22 Mei 2018

Zaf dan puzzle kayu


Assalamualaikum

Pernah gak sih, ibu-ibu yang baca ini sangat berbinar ketika, anak kita yang sebenarnya kita harapkan suka dengan rutinitas itu tapi dia gak berbinar tapi suatu hari tanpa disuruh dia langsung mau dan ikut aktif? Yah, hari ini saya mengalami hal demikian, betapa senangnya saya biarpun itu gak berlangsung lama tapi tetiba tanpa disuruh dia langsung menawarkan bantuan, ahhhh:))

Yah, zaf memang gak berbinar ketika permainan itu berkaitan dengan korelasi tangan, entah menggambar, menulis (tapi ini masih bisa diarahkan da kadang juga suka), playdoh, lego, berkebun, lego itu dia tak terlalu menikmati, hanya sekali coba selesai. Tapi saya tetap mengenalkan karena kebalikan dari zaf, adiknya ruby itu sangat menggila yang demikian, jadi jika zaf sibuk dengan bukunya, kadang saya dan ruby lagi bermain playdoh atau lego pasti dianya nimbrung, lagi ngapain bund?’ tanyanya. ‘bubun lagi main playdoh nak’ jawabku cepat. ‘ohh zaf mau baca buku aja’ jawabnya ketika tak tertarik dan ketika mulai tertarik ‘Zafran mana?’ mencoba sekali, sudah itu selesain. ‘Bubun aja yang selesein’ katanya singkat. 

Sama dengan hari ini, Ketika kami bikin puzzle kayu saya yang kala itu hanya bermain dengan ruby, zafran seperti biasa sibuk dengan bacaannya, karena demikian sayapun tak mengajaknya, karena pasti jawabannya ‘Bubun aja sama adek’ tapi tiba-tiba dating menghampiri saya menawarkan sesuatu ‘apa dibikin bund? Zafran mana?’ dengan secepat saya memberikan bagian yang bisa kira-kira dia kerjakan, hehehe

21 Mei 2018

Sholeh yang perhatian

Assalamualaikum,

Saya termasuk susah banget pegang handphone saat dekat anak-anak, saya kerap mendiskusikan tentang gadget bareng zaf, bahwa ada rencana bubun dan ayah akan memberikan kamu gadget diusia 12 tahun, saat ini jika ada yang zaf yang mau lihat atau ada sesuatu dari pertanyaan zaf yang bubun belum ketahui kita sama-sama mencari klo tidak lewat buku kita menggunakan bantuan Handphone tapi ingat tetap bubun dan ayah yang memegangnya. Tapi dengan itu zaf selalu protes jika saya memegang handphone : 'klo bisa bubunpun saat temani zaf hp disimpan'. Betul juga kata zaf bahwa saya harus memberikan teladan yang baik tentang gadget. makanya saat ada moment yang penting atau rasa perlu diambil gambarnya, saya kadang kualahan atau tidak mengambil sama sekali, cukup rekaman cerita yang berangkali jika sempat akan saya tuliskan.

Termasuk setiap moment yang selalu membuat saya meleleh jika bersama zaf dalam keadaan dia yang sangat manis, tapi jujur zaf memang tipikal sangat konsisten dengan setiap yang zaf ambil keputusan, kalau tidak ada penjelasan yang membuat dia masuk akal tidak akan dia rubah termasuk jika itu menyangkut suasana hatinya. Makanya jika dia sedang berbuat manis ini kadang membuat saya meleleh lihatnya. Tapi untuk kegiatan manis itu selalu terjadi tiap hari, contohnya dalam keadaan kita menjelang tidur entah siang maupun malam.

20 Mei 2018

Target utama Zaf Ramadhan 1439 H



Assalamualaikum,

Masuk ke hari 3 ini tantangan makin seru untuk memudahkan saya menulis sesuatu yang memang zaf lakukan setiap hari dan berbinar adalah Talaqqi Juz 30, saya sudah menuliskan di sini tentang target-target kami utamanya zaf selama ramadhan, ini bukan mau saya yah, tapi mau zaf sendiri, karena ini target dan dari dia dan untuk dia makanya saya menanyakan kesanggupan dia atau apa yang zaf mau lakukan selama ramadhan.

'Zaf untuk target Ramadhan zaf maunya apa?' kataku tiba-tiba setelah menuliskan target saya duluan dan beberapa sepupunya.

'Target apa itu bund?' Tanyanya langsung dengan polosnya.

'Rencana sayang, yang ada waktunya kapan kita akan capai' jawabku sekenanya, pikirku semoga dia bisa mengerti, hehehe.

'Rencana itu apa bund? Tanya langsung dan membuat saya tertawa, karena setelah itu saya bingung menjelaskannya :D

'Hehehe, Rencana itu seperti pertanyaan bubun yang biasanya bubun tanyakan setiap pagi, kita mau ngaipain nih pagi ini, hanya bedanya waktunya bukan hanya pagi ini tapi selama Ramadhan, bagaiman mengerti sayang?' Sayapun menjelaskan panjang lebar dan semoga zaf bisa mengerti.

'Jadi kegiatan pagi kita selama bulan ramadhan bund?'

'Iyessss, yang Insyaa Allah kita akan lakukan setiap pagi dan waktu-waktu yang lain' jawabku.