Yakin Si Kecil Tumbuh Kembang Sesuai Usianya? Cek Yuk Moms

18 Desember 2018


Assalamualaikum Moms,

Sebelum saya bercerita panjang lebar nih yah tentang keseruan saya dan banyak teman-teman yang datang ke event keren yang diadakan oleh Parenting Club dan Clozette Indonesia
saya mengecek tumbuh kembang anak-anak dulu yang semenjak acara pindahan dari batam ke surabaya yang penuh kerepotan dan baru 4 bulan di surabaya belum menemukan DSA yang cocok untuk anak-anak, ternyata agak beribet yah jika kita tidak mempunyai data anak yang lengkap apalagi dsa (dokter spesialis anak) ini baru bagi anak-anak kami, Nah pas ke acara ini dan menemukan fitur yang setidaknya bisa memudahkan kami para ibu untuk mengecek secara rutin tanpa setiap waktu ke dsa tanpa alasan yang signifikan, fitur apakah itu?
penasarankan?
tanpa panjang kata lagi kita langsung ke topik yuk Moms :)

Setiap Ibu pasti selalu mengecek secara teratur untuk tumbuh kembang anak tapi apakah moms selalu mendata dan menyimpannya secara sempurna? Ternyata untuk mengecek Tumbuh Kembang anak data si kecil itu sangat penting bagi para Ibu sendiri dan tentunya Dokter sang Anak. Bersyukur ketika saya diundang oleh Parenting Club dan Clozette Indonesia hadir di event dengan tema 'Sudahkah Si Kecil Tumbuh Kembang Sesuai Usianya?' dan yang menjadi pembicara utamanya adalah Dr. dr. Ahmad Suryawan, Sp.A (K) beliau adalah pakar tumbuh kembang anak, beliau yang sangat amat teramat sulit menjadi pasien beliau karena padatnya antrian, sayapun kala itu melihat jadwal event ini di tanggal 15 Desember 2018 di Society Surabaya langsung dengan semangatnya meminta izin sama suami untuk takeover anak-anak berhubung weekend. Alhamdulillah suamipun siap untuk kerjasama. Betapa Bahagia saya kala itu. :D


Sinergisme Akal, Fisik, dan Sosial 

Secara garis besarnya proses tumbuh kembang si kecil berlangsung secara sistematis dan bertahap seiring dengan tahapan usianya, mulai sejak ia lahir hingga nanti berusia 18 tahun. Pada setiap tahapan sampai 18 tahun harusnya ada perubahan perkembangan, dimulai dari awal-awal kehamilan, itu menjadi awal kehidupannya sampai dia beranjak dewasa diusia 18 tahun.

Kemampuan anak terbentuk dari indera penglihatan, pendengaran, perabaan, dan penciuman. Seiring dengan pertumbuhan yang menjadikan tubuh anak-anak semakin besar selama sekitar 6 tahun pertama kehidupannya, maka kemampuan anak juga berkembang sebagai hasil sinergi antara aktifitas fisik dan interaksi dengan lingkungan sekitar. 

Hasil dari itu semua akan terbentuk empat aspek perkembangan dasar, yaitu : gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian.

1. Aspek Gerak Kasar

Aspek gerak adalah kemampuan anak untuk mengembangkan aktivitas yang menggunakan otot-otot besar penyangga tubuhnya. Misalnya tengkurap, duduk, berjalan, berlari, melompat, naik turun tangga dan sebagainya.
2. Aspek Gerak Halus

Aspek gerak halus adalah kemampuan anak dalam hal mengembangkan keterampilan yang membutuhkan koordinasi antar otot-otot kecil, yang juga melibatkan berbagai fungsi indera. Misalnya meraih mainan di depannya, memegang pensil, menulis, dan sebagainya.
3. Aspek Bicara-Bahasa

Aspek bicara-bahasa merupakan keterpaduan antara kemampuan anak untuk memahami berbagai informasi yang didapatkan dari lingkungannya dengan kemampuan untuk mengekspresikan ide dan keinginannya secara verbal atau melaui kata-kata.
4. Aspek Sosialisasi-Kemandirian

Aspek Sosialisasi-kemandirian adalah kemampuan anak untuk mengembangkan berbagai aktifitas kemandirian sebagai hasil dari pengalaman berinteraksi sosial dengan lingkungannya. Misalnya, makan sendiri, menggunakan sendok/garpu, cuci tangan melepas/memakai baju sendiri, dan sebagainya.
Dr. dr. Ahmad Suryawan, Sp.A (K)
Dr. dr. Ahmad Suryawan, Sp.A (K)
Keempat aspek anak diatas tidak bisa berdiri sendiri, karena satu sama lain akan saling terkait dan saling membutuhkan. Sinergisme antara keempat aspek dasar perkembangan si kecil ini secara nyata dalam kehidupan sehari-hari akan nampak sebagai kepintaran anak dalam Akal, Fisik dan Sosial.

Ada yang pernah dengar beda anak beda pintar? Nah inilah yang ditekankan bahwa setiap anak mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mensinergikan keempat aspek dasar yang ia miliki, maka akan tercipta kepintaran akal, fisik dan sosial yang juga berbeda-beda.
Mengapa diperlukan sinergi akal, fisik dan sosial? 

Akal

Merupakan cerminan dari kemampuan si kecil dalam hal mensinergikan berbagai aspek perkembangan dasar menjadi sebuah cara untuk merespons rangsangan dari lingkungan sekitarnya, dan mengembangkan pemahaman yang akan dipergunakan sebagai cara untuk menyatakan ide dan keinginannya, serta mengembangkan berbagai alternatif strategi untuk mengatasi atau memecahkan masalah yang dihadapi.

Fisik

Yaitu kemampuan si kecil untuk memadukan berbagai aspek perkembangan dasar yang membuatnya mampu untuk melakukan pergerakan tubuh atau aktifitas fisik yang sesuai dengan yang diinginkannya dengan menggunakan kekuatan dan keseimbangan tubuhnya, dan terkadang diperlukan keberanian.

Sosial

Hasil perpaduan sebagai aspek perkembangan dasar sehingga anak mampu mengembangkan kemampuannya dalam hal berinteraksi sosial dengan berbagai benda, makhluk hidup, atau individu di lingkungan sekitarnya. Kemampuan interaksi ini dapat berupa aktivitas meniru berbagai informasi yang dilihat atau didengar, atau dapat berupa komunikasi verbal dua arah. 

Bagaimana cara pemantauan sinergi akal, fisik dan sosial?

Rutin, untuk mengetahui setiap perubahan disetiap aspek perkembangan.

Dini, Lebih cepat lebih baik, karena kepintaran diaspek selanjutnya adalah hasil dari perbandingan diaspek sebelumnya.

Regular & Kontinyu, Ini terbagi dalam 3 fase yaitu ketika si kecil mulai dari awal lahir sampai berusia setahun itu harus dicek setiap bulannya, masuk ke fase 1 sampe 2 tahun pengecekannya setiap 3 bulan sekali, sampai si kecil masuk ke fase 2-6 tahun pengecekan bisa menjadi 6 bulan sekali.

Alami sehari-hari dan menyenangkan, tidak boleh melakukan dengan cara memaksa, dilakukan pada saat berinteraksi dengan anak disetiap waktu (bermain, memberi makan, memandikan dan sebagainya).

Terdokumentasi, bisa lewat tulisan berupa data atau cerita dan bisa juga lewat foto, ini bisa dibaca kembali jika ada kelainan yang terjadi pada si kecil, kumpulan data bisa terdapat pada buku KIA, KMS atau media lain.
Parenting Club dan Kalkulator AFS

Parenting Club dipersembahkan oleh Wyeth Nutririon Indonesia, adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan para orangtua khususnya wanita untuk mendapatkan informasi yang sebanyak-banyaknya entah dimasa kehamilan atau sudah menjadi orangtua, bukan hanya informasi yang kita dapatkan tetapi di setiap informasi itu ada fitur untuk melihat perkembangan baik pra hamil, kehamilan, bayi bahkan anak.

Nah, seperti yang saya tulis diatas, bahwa ada aplikasi yang sangat memudahkan kita untuk selalu mengecek tumbuh kembang anak secara kontinyu yaitu Kalkulator AFS (Akal, Fisik, dan Sosial)


Karena penting bagi Mam dan Pap (panggilan di parenting club) untuk mengetahui tingkat sinergi kehebatan si Kecil selama periode emasnya. Karena periode emas adalah masa di mana otak si Kecil tumbuh dengan pesat yang hanya terjadi satu kali dalam kehidupannya. Maka dengan alasan itu Perenting club mempersembahkan fitur Kalkulator Akal Fisik Sosial yang dikreasi dan diverifikasi oleh Dr. Ahmad Suryawan, dr., SpA(K), Dokter Spesialis Anak-Konsultan tumbuh kembang pediatri sosial.


Gimana sih cara menggunakannya?

  1. Kalian hanya masuk ke website dari parenting club memasukka data si kecil yang usianya bisa dari 0-7 tahun
  2. Ada beberapa pertanyaan dari parenting club yang Mam dan Pap harus menjawab dengan jujur sesuai keadaan si kecil, jika menjawab dengan jujur aplikasi ini bisa membantu dengan memberikan hasil yang lebih akurat.
  3. Setelah menjawab beberapa pertanyaan, fitur ini akan memberikan hasil sesuai dari jawaban mam dan pap serta memberikan rekomendasi stimulasi.
  4. Nah disini yang menurutku sangat penting juga karena stimulasi itu termasuk stimulasi akal, fisik dan sosial.
Fitur ini sangat membantu para orangtua untuk mengecek secara rutin dan kontinyu untuk tumbuh kembang anak, tunggu apalagi coba langsung memasukkan data anak dan mengecek hasil dan tentunya saran stimulasi yang kita bisa kembangkan bersama si kecil tercinta. jangan lupa juga untuk informasi lebih lengkap langsung follow sosial media dari parenting club di bawah ini :

Berkreasi membuat Boneka dengan Kaos Kaki 

Mendongeng atau storytelling mempunyai peran yang sangat penting dalam tahap tumbuh kembang si kecil. Kegiatan ini dapat menciptakan ikatan intim karena menimbulkan interaksi antara orang tua dan si kecil Ada banyak manfaat dari mendongeng ini diantaranya : memantapkan komunikasi sehingga dapat mendorong perkembangan sosial dan emosional anak-anak, memberikan pemahaman si kecil terhadap bahasa dan mendongeng dapat memperluas kosakata anak dan memperkenalkan mereka ke bahasa yang lebih kaya dan formal.

Tidak salah jika Event ini bukan hanya ilmu tentang tumbuh kembang anak saja tapi sang ibu diberikan bekal untuk langsung menemani anak dalam menstimulai seluruh perkembangan baik akal, fisik dan sosial.

Hari ini kami para mom bersama Dafayu_sockcute mengkreasikan kaos kaki menjadi boneka. saya sebenarnya tidak ahli banget dengan jahit-menjahit tapi melihat hasil yang menarik didukung dengan cara dan bahannya mudah didaptkan sayapun jadi tertarik membuatnya, biarpun memang hasilnya tidak seindah milik teman-teman yang lain. hehehe


Ini hasil boneka saya yang sebenarnya belum jadi hehehe
Alhamdulillah saya berterima kasih dengan undangan dari Parenting Club dan Clozette Indonesia kegiatan yang sangat bermanfaat, bukan hanya ilmu tumbuh kembang anak dan segala fitur yang memudahkan untuk mengecek tumbuh kembang si kecil tapi ada hasil kerajinan tangan yang kita akan bawakan ke si kecil dan tentunya bisa kita kreasikan sendiri bareng si kecil.

Surabaya, 18 Desember 2018
43 komentar on "Yakin Si Kecil Tumbuh Kembang Sesuai Usianya? Cek Yuk Moms"
  1. Menariik. Aku mau coba ah masuk ke webnya utk coba kalkulator AFS.

    BalasHapus
  2. Bonekanya manis bangeet, pingin lihat hasil setelah jadinya deh mbaa

    BalasHapus
  3. Senang banget bisa ikutan acara ini ya bun, nambah ilmu dari pakarnya, ketemu temen2 blogger, bisa sharing langsung dengan temen2.

    Materinya keren pula, banyak ilmu baru yang saya dapatkan, terutama kalkulator AFS nya.
    Bermanfaat banget buat saya yang punya anak sedang dalam usia golden age gitu.

    Pokoknya thanks deh buat Clozette dan Parenting Club :)

    BalasHapus
  4. Boneka kaos pasti akan di sukai anak anak yang akan membantu kita lebih senang lagi bermain.

    Tumbuh kembang anak anak akan mempengaruhi masa depannya

    BalasHapus
  5. Pengasuhan anak di masa tumbuh kembang memang strategis ya, saat inilah saat yang tepat untuk memberikan asuhan yang optimal, demi masa depannya

    BalasHapus
  6. Acaranya seru banget ya,, mama bisa dapat ilmu banyak terus bisa berkreasi juga.

    BalasHapus
  7. Zaman sekarang serba teknologi ya hehe. Maupun aku belum punya baby, dan belum married juga, tapi aku bakal saranin parenting club ke teman-teman ku yang udh punya baby.

    BalasHapus
  8. Bahagianya emak2 zaman now ada parenting seminar/ workshop dll. Zaman bunda jd ibukibuk muda mana ada yg seperti ini?

    BalasHapus
  9. Menarik banget. Memperhatikan tumbuh kembang si anak jadi terasa penting. Apalagi sekarang portal informasinya mudah dipelajari.

    BalasHapus
  10. aah boneka kaus kaki nya lucu banget, dirumah banyak kaus kaki gak terpakai bisa dijadikan bahan crafting untuk melatih kreatifitas anak

    BalasHapus
  11. Aku pernah menggunakan kalkulator AFS Parenting Club. Udah lama sih, pas kalkulator ini dilaunching waktu itu. Keren ya :)

    BalasHapus
  12. Suka banget sama acaranya terus malah fokus sama bonekanya yang lucu. .

    BalasHapus
  13. jaman sekarang sekolah untuk jadi orangyua udah banyak difasilitasi ya mbak. belajar ttg tumbuh kembang anak juga udah banyak semnarnya

    BalasHapus
  14. Jadi tahu ya mba dan dpt ilmu bnyak next bisa diapresikan ke anak2 haturnuhun tercerahkan nih

    BalasHapus
  15. Seru banget ya acaranya. Tidak membosankan sama sekali. Bonekanya lucu dan imut banget. Jadi pengen bikin boneka kayak gini juga.

    BalasHapus
  16. Wah penasaran sm kalkulator afs, jd mending aku langsung meluncur ke webnya aja deh ya mbk. Oiya makasih loh sudah share ilmu sekece ini

    BalasHapus
  17. Penasaran sama kalkulator AFS, bagus ini saya infoin ke ibunya ke enakan saya, anaknya baru setahun :)

    BalasHapus
  18. luar biasa mba...aku nyesel keilangan tahap golden anak-anak. Sekarang terasanya

    BalasHapus
  19. Anak anak pasti jauh lebih suka kalau diberikan boneka handmade mamanya nih

    BalasHapus
  20. Ulasannya lengkap banget mbak! Penasaran deh sama kalkulator AFSnya.

    Btw socks dollnya gemaaass ��

    BalasHapus
  21. Penasaran mau nyobain kalkulator AFSnya tapi dari tadi registrasi gagal terus. Harus dari laptop kayanya yaa mba? :)

    BalasHapus
  22. Wah ada mini me ikut datang ke acara ini

    BalasHapus
  23. Perkembangan dan pertumbuhan si kecil emang penting banget utk kita perhatikan ya

    BalasHapus
  24. aku langsung cus ke parenting club mba penasaran nih sama kalkulatornya :)

    BalasHapus
  25. Nah, orang tua gak boleh cuek untuk urusan tumbuh kembang anak. Apalagi sekarang udah ada kalkulator AFS. Bisa membantu memantau tumbuh kembang

    BalasHapus
  26. Paling suka dan semangat banget dengan event parenting, apalagi pas pulang dapat godie bag, BAHAHAHA.

    Bikin wawasan tambah dan merasa betapa ilmu kita itu masih sedikit sekali.

    BalasHapus
  27. Bagus juga ya ada kalkulator AFS seperti ini jadi bis amembantu para ibu melihat perkembangan anak-anaknya

    BalasHapus
  28. Wah asyik nih..jd inget zaman ank2 masih imut, aku twxt book banget riap bulannya melihat sesuaindgn sehafusnya atau tidak

    BalasHapus
  29. Hwaa~
    Boneka belum jadi aja uda canciik bangeett...

    Tutorial bikin bonekanya doonk, mba...

    BalasHapus
  30. Waaah. Ada kalkulatornya segala. Membantu banget demi tumbuh kembang anak. Nggak ada alasan untuk nggak perhatian.

    BalasHapus
  31. Asyik banget ya, abis kegiatan.parenting terus belajar bikin boneka dari kaos kaki. Bener bener double keterampilan 😍

    Share juga dong cara bikin bonekanya mbakk..

    BalasHapus
  32. Lucu banget bonek kasil kreasi dari kaos kaki, jadi pengen bikin juga. Waah mau ah ikutan cek tumbuh kembang anak di website parenting club, makasih infonya ya

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah anakku sesuai :)
    Setelah tahu ttg kalkulator pertumbuhan langsug deh buktiin sendiri

    BalasHapus
  34. Penasaran pengen pake kalkulatornya, nantilah kalau anakku dah lahir ya.. Sabar dulu walaupun kepooo.. Hihi

    BalasHapus
  35. Enak nih ya kalau suami mau kooperatif. Istri cari ilmu parenting dulu, suami jaga anak-anak sebentar.

    BalasHapus
  36. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk cek tumbuh kembang anak ya mba. Enak sekarang ada kalkulatornya..

    BalasHapus
  37. Iih ada dr. Ahmad Suryawan aku suka banget dengan beliau.
    Parenting jaman sekarang makin bagus, makin banyak ilmu yang dishare,terutama tentang tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  38. Mbk, aku galfok dengan boneanya cantik banget. Jadi penasaran loh Mbk. Ikutan pengen ngecek juga tumbuh kembang anak nih

    BalasHapus
  39. Alhamdulillah, kalo lihat tabel pencapaian, dan lihat indikator2 bedasarkan usia, anak-anak saya maksimal tumbuh kembangnya. Btw, keren deh acaranya. Asyik bisa ngumpul sama temen dan pastinya dapet banyak ilmu :)

    BalasHapus
  40. Mbakku juga nih kalau ada posyandu gak pernah absen buat lihat dan catat perkembangan anak sampai 5 tahun. Kadang kasian sama anak2 yg Ibunya cuek gak mau nimbang ini itu. Padahal kan penting juga. Inilah gunanya ilmu parenting

    BalasHapus
  41. Pengin nyobain Kalkulator AFSnya, tapi kok anakku udah lebih dari umur 7 tahun semua heheheee... Bisa direkomendasiin nih ya untuk adikku yang putra-putrinya masih belum 7 tahun nih.

    BalasHapus
  42. Ya ampun bonekanya lucu banget kak, pengen buat juga dirumah jadinya deh

    BalasHapus
  43. Aspek perkembangan dasar itu penting banget, mempengaruhi usia tumbuh kembangnya kelak

    BalasHapus

Auto Post Signature