Top Social

4 Taman Favorit ZafRuby di Surabaya

18 November 2018

Assalamualaikum arek-arek suroboyo :D

Aseeeekkkkk, udah jadi orang suroboyo yah sayanya hehehe, sedikit-sedikit sudah mulai mengerti orang sekitar bilang apa sih, tapi jujur aku masih risih jika panggil seseorang (laki-laki) dengan sebutan MAS hahahaha sampai sekarangpun aku masih panggil dengan sebutan abang hahaha, sempetkan ditegur suami dan itu berkali-kali, tapi biarin akunya gak nyaman kan yah, toh mereka nengok kok dan gak negur jadi yah sampai sekarang fine-fine aja :D

Udah Lama yah saya gak posting di sini, untuk nulis alhamdulillah saya masih produktif cuman medianya aja berbeda, alhamdulillah kontraknya udah selese dan sekarang fokus ngeblog di 'rumah' sendiri yang aku sayangi :D

Untuk kali ini sebenarnya tulisan yang udah sebulan lalu judulnya udah ada, cuman selalu berakhir di draft karena foto yang belum lengkap jadi malas untuk lanjutin tulisannya :D 

Kenapa menulis tentang taman? Mungkin yang mengikuti 3 bulan saya pindah ke surabaya (ihh merasa ada yang ikutin hahaha) aku tuh sangat terkesima dan paling jatuh cinta dengan taman-taman yang ada di Surabaya, yang dari batam pindah ke surabaya pasti kaget dan senang yah, kalau batam itu banyak banget dengan laut putihnya yang indah banget, sampai ke Surabaya aku menambahkan destinasi buat anak-anak, dan menambah sukanya itu karena akses kemana-mana itu mudah banget salah satunya saya bisa nge-bus dan nge-angkot :D. Beda jika di batam, mobilitas aku terbatas, untuk ke laut suami melarang aku untuk pergi sendiri membawa anak-anak, takutnya aku gak fokus katanya, pandangan yang luas, dan aku kalah jika di laut sering terhanyut dengan suasana (ceilehhhh :D), Iaa juga sih ada benarnya kata suami, beda dengan taman yang memang pandangan terbatas jadi sayapun jika pengen istirahat sejenak, saya bisa melipir sebentar tapi fokus ke anak-anak tetap jalan. 

3 Bulan di Surabaya sebenarnya memang baru 4 taman yang aku datangi, bukan sekali aja malah berkali-kali saking Zafran-Ruby susah move on, padahal kami ngebus itu bisa 3-4 kali seminggu :D dan selalu titik fokus itu ke taman. Dan gara-gara taman yang menarik ini, saya jarang membawa anak-anak masuk mall kecuali kalau memang akhir pekan butuh belanja mingguan atau bulanan :D (Ini persoalan keiritan saya :D demi trip Java selama tinggal di Surabaya) 

 
Terlalu banyak cerita kita lanjut intinya yah :D 

1. Taman Prestasi

Ini menjadi Taman Favorit Banget! Saya kadang kesini ngebus, turun di halte balaikota atau embong malang, dari hasil googlingan halte terdekat disitu jika saya menggunakan Suroboyo Bus, jika ada saran turun di halte mana comment dibawah ini yah heheh. Setelah itu kami naik becak atau kalau lagi mepet waktunya kami naik gocar :D

Lokasi tepatnya Jl. Ketabang Kali No.6, Ketabang, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272, Kenapa dinamakan Taman Prestasi? Mungkin pas masuk ada banyak replika-replika piala yang didapat oleh pemerintah Surabaya salah satunya kota terbersih, jadi bisa jadi Taman ini dinamakan Taman Prestasi.

Di sini, sangat banyak mainan, beragam tapi banyak jadi jika banyak orang kita bisa melipir ke mainan lain tapi sama. Yang paling favorit sih untuk zaf itu main pasir dan manjat-manjatan, kalau Ruby selalu jungkat-jungkit. Dengan Rindang karena banyak pepohonan dan tanaman membuat kita tuh betah berlama-lama disini, aku tuh berasa camping sama anak-anak, bawa bekal dan waktunya siang kitapun makan, dan setelah itu anak-anak lanjut lagi mainnya :D jikapun kalain gak bawa bekal, disamping taman ini ada foodcourt kok, banyak pilihan aku lihat tapi jangan tanya harga dan rasanya, aku belum coba soalnya :D

Dan paling suka itu karena taman itu lokasinya pas disamping Sungai Kalimas, anak-anak bisa menikmati pemandangan sungai dan ada beberapa pendayung yang lagi asyik untuk latihan dan anak-anak tuh selalu semangat untuk melihat dan menunggu sampai selesai latihannya :D

Kalian juga gak perlu risau berlama-lama disini, tempat duduk yang ada dimana-mana, tempat sholat dan wudhupun tersedia dan bersih, jangan tanya Tolietnya, biarpun gak semewah toilet di mall-mall tapi ini bersih dan terjaga, tempat sampahpun ada dimana-mana, jadi dengan menghargai taman ini, dimohonkan untuk membuang sampah ditempatnya yah :D

2. Taman Bungkul
 
Nah, taman ini sebenarnya paling dekat dengan rumah kita, Jl. Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241, Mungkin udah 4-5 kali saya kesini dengan anak-anak, Aku juga ngebus kalau kesini :D dan tinggal jalan-jalan sebentar lalu sampai ke Taman Bungkul ini.

Taman Bungkul ini jika kita masuk dari depan areanya gak langsung mendapat playground, ada lahan luas yang mungkin kalian bisa duduk sambil melihat pertunjukan hanya mungkin saya selalu kesini pa weekday gitu dan pagi jadi suasana agak sepi dan panas boo kalau mau duduk disitu hehehe, jadi anak-anak langsung melipir ke belakang tempat mainannya.

Untuk Weekday saya belum menemukan foodcourt sih, yang katanya kalau weekend ada banyak kuliner yang tertata rapi, jadi kalian jika bukan akhir pekan kesini wajib bawa bekal yah, tapi untuk jajajan cemilan ada beberapa kok yang jual.

Untuk cerita sejarah tentaang taman bungkul belum tau pasti sih tapi kata dari penjaganya, ke taman ini bisa sekalian berziarah ke Sunan Bungkul yang ada di taman ini, lokasi pemakaman katanya ada dibelakang taman ini tapi saya belum kesana untuk melihatnya. Mungkin dikatakan taman bungkul karena ada cerita tentang Sunan Bungkul kali yah.

3. Taman Flora

Taman Flora ini taman yang saya rasa paling komplitlah, bermain ayuk, ke perpus ayuk, ke kebun binatang apalagi. Berlokasi tepatnya Jl. Raya Manyar No.80A, Baratajaya, Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60284. Saya berkali-kali kesini lebih ringkas jika naik gocar :D belum nemu terminal suroboyo bus yang paling dekat untuk kesini.

Yang saya bilang diatas taman ini paling komplit yang pernah kami kunjungi, Selain area bermain untuk anak-anak, ada perpustakaan yang nyaman banget, kandang Rusa yang Rusa lumayan banyak dan makanan Rusa kalian bisa beli juga diluar area sebelum masuk ke taman ini, ada sangkar burung raksasa dan kolam ikan tak ketinggalan ada area outboundnya juga loh :))

Paling suka itu jika ke taman fasilitas Mushollahnya ada dan bersih, jadi kalian gak usah khawatir yah, untuk kuliner ada banyak kok disamping taman ini. Untuk kalian mau berkumpul mengadakan pertemuan kalian juga bisa menjadi titik kumpul di taman flora ini, mereka menyediakan gazebo yang besar, dan gratis. Saya selau menidurkan ruby sejenak jika tertidur sambil melihat zaf yang sedang asyiknya bermain.

4. Taman Ekspresi
Taman Ekspresi ini saya gak sengaja ketemu dengan lokasinya, kebetulan malamnya kami cari kuliner Bakso dan lokasi penjual bakso itu pas di depan taman ekspresi ini, dengan niat dan janji sama anak-anak besoknya kita eksekusi yah nak. Dan Alhamdulillah terlaksana dengan kita nge-bus lagi :D

Lokasi pastinya  Jl. Genteng Kali No.67, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60275 jadi ini juga ada disamping Kali Genteng. Mungkin ini Taman yang paling jauh kita pernah jangkau, tapi sangat menyenangkan biarpun memang untuk mainan sangat kurang, tapi perpustakaannya sangat nyaman, pilihan buku juga lebih bervariasi. Sambil menikmati taman, tetap kita bisa menikmati sungai di samping taman ini.

Dan paling suka tuh, ketika kaki anak-anak masuk, mereka sangat heran dengan tampilan-tampilan 3 dimensi yang mungkin ini hasil dari anak-anak surabaya, bukan hanya itu banyak tampilan juga yang terbuat dari bahan bekas yang dijadikan karya seni, zaf sampai heran 'Bund, vespanya lain yah bund?' Hahahaha, Unik yah nak, mungkin ini dikatakan taman ekspresi, mereka bisa mengekspresikan lewat barang-barang bekas menjadi hasil karya seni.

Inilah 4 taman yang membuat anak-anak susah move on dari tempat lain, sebenarnya masih banyak taman dan tempat lagi yang kami belum kunjungi, atau ada rekomendasi dari teman-teman bisa ditulis comment di bawah ini yah,

Makasih Teman sudah berkunjung di blog saya,

Assalamualaikum.
5 komentar on "4 Taman Favorit ZafRuby di Surabaya"
  1. Dari keempat taman yang dituliskan, saya paling suka dan tertarik dengan taman Flora. Ada perpustakaan dan musallahnya bersih. Semoga suatu saat bisa ke taman itu.

    BalasHapus
  2. Senangnya lihat anak2 bisa main dengan ceria. Sepertinya taman2 seperti ini wajib di contoh oleh kota2 lain agar makin banyak fasilitas yg bisa buat anak2 indonesia bahagia.

    BalasHapus
  3. Bagus banget ya Kota Surabaya, banyak tamannya. Seandainya aja taman-taman kota di Makassar dibenahi biar lebih fungsional dan cantik kayak gitu, pasti keren deh.

    BalasHapus
  4. Banyaknya tawwa Taman ramah anak di Surabaya dih.
    Senangnya Zaf dan Ruby

    BalasHapus
  5. Taman-taman kota di Surabaya memang keren-keren dih? Banyak pula. Warga jadi punya banyak alternatif tempat menghabiskan waktu bersama keluarga, tanpa banyak ongkos. Seandainya di Makassar juga seperti ini. Di sini kebanyakan taman kotanya kotor dan nda terawat, huhuhu..

    BalasHapus

Auto Post Signature