Image Slider

Belajar Matematika Sambil Bermain

17 Maret 2019

Assalamualaikum :)

Matematika sebagian orang menjadi momok amat menakutkan termasuk saya hehe, berawal sebenarnya bukan materinya tapi pengajar dan metodenya kadang membuat saya ketika bangku sekolah sudah membuat gak semangat bahkan malas untuk belajar matematika, padahal logika berfikir sangat mengambil peran penting dalam kehidupan kita termasuk didalamnya adalah pelajaran matematika.

Untuk seumuran zafran dan ruby yang masih tergolong masih dini, saya tidak mau menggunakan kata belajar tapi bermain dan pastinya bermain itu pasti menyenangkan. Metodenyapun sebenarnya gak sederhana orangtua harus pintar-pintar mencari aktifitas yang menyenangkan dan membuat anak-anak berbinar melakukannya. Biasanya bagi kita oang dewasa konteks kata bermain adalah mengikuti permainan yang membutuhkan keterampilan fisik dan mental tapi tidak untuk anak-anak, bagi orang dewasa melihatnya tidak ada tujuan dari permainan yang kita berikan ke anak-anak atau kita bermain bersama anak-anak, padahal penelitian mengatakan bahwa bermain adalah aktifitas yang menyenangkan, spontan tapi berguna baik untuk menyelesaikan masalah, menciptakan kreativitas, mengasah keterampilan sosial, meningkatkan kosa kata dalam hal ini mempelajari bahasa, dan tentunya fisikpun bisa dilatih.

Masak Ayam Woku & Trimester ke-3

5 Maret 2019

Assalamualaikum :)

'Mba boleh yah makan salad?'
Saya yang tiba-tiba gak tau maksudnya dan dengan polosnya menjawab dan sekalian memberikan pertanyaan juga
'Ia boleh, memang kenapa? ada yang salah yah?' tanyaku keheranan
Saya yang kala itu biasanya langsung mendekat dan mencoba cari tahu ada yang salah dengan tindakan saya atau apakah.
Lalu, Ibu cantik yang sekarang saya menyebutnya dengan mymy shelly tiba-tiba mengklarifikasi:D
'Gak mba, saya waktu hamil gak mau makan buah klo bukan saya sendiri yang cuci'
'Ohh kalau saya mah, hantam aja, selama masih aman seperti buah mah dan masuk ke mulut, oke aja' :D

Ayam Goreng Bandung - Favorit Keluarga

26 Februari 2019

Assalamualaikum,

Ada gak sih seorang ibu yang paling malas lama-lama di dapur?

Ngakuuuuu..

Okee, saya ngaku, Haahahaha

Yup, Entah ini aib, kelakuan buruk saya atau memang hanya soal passion saya yang gak ada didunia dapur, hehe saya tipikal ibu yang paling malas berada di dapur atau istilahnya paling gak suka ngubek-ngubek resep, padahal kita tau dapur adalah ruang 'kantor' utama sang ratu di rumah kan yah :D tapi untuk saya tidak, dapur memang menjadi ruang utama untuk memasak makanan buat keluarga sesimpel tapi tetap bergizi.

Dan lebih serunya atau anehnya bagi suami saya ketika saya lebih senang sibuk di dapur bareng anak-anak, jadi kegiatan masak-masak saya, dimasukkan di kurikulum sekolah anak-anak yang bertemakan 'cooking class' lebih senang berkegiatan sama anak-anak entah di dapur, di kamar mandi atau di tempat tidur sekalipun sambil mengganti seprei, seharian kadang mengerjakan kegiatan domestik bareng anak-anak, jangan fikir lancar sesuai rencana yah, kadang mengganti sepreipun bisa memakan waktu 2 jam heheh. karena mainnya banyak, ganti sepreipun kita bisa bermain sambil belajar.

Kembali ke tema masakan, kali ini saya mau posting resep ayam kesukaan anak-anak dan saya, saya karena waktu yang digunakan sangat sebentar, dan anak-anak bisa terlibat, membuat emaknya tidak banyak kerja tapi setelahnya yaitu membersihkan yang membuat saya banyak mengeluarkan energi karena merekapun ikutan hahaha

Resep ini saya menemukan disalah satu buku resep yang saya beli waktu BBW di Surabaya, karena harganya yang murah dan resep didalmnya cukup ringkas tidak banyak menggunakan tenaga dan waktu tentunya anti gagal karena dari 20 resep ada 8 resep saya coba itu sesuai selera banget dan berhasil.

Tapi saya pernah berbincang sama kakak saya yang hobby sangat memasak, sebuah resep ataupun beberapa resep sebenarnya bisa berhasil semua yang kita coba asal, sang kokinya senang untuk memasak dan tidak kecewa jika tidak berhasil. Karena hasil akhirkan tetap ada yang dicoba, hasil akhir ini yang bisa kita sesuaikan dengan lidah kita, jika ada kurang bisa ditambah, jika berlebihan bisa dikurangi lewat alternatif bumbu yang lain, tapi yah itu ketika suatu resep yang saya pakai sudah tidak selera kadang saya tidak memakainya, menyerah mencari resep yang lain (tapi ini jarang) kadang saya pakai resep andalan saja, termasuk seorang ibu susah kali yah move on dari zona nyaman suatu resep dan tak mau mengembangkan menjadi resep yang pas dan sesuai dengan rasa saya dan keluarga. :D

Tips bagi seorang Ibu yang tetap ingin memasak tapi malas ke dapur
  1. Siapkan menu andalan selama seminggu atau paling kurang 3 hari, ini diharapkan agar kita tak usah lama-lama berfikir di dapur kita mau masak apa hari ini,
  2. Rencanakan waktu dan kondisi mood seorang ibu jika memasak, waktu dan mood memang selalu bergantian, karena jika mood saya tidak bagus saya lebih memilih masak ketika anak-anak masih tidur atau lagi di takeover sama suami,
  3. Jika dilakukan bersama anak, tentukan kerjaan anak-anak yang bisa dan tak bisa mereka lakukan,
  4. Sebelum memasak usahakan dapur bersih, ini bertujuan membangkitkan mood biar kita masak cepat selesai,
  5. Dan untuk menu yang kita masak hari ini, usahakan bahannya tersedia semua, karena jika ditengah waktu memasak ada yang tak ada, langsung membuat malas memasak,
  6. Dan ini yang paling penting, usahakan bumbu dasar udah siap dikulkas, seperti bawang merah, bawang putih, cabe besar giling, cabe kecil giling, bisanya saya lakukan diakhir pekan untuk menuntaskan bumbu  dasar, jadi jika mau pakai tinggal buka kulkas tinggal ambil deh.
Resep Ayam Goreng Bandung

Bahan :

1 ekor ayam kampung, potong aja sesuai selera
Minyak untuk menumis dan menggoreng
2 batang serei, memarkan
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
400 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Bumbu Halus :

8 Butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri, sangrai
3 cm kunyit, bakar
2 sdt garam
1 sdt merica butiran

Cara membuat :

  • Siapkan ayam yang telah dipotong dan bumbu halus
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk sampai harum dan matang.
  • Masukkan ayam, aduk sampai ayam kaku
  • Masukkan santan, aduk lalu masak sampai ayam empuk dan bumbu meresap. Angkat.
  • Goreng Ayam dengan minyak panas menggunakan api sedang, goreng sampai kecoklatan. Angkat dan tiriskan






Dengan Paxel Kirim Paket Jadi Lebih Cepat

21 Februari 2019

Assalamualaikum :)

Menjadi seorang ibu di era digital sekarang ini sangat mudah untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, pengalaman dalam belanja tentang kebutuhan keluarga sekarang sangatlah muda, jika kalian tidak ada waktu karena kesibukan domestik, ada banyak bertebaran e-commerce yang kalian tinggal pilih dan gunakan sesuai barang yang kalian inginkan. Nah, e-commerce ini tak akan berfungsi tanpa dukungan dari layanan ekspedisi pastinya, dan jangan salah layanan ekspedisipun sangat banyak sesuai kebutuhan kalian dan tinggal pilih, semua dikerjakan lewat aplikasi dan tinggal tunggu barang kamu dirumah, Asyikkk kan!

Auto Post Signature