Memanjakan Ibu Hamil di Festival Bunda Generasi Maju

22 April 2019

Assalamualaikum Bunda,

"1 dari 2 ibu hamil di Indonesia mengalami anemia dan kekurangan mikro nutrisi,
 kondisi ini bisa berdampak buruk bagi janin"

Kata pertama yang saya tangkap ketika saya pertama datang ke Festival Bunda Generasi Maju ini, yang diadakan tanggal 21 April 2019 di Lapangan Parkir Grand City Hall Surabaya, agak sedikit terlambat karena dengan membawa 2 anak dan kehamilan sudah mau memasuki di usia 9 bulan, persiapan waktu yang mungkin tidak tepat, tapi tidak mempengaruhi antusiasme saya untuk mengikuti agenda pertama yaitu Talkshow dari Festival Bunda Generasi Bunda yang pertama kali diadakan di kota Surabaya. 


Talkshow : Menjaga Asupan Nustrisi Selama Kehamilan

Kehamilan saya biarpun sudah menjadi kehamilan ke-4 tapi sejujurnya karena berbeda-beda bawaan, entah umur dan situasinya tetap saja harus terus belajar tentang perkembangan nutrisi, mungkin ada yang bilang kehamilan pertama memang dipersiapkan betul beda dengan kehamilan setelahnya. Tapi jelas diingat baik kehamilan pertama bahkan selanjutnya adalah menjadi periode awal dari 1000 hari pertama si Kecil yang penting untuk kualitas masa depannya, bukan pada saat hari pertama lahir saja.

Awal saya dinyatakan hamil ini, setelah pengecekan darah ternyata zat besi saya sangat kurang, dokterpun menyarankan saya untuk membanyak konsumsi yang mengandung zat besi misalnya, daging. Kenapa sangat diperhatikan jika kita kekurangan asupan nutrisi salah satunya zat besi? karena pada masa inilah berlangsung perkembangan optimal untuk menjadi anak generasi maju dengan 5 potensi prestasi : Cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, Mandiri, Supel dan Percaya diri.

Bunda, dari pemaparan dr. Sylvia Chandra, SPoG. mengatakan bahwa selama masa kehamilan kebutuhan nutrisi makro dan mikro meningkat, seperti apa nutrisi makro dan mikro itu? 
  • Nutrisi Makro yang dibutuhkan ibu hamil adalah Karbohidrat, protein dan lemak
  • Nutrisi Mikro yang dibutuhkan ibu hamil adalah zat besi, asam folat kalsium dan vitamin D
Sedangkan, 1 dari 2 ibu hamil di Indonesia mengalami anemia dan kekurangan mikronutrisi seperti Zat Besi dan Asam Folat. Nah sedihnya jika ibu hamil mengalami kekurangan nutrisi Mikro berupa asam folat dan zat besi : diantaranya Bayi lahir prematur, Berat Badan bayi lahir lebih rendah, kematian bayi dalam kandungan.

Makanan harian Ibu hamil sebenarnya belum tentu mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, nah, salah satu upaya supaya kebutuhan nutrisi selama kehamilan bisa terpenuhi bisa menambahkan asupan susu formula untuk ibu hamil.
SGM Bunda dalam Nutrisi Kebutuhan Selama Kehamilan

Peran Susu Formula untuk Ibu hamil ternyata banyak :
  • Membantu mencukupi asupan nutrisi makro atau mikro, khususnya formula yang tinggi kandungan zat besi dan tinggi asam folat.
  • Melengkapi konsumsi makanan bergizi dan seimbang agar ibu tetap sehat.
  • Gizi Ibu optimal, dukung anak generasi maju untuk capai potensi prestasi : Cerdas kreatif, tunggu tinggi dan kuat, mandiri, supel, percaya diri.


Jujur selama ini sebelum datang ke acara ini saya kira SGM hanya dikhususkan pada susu formula untuk anak-anak ternyata ada juga untuk kebutuhan Ibu hamil yang dinamakan SGM Bunda ini sebenarnya bukan hanya untuk Ibu Hamil tapi juga untuk Ibu Menyusui.

Ternyata sejak tahun 2012, SGM Bunda mendukung pemenuhan nutrisi Bunda di Masa Hamil dan menyusui loh :) Diproduksi oleh Sarihusada Generasi Mahardika yang berpengalaman lebih dari 65 tahun dan dikembangkan oleh kolaborasi Sarihusada dengan ilmuwan internasional di pusat penelitian Nutricia di Belanda & Singapura.

SGM Bunda berkomitmen mendukung kesehatan ibu hamil melalui 3 cara :
  1. Menghadirkan produk susu berkualitas untuk mencukupi kebutuhan nutrisi di masa hamil dan menyusui.
  2. Memberikan edukasi melalui aktifasi offline/ on ground
  3. Memberikan edukasi melalui aktifasi secara online atau digital.
Dan senangnya SGM Bunda ini sekarang sudah memenuhi FORMULA COMPLIMUTRI, bantu penuhi kebutuhan bunda selama hamil dan menyusui.
  • Mengandung Minyak Ikan : Mendukung perkembangan syaraf dan otak janin.
  • Tinggi zat besi : Mendukung anemia pada bunda.
  • Tinggi Asam folat : mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.
  • Tinggi Kalsium atau Vitamin D : membantu pembentukan tulang janin.

Keseruan Festival Bunda Generasi Maju 

Senang sekali saya mendapatkan undangan untuk hadir ke acara Festival Bunda Generasi Maju ini, mungkin saya mengalami masa kehamilan yang sudah hampir melahirkan Insyaa Allah, jadi pengetahuan dan kenyamananpun bisa saya dapatkan di festival ini berasa seperti dimanjakan, karena diadakan hanya sehari sayapun memaksimalkan keseruan di tempat ini, apa aja yang menjadi keseruan di Festival Bunda Generasi Maju?

Selain Talkshow yang saya paparkan diatas, ada banyak Area untuk Ibu hamil : ada Area Bunda Cerdas, Area Bunda Jajan, Area Bunda Santai, Area Bunda Sehat, Cooking Demo, Prenatal Yoga, Talkshow kecantikan sekaligus tutorial make-up yang dibawakan oleh Wardah


 Area Bunda Jajan


Pertama kali masuk ke tempat diadakan Festival Bunda Generasi Maju ini adalah Area jajan, tapi sebelumnya kita dikasih PASSPORT di registrasi untuk menikmati keseruan di setiap area Festival ini, Nah di area jajan ini dengan passport itu bunda gak perlu bayar setiap snack yang diberikan, snacknya banyak dan enak-enak loh, kaya nutrisi banget apalagi diberikan segelas susu SGM Bunda segelas, Alhamdulillah yah :))

Area Bunda Sehat

Area Bunda sehat para bunda disediakan jika ingin mengetahui kondisi janin dengan Tes USG dan Cek tekanan darah yang bukan hanya untuk Ibu Hamil tapi para ayahpun bisa menikmati fasilitas ini :)

Area Bunda Santai 


Ini yang paling diminati para bunda, nyatanya banyak sekali para bunda yang antri, dimanjakan lewat totok wajah atau pijat kaki yang dilakukan langsung oleh para tim dari Mom n Jo.

Area Bunda Cerdas




Kalau saya ini area menjadi salah satu favorit saya, soalnya kita bisa tau informasi tentang fakta ataupun mitos lewat 10 pertanyaan yang ada, bukan hanya pertanyaan, penjelasanpun menjadi sesuatu yang penting untuk diberikan, setelah kita berhasil menjawab seluruh pertanyaan kita bisa mendapat hadiah berupa tas atau dompet.

Prenatal Yoga


Nah ini moment yang paling dimanjakan nih kita para Ibu Hamil, biarpun saya tidak terlalu menikmati karena kostum saya yang gak cocok untuk melakukan yoga ini, tapi ada beberapa gerakan yang membuat saya rileks dengan punggung saya, tau kan ketika usia kehamilan sudah 34 Minggu perut ini sudah besar, punggung yang menopangpun harus kuat, nah itu sering pegal-pegal, nah ketika gerakan yoga ini membuat nyaman karena gak takut-takut lagi untuk melakukannya, karena ada pelatihnya juga yang bisa kita tanya-tanya.

CookingDemo

Setelah beberapa menit kita melakukan prenatal yoga, kita masuk ke cooking demo, disini chefnya menggunakan bahan dasar pastinya dari susu formula SGM Bunda dengan variant 3 rasa, ada orange, strawberry dan coklat. Chefnya membuat minuman segar yang pastinya tidak membuat kita para ibu hamil merasa mual, dan asyiknya lagi setelah demo ini kita bisa menyicipnya dan ternyaaaaa segar dan enaklohhhh... 

Talkshow Kecantikan dan Tutorial Make-up oleh Wardah Cosmetics


Saya termasuk yang banyak mengganti skincare saya ketika hamil, ada banyak khawatiran tentang produk yang saya pakai tidak aman ketika saya hamil, untuk makeup sih angat sangat jarang dan memang semuanya Halal karena memang saya pakainya Wardah Cosmetics. 

Rini Setiawan yang menjadi trainer dari Wardah Cosmetics menjelaskan tentang pentingnya perhatian kandungan perawatan kulit selama hamil dan tentunya perawatan-perawatan apa saja yang harusnya tetap dipakai selama hamil, karena hampir sebagain Ibu Hamil mengalami gangguan kulit seperti kulit tiba-tiba menjadi berminyak, timbul jerawat, kulit kering, atau kulit makin menghitam. 

Setelah Mba Rini Setiawan menjelaskan dengan panjang lebar tentang kecantikan kulit selama kehamilan, Ada Make-up demo nih dari Wardah juga, menampilkan sebuah model dengan meng-aplikasikan dandanan yang natural tapi tetap cantik dan berseri, dandanan yang pas dipakai selama kita hamil yang mungkin hanya pengen tampil sederhana tanpa makeup berlebihan tapi tetap terlihat cantik dan segar. Wahhhhh, seru yahh Bunda...



Keseruan ini bukan hanya milik Surabaya loh Bunda, SGM Bunda akan memberikan edukasi kehamilan melalui aktifasi offline 3 kota besar selanjutnya di Indonesia, Jogjakarta - Minggu 28 April 2019 ( Jogja Expo Centre), Jakarta - Minggu 21 Juli 2019 ( Park & Ride Thamrin lot 10 Jakarta) dan terakhir Bandung - 28 Juli 2019 ( Taman GOR Saparua Bandung),

Jangan Lewatkan yah Bunda!!
Datang dan Nikmati Fasilitas yang diberikan oleh SGM Bunda yah...
Untuk info lebih lengkapnya Bunda bisa mengikuti fanpage FB dari  SGM BUNDA


Terima Kasih SGM Bunda,
Bagi saya yang sedang menanti buah hati di minggu-minggu terakhir sangat dimanjakan
sekali dengan adanya #festivalbundagenerasimaju
edukasi sangat membantu bagi kami para bunda untuk terus menjadi
#langkahawaldukunggenerasimaju
1 komentar on "Memanjakan Ibu Hamil di Festival Bunda Generasi Maju"
  1. wah asyik juga ya bisa nambah ilmu ya kak bisa ikut festival bunda ini ;)

    BalasHapus

Auto Post Signature