Top Social

Wisata Edukasi di Museum Tubuh Batu-Malang

19 November 2018

Assalamualaikum,

Ketika ke Museum Angkut Batere kamera tinggal seuprit, saya yang kala itu gak kepikiran untuk charger dan akhirnya vlog gagal saya buat tapi memang rencana gak sekali kami kesana, ada bahkan berkali-kali kunjungan, anak pertama kami sangat menggila jika ke Museum Angkut, Selanjutnya yah saya akan bahas di blog saya

Sekarang saya bercerita sedikit dulu tentang Museum Tubuh Batu-Malang dan apa yang kepikiran pertama, kamera beserta batere yang full adalah list pertama yang saya bawa dalam perjalanan malam kita menuju Batu-Malang. Hahahaha

Mungkin daerah malang adalah destinasi wajib saya sama suami dan anak-anak jika akhir pekan, entah terealisasi atau sekedar menyicipi Bakso President lalu balik ke Surabaya lagi Hahaha. Atau hanya keliling Surabaya yang sampai sekarangpun saya belum menjelajahi semua baik wisata kulinernya, wisata religi, wisata edukasi atau sekedar hangout ke Mall, Aseekkk.

Untuk Kemalang jika memang mau menjelejah ke suatu tempat saya memilih untuk berangkat malam, setelah makan malam di rumah, siap-siap sekitaran jam 9 malam baru kita jalan, menghindari macet yang memang rata-rata (mungkin) pada banyak menikmati akhir pekan di malang baik yang penduduk asli surabaya atau para pelancong dari luar surabaya. Alasan lain karena saya sebagai manager kesehatan untuk keluarga saya tau sekali kondisi suami dan anak-anak jika kita berangkat pagi dan langsung berpetualang tenaganya akan tidak efektif karena cepat lelah, biarpun memang kita berkali-kali melakukan ritual begitu ketika di batam hendak seharian menuju Singapura. Tapi beda kali ini, karena suami membawa mobil sendiri ke Malang, anak-anakpun bisa istirahat panjang dulu lalu besok segar kembali untuk berjalan seharian. Ingat Ketika punya anak, jangan berangkat tanpa planning, saya sangat menghargai waktu dan emosi diri saya sendiri, suami dan terutama anak-anak. Tapi tidak kecuali jika sudah berpetualang jika memang ada kondisi tidak sesuai dengan yang kita rencanakan, itu sudah saya utarakan semua sama anak-anak dan masuk dalam bahasan "KONSEKUENSI".

Museum Tubuh Malang ini biasa disebut dengan nama The Bagong Adventure - Museum Tubuh Batu. Dinamakan Museum Bagong, karena ketika kita awal memasuki museum ini, kita memasuki Mulut Bagong (Kepala Bagong) yang katanya Bagong adalah salah satu tokoh pewayangan yang paling cerdik. Mungkin diharapkan ketika kita telah masuk ke museum tubuh ini kita diharapkan cerdik dalam hal anatomi tubuh dan sistem kerjanya, karena didalamnya memang kita mempelajari hal tersebut. Museum Tubuh ini menjadi museum pertama di Indonesia dan terbesar di Asia. Enaknya Museum Tubuh ini memiliki lift jika ada yang memakai stroller seperti kami itu sangat membantu sekali karena museum tubuh ini  terdiri dari 6 lantai dan itu sudah menjangkau semua zona tubuh yang ada 16 zona. diantaranya ada Zona Gigi & Mulut, Zona Telinga, Zona Jantung, zona Hidung, Zona Paru-Paru, Zona Ginjal, dan zona lainnya.

Seperti saya jelaskan diatas, Museum Tubuh ini kita seperti di ajak memasuki anatomi tubuh dari si bagong ini. Pintu gerbangnyapun dari mulut dari si bagong, nah disini mulai kita untuk menjelajah. Tapi jangan buru-buru masuk yah, karena sayapun sempat menukar tiket yang berada di sebelah kanan pintu masuk, dan anak-anakpun bisa banyak melihat informasi-informasi yang ada di dinding lobby, jadi makin penasaran dengan di dalamnya karena lobbynya saja sangat menarik dan edukatif. Jika kalian ingin istirahat sejenak juga ada disisi kiri cafe yang meja dan kursinya dari anatomi tubuh.

Kita masuk ke zona paling pertama adalah zona gigi dan gusi, setelah itu zona hidung kitapunmasuk lewat lubang hidung yang tidak ketinggalan dengan bulu hidungnya hihihi, setelah itu zona telinga disini kita dijelaskan lewat kakak-kakak pendamping tentang gimana proses membersihkan telingan dengan cara baik dan benar, dari zona telinga kitapun masuk ke zona otak, zona otak ini ada tesnya kalian bisa tau kalian dominan kiri atau kanan. Lanjut ke zona mata, masuk ke pembuluh darah menjelaskan melalu layar besar gimana tentang perjalanan pembuluh darah. Setelah itu masuk ke zona jantung, paru-paru, hati, lambung, usus dan ginjal.

Senangnya disetiap zona itu ada petugas yang menjaga dan tidak ragu memberikan kita penjelasan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kita. Dan yang zaf paling menarik karena setiap zonapun ada alat peraga yang bisa dipinjam, dan zaf tak pernah terlewatkan melihat alat peraga tersebut. Kamipun tidak ketinggalan untuk foto-foto karena tampilannya yang besar dan unik hehehe.

Setelah dari Zona ginjal kita mau menuju cinema 3D tapi karena badan ini letih banget dan melihat ada tempat duduk kamipun istirahat sejenak sambil mengukur tinggi dan berat badan, serunya diruangan ini ada layar sebesar zaf yang jika kita berdiri tepat dititik itu (gambar kaki) gerak tubuh kita akan menghubungkan ke layar tersebut, jadi tubuh di layar tersebut mengikuti gerak tubuh kita hahaha, dan zaf sangat girang banget bergerak sambil meliuk-liukkan badannya.

Nah setelah itu kita turun dari lift, sebelum kami menuju ruang cinema 3D, ada ruang peraga seperti ruang operasi dan ada patung ibu hamil yang sementara berbaring, ada juga penjelasan lengkap tentang DNA, ukuran kehamilan termasuk kondisi bayi, nah jalan sedikit kita keluar menuju cinema 3D inipun tak kalah seru karena zaf memang baru pertama kali nonton dilayar besar menggunakan kacamata 3D duduk dengan santai sambil menikmati film yang ruangannya gelap, Hahahaha, film pendek ini mungkin berdurasi 15-20 menit tentang antibody kita.

Keluar dari Cinema 3D kita menuju zona paling terakhir yaitu zona exhibition, tapi sebelum kita kesana kita diajak pemeriksaan tes darah dan gula secara gratis, untuk anak-anak ada pemeriksaan golongan darah. Setelah itu kami berjalan dan menemukan Cadavar di zona exhibition, disini anak-anak dilarang masuk hanya untuk orang dewasa dan dilarang keras membawa kamera. Cadaver adalah tubuh manusia asli yang dimumifikasi sedemikian rupa untuk ilmu pengetahuan, jadi terdapat irisan-irisan yang memperlihatkan isi tubuh saat kita bergerak seperti saat balet, bermain bola dan lain-lain. yang masuk kesini cuman ayah zaf, saya awalnya berani tapi ketika petugasnya bilang bahwa itu manusia asli sayapun undur diri, hahahaha.

Lokasi Museum Tubuh Batu-Malang

Lokasi dari Museum Tubuh ini gampang banget kok didapat, berada di tengah kota batu, tepatnya Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. 1 lokasi dengan Jawa Timur Park 1, Kemarin kami nginap di hotel satu lokasi dengan Museum Tubuh ini, sangat mungkin jika saya jalan kaki, tapi karena kita takut kecapean setelah berjalan seharin lalu balik lagi hotel, jadinya kita tetap menggunakan mobil dan parkir pas di depan Museum Tubuh.

Tiket Masuk Museum Tubuh Batu-Malang

Sebenarnya ada tiket lebih murah jika kalian mengambil paket entah digabungkan dengan Jatim 1 atau destinasi lainnya di batu, tapi kala itu memang kita cuman fokus ke Museum Tubuh aja. Untuk harha Weekend Rp. 80.000 dan Weekday Rp. 50.000 untuk anak di ukuran tinggi kurang 85 cm tidak dikenakan tiket, dan Ruby pas di 85 cm, jadi doi masih free, Aseeeekkk :D

Untuk selengkapnya yang pengen lebih jelas apa sih yang ada didalam Museum Bagong ini, cek video saya di bawah yah, memang masih kurang sempurna tapi setidaknya bisa menjadi kenang-kenangan anak-anak melihat antusias mereka masuk ke Museum Tubuh Batu ini.

Anak-anak dan kamipun yang dewsa sangat senang masuk ke Museum Tubuh ini, ada banyak pengetahuan yang ditampilkan semudah dan seunik mungkin jadi anak-anak seusia zaf jadi lebih mudah untuk mengerti. Tak terasa kita menjelajah museum ini hampir 3 jam lamanya.

Sampai jumpa di petualangan selanjutnya.

Assalamualaikum.
57 komentar on "Wisata Edukasi di Museum Tubuh Batu-Malang"
  1. aku tinggal di kabupaten Malang, malah belum pernah masuk ke Museum Tubuh hehehe. Senang ya Mbak, kalau ke Malang banyak pilihan wisatanya...

BalasHapus
  2. wah, kapan2 boleh di coba nih. tempatnya instagramable banget ya.

3. Aku dah intip sedikit vliognya tapi gak kelar kemarin. Hahaha asli jadi pengen. Btw rajin2 ngevlog ya. Aqila mah kalau bubun dan zaf dia tanda banget lho bisa minta diulang2 haha

4. Belum pernah ke museum tubuh. Kalau aku pengennya ke Jatim Park tapi belum kesampaian juga. Btw, tiketnya lumayan terjangkau ya. Aku kira harga tiket di atas 100rb.

BalasHapus
  5. Unik banget mba museum nya. Tapi bagus mengenalkan anak-anak tentang anggota tubuh dengan cara yang menarik disana.

Balasan
    1. Kalau pas bagian organ-organ tubuh bagian dalam serem gak ya mba hehe. Kan organ tubuh dalam bentuknya gimana gitu :D penasaran pengen kesana juga. Sayang jauh.

Hapus
  6. Sekarang di Malang banyak tempat wisata edukasi ya kak, pengen deh kesana sekali-kali. Btw ini museum tubuh bagus ya dalamnya jadi kita dan anak-anak mudah mengerti juga nih.

BalasHapus
  7. Ini museum baru ya mba? Waktu aku ke batu belum ada museum ini deh mba.

8. Pengen ke Malang ih, pgen main ke museum angkut, batu, dll.. Wisata sarat edukasi ya mba :)

9. In shaa Alloh nanti kalau mudik ke Malang, bisa sempatin ke museum ini, rame-rame pasti seru. Malang makin banyak wisata edukatifnya ya mba😍

BalasHapus
  10. Pingin ke museum ini tapi sampai sekarang belum kesampaian juga. Pingin ngajak anak-anak berwisata sambil belajar di museum ini. Saya sendiri juga penasaran hihihi...gimana rasanya masuk ke tiap zona-zona disana...pasti seruu

11. Malang banyak aja museum yang menarik buat keluarga. Dari mulai museum angkut. Sekarang ada lagi museum tubuh :)

Balasan
    1. Kalau tempat seperti ini sama aja dengan bermain sambil belajar. Anak-anak bisa cepat menangkapnya :)

Hapus
  12. Dulu aku nggak jadi masuk ke sini Mbak, karena waktunya mepet banget. Mungkin nyobain lagi ah kalau ke Malang lagi.

BalasHapus
  13. Menarik banget sih mba ada museum tubuh.. penuh warna dN gambar ya, anak-anakku pasti seneeng nih main ke sini

14. Pengen banget ngajak cucu ke Museum serupa ini jd sangat meningkatkan pengetahuan anak2.

15. Udah lama pingin ajak anak2 ke malang salah satu alasannya adalah museum ini, keren banget kayanya. baca ulasan mba jadi makin gak sabar. Smeoga secepatnya bisa ke sini :)

BalasHapus
  16. Di Malang banyak museum asyik yang bisa dikunjungi ya, dan ada museum tubuh, cocok banget ajak anak-anak ke sana

17. Seru ya mba..makin kenal dgn tubuh kita sendiri..

18. Nambah lagi nih list tempat yang bakal aku dan keluarga kunjungin kalok pergi ke malang. Makasih banyak ya mbk udh share pengalaman lengkap dengan harga tiketnya.

BalasHapus
  19. Wisata edukatif sekali ya, bukan cuma buat anak-anak, saya diajak ke sanapun pasti senangnya bukan main. Soalnya dari kecil belum pernah berwisata ke tempat-tempat yang seperti itu.

20. Seneng Lihat nya, karena jadi sekalian belajar soal tubuh. Malang semakin berkembang wisatanya, mau ke sana, insyaAllah😍

21. Kayaknya anakku bakalan suka deh kalau diajak ke museum tubuh gini. Ini wisata edukasi yang bagus banget buat anak ya

BalasHapus
  22. Keren ini museumnya..anak-anak sekaligus dapat ilmu dan wawasan mengenai anatomi tubuh ya.

23. Keren ya museumnya tapi harga tiketnya lumayan hahaha... soalnya biasanya kalo museum itu tiketnya murah banget.

24. Ini anak-anakku udah semua, tapi emak sama babenya malah belum. Abis jalan2 kesini, anak-anak cerita heboh padahal udah besar semua

BalasHapus
  25. Duh jadi makin mupeng pengen main ke Malang, sampe sekarnag belum terlaksana juga :(
    Aku tahunya Museum Angkut, sama Jatim park. Baru denger Museum Tubuh tapi kalo baca ulasannya menarik banget. Bisa jadi salah satu list destinasti yang dikunjungi nih kalo main ke malang.

26. Wah tempatnya tampak asik.
    Aku baru banget tahu ada museum ini.

BalasHapus
  27. Bagus nih buat anak2, edukatif banget. Btw bagong itu anak semar ya, kalo di pewayangan sunda mah dikenalnya si cepot. Hehehe.

28. Terakhir ke Batu waktu kuliah mba dh pr 10th lbh blm ksana lagi bnyk berubah y mba tmbh bagus dan keren next hrs kesana ajak keluarga

29. Malang sekarang banyak ya wisata edukasinya. Banyak orang pengen berkunjung ke Malang.

BalasHapus
  30. Wah worth it ya harga segitu dengan muatan edukasi ke anak soal tubuh. Selama ini aku cuma baru pakai buku aja dengam serian flip flap.

31. Malang itu penuh dengan destinasi wisata keren ya Lubna. Ini salah satunya, aku pernah ke Malang tapi belum pernah explore. Pengen deh ke sini, apalagi ramereme bareng keluarga. Tambah seru ya.

32. pengen mampir sini juga ya, pasti seru kl ajak anak2. Btw itu 3 jam udah muterin semua ya mbak? mayan siap2 kaki nih, hehe

BalasHapus
  33. Wah aku lagi di Batu nih mbak hari ini dari kemarin, tapi sayang gggak bawa anak jadi gak mampir ke museum tubiuh padahal anakku suka nih

34. Kereen, bisa memberi wawasan ttg anatomi tubuh dg cara seru kepada anak yaa

35. Waaahh noted, destinasi yang masuk list kalau ke Malang or Batu.
    Ini tempat wisata yang edukatif ya, bermanfaat buat anak2. Anak2 pasti happy kalau diajakin ke sini. TFS

BalasHapus
  36. Boleh juga nih ajak anak2 ke sana ya. Bisa belajar banyak tentang tubuh manusia. Bisa sekalian lanjut ke museum angkut ya klo dari sini?

37. Aaaaahhh..pengen ke sanaaa.. Saya tuh baru sekali ke Malang, 5 tahun lalu, dan cuma ke Batu Secret Zoo sama Museum Satwa di sebelahnya aja.

Beneran pengen balik lagi ke sana, cuma belum nemu waktunya.

BalasHapus
  38. Bagus ya museum tubuh ini. Anak anak jadi paham apa saja isi tubuh mereka. Eh orangtua juga deng hihi makasih rekomendasinya mbak. Kapan kapan kalau diajak ke malang pengen mampir ke sini

39. Lumayan juga ya htm masuknya. 50k dan 80k. Harus bawa uang brp ya mba kalo mau ke sana???

40. waaahh seruu yaaa Mbak, bisa sekalian belajar anatomi tubuh ini.
    kapaan yaaa bisa ke Malang. *noted ini jadi to do visit klo someday ke Malang :)

makasiih ya Mbak :)

BalasHapus
  41. Asik ya bisa belajar sambil bermain di museum tubuh Batu. Ada cinema 3D juga. Yang aku tahu di WBL juga ada cinema 3D. Jadi pengen liburan ke Jawa Timur deh setelah baca postingan ini.

42. seruuu... asyik nih buat bawa anak2 kesana karena sekalian mereka belajar juga ya

43. di mall bekasi waktu pernah ada kayak ginian tapi cuma buat sementara, nggak permanen. asyik nih di sana permanen

BalasHapus
  44. Saya belum ke sini Mbak..Tahun lalu sekalian mudik ke Kediri, bablas jalan, cuma ke Museum Angkut sama Eco Green Park. Kayaknya tahun depan musti direncanakan ke Batu lagi. Karena bermanfaat pasti buat anak-anak ini.

45. Belum pernah kesini saya mbak, ntar deh kalau anak udah sekolah mau ngajak dia kesini biar wawasannya tentang tubuh lebih paham...makasih sharingnya mbak...

46. Seru ya wisata edukasinya ke museum.
    Jujur banget aku saja sudah lama tidak berkunjung ke museum.
    Terakhir tuh tahun 2015 ke museum tekstil.

BalasHapus
  47. Wah baru dengar nih sama museum ini. Kayaknya baru ya? Bagus nih buat sarana belajar anak-anak

48. Eh eh kok baru tau ada museum keren giniii. Aku baru rencana mau ajak anak-anak ke museum angkut. Bisa nih nyambung ke sini juga ya. Nggak kebayang excitednya anak-anak bisa liat apa aja yang ada di dalam tubuh mereka :D

49. Bagus museumnya mbak. Ini sih masuk ke destinasi wisata edukasi ya. Anak2 pasti suka banget di sini. Bisa wisata sekaligus belajar gtu ya

BalasHapus
  50. Baguuus banget nih mbak! Aku jadi pengen ke Malang. Wisata edukatif gini memang seharusnya lebih menjamur di Indonesia ya :)

51. Ternyata baguss ya museum tubuh nya malang. Kebanyakan review malang lebih ke jatim park sama museum angkut. Tha ks infonya mba

52. Aku belum pernah ke Malang, hiks. Keren ya Malang ini ga kalah maju sama ibu kota Jakarta. Yang aku tau yang terkenal si Museum angkut doank taunya ada lagi Museum Tubuh ini yaa, biar anak anak makin pinter belajar kesini

BalasHapus
  53. Belum terwujud nih membawa anak ke museum tubuh di Batu. Padahal ini akan jadi pilihan anakku karena dia senang ilmu sains

54. Museumnya penuh dengan ilmu dan pembelajaran ya. Gak terasa kita jadi makin pinter kalau masuk ke dalamnya.