini, patut ditiru ya sist

    BalasHapus
  32. Aku ngebayangin tas zaf yang merah di isi botol banyak. Hahaha apalagi tas bubun. Btw itu botol kan kl jumpa dijalan kan ga selalu bersih. Nah itu botol yh dipungut pasti ga simpan dikresek. Lalau disimpan nya gmn ditas biar ga ngotorin tas bun

    BalasHapus
  33. Suroboyo kereeennn! Jd banyak banget manfaat kalau naik bus ini..

    BalasHapus
  34. Wuih kerennya Surabaya.. saya paling tertarik bank sampahnya. Jadi ingat Aussie juga seperti itu. sampah plastik dituker jd duit. Surabay udah lbh maju dr Jakarta kayanya soal ide kreatif seperti ini.. hehe

    BalasHapus
  35. Ini nih enaknya tinggal di kota besar, program ini aku taunya beberapa bulan yg lalu tapi pas ke Surabaya cuma sehari doang jd g bisa ngumpulin botol buat naik bus haha.

    BalasHapus
  36. Bun suaminya kerja dimana? Curiganya sama lagi kerjaanya ama suami saya hihihi. Suami saya malah baru setahun ini dimutasi tapi ke tangsel. Ternyata di surabaya ada transportasi uniknya ya, kayak di bandung cuma kalau di bandung namanya bandros hehe

    BalasHapus
  37. Keren bangeeet inovasinya yah! Jd ngebayangin TJ pembayarannya kayak gtu bisa ga yah? Hehe.

    BalasHapus
  38. Sebagai warga Surabaya yang tinggal di coret, bangga banget akan hadirnya bus ini.

    Dan gegara bus ini, sampah plastik jadi berkurang :)

    BalasHapus
  39. Kerren banget ya! Seru pasti anak-anak antusias banget saat menukar botol bekas menjadi tiket karena ini sesuatu yang beda

    BalasHapus
  40. Kalo aku bukan keluar dari zon nyaman mbak. Soalnya tiap hari cuma bisa naik bus aja. Suroboyo bus memang keren ya, naik bus bayar pakai sampah. Semoga bus trans Semarang nantinya bisa bayar tiket bus dengan sampah.

    BalasHapus
  41. Speechless dengan program pemkot Surabaya lewat bus Suroboyo ini...
    Tidak hanya berdampak ke lingkungan tapi juga pembentuka karakter warga untuk ikut serta menjaga kebersihan kota, peduli akan sumber daya, menanamkan kepedulian sosial, bijak mengelola energi dan beragam manfaat lainnya.
    Kereeen Surabaya!

    BalasHapus
  42. Beehh, kece banget informasinya! Beberapa kali tahu dari media kalau di surabaya ada terobosan terbaru untuk pengganti tiket naik bis. Aku kira boongan ternyata beneran yaaa. So coolll, kaoan jogja dan jabodetabek bisa nyusul ya?

    BalasHapus
  43. Wah.. Keren ah idenya. Walikota surabaya emang mantap. Aku jg mau sesekali naik bus gini. Tp disini blm ad bus kyk gini. Huhu. Pdhl anak aku suka loh naik bus. Aplg kalo banyak teman.

    BalasHapus
  44. Kreatif dan inovasinya bisa ditiru yah oleh kota lain, karena menginspirasi sekaligus mengajak untuk menjaga kebersihan

    BalasHapus
  45. Keren nih program Pemerintah nya. Ibarat sekali dayung berpulau-pulau terlampaui keren
    Memajukan transportasi umum sekaligus mengajak warga hidup bersih keren

    BalasHapus
  46. bus nya bagus, semoga bisa dijaga dan dirawat bersama oleh masyarakat ya biar awet dan bisa dinikmati orang banyak.

    BalasHapus
  47. Wah aku kmrn pas mudim blm ada kesempatan naik bus ini mbak.
    Btw kalau di Sby tu enaknya ada angkutan umum bemo itu. Kalau kesasar, asalkan nemu bemo yg balik terminal Joyoboyo udah aman. Eh tapi skrng udah ada ojol ya, jd makin aman kemana2 hehe

    BalasHapus
  48. Bagus banget deh konsepnya harus nukerin sampah biar dapet tiket!

    BalasHapus
  49. Unik banget ya mba sistem pembelian tiketnya. Mengurangi limbah plastik. Salit untuk yang punya gagasan awal.

    BalasHapus
  50. Keren ini caranya membayar tiket bus. Sekalian melestarikan bumi dari sampah plastik ya.

    BalasHapus

Auto Post Signature