Tips Liburan ke Batu Secret Zoo bersama Anak-anak

12 November 2019
Wisata malang, wisata batu, wisata surabaya

AssalamuAlaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Gak habis-habis memang kota Batu-Malang menawarkan tempat rekreasi yang edukatif dan tentunya wahana permainannya yang banyak. Salah satu tempat rekreasi yang minggu lalu kami datangi adalah BATU SECRET ZOO berlokasi sama dengan Eco Green Park yang keduanya tempat wisata itu termasuk di Jatim Park 2. Batu secret zoo mempunyai luas hampir 15 Ha tapi tidak membuat anak-anak bosan dan tentunya capek berkeliling disini padahal cuaca pada hari itu terik banget.

Harga tiket dari batu secret zoo ini sangat terjangkau, karena saya kesana pas akhir pekan yang seharga Rp. 120.000,- nah ini sudah sepaket dengan harga museum satwa yang kesempatan lain aku coba menulis tentang museum ini yah. Nah harganya bisa lebih murah jika kalian perginya di hari biasa. 

Tiba dilokasi dan melihat ada 3 bangunan besar, dimulai dari Batu Secret Zoo, Pohon Inn Hotel, dan paling ujung adalah Museum Satwa. Karena saya beli tiketnya via online maka saya langsung mengarah ke pintu masuk, senangnya ketika melihat lobby pintu masuk itu luas banget anak-anak sambil menunggu kami siap bisa sambil bermain dan lari-lari pastinya yah, itung-itung pemanasan mereka akan jalan jauh mengelilingi luas 15 Ha ini hehehe

Biarpun sangat luas, tapi rutenya sangat teratur dan hanya 1 arah kalian gak usah khawatir akan terlewat zona-zona binatang lainnya. Ada 8 zona besar yang kami kunjungi bersama anak-anak yaitu  :

Monkey Island
Pertama kali masuk yang pertama kami lihat adalah segala spesies monyet, jujur berapa kali masuk ke kebun binatang termasuk ragunan yang pastinya lebih besar ketimbang batu secret zoo, ini yang paling banyak, saya gak paham kalau paling lengkap yah, tapi jujur ini banyak banget spesies monyetnya dari ekornya yang warna warni sampai rambut yang gimbalpun ada.

Nocturnal House
Nah ini yang menarik, zonanya lebih detail tentang spesies yang melakukan aktifitas berbanding terbalik dengan manusia, kalau manusia tidurnya dimalam hari maka spesies di zona ini aktifnya malah dimalam hari dan memiliki pendengaran dan penciuman yang tajam.

Reptile GardenMasuk kesini berasa minim banget ilmu tentang hewan hehehe, bayangkan reptil disini aja hanya sepersen yang aku tau selebihnya saya gak pernah lihat, ini baru di batu secret zoo loh gimana seluruh dunia yah, Subhanallah yah.. Nah kerennya bukan hanya informasi tentang jenis-jenis reptil tapi informasi tentang gimana mereka hidup dan bertahan.

Zona Aquarium
Ini menjadi paket lengkap pas tau ada juga aquariumnya kan yah, dan anak-anak senang banget, pas masuk kesini udaranya langsung dingin membuat ruby ketiduran di stroller, zaf karena selama di BSZ dia yang memegang kamera, jadinya zaf asyik untuk foto-foto. Apalagi ada beberapa aquarium yang bisa kita tempati foto berasa kita berada lagi menyelam di kolam raksasa, keren kan!!

Savannah
Sampai ke zona savannah, waktu sholat udah tiba dan lokasinya dibuat kita masuk kandang besar, jadi banyak tempat duduknya, jadinya kami bergantian sholat sambil jaga anak-anak. Nah kandang-kandang besar ini berisi seperti rusa, zebra dan berbagai satwa lainnya. Tema kandangnyapun seperti hutan savana yang diafrika jadi seperti lihat mereka berlari di habitat asli mereka.

 Safari Farm
Nah zona ini membuat kita makin dekat dengan satwa-satwa yang ada di batu secret zoo karena kita bisa langsung memberika makanan dan pastinya bisa sambil berfoto menjadikan kenang-kenangan, tapi sayangnya waktu kami kesini cuaca terik banget, jadinya anak-anak gak lama main di zona ini, Insyaa Next kami kesini lagi, karena sangat seru sayang jika tidak dimaksimalkan.

Waterpark
Setelah berpanas-panas dan makan diarea foodcourt yang memang waterpark ini deket banget dengan lokasi makan, jadi pas waktunya anak-anak yang sudah makan kembali punya tenaga bisa dihabiskan lagi dengan main-main di waterpark ini. kolam yang paling tinggi 30 cm jadi gak usah khawatir jika anak-anak tenggelam, hanya tetap dijaga yah bunda! selain kolam dengan berbagai luncurannya, ada banyak air pancuran yang berada di sekitar kolamnya, lantainyapun gak licin jadi aman anak-anak untuk berlarian.

Tiger Land
Ini zona terakhir sebelum kita pulang, setelah capek berenang kita disuguhi dengan pemandangan yang menakjubkan plus banyak banget spesies harimaunya, baik yang berwana putih bahkan hitam, jujur ini kebun binatang yang paling bermacam spesies harimaunya, termasuk disekitarnya banyak informasi tentang habitat dan perkembang biakannya. Dan jika kalian berani kalian langsung bisa memberikan makan loh cukup bayar dengan harga Rp.10.000,-.
Tips Liburan ke Batu Secret Zoo membawa anak-anak.
  1. Kalau kalian memang tujuan liburannya hanya ke batu secret zoo, bisa jadi solusi penginapan di pohon inn hotel, lokasinya sangat dekat tinggal berjalan kaki aja udah nyampe di BSZ (Batu Secret Zoo). Tapi kemarin kami memang gak ke BSZ aja, jadi cari hotel yang tengah yang bisa diakses kemana-mana. 
  2. Nilai plus nyari hotel yang paling deket, biar barang-barang bawaan bunda gak terlalu banyak, dan juga ketika keluar dari lokasi BSZ bisa langsung masuk hotel, anak-anakpun bisa langsung istirahat.
  3. Bawa Stroller, ini penting banget untuk anak-anak dilihat dari rute perjalanan yang sangat panjang. biarpun ada e-bike tapi ini ditujukan untuk orang dewasa. Tapi sayapun jika badan tetap sehat lebih memilih jalan kaki sih, karena memang lebih menikmati jika kita berjalan sambil olahraga tentunya kan yah, apalagi anak saya zaf yang usianya 5,5 tahun hanya berjalan kaki, malu atuh sama anak jika bundanya naik e-bike, hahaha
  4. Untuk makanan dan minuman gak usah terlalu khawatir, disetiap rute perjalanan ada mini market yang bisa kalian singgahi kapan saja. untuk makanan-pun juga mereka menyediakan food court yang harganya sangat bersahabat dan tentunya banyak pilihan.
  5. Kalau bisa datang dihari weekday, anak-anak bisa lebih leluasa ber-explore tanpa rasa khawatir karena orang banyak banget jika datangnya di hari weekend.
  6. Karena didalam lokasi ada wahana waterpark diwajibkan membawa baju renang dan baju ganti, petugas melarang keras anak-anak memakai baju biasa untuk turun ke kolam.
  7. Usahakan memakaikan baju untuk anak-anak itu yang nyaman dan nyerap keringat soalnya cuaca kemarin pas kami datang itu sangat terik banget.
  8. Jika kondisi bayi belum makan, usahakan sering memberikan ASI soalnya karena terik dikhawatirkan bayinya dehidrasi.
  9. Termasuk menggunakan sandal sepatu untuk anak-anak, jika menggunakan sepatu apalagi disertakan dengan kaos kaki sangat lembab karena cuaca yang sangat mudah untuk berkeringat.
  10. Nah yang paling terakhir, Usahakan ke lokasi itu anak-anak udah sarapan dengan cukup, biar pas datang langsung ekplorasi tanpa rasa lapar yang mengakibatkan tantrum soalnya area foodcourt ada dibagian tengah BSZ.
  11.  
    Nah, tips paling penting dalam setiap perjalanan kami adalah Briefing dan Role playing, briefingnya bisa tergantung detail kemana dan beberapa hari, dan sebagainya, kalian bisa cek dipostingan saya yang ini untuk contohnya.
Selama berliburan apalagi ini sudah mendekati akhir tahun, dan kota batu dengan beragam destinasi liburannya bisa menjadi pilihan untuk menikmati waktu bersama keluarga tercinta.









Post Comment
Posting Komentar

Auto Post Signature