Family Gathering BKI Surabaya - Tour de Jogja (1)

27 Januari 2019
Assalamualaikum,

"Family Gathering adalah momentum yang sangat penting dalam sebuah perusahaan karena pada momentum ini semua keluarga baik itu suami, istri dan anak-anak berkumpul menjadi satu untuk berpartisipasi untuk kegiatan ini, untuk lebih mengenal satu keluarga dengan keluarga lainnya dan juga agar perusahaan dapat lebih dekat lagi dengan keluarga dari para karyawan maupun staff dari perusahaan tersebut, dan juga sebagai ungkapan terima kasih perusahaan kepada keluarga staff atau karyawan atas dukungannya kepada suami, istri atau anak untuk tetap bekerja dan membantu perusahaan dengan baik."

Jumat, 23 November 2018

Seperti biasa jika kita bepergian sehari itu saya gak masak, atau minimal buat sarapan aja tapi karena kita berangkatnya sore anak-anak tetap makan siang dulu baru ku ajak tidur siang. Saya yang kala itu masih kenyang, jadi anak-anak ku tinggal untuk packing, siang ayah zaf udah tiba di rumah dengan membawa es pallu butung yang eike pesan dekat kantor, eh tenyata dia yang selalu berbaik hati membawakan juga sebungkus sop saudara yang sebenarnya saya udah kenyang, tapi karena kuliner makassar apa daya sayapun melahap seketika :D

Packing sudah selesai, anak-anak sudah bangun siang, pak awal tiba-tiba rusuh dengan kerjaan yang belum selesai, ransel yang rencana saya hanya membawa satu tiba-tiba buyar dikarenakan ada kerjaan yang belum selesai dan mengharuskan membawa koper satu, aishhh. Begitupun di mobil masih sibuk dengan kerjaan. Di kereta makin rusuh lagi hahaha, disaat mengharapkan wifi seadanya itupun tak berjalan lancar, aku sampai gregetan liatnya. untungnya doi minta izin agar saya bisa menghandle full anak-anak dulu dan mohon maaf jika doi harus selesaikan kerjaan dulu. Sedih hati sebenarnya, tapi berusaha legowo dan mendoakan biar cepat kelar. Dan tak lama kemudian ada kabar udah selesai karena dibantu dengan teman doi, Alhamdulillah yah :D dengar itu berasa pundak ini langsung lega padahal sepanjang jalan itu ku godaain muluk hahaha

Pengalaman pertama naik Kereta Api Indonesia (KAI) bareng keluarga

Menjadi hari-hari ditunggu buat anak-anak untuk naik kereta ini, semenjak pindah ke surabaya anak-anak sudah tidak asing melihat dan mendengar suara kereta api, dan selalu menanyakan kapan kita merasakan naik kereta api. Alhamdulillah gathering kali ini berangkatnya menggunakan kereta api.

Sebulan sebelum berangkatpun saya selalu menceritakan tentang kereta api termasuk apa yang akan kita lakukan/siapkan selama kira-kira 5 jam berada dalam kereta api. Saya hanya menyiapkan worksheet, boneka tangan + cerita dan cemilan karena makan malam yang kami harap dari travel ternyata itu pedas yang belum bisa anak-anak makan, akhirnya saya membeli makanan di dalam kereta api, alhamdulillah ternyata kereta api gak seperti dulu yah, fasilitas berupa jajanan sudah diolah dari KAI sendiri beda yang dulu ketika jajanan yang masuk dari berbagai orang yang mungkin kebersihannya gak sepenuhnya terjamin. 5 jam bagi kami gak terasa karena anak-anak juga sangat anteng. Mainanpun saya bawa sebenarnya mencegah anak-anak untuk tidur tapi bablas 45 menit sebelum nyampe. kami pada terlelap terutama zaf yang pasti jika dia terbangun tergesa-gesa dia jadi tantrum, dan ternyata benar hahaha, untungnya ada ayahnya yang meng-handle itupun sempat membuat kami terpisah ketika sampai di terminal jogjakarta. Zaf tetiba gak mau jalan, membujuk dia mungkin bisa tapi butuh waktu yang lama padahal kita harus cepat karena bus sudah menunggu. Saya sempat khawatir karena udah lama saya menunggu diluar dan doi belum terlihat-lihat, mau nyusul tapi nanti saya terpisah juga dari rombongan, akhirnya beberapa menit doi terlihat juga sambil menggendong zaf dan tangan satunya menenteng koper hahaha, Alhamdulillah.

Pukul 23.30 WIB di hotel

Selesai urusan administrasi dan barang kita udah nyampe dengan selamat di kamar hotel, sebelum kami sampai di bus saya sudah bikin perjanjian sama zaf apa yang akan kita lakukan setelah sampai di hotel dan kegiatan besoknya. bahwa sampai hotel gak ada lagi main, ganti baju langsung tidur, karena besok jam 6 pagi abang zaf sudah harus bangun lalu mandi dan siap untuk sarapan karena jam 7 pagi kita sudah jalan lagi, dan alhamdulillah dia menyanggupi. Dan hasil di hotel zaf bersikap demikian.

Tepat jam 12 malam, kami berdua tinggal sendiri dengan kondisi yang kelaparan (lagi) :D Pesan onlinepun seketika mengantarkan 2 bungkus gudeg ke kamar kita hahaha

Sabtu, 24 November 2018

Sesuai perjanjian zafpun bangun tepat waktu, 30 menit sebelum jam 7 pagi kita sudah ke bawah untuk sarapan. Hari ini jadwalnya kita akan menikmati Wisata Jeep Lava Tour dan Candi Borobudur. Masuk ke bus anak-anak sudah kembali terlelap, menikmati perjalanan ketika sudah memasuki kawasan kaliurang. Zaf yang baru bangun dari mimpi langsung segar melihat banyaknya jeep yang lalu lalang, yah namanya lava tour merapi, kitapun diajak berkeliling menggunakan jeep. Zaf yang kala itu tidak sabaranpun untuk menikmati bukan tour merapinya tapi naik mobil jeepnya hahaha.

Satu yang saya sesalkan ketika udara daerah kaliurang tempat kita start point menggunakan jeep, udaranya begitu dingin, untuk ruby masih aman karena menggunakan baju lengan panjang, zaf yang kala itu cuman menggunakan kaos oblong dengan lengan pendek, fikirku karena ada adegan basahan makanya saya hanya menggunakan pakaian seadanya, dan sedihnya melihat dia kedinginan. Tapi alhamdulillah, jeep tak lama ditunggu yang tadinya hanya menunggu dengan kedinginan sambil memeluk zaf, tetiba zaf dengan sekilat duduk menaiki mobil jeep disamping ayahnya :D

Untuk Tour merapi ini ada 3 rute, pendek, menengah dan panjang. tapi pilihan hanya 2 kala itu pendek dan menengah. Sebenarnya pengen banget memlih rute menengah tapi karena kondisi kala itu hamil 4 bulan sayapun dengan ikhlas memilih rute pendek bersama ruby dan ditemani 2 ibu-ibu beserta anak seumuran ruby kita menggunakan 1 jeep, sedangkan suami dan abang zaf memilih rute menengah.

Wisata Jeep Lava Tour

Awalnya sangat menikmati perjalanan menggunakan jeep ini biarpun saya dan suami terpisahkan ruang dan jarak :p tapi yah karena pengalaman pertama jadi aku bela-belaiin buat nge-vlog dan berniat menulis di blog satu postingan khusus wisata jeep lava tour ini. Tapi kesenangan hanya 10 menit pertama setelahnya was-was banget :(
Kenapa?

Aku gak nyangka kiraiin rute pendek ini jalannya mulus-mulus aja. penyesalan lagi, saya gak nyari info tentang kondisi jalan lava tour ini, saya hanya tanya sekilas sama teman-teman dan googling seadanya, dan berujung aman-aman aja. Tapi ternyata sepanjang perjalanan yang awalnya saya masih memegang kamera dengan satu tangan, karena satu tangannya aku memegang badan ruby. tapi menjelang menit saya menyerah kamera saya sudah simpan di tas, dan tangan saya sibuk mengelus-elus baby saya di dalam perut untuk afirmasi 'minta maaf dan menjelaskan kondisi baik-baik aja' saya berkali-kali memperbaiki tempat duduk saya untuk senyaman mungkin duduk, dan mulut ini beberapa kali mengingatkan ke pak sopirnya untuk mencari jalan yang sedikit aman dan pelan-pelan saja.

Duh, jalan ini membuat kita terombang ambing jika dilakukan kecepatan normal, ini karena pak sopirnya tau ada penumpangnya satu sedang hamil diapun pelan-pelan banget jalannya, itupun masih terombang-ambing banget, gimana tidak,  jalan disana memang gak bagus dan penuh bebatuan.

Pengen rasanya saya kembali tapi gak bisa, keputusan akan kenekatan ini saya nikmati dan pasrah saja. Terpaksa kamera saya simpan dan mengikhlaskan gak ada vlog padahal pemandangan keren banget, Masyaa Allah. Apalagi ketika kita melewati sungai.

Sesampainya kita di start point, Jeep kami tiba paling pertama padahal sudah dilambatin banget hehehe, tapi memang ada jalur yang pak sopir hindari mengingat kondisi saya, dan alhamdulillah buibu yang menemani saya memang pengen cepat finish juga jadi saya tidak menghalangi keseruan mereka, padahal aku sudah gak enak banget membuat mereka worry dengan kondisi saya.

Sambil menunggu, saya dan buibu lain menikmati playground di basecamp kaliurang ini, cukup lama sebenarnya menunggu rombongan full sampai saya memutuskan untuk sholat duluan padahal mau nunggu pak awal.

Setelah sholat sayapun terburu-buru pengen cepat ke bus, bertanya dan menikmati cerita dari suami terutama cerita pengalaman zaf yang kala itu celana dan bajunya setengah basah, tapi lega ketika zaf bercerita dengan berbinarnya mengenai pengalamannya tersebut, yang gak lega dan saya tau itu adalah suami yang berkali-kali menanyakan kondisi saya.

Mungkin jam 2-an siang baru kita akan start ke rencana selanjutnya yaitu Candi Borobudur, tapi berhubung kondisi waktu yang sudah tidak memungkinkan kita kesana, padahal belum makan siang makanya pihak panitia memutuskan untuk tidak ke candi borobudur dan mengganti besok ke Candi Prambanan.

Sebenarnya kami alhamdulillah banget dengan keputusan ini, berhubung anak-anak letih banget, mereka dari semalam sedikit istirahatnya, jikapun dilanjut anak-anak pasti gak menikmati. Setelah makan siang di salah satu resto kitapun meluncur ke Jajanan Oleh-oleh di kota Jogja. Dan alhamdulillah maghrib udah di hotel, istirahat sebentar sebelum menikmati makan malam bersama peserta Family Gathering BKI Surabaya.

gak sempat foto bagus hahaha
Menikmati Malamnya Malioboro - Jogja

Setelah isi lambung sudah terpenuhi kamipun berniat jalan-jalan ke malioboro, berhubung hotel kami deket banget jadi yang awalnya mau jalan kaki tapi pas lihat ada becak kitapun naik becak hahaha, seru aja kali yah udah lama banget tidak menikmati transportasi umum ini, anak-anakpun baru pertama kali ini naik becak.

Malioboro yang saat itu malam minggu dipenuhi banyak banget orang, saya yang pengen jalan santai sempat kebingungan kita mau ngapain. Jadinya ayah zaf ngajak kita untuk keliling jogja menggunakan delman, senang kali anak-anak ini keliling dengan transportasi baru yang baru dilihat langsung dinaiki hehehe, apalagi delmannya itu dihias dengan bunga-bunga dan suasana jogja kali itu mendukung banget untuk dinikmati.

Berniat untuk akan kembali lagi kesini, Jogja yang ngangenin memang.

Untuk cerita besoknya aku cerita di postingan selanjutnya yah...
Terima Kasih

12 komentar on "Family Gathering BKI Surabaya - Tour de Jogja (1)"
  1. Naik mobil jeep ini salah satu kegiatan yang seru di Merapi yang saya senangi. Selain tentu saja pilihan lain dengan menggunakan motor trail. Semoga bisa kembali kesana mengulangnya

BalasHapus
  2. mungkin masukan saja kak..
    ceritanya bisa dibagi dalam beberapa bagian. misalnya persiapan, terus hari pertama di Jogja (termasuk Merapi), terus Malioboro. Jadi tidak terlalu panjang dan agak sesak di dalam satu cerita.

plus, masih ada beberapa ketidakkonsistenan, antara menggunakan "saya" atau "aku"

semangat! hehehe

Balasan
    1. Sy jg kak kdg gini menulis😩

Hapus
    2. saya pernah nih nulisnya model dipotong-potong, misalnya hari 1 satu postingan, hari berikutnya postingan lainnya, tapi duluuu waktu nulisnya masih selo banget, mungkin sekarang susah banget bagi-bagi waktu untuk nulis postingan banyak gitu, hehehe, aduh kok jadi ikut curhat xD

3. dari cerita dan foto-fotonya terlihat seru banget ini family gathering. dari naik kereta sampai melewati sungai. seruuu.

BalasHapus
  4. Serunya kak, lihat foto-fotonya juga jadi berasa ikutan ngerasain family gathering nya. Btw, kalo bawa anak memang harus ada pesiapan yang oke dih biar ndak riweh...

5. Serunya kak family gathering nya enak sekali bs keluar luar kota gitu 🙈 andai kantor suamiku gtu jg ya hahaha

6. paling suka kalau ada family gathering ya bawa anak2 seru banget pasti
    saya baru satu kali ikutan fam gath kantor suami bawa duozam waktu ke lombok
    btw itu zaf pasti banyak banget pengalaman yang bisa dia cerita2 di? saya liat juga videonya seru nya dia mukanya takjub begitu senang ehehe.
    ahh jadi mauka juga fam gath lagi

BalasHapus
  7. Seru bnget ikut gathering kayak gini. .Dulu pernah ikut gathering waktu jadi karyawan dulu di sebuah perusahaan tapi cuma karyawannya tok yang ikut, Family no. .Someday ,mudah-mudan bisa ikutan family gathering. .Serunya juga jalan-jalannya ke jogja. .

8. Saya termasuk yang belum pernah naik kereta api, serunya untuk seseuatu halnyang baru, serunya karena bisa liburan bareng keluarga

9. Tahun lalu saya juga sempat mencoba Lava Tour Merapi, naik Jeep ternyata seru-seru sedap ya kak. Makin kita teriak, drivernya makin ngegas hahahaha..

BalasHapus
  10. Setype dengan Ridwan, selalu tantrum kalau bangun dengan tergesa-gesa hahaha jadi sebelumnya bikinka juga perjanjian dulu soalnya kutak sanggup menggendong hahhaha