Family Gathering BKI Surabaya - Tour de Jogja (2)

29 Januari 2019

Assalamualaikum,

Pertama kali ke jogja pada tahun 2010, dengan modal nekat bersama teman-teman kuliah saya dengan keliling jawa. Start Surabaya berakhir di Jakarta, kala itu kami memang sudah bekerja berarti hanya memiliki 10 hari yang bisa kami gunakan untuk melakukan rute konyol ini hehehe, maka di jogja hanya semalam itupun kami menampung tinggal di rumah teman karena gak mau rugi hehehe

Jogja kali itu yang biasanya hanya dengar dan baca lewat cerita orang dengan kota pendidikan dan kesahajaannya memang sangat terasa apalagi kita hanya satu malam 2 hari, tidak banyak yang dikunjungi tapi itupun melekat rasa pengen balik kesana lagi dan saya janji, Insyaa Allah.

Berkali-kali ada kegiatan ke jogja waktu masih aktif ngantor (baca : single :p) tapi selalu gak tepat waktunya, dan akhirnya ada rejeki ketika menikah itupun bukan berkunjung berdua dengan suami tapi dengan anak-anak plus dalam keadaan hamil.

Menikmati tentu saja, tapi sangat berbeda memang rasa yang ditawarkan ketika kita jalan bersama keluarga inti saja atau istimewanya jika jalan sendiri bahkan hanya beberapa teman saja. Tapi rasa ini juga tak kalah istimewa, tempat baru, kantor baru, teman-teman yang baru, yang pastinya suasana yang baru, setiap langkah dan apa yang kita torehkan pasti ada cerita dan hikmahnya, apalagi jika ceritanya dikenang lewat tulisan.

Ahad, 25 November 2018

Dihari kedua kami di jogja adalah hari dimana sangat letih, dari pagi kemarin sudah beraktifitas sampai malam menutup, dihari terakhir ini sebenarnya saya mengikuti ritme anak-anak saja, saya tau mereka sangat lelah, dilihat dari lamanya mereka bangun pagi.

Meeting point alhamdulillah jam 9 pagi, jadi sengaja saya membangunkan anak-anak sedikit telat, wajar jika mereka malas-malasan pas bangunpun, tapi tidak membuat kami tidak ontime datang ke tempat sarapan hehe, walaupun memang kebanyakan menu sudah habis, anak-anakpun tidak berselera untuk sarapan. Hanya segelas susu dan roti itu sudah membuat saya sedikit lega.

Untungnya tadi shubuh ayah zaf keluar sholat dan inisitif membawa bungkusan makanan khas jogja yaitu gudeg hehehe, dan itu menjadi bekal saya jika anak-anak tiba-tiba merasa lapar kembali.

De Mata Trick Eye Museum

Hari terakhir ini rencana tempat pertama adalah De Mata Trick Eye Museum, karena kondisi saya masih letih dan anak-anakpun demikian, sepanjang perjalanan itu kami tidur pulas, bangun dalam kondisi kaget dan anak-anak lapar padahal baru nyampe. Jadilah kami yang paling telat turun dari bus, jujur awalnya saya tak begitu selera hehe seperti gak ada tantangan aja, karena waktu di batam udah lihat seperti apa musium trick eye ini, hanya foto dan anak-anak seumuran zaf sebenarnya belum tau betul maksud dari hal pengambilan foto ini, kebanyakan kita para orangtua yang 'terlalu' seru mengarahkannya hahaha

Sampai kepada ketika sudah dipenghujung waktu ada foto studio didalam museum ini, suamipun langsung gerak cepat menawarkan saya dengan kata 'kapan lagi sayang?' melihat kondisi anak-anak sebenarnya gak yakin gitu, tapi kenapa gak dicoba :D

Waktu yang sempit membuat kami tidak bisa berdialog dengan zaf dengan keputusan kita, yah zaf tipikal perencana, apa-apa harus diomongin dulu, 10 menit berlalu dengan dialog dengan saya tentang apa yang akan kita lakukan tentang foto studio tidak membuahkan hasil hahaha dia tetap menolak tak mau di foto, akhirnya sang ayah datang sebagai super 'hero' menjanjikan sesuatu dengan kalimat 'bentar kita cari mainan di al****rt yuk!' hahaha tanpa hitungan detik anak-anak langsung mengiyakan doung tanda pelangi sudah muncul :D dengan bisikan ke saya 'maaf bund, kepepet, waktu kita hanya sedikit, solusi hanya ini, dan saya janji melunasinya' apa boleh buat sang kepala sekolah sudah mengambil keputusan tanpa diskusi juga, tapi karena depan anak-anak sayapun menyetujuinya dengan 'terpaksa' :p

Pengalaman pertama yang tidak direncanakan adalah foto kostum keluarga, untungnya tema itu tentang suasana keluarga jawa yang sedang asyik bermain dengan anak-anaknya, banyak permainan yang diberikan ditambah tim studio yang full mengarahkan anak-anak dengan mainan dan musik dari depan. hanya bisa menggambarkan begitu heboh ruangan studio tersebut untungnya teman-teman kantor pada selesai jadi tak ada yang melihat kita, tambah gemesin zaf dan ruby hanya terlihat heran melihat pemandangan orang yang begitu heboh hahaha

Mungkin ada 3 jam-an kita dilokasi museum ini, setelah selesai kitapun meluncur ke tempat makan, ketika sholat dan makan sudah terpenuhi, kitapun meluncur lagi ke tempat oleh-oleh khas jogja untuk kedua kalinya, hujan mulai rintik saat itu tapi juga cepat berlalu dan langsung terik. Perjalanan pulang yang panjang tapi sebelumnya kita singgah dulu di Candi Prambanan.

Candi Prambanan

Perjalanan candi prambanan dari pusat oleh-oleh tadi hanya memakan waktu 20-30 menit saja tidak lama, anak-anakpun gak sampai terlelap lagi, turun ke bus menikmati cuaca di candi prambanan yang mendung, zaf kala itu semangat sekali sampai kamera dia yang pegang untuk memotret. Tapi sayangnya tidak sampai beberapa perjalanan bahkan kami hanya diluar belum masuk ke kompleks candinya, hujan sudah sangat reda, untungnya masih bisa berfoto dihalaman depan dengan latar prambanan. Menunggu 15 menit masih hujan keras panitia langsung memutuskan untuk memutar balik untuk dibatalkan saja apalagi anak-anak sangat banyak kala itu, kamipun berlomba mencari ojek payung, yang membuat hati ini senang anak-anak yang memang kecewa gak sempat masuk ke dalam tapi menikmati suasana hujan hahah, andaikan sudah disurabaya dan bukan bus tapi mobil sendiri pasti kuijinkan zaf untuk bermain menikmati hujan :D

Sampai ke bus, kami sebenarnya tidak terlalu kena hujan, tapi anak-anak tetap kugantikan baju biar mereka nyaman untuk menikmati perjalanan panjang menuju surabaya menggunakan bus. Maklum ada hampir 7-8 jam kita didalam bus, untungnya bus dari panitia ini top banget, sangat baru, dan ada selimutnya jadi gak berasa sesak dan gak kerasa udah sampai di surabaya.

Hati gembira berbarengan teman
Bergembira ria dibawah jambatan
Seandainya kita diizinkan tuhan
Tentu bersua dihari kemudian

Aseeekkkk :D

Terima kasih dari kami buat

Tim Kerja dari PT. BKI Surabaya
Semoga maksud dan tujuan diadakan Famgath ini bisa tercapai, Aminn Yaa Rabb.